BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Bagaimana Planet bisa berbentuk seperti sekarang? Bagaimana awal mula terbentuknya Planet Bumi dan Planet Merkurius? Apa yang menarik tentang Planet? Pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul di sekitar kita dan saya akan mencoba menjawab lewat makalah ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penulis membuat makalah yang berjudul “Makalah tentang Planet Bumi dan Planet Merkurius” dengan harapan dapat membantu para pembaca.. Dengan adanya makalah ini bukan berarti benda langit hanya itu saja tetapi masih ada banyak lagi yang tidak dapat ditangkap oleh indera manusia sehingga kita harus banyak belajar agar dapat menemukan benda langit yang baru.

B. Rumusan Masalah 1. Apakah pengertian dari Planet Bumi dan Planet Merkurius ? 2. Bagaimana keadaan Planet Bumi dan Planet Merkurius ? 3. Bagaimana Struktur Planet Bumi dan Planet Merkurius ?

C. Tujuan 1. Menjelaskan pengertian Planet Bumi dan Planet Merkurius! 2. Menjelaskan keadaan Planet Bumi dan Planet Merkurius! 3. Menjelaskan Struktur Planet Bumi dan Planet Merkurius!

1

di mana bagian terluar mengalami pengkristalan menjadi kulit bumi dan sewaktu-waktu mengalami retak. Lapisan ozon. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. sinar ultraungu. dan Eksosfer. sehingga magma dapat menerobos ke permukaan.6 milyar tahun. Bumi Sebagai Planet Sampai saat ini Bumi merupakan satu-satunya planet yang terdapat kehidupan dan merupakan tempat tinggal bagi manusia. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149. Mesosfer. Diperkirakan usianya mencapai 4. dan radiasi dari luar angkasa. Perbedaan suhu permukaan 2 . Sejarah Perkembangan Muka Bumi Pengetahuan terhadap bumi memberikan gambaran bahwa bumi pernah melewati fase cair pijar. Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu.BAB II PEMBAHASAN A.6 juta kilometer atau 1 AU (ing: astronomical unit). 1. Termosfer. manusia berusaha untuk mengetahui seluk beluk tentang Bumi. setinggi 50 kilometer. Sebagai tempat tinggalnya. Stratosfer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer.

diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2. dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1. dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer. Bumi mempunyai diameter sepanjang 12. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 3 .bumi adalah antara -70C hingga 55C bergantung pada iklim setempat. Bumi mempunyai massa seberat 59. 70. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.800 kilometer membentuk 83% isi bumi.760 milyar ton. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi.8% permukaan bumi diliputi air. lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2. 21% oksigen. dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi.500C. Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain. dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1.756 kilometer. Berat jenis Bumi (sekitar 5. dan 1% uap air.848 meter. Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. dan gas lain.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain.2425 hari. Sehari di dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365.370 kilometer dengan suhu 4. karbondioksida.100 kilometer. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen.

Dari keempat planet kebumian.1%). Karena proses pemisahan 4 . nikel (1.2% selebihnya terdiri dari berbagai unsur-unsur langka. Kandungan utamanya adalah besi(32.000 jarak antara equator ke kutub utara melalui kota Paris. bumi juga memiliki kepadatan tertinggi. medan magnet terkuat dan rotasi paling cepat. sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394. oksigen (30. massa dan ukuran. Karena satuan meter pada awalnya didefinisikan sebagai 1/10. Bumi juga merupakan satu-satunya planet kebumian yang memiliki lempeng tektonik yang aktif. magnesium (13.8%). 3. Diameter rata-rata dari bulatan bumi adalah 12. sulfur (2.9%).1%).299 km2. 2. Komposisi Dan Struktur Bumi adalah sebuah planet kebumian.924 meter.000 km/?.4%). Massa bumi kira-kira adalah 5.9%). yang artinya terbuat dari batuan. silikon (15.637 meter. dan 1. atau kira-kira 40. menyebabkan ukuran diameter equator 43 km lebih besar dibandingkan diameter dari kutub ke kutub. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.5%).742 km. sebuah bulatan yang tertekan ceper pada orientasi kutub-kutub yang menyebabkan buncitan pada bagian equator. dalam kedua arti.000.10. Buncitan ini terjadi karena rotasi bumi. Prancis. and aluminium (1. kalsium (1. Planet ini adalah yang terbesar dari empat planet kebumian. Bentuk Bentuk panet bumi sangat mirip dengan bulatan gepeng (oblate spheroid).1%). gravitasi permukaan terbesar. berbeda dibandingkan gas raksasa seperti Jupiter.981024 kg.

massa. sulfur (4.8%). bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut : o o o Kerak Bumi Mantel Bumi. bagian inti bumi dipercaya memiliki kandungan utama besi (88. Suhu pada mantel bagian atas 1300C-1500C dan suhu pada mantel bagian dalam 1500C-3000C Inti Bumi 5 .8%).5%). dan sedikit nikel (5. dan selebihnya kurang dari 1% unsur langka. Lapisan Bumi Menurut komposisi (jenis dari material) -nya. Mantel bumi merupakan batuan yang mengandung magnesium dan silikon. Mantel bumi terletak di antara kerak dan inti luar bumi. 4.

Revolusi Bumi Copernicus adalah orang pertama yang mengemukakan bahwa: o Bumi berputar mengelilingi sumbunya sekali putaran dalam sehari. Dalam sekali putaran bumi memerlukan waktu 24 jam. 5. Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900C Inti Bumi bagian dalam.gas. Secara skematik komposisi hancuran bahan padat bumi berdasar ukurannya adalah sebagai berikut. Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam. inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800C.Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. cair. bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut : o o o o o Litosfir Astenosfir Mesosfir Inti Bumi bagian luar. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dan kedalaman antara 2900-4980 km. maka bumi di samping berputar mengelilingi sumbunya sekali sehari. dan arah perputarannya dari barat ke timur. 7. dan materi padat berupa batuan. 6 . Berdasarkan skema di atas dapat dikatakan bahwa penyusun bumi yang dianggap paling kecil adalah unsur atau elemen. juga berputar mengelilingi matahari atau yang disebut dengan revolusi. Rotasi Bumi Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada poros ( sumbunya). Inti bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. Sesuai dengan pendapat Copernicus. Unsur Materi Bumi Materi bumi terdiri atas benda padat. o Bumi bergerak mengelilingi matahari sekali dalam setahun. 6.

Jarak planet ini dengan bumi sekitar 92 juta kilometer. Suhu di planet ini sangat panas karena terdekat dengan matahari. Tetapi pada malam hari suhunya menjadi sangat dingin yakni mencapai sekitar -170°C. Jaraknya dari matahari adalah sekitar 57. Permukaan Merkurius benjol-benjol mirip dengan permukaan bulan.9 juta kilometer.B. Planet Merkurius 1. 2. Merkurius adalah planet terkecil dari empat planet kebumian di Tata Surya. Selain berputar pada porosnya semua planet bergerak mengelilingi matahari ini disebut gerakan orbital/Ber-revolusi. masa orbital Merkurius tergolong cepat Revolusi merkurius adalah 88. Merkurius berotasi lambat. Struktur Dalam Dengan diameter sebesar 4.3 hari) cepat bukan?. Berbeda dengan rotasinya yang lambat.43 g/cm3 hanya 7 .0 hari. Merkurius hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib saja dan dapat dilihat dengan mata telanjang. rotasi merkurius adalah 59. pada siang hari suhunya mencapai sekitar 430°C. Ukuran planet merkurius hanya 27% dari ukuran bumi.879 km di katulistiwa. Bandingkan dengan bumi yang membutuhkan waktu satu tahun (365.0 hari. Semua planet berputar pada porosnya nah perputaran itu disebut Rotasi. Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat serta mempunyai kepadatan sebesar 5. Benjolan-benjolan itu muncul sebagai akibat benturan dengan meteor. Pengertian Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya kita dan paling dekat dengan matahari.

