BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Kerja Praktek Perkembangan jasa telekomunikasi saat ini sangat pesat, PT.

TELKOM sangat berperan penting dalam kemajuan sistem komunikasi di Indonesia, untuk mempertahankan eksistensi nya dalam dunia pertelekomunikasian, PT. TEKOM terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya. Pembangunan jasa jaringan telkomnet berupa internet oleh divisi multimedia terus dikembangkan agar dapat terus bersaing dengan negara negara yang jauh lebih maju. Hal ini merupakan suatu langkah untuk meningkatkan jasa layanan internet dan multimedia di Indonesia. Konsep dari Telkomnet dengan menggunakan jasa layanan jaringan bertujuan untuk mengembangkan peran dalam memberikan jasa nilai tambah operator yang ada di Indonesia sebagai jasa layanan jaringan dengan cepat. Seperti yang kita ketahui banyak operator jasa nilai tambah seperti internet service provider, wartel, dan pelanggan ISP yang tidak berkembang dikarenakan biaya telekomunikasi yang cukup tinggi dan kemampuan Backbone yang terbatas. Dan dengan seiring kemajuan teknologi komuniksi PT.Telkom semakin meningkatkan kualitas produk unggulanya yaitu speedy, dengan meluncurkan speedy up to 3 Mbps. Jika sebelumnya speedy hanya berkecepatan 384 Kbps, kini dengan lebih dikembangkannya teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) selanjutnya penulis akan tulis teknologi ADSL saja, speedy telkom saat ini sudah bisa mencapai 3 Mbps dengan biaya terjangkau yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server). Pertumbuhan teknologi ADSL yang dikembangkan oleh PT. Telkom dan bekerjasama dengan 6 ISP ini kini semakin diminati. Hal ini, terbuki dengan pertumbuhan pelanggan baik secara personal maupun Corporate. Dimasa pada persaingan bebas saat ini, daya saing TELKOMNET sangat dipengaruhi oleh kemampuan sistem dan jaringan yang berhubungan dengan jaringan global. Hal ini disebabkan arus pertukaran informasi tidak hanya terjadi dalam jaringan lokal tapi juga dari jaringan lokal ke jaringan global dan sebaliknya. Salah satu
1

hal ini menyebabkan persaingan di dunia bisnis telekomunikasi semakin ketat. PT. Hampir setiap perusahaan penyedia layanan internet atau ISP (internet servise provider) mengembangkan jasanya agar dapat menarik dan memuaskan banyak konsumen nya. Keunggulan dan kelemahan teknologi ADSL 2 . dll semakin banyak digunakan.2. Semakin hari semakin bertambah yang menggunakan alat komunikasi dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya. Telkom sebagai salah satu penyedia ISP dan layanan berbasis internet lainnya juga semakin mengembangkan produknya yaitu speedy.Telkom Purwakarta ”. ilmu pengetahuan. adapun judul dari laporan ini adalah ” Teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) pada Telkom Speedy PT. yang pada saat ini sudah mencapai kecepatan hingga 3 Mbps.perkembangan yang penting adalah semakin dibutuhkannya penggunaan alat komunikasi yang berfungsi untuk menghasilkan informasi dan bertukar informasi. 1. maka semakin berkembang pula teknologi informasi. Internet sebagai salah satu media untuk mencari informasi. Maka identifikasi masalah yang dapat diambil yaitu : 1. Pemahaman tentang Internet dan konfigurasi teknologi ADSL pada Speedy 2. tidak terhalang oleh lokasi atau tempat dimana berada. Perumusan Masalah Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan informasi pada zaman sekarang ini. juga mengetahui tentang layanan penyedia internet dalam hal ini speedy.Telkom Purwakarta untuk mempelajari tentang teknologi ADSL yang digunakan speedy telkom. Atas dasar inilah penulis melaksanakan kerja praktek di PT. hiburan. Speedy telkom dengan menggunakan teknologi ADSL pada masa yang akan datang akan semakin berkembang dan semakin bertambah kecepatanya. Sebagai pengguna internet tentunya ingin lebih mengetahui tentang internet dan bagaimana internet itu bisa berjalan dan diakses dimana saja.

di bidang teknologi khususnya lebih mengenal atau mempelajari lebih dalam teknologi ADSL pada SPEEDY. Memperoleh umpan balik dari dunia kerja untuk pemantapan dan pengembangan program pendidikan. melatih dan melengkapi pengetahuan teoritis yang didapat di perkuliahan 6. Memperluas wawasan. 3. Mengetahui proses kegiatan kerja dilapangan dalam hal ini pada PT. Untuk mencoba menumbuhkan sifat ketelitian. Adapun maksud lain dari laporan ini. Melatih menggunakan data-data yang di dapat dan mengelola sesuatu yang dilakukan atau dipraktekan dilapangan menjadi karya tulis (laporan). Untuk mengetahui seberapa besar penggunaan jasa layanan jaringan Telekomunikasi di Purwakarta 5.TELKOM sehingga penulis dapat menyalurkan ketertarikan penulis terhadap pengetahuan networking. TELKOM PURWAKARTA. yang merupakan kewajiban seorang mahasiswa tingkat strata satu yaitu gunauntuk menyelesaikan mata kuliah kerja praktek jurusan Teknik Informatika di lingkungan UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA. Universitas Komputer Indonesia 3 . TELKOM. 2.1. Maksud dan Tujuan Laporan kerja praktek penulis susun dengan maksud turutserta dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat secara umum dan penulis pribadi.3. Sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah kerja praktek di jurusan Teknik Informatika. Laporan ini memiliki tujuan lain secara umum yaitu : 1. 4. Adapun tujuan dari kerja praktek ini adalah penulis dapat lebih menguasai proses penerapan teknologi ADSL pada produk SPEEDY PT. kesabaran. PT. keuletan dan mendewasakan serta memantapkan ilmu yang selama ini penulis peroleh di Universitas Komputer Indonesia 7.

Metode Penelitian Untuk memperoleh data-data tentang perusahaan metode yang dilakukan selama Kerja Praktek antara lain : 1.4. jurnal ilmiah. Untuk memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai jasa layanan internet berkecepatan tinggi dan cara menggunakannya 9. 2. Studi pustaka Studi ini dilakukan dengan cara mempelajari. Untuk menambah pengalaman kerja dan organisasi dimana kita akan siap bila terjun langsung ke lapangan pekerjaan dengan bekal yang kita miliki selama kerja praktek. 1. meneliti dan menelaah berbagai literatur-literatur dari perpustakaan yang bersumber dari bukubuku teks. situs-situs di internet. dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan topik penelitian. Studi lapangan dan wawancara Penyusun melakukan kegiatan survey lapangan bersama pegawai dan teknisi bahkan bersama dengan Jendral Manajer dari perusahaan tentang speedy sebagai produk unggulan dan cara mengatasi troubleshooting CPE speedy serta melaksanakan kegiatan CSR (Internet Goes To School) untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat terhadap dunia informasi melalui radio-radio sebagai perwakilan mahasiswa yang melakukan kerja praktek di PT. 4 . Batasan masalah tersebut meliputi teknologi ADSL yang penulis dapat saat kerja praktek di PT.8. TELKOM. 1. Batasan Masalah Permasalahan yang dikaji sangat luas maka diperlukan suatu pembatasan masalah agar penyajian lebih terarah dan mencapai sasaran yang ditentukan.5.TELKOM.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA Bab ini membahas mengenai sejarah perusahaan. logo perusahaan. data kerja praktek. dan hasil kerja praktek serta hambatan-hambatan yang dihadapi selama penulis melaksanakan Kerja Praktek. dan struktur organisasi perusahaan. Untuk memperoleh kesimpulan dari permasalahan yang ada.6. Hal ini untuk mengetahui sekilas mengenai gambaran perusahaan serta mengetahui pembagian tugas dan tanggung jawab pada bidang pengembangan di PT. Maksud dan Tujuan Kerja Praktek.1. Batasan Masalah. TELKOM INDONESIA. BAB III PEMBAHASAN Bab ini membahas mengenai jadwal kerja praktek. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 5 . badan hukum perusahaan. laporan kerja praktek ini tersusun dalam bab sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Bab ini membahas mengenai Latar Belakang Masalah. Yang kemudian secara sistematis diolah menjadi sebuah informasi data untuk pengolahan selanjutnya. cara atau teknis kerja praktek. yakni data yang diperoleh langsung dari sumberdaya. Dimaksudkan dapat memberikan gambaran dan arahan bagi pembaca tentang urutan pemahaman dalam penyajian Laporan Kerja Praktek. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan dalam penyusunan laporan ini penyusun memakai data primer. Tbk KANCATEL PURWAKARTA. dan Sistematika Penulisan Laporan.

Bab ini berisi kesimpulan dan saran-saran yang dapat memberikan masukan berupa usulan-usulan bagi pembaca dan merupakan penutup dari laporan ini. 6 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful