DAFTAR ISI

BAB 1 ................................................................................................................................. 3 PENDAHULUAN .............................................................................................................. 3 1.1 1.2 1.3 Latar Belakang .................................................................................................... 3 Rumusan Masalah ............................................................................................... 3 Tujuan Penulisan ................................................................................................. 4

BAB 2 ................................................................................................................................. 5 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KEUANGAN .............................................. 5 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 2.7 2.8 2.9 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi atau Keuangan ..................................... 5 Sistem Informasi Akuntansi Komponen Kunci Pengambilann Keputusan ........ 6 Sistem Informasi Berbasis Komputer ................................................................. 7 Akuntasi dan Teknologi Informasi ..................................................................... 8 Sistem dan Prosedur di dalam SIA ..................................................................... 9 Peran Komputer di dalam SIA .......................................................................... 11 Penerapan IT Akuntansi Manajemen (potensi) ................................................. 11 Penerapan IT Akuntansi Manajemen (manfaat) ............................................... 12 Aplikasi Sistem Komputer ................................................................................ 13

BAB 3 ............................................................................................................................... 14 PENUTUP ........................................................................................................................ 14 3.1 3.2 Simpulan ........................................................................................................... 14 Saran ................................................................................................................. 14

1

... 15 2 ...........DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................

dan banyak lagi. khususnya akuntansi manajemen. membayar back period dll kepada pengguna internal dan pengambilan keputusan. film penerbitan. bagian besar yang belum dimanfaatkan di bidang akuntansi. kurangnya ketersediaan keahlian internal dan konsultan untuk menyarankan.1 Latar Belakang Teknologi Informasi (TI) adalah alat yang ampuh yang dapat memainkan peran besar dalam membuat organisasi bisnis yang sukses. Banyak studi akuntansi telah memasukkan kertas Teknologi Informasi sebagai bagian dari program akuntansi untuk memperkenalkan TI kepada akuntan di masa depan. status penanaman modal. 1. mengevaluasi dan menerapkan TI dalam akuntansi manajemen. pengaruh TI dalam akuntansi manajemen tidak dapat diwujudkan dalam peningkatan keuntungan karena biaya tersembunyi dan 3 .2 Rumusan Masalah Rumusan masalah dalam makalah ini mengenai kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang teknologi yang tersedia dan sesuai berdasarkan organisasi untuk diadaptasi dalam akuntansi manajemen. Dunia telah mengakui bahwa munculnya internet komputasi akan sangat dominan dan terutama dalam waktu dekat. Dari itu Itu IT dan internet telah memberikan kesempatan bagi organisasi untuk menawarkan produk mereka ke pelanggan di mana saja di dunia. Itu penggunaan penting dari akuntansi manajemen akan lebih signifikan untuk perencanaan dan pengendalian operasi pada saat itu dimasukkan dengan TI saat ini. Akuntansi manajemen memberikan informasi mengenai anggaran.BAB 1 PENDAHULUAN 1. Banyak organisasi telah diabaikan keunggulan akuntansi manajemen dan terfokus hanya pada akuntansi keuangan. pertumbuhan TI dan internet tetap mengejutkan. Kita bisa melihat dampak dari teknologi di bidang bisnis banyak seperti perdagangan. Namun.

1. dampak dari penerapan TI dalam akuntansi manajemen tidak dapat diwujudkan dalam karena sifat bisnis yang berbeda. a. b. 4 . Untuk menilai manfaat dari penerapan TI dalam akuntansi manajemen untuk organisasi. c. d. Untuk memeriksa dan meninjau potensi penerapan TI dalam akuntansi manajemen.tidak langsung yang dikeluarkan. dan teknologi yang dipilih dan lebih pendek waktu manajemen arah.3 Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut. Untuk meninjau dampak penerapan TI dalam akuntansi manajemen. Untuk kontras dan meneliti pendekatan manajemen akuntansi tradisional dan akuntansi manajemen dengan IT.