Proses yang sama juga telah diajukan untuk menjelaskan penciptaan dari Bulan. Benturan tersebut telah melepaskan sebagian besar dari kerak dan mantel asli Merkurius dan meninggalkan intinya. Kepadatan Bumi yang tinggi tercipta karena tekanan gravitasi. Menurut riset terbaru. Merkurius mengandung besi lebih banyak dari planet lainnya di tata surya dan beberapa teori telah diajukan untuk menjelaskannya. 8 . kemungkinan besar inti Merkurius adalah cair. Merkurius namun jauh lebih kecil dan bagian dalamnya tidak terdapat seperti bumi sehingga kepadatannya yang tinggi diduga karena planet tersebut mempunyai inti yang besar dan kaya akan besi. Permukaan merkurius mempunyai banyak perbukitan yang kurus. Mantel setebal 600 km menyelimuti inti Merkurius dan kerak dari Merkurius diduga setebal 100 sampai 200 km. Namun apabila efek dari tekanan gravitasi tidak dihitung maka Merkurius lebih padat dari Bumi dengan kepadatan tak terkompres dari Merkurius 5.25 kali massanya yang sekarang. Para ahli bumi menaksir bahwa inti Merkurius menempati 42 % dari volumenya (inti Bumi hanya menempati 17% dari volume Bumi). Teori yang paling luas diterima adalah bahwa Merkuri pada awalnya mempunyai perbandingan logamsilikat mirip dengan meteor Kondrit umumnya dan mempunyai massa sekitar 2. beberapa mencapai ratusan kilometer panjangnya. terutamanya di bagian inti.3 g/cm3 dan Bumi hanya 4. Kepadatan Merkurius digunakan untuk menduga struktur dalamnya. Diduga perbukitan ini terbentuk karena inti dan mantel Merkurius mendingin dan menciut pada saat kerak sudah membatu. merkurius tertabrak oleh sebuah planetesimal berukuran sekitar seperenam dari massanya.4 g/cm3. Namun pada awal sejarah tata surya.sedikit dibawah kepadatan Bumi.

9 Juta km 4.0 Hari Uap Natrium.3. sehingga kadang-kadang planet ini di anggap tidak mempunyai atmosfer. Atmosfer merkurius terdiri dari uap natrium dan kalium yg sangat tipis. saturnus. yang memiliki cincin adalah planet bagian luar seperti (jupiter. Akibatnya tidak ada udara yg menyerap panas matahari. neptunus) 9 .879 km Hitam Keputih-Putihan 5.300 Km. Cincin Planet Tidak memiliki.0 Hari 88. Ciri-Ciri NO 1 2 3 4 5 6 7 8 JENIS Nama Planet Kala Rotasi Kala Revolusi Atmosfer Satelit Alam Jarak Di Matahari Diameter Planet Warna Planet HASIL Merkurius 59. Kalium Yang Tipis 57. karena planet ini terdapat di bagian planet dalam. 4. Garis tengah Kaloris sekitar 1. Bagian Luar Merkurius merupakan planet yg tandus. Permukaanya berbatu-batu dan terdapat banyak kawah. Kaloris merupakan kawah terbesar di planet ini. uranus.

setelah terbit di timur dan sebelum melintasi meridian. Artinya. planet ini menyelesaikan 2 kali 10 . planet ini hanya terlihat di langit timur sebelum Matahari terbit atau di barat setelah Matahari terbenam.7 hari Bumi. berhenti. sedangkan periode rotasinya adalah 58. Penyebab gerak retrograde Matahari itu adalah karena saat itu laju sudut revolusi Merkurius menjadi sama dengan laju sudut rotasinya. Artinya. Merkurius yang muncul di langit timur diberi nama Apollo dan yang muncul di langit barat diberi nama Hermes. kita hanya memiliki waktu maksimum selama 1 jam 53 menit saja untuk mengamati planet ini. Merkurius mengelilingi Matahari selama 88 hari Bumi. Matahari akan sedikit bergerak mundur. Silakan lihat sendiri dengan menggunakan program simulasi langit (misalnya Stellarium). Kita bisa lihat bahwa perbandingan periode revolusi dan rotasinya adalah 2/3. kita dapat menyaksikan Matahari bergerak retrograde di langit. lalu kembali bergerak ke barat hingga terbenam. kita tidak akan pernah bisa melihat Merkurius berada di zenith (lihat gambar di bawah). Jadi.3 derajat dari Matahari. yaitu pada saat Merkurius mencapai elongasi maksimalnya. sehingga kenampakannya secara bergantian di timur dan barat terjadi dalam selang waktu sekitar 60 hari. Di satu lokasi. Merkurius hanya bisa diamati secara visual pada jarak maksimum 28.Dari Bumi. Karena kemunculannya yang bergantian itulah planet ini sempat diidentifikasi oleh masyarakat Yunani kuno sebagai 2 benda yang berbeda. Keunikan Merkurius Jika kita berada di Merkurius. Kala itu. 6. Dengan jarak sudut sekecil itu. Planet ini mengalami dua konjungsi inferior dalam selang waktu 116 hari.

3 (lebih terang daripada bintang Sirius) dan 5. Eksentrisitas orbit Merkurius adalah yang paling besar di antara semua planet.43 g/cm^3. Sudut kemiringan sumbu rotasinya terhadap sumbu revolusi mendekati nol. Merkurius pun menjadi benda dengan kerapatan tertinggi kedua di tata surya setelah Bumi. Merkurius membutuhkan 176 hari Bumi untuk mengalami sekali siang-malam. Sementara jaraknya dari Bumi bervariasi antara 77 juta km dan 222 juta km dan kecerlangannya berkisar antara -2. yaitu 0. 11 . Ukuran ini lebih kecil dari Ganymede dan Titan (2 satelit terbesar di tata surya) tetapi Merkurius masih lebih masif dari keduanya. Inklinasi orbit Merkurius terhadap ekliptika adalah 7 derajat. Meskipun begitu.21. Berarti satu hari di Merkurius jauh lebih lama daripada satu tahunnya.revolusinya dalam waktu yang bersamaan dengan 3 kali rotasi. Jaraknya dari Matahari antara 46 juta km hingga 70 juta km. sekitar 0.7. Bagian inti planet ini diketahui lebih dominan relatif terhadap ukurannya. Dengan kerapatan sebesar 5.027 derajat. Ciri fisik Planet batuan ini hanya berdiameter sekitar 4800 km. mencapai 42% dari volume total dengan radius 1800 km. 7.

BAB III PENUTUP A. 12 . Saran Dalam tulisan ini informasi mengenai beberapa planet masih belum lengkap. kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kesemua pelanet yang ada di galaksi Bimasakti mempunyai kontur yang berbeda-beda dan bentuk. B. ukuran yang berbeda-beda pula. sehingga diharapkan informasi lebih lanjut dari pembaca dapat melengkapinya. Kesimpulan Setelah menguraikan Planet Bumi dan Planet Merkurius. ciri.

com/2011/12/bumi-sebagai-planet.html http://toyibuter.com/2011/10/mengenal-planet-merkuriuslebih-dekat.com/2010/04/03/planet-bumi/ http://anneahiraartikel.blogspot.blogspot.blogdetik.html 13 .com/2012/11/planet-merkurius-pengertianmerkurius.blogspot.DAFTAR PUSTAKA http://hangga97.html http://gudangmakalah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful