Pertemuan 1

MATERI PERKULIAHAN
Pertemua ke1 2 3 4 5 6 7 8 9 Tinjauan Umum Etika Profesi Profesionalisme Kerja Bidang IT Cybercrime Kebijakan Hukum Dalam Penanggulangan Cybercrime Etika Berinternet Pengumpulan Tugas (Bajan Presentasi) dan Review Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Teori Tugas untuk nilai UAS berupa pembuatan Blog/web Konten berisi materi yang berkaitan dengan etika Profesi IT. Tema Umum: Cyber Law & Cyber Crime Dosen membagi kelompok disesuaikan dengan jumlah mahasiswa perkelas, dan menentukan pembagian materi nya

Pokok Bahasan

Keterangan

2008 • Antonius Atosokhi Gea. Refika Aditama. Bandung. Elisatris Gultom. Arief Mansur. PT. Citra Aditya Bakti. 2005 • Prof. PT. SH. 2005 • Drs. S. Penerbit DepKomInfo. 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.Sos. Antonina Panca Yuni Wulandari S. Bandung.SUMBER REFERENSI • http://en. Dikdik M. Elex Media Komputindo.H. Mohammad Labib. MH . S. 2006 • Kode Etik Telematika . Etika Profesi Hukum. SH.H.Th. Relasi dengan Dunia Character Building IV. 2001 • Teguh Wahyono. Bandung. Abdul Wahid. SH. Kejahatan Mayantara (Cyber Crime). Cyber Law (Aspek Hukum Teknologi Informasi). Andi Publisher. Penerbit PT.wikipedia. Refika Aditama. Jakarta.org • UU RI No. MM. Jakarta. MA. Etika Komputer dan Tanggung Jawab Profesional di Bidang Teknologi Informasi. S. Abdulkadir Muhammad. 2006 • DRS. Jakarta. MH.

Pencapaian Mahasiswa dapat membuat Blog Pribadi yang berisi informasi tentang jenis-jenis cybercrime beserta ketentuan hukum yang berlaku did indonesia saat ini terkait kasus tersebut dan Mahasiswa dapat mempertanggungjawabkan (menyebutkan sumber data dan buku referensi) serta mempresentasikan tugas kelompok tersebut .

• Tema Umum: Cyber Law & Cyber Crime • Dosen membagi kelompok disesuaikan dengan jumlah mahasiswa perkelas.KONTRAK PERKULIAHAN • Tugas untuk nilai UAS berupa pembuatan Blog/web Konten berisi materi yang berkaitan dengan etikaProfesi IT. dan menentukan pembagian materi nya • Mempresentasikan blog atau web yang telah dibuaT • Pada pertemuan 7. mahasiswa diharapkan sudah mengumpulkan tugas (min dalam bentuk handsout ) • Hasil design blog /WEB yang dibuat dicopy dalam bentuk CD dipresentasikan dalam bentuk powerpoint .

menyebutkan. menjelaskan. melengkapi serta mengevaluasi mengenai Konten pada Blog yang telah dibuat (50 %) • Akurat dan tepat dalam mengidentifikasi serta dapat bekerja sama (25 %) • Mampu menjelaskan dan mempresentasikan (25 %) .KRITERIA PENILAIAN • Dapat menganalisa.

Moral dan Norma Moral 3. Etika.Pembahasan 1. Pengertian Etika 2. Etika Yang Berkembang di Masyarakat .

I. Pengertian Etika Menurut kamus besar Bahasa Indonesia terbitan Departemen Pengdidikan dan Kebudayaan (1988). 2. Nilai mengenai benar atau salah yang dianut di masyarakat Etika berasal dari bahasa Yunani “Ethos” yang berarti adat istiadat atau kebiasaan yang baik . Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak 3. Pengertian etika dalam tiga arti : 1. Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk. tentang hak dan kewajiban moral.

Etika merupakan hukum sosial. mengendalikan serta membatasi prilaku manusia . Etika merupakan karakter individu.Menurut Profesor Salomon dalam Wahyono (2006:3) etika dikelompokkan dalam dua definisi. yaitu: 1. Sebagai hukum yang mengatur. disebut pemahaman manusia sebagai individu beretika 2.

Hubungan etika. filsafat dan ilmu pengetahuan .

sedangkan moral adalah obyek ilmu pengetahuan tersebut .Penjelasan Gambar : .Etika adalah ilmu pengetahuan. yaitu filsafat moral .Etika merupakan Bagian dari filsafat.

Etika.II. . Moral sama dengan etika yaitu nilai dan norma yang menjadi pegangan seseorang Magnis Suseno (1975) mengemukakan hal yang menjadi dasar norma moral untuk mengakui perbuatan baik atau buruk yaitu Kebiasaan Hobbes dan Rousseau seperti dikutip oleh Huijbers (1995) mengemukakan kesepakatan masyarakat sebagai dasar pengakuan perbuatan. Moral dan Norma Moral Moral berasal dari bahasa latin “Mos” yang juga berarti adat kebiasaan Secara etimologis.

Orientasi moralitas prinsip suara hati. ganjaran. komprehensif dan universal . individual. Orientasi kontrak sosial 6. Orientasi konformitas 4. Orientasi pada hukuman. Orientasi hedonistis hubungan antar manusia 3.Menurut Lowrence Konhberg dalam Wahyono (2006:6). Orientasi pada otoritas 5. kekuatan fisik dan material 2. Enam tahap perkembangan moral yang terkait dengan etika : 1.

Hubungan etika dengan moral : Etika Moral Etika = Moral .

sedangkan dalam kondisi berbeda ia bisa sama dengan moral.Penjelasan gambar : Etika merupakan refleksi kritis dari nilai moral. yaitu nilai-nilai yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku didalam komunitas kehidupannya .

Epicurus 341271 SM) Perbuatan manusia dikatakan baik apabila menghasilkan kenikmatan atau kebahagiaan bagi dirinya sendiri atau orang lain (perbuatan itu bermanfaat bagi semua orang). Aliran Hedonise (Aristippus pendiri mazhab Cyrene 400 SM. buruk apabila menimbulkan mudharat bagi manusia. .Aliran yang digunakan untuk menyatakan perbuatan moral itu baik atau buruk : 1. John Stuart Mill 1806-1873) Perbuatan itu baik apabila bermanfaat bagi manusia. Aliran Utilisme (Jeremy Bentham 1742-1832. 2.

Aliran Vitalisme (Albert Schweizer abad 20). Rousseau). Perbuatan manusia dikatakan baik apabila bersifat alami. tidak merusak alam. 4. perbuatan buruk adalah perbuatan yang mengurangi bahkan merusak daya hidup . Aliran Naturalisme (J.3.J. Perbuatan baik adalah perbuatan yang menambah daya hidup.

c. Norma Moral: yaitu aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai manusia. Norma Sopan Santun : disebut juga norma etiket adalah norma yang mengatur pola perilakau dan sikap lahiriah manusia. b. Norma ini menyangkut aturan tentang baik. . Ada dua macam Norma: Norma Umum Norma yang memiliki sifat universal.Sony Keraf (1991). terbagi menjadi tiga : a. adil tidaknya tindakan dan perilaku manusia sejauh dilihat sebagai manusia. Norma Hukum : adalah norma yang dituntut keberlakuannya secara tegas oleh masyarkat karena dianggap perlu dan niscaya demi keselamatan dan kesejahteraan manusia dalam kehidupan bermasyarakat .buruknya.

.Norma (cont) Norma Khusus Aturan yang berlaku dalam bidang kegiatan atau kehidupan khusus misalnya aturan yang berlaku dalam bidang pendididkan. Norma ini hanya berlaku pada lingkup bidangnya dan tidak berlaku jika memasuki bidang lainnya. keolah-ragaan. bidang ekonomi dan sebagainya.

Berdasarkan Nilai dan Norma yang terkandung didalamnya. Etika dikelompokan menjadi: Etika Deskriptif Etika yang berbicara tentang fakta. pengucilan dari masyarakat Sanksi Hukum Hukum pidana dan hukum perdata . yaitu nilai dan pola perilaku manusia yang terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya dalam masyarakat Etika Normatif Etika yang memberikan penilaian serta himbauan kepada manusia tentang bagaimana harus bertindak sesuai norma yang berlaku Sanksi yang timbul atas pelanggaran Etika : Sanksi Sosial Berupa teguran dari masyarakat.

b. moralitas yang melihat perbuatan sebagai dipengaruhi oleh pengetahuan dan perhatian pelakunya. . terlepas dari segala bentuk modifikasi kehendak bebas pelakunya. moralitas yang melihat perbuatan sebagaimana adanya.Moral (Cont) Sumaryono (1995) mengklasifikasikan moralitas menjadi dua golongan : a. stabilitas emosional dan perlakuan personal lainnya. Moralitas Subjektif. latar belakang. Moralitas Objektif.

IV. Etika Yang Berkembang di Masyarakat .

Penjelasan struktur etika : Secara umum etika terbagi menjadi dua bagian besar yaitu : Etika umum dan Etika khusus Etika Umum Etika tentang kondisi dasar dan umum bagaimana manusia harus bertindak secara etis Etika Khusus Penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan khusus .

Etika Khusus dikelompokkan menjadi : Etika individual dan Etika sosial Etika Individual Etika yang menyangkut hubungan individu dengan dirinya sendiri Etika Sosial Etika yang menyangkut hubungan individu dengan lingkup kehidupannya .