dan (3) membuat laporan. (2) menganalisa data. laporan rugi laba. Umumnya laporan keuangan yang dihasilkan terdiri dari neraca. tiga fungsi utama dari akuntansi manajemen adalah (1) memilih data dan membuat catatan.1 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi atau Keuangan Informasi akuntansi merupakan bagiann yang terpenting dari seluruh informasi yang diperlukan oleh manajemen. dan laporan perubahan posisi keuangan. a Informasi akuntansi keuangan Akuntansi keuangan disusun terutama untuk menghasilkan informasi yang biasanya dalam bentuk laporan keuangan yang ditujukan pada pihak-pihak di luar perusahaan. b Akuntansi sebagai sebuah sistem Manajemen seharusnya perencanaan dalam memiliki informasi yang berguna untuk kegiatan sehari-hari serta dapat melakukan perencanaan jangka panjang guna mencapai tujuan yang direncanakan.Diperlukan suatu sistem yang mengatur arus dan pengolahan data akuntansi dalam perusahaan untuk menghasilkan informasi yang sesuai dan dalam bentuk yang sesuai juga. Informasi akkuntansi terutama berhubunngan dengan data keuangan dari sebuah perusahaan. yaitu . 5 . Informasi akuntansi yang dihasilkan dari suatu sistem dibedakann menjadi dua macam.BAB 2 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2. laporan perubahan modal.

Pengendalian manajemen (management control) Merupakann kegiatan yang menjamin efektivitas dan efesiensi penggunaan sumberdaya yang dimiliki dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Contohnya adalah penjadwalan produksi. dan penambahan (batas) jumlah kredit kepada pelanggan. 6 . c. Pembuatan keputusan ini lebih didasarkan pada intuisi dann judgement. b. dan pembuatan keputusan riset pengembangan produk. dan tidak ada pedoman (model) standar untuk membuat keputusan ini. dan mudah dipahami untuk didelegasikan kepada karyawan level bawah atau diotomasi dengan komputer. yaitu : a. seseorang juga terkait dengan tiga jenis kegiatan yang umum dilakukan dalam organisasi. Contohnya adalah penyusunan anggaran dan rencana modal kerja. pengawasan persediaan. Keputusan yang tidak terstruktur Merupakan keputusan yang tidak sering terjadi dan tidak rutin. Keputusan yang agak terstruktur (semistructured decision) Merupakan keputusan yang sebagian memiliki sifat terstruktur dan sebagian lagi memiliki sifat tidak terstruktur. Pengendaliann operasional (operational control) Merupakan kegiatan yang menjamin efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan oleh unit-unit organisasi. Keputusan yang terstruktur (structured decision) Merupakan keputusan yang sifatnya repetitif (berulang). penyusunan kebijakan sumber daya manusia.2. b.2 Sistem Informasi Akuntansi Komponen Kunci Pengambilann Keputusan a. Dalam membuat keputusan. rutin.

pemilihan jenis produk baru yang diperjualbelikan. Sistem informasi akuntansi menghasilkan informasi yang ditujukan kepada para pemakai ekstern dan para pemakai intern. Selama ini sering terjadi kesalahpahaman tentang sistem informasi akuntansi. kecuali pesaing. Sebagai contoh. Contohnya adalah penetapan kebijakan akuntansi dan keuangan. sampai dengan kegiatan mencatat berbagai macam transaksi akuntansi. Sebenarnya. Organisasi bisnis sangat kompleks. sistem informasi akuntansi membahas tentang pengumpulan data. ada tiga subsistem distribusi yaitu . dari kegiatan yang mencakup perekayasaan dan pengembangan produk baru. dan menentukann kebijakan yang mengatur tentang kegiatan pembelian. 2. a Mengisi pesanan pelanggan     pemasukan pesanan persediaan penagihan piutang dagang 7 . dan pembentukan divisi baru.3 Sistem Informasi Berbasis Komputer Tugas pengolahan data perusahaan dilaksanakan oleh sistem informasi akuntansi yang mmengumpulkann data kegiatan perusahaan lalu memprosesnya menjadi informasi yang berguna bagi pihak intenal maupun eksternal perusahaan.c Perencanaan strategik (strategic planning) Merupakan kegiatan menentukan tujuan organisasi. dan pemberian informasi untuk pembuatan keputusan. penggunaan. dan disposisi sumber-sumber daya organisasi.

Otomasi kantor adalah istilah umum yang menjelaskan pemampaatan teknologi informasi di dalam kantor atau tempat kerja. b. a.b Mengisi kembali persediaan    pemberian penerimaan utang dagang 2. seperti model-model akuntansi manajerial.yaitu pemprosesan transaksi dan pemprosesan informasi. Transaksi ekstern terjadi akibat pertukaran antara perusaan dengan pihak-pihak luar.pemprosesan transaksi menyajikan informasi catatan prestasi dan informasi pengarah perhatian.4 Akuntasi dan Teknologi Informasi Model akuntasi memungkinkan dua bentuk pemprosesan. baik intern maupun ekstern. 8 .sedangkan pemprosesan informasi di pusatkan pada informasi untuk pengambilan keputusan. Pemprosesan akuntansi Transaksi merupakan peristiwa-peristiwa ekonomi yang dapat di ukur dalam satuan keuangan yg mempengaruhi harta dan ekuitas perusahaan dan yang tercermin dalam rekening serta ihktisar keuangan perusahaan. Sistem otomasi kantor terdir dari teknologi elektronik yang memungkinkan untuk memproses beragam pesan dan dukungan. Pemprosesan informasi pemprosesan ini melibatkan penggunaan model pengambilan keputusan. Banyak masukan yang harus di proses dari sumber-sumber lain.

Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan. dan ilustrasiilustrasi lainnya dengan cara sama seperti pemrosesan kata. 2.5 Sistem dan Prosedur di dalam SIA Sistem dan prosedur merupakan bagian integral tugas manajemen. gambar. Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal. menyimpan. b Sistem tanggap cepat (quick response system) Istilah sistem ini tampaknya sudah menjelaskan maksudnya sendiri tentu saja sistem ini adalah yang “cepat” dan “responsif”. yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi beulang-ulang. biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih. sistem pengawasan dan pengendalian produksi tepat waktu.a Sistem pengubah tampilan dokumen (decument image system) Sistem ini menggunakan komputer untuk secara digital menangkap. dan sistem pemesanan dan pengendalian persediaan. grafik. dan menampilkan dokumen. c Sistem komputer terpadu (Manufacture integrated computer system) Sistem ini adalah pendekatan terpadu untuk pemanfaatan teknologi informasi pada perusahaan manufaktur. 9 . sehingga tampak adanya keterkaitan antara pertimbangan-pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam dengan sistem dan prosedur. Komponen-komponen sistem ini biasanya mencakup stasiun-stasiun kerja (CAD).

c Mempersiapkan.Sistem dan prosedur dibagi menjadi dua bagian. Menciptakan kesadaran diantara para pejabat perusahaan mengenai perlunya respon yang kontinyu atas sistem dan prosedur yang telah diketahui. b Mempersiapkann prosedur secara tertulis untuk pertama kalinya untuk proses pekerjaan yang sudah berjalan. atau diitemukan kekurangan. g Membentuk kemampuan supervisor lini dan para manajer untuk mengenal dan melakukan penyesuaian atas masalah sistem dan prosedur. dan proyek kontruksi. menerbitkan. bengkel. b. mesin. menganalisis. e f membangun dan menjalankan pengawasan sistem dan prosedur. d Menilai. dan manusia.. dan memelihara buku petunjuk sistem dan prosedur. Blue Collar System and Procedures Sistem dan prosedur yang berada misalnya dipabrik. 10 . White Collar System and Procedures Sistem dan prosedur dan yang biasanya dipakai dalam kegiatann yang sifatnya administratif dalam arti luas. dan mengembangkan buku pedoman sistem dan prosedur. misalnya dalam operasi perkantoran dan biasannya dapat dipraktekkan dengan buku pedoman. Beberapa jenis usaha yang dikenal adalah sebagai berikut : a Membuat rancangan sistem dann prosedur untuk memproses pekerjaan baru yang kelak akan dilaksanakan . yaitu : a. Hal lain yang perlu dipertimbangkan sehubungan dengann ruang lingkup aktivitas sistem dan prosedur adalah jenis upaya yang dilakukan. diperkirakan.

itu sebenarnya mengidentifikasi alasan kuat untuk beradaptasi TI dalam manajemen akuntansi. Apa adalah IT potensial? Nah. Organisasi telah mengakui potensi TI dalam manajemen akuntansi dan siap untuk mengeksplorasi potensi untuk menguntungkan organisasi.7 Verifikasi Sortir Transmisi Perhitunga Penerapan IT Akuntansi Manajemen (potensi) Penerapan TI dalam akuntansi manajemen telah menciptakan potensi yang sangat baik untuk akuntansi sistem dan sekarang tidak mungkin atau praktis untuk melakukan akuntansi baik keuangan atau manajerial tanpa bantuan TI. TI membuat masa depan organisasi untuk bersaing dalam ekonomi global dan IT memberikan keunggulan kompetitif untuk menjangkau pelanggan di mana saja di dunia. komputer merupakan alat bantu yang sangat bermanfaat dalam sistem informasi akuntansi. Manajemen akuntansi juga harus tunduk pada Augment dari teknologi dan adalah bijaksana menerapkan TI dalam akuntansi manajemen. Hal ini dapat terjadi karena kemampuan komputer untuk mengolah data yang jauh melebihi kecepatan manusia.2.6 Peran Komputer di dalam SIA Proses pengolahan data akuntansi akan dapat dilakukan dengan lebih cepat bila digunakan dengan komputer. Teknologi seperti data mining dan data pergudangan menjadi sangat berharga dan mendorong penerapan TI dalam akuntansi manajemen. Dengan adanya perkembangan tekknologi komputer. semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa komputer untuk memproses data akuntansinya. Setiap organisasi yang baik komputerisasi penuh atau ekstensif. Beberapa tahapan proses pengolahan data yang memperoleh manfaat besar dari pengunaan komputer adalah : a b c d 2. Di satu pihak. 11 .

Data dan informasi yang diberikan oleh sistem akuntansi manajemen yang akurat dan valid.8 Penerapan IT Akuntansi Manajemen (manfaat) Penerapan TI dalam akuntansi manajemen membawa manfaat bagi organisasi. organisasi dapat menyediakan akuntansi manajemen informasi kepada pihak internal dan eksternal melalui internet. Akuntansi manajemen juga memiliki terpaksa infrastruktur TI untuk mengumpulkan informasi dari berbagai aplikasi dan database untuk memanipulasi data dan menghasilkan laporan untuk pengambilan 2. 12 . merekomendasikan keputusan dan menyiapkan laporan atau makalah presentasi. Dengan infrastruktur TI ditempatkan dengan baik. Infrastruktur TI banyak tersedia hari ini dan berada dalam modus sistem terbuka. TI dan akuntansi manajemen telah bergabung sebagai sistem untuk memberikan informasi penting untuk pertumbuhan organisasi dan investasi yang cerdas. Kecil perusahaan memiliki kemampuan untuk bersaing dengan organisasi-organisasi besar dengan aksesibilitas internet dan e-bisnis. Sistem ini mampu mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber atau departemen menggunakan teknologi data mining.Otomasi adalah teknologi IT potensial. yang dapat digunakan dalam akuntansi manajemen untuk mengotomatisasi pengambilan data. Infrastruktur TI memiliki itu yayasan dan sebagian besar perusahaan dapat menikmati dengan biaya minimal. Pemegang saham dan investor yang bersikeras untuk melihat informasi dari organisasi akuntansi sebelum memutuskan hasil investasi lebih lanjut. Ada bukti bahwa teknologi diadaptasi dalam akuntansi manajemen dapat mencabut tradisional manajemen akuntansi keterbatasan.

Pemprosesan order penjualan       Order penjualan Kredit Barang jadi Pengiriman Penagihan Piutang dagang dann buku besar 13 .9 Aplikasi Sistem Komputer Sistem disini mencakup : 1.2.

Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. 14 . Pada dasarnya sistem mempunyai jenjang. sampai dengan kegiatan mencatat berbagai macam transaksi akuntansi. Mengetahui organisasi bisnis yang kompleks. mulai dari super sistem.1 Simpulan Berdasarkan apa yang telah kita bahas. dari kegiatan yang mencakup perekayasaan dan pengembangan produk baru.2 Saran Penulis berharap setelah membaca makalah ini kita semua lebih mengenal apa itu sistem teknologi pada akuntansi atau keuangan agar bisa dioptimalkan dan digunakan lebih baik pada sebuah organisasi atau perusahaan.BAB 3 PENUTUP 3. Sistem informasi akuntansi menghasilkan informasi yang ditujukan kepada para pemakai ekstern dan para pemakai intern. Mengetahui manfaat dari penerapan teknologi pada sistem akuntansi dan beberapa aplikasi sistem komputer yang biasa digunakan pada organisasi. kita mengetahui konsep dasar sistem akuntansi dan sistem akuntansi manajemen. yang terdiri dari beberapa komponen atau subsistem yang juga disebut sistem. 3.

Penerbit dan Percetakkan YKPN. Yogyakarta. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Kedua. 2004. Tata. Sistem Informasi Akuntansi. 2005. Yogyakarta. Andi.DAFTAR PUSTAKA Krismiaji. 15 . Sutabri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful