Pentingnya Mempelajari Bahasa Inggris

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Bahasa adalah sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bahasa berarti komunikasi, dan tanpa bahasa seseorang tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain. Di jaman globalisasi seperti sekarang, bahasa Inggris seakan sudah menjadi kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh pelajar, mahasiswa ataupun para profesional. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang artinya, dalam berkomunikasi di dunia internasional kita harus menggunakan bahasa Inggris. Tidak menguasai bahasa Inggris berarti tidak dapat berkomunikasi dengan dunia internasional. Selain itu, kebanyakan literatur-literatur berkualitas menggunakan berbahasa Inggris dan belum di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Namun masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya bahasa Inggris. Mereka menganggap bahasa Inggris sulit dan tidak penting bagi kehidupan mereka. Seperti mereka yang bekerja di bidang mekanik, mereka tidak menggunakan bahasa Inggris secara langsung sehingga mereka enggan belajar bahasa Inggris. Ada pula yang beralasan bahwa mereka “cinta bahasa Indonesia”, namun, belum tentu bahasa Indonesia mereka bagus. Alasan yang lainnya mereka akan dipandang sombong apabila menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari- hari mereka. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, dan dijaman globalisasi sekarang kita wajib menggunakan bahasa Inggris. Sudah seharusnya kalangan muda sekarang belajar bahasa Inggris agar tidak tertinggal dari bangsa lain. B. Tujuan penulisan ini adalah : 1. Memberikan wawasan kepada orang tua pada khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang pentingnya mempelajari bahasa Inggris. 2. Memotivasi siswa dan masyarakat agar lebih giat belajar bahasa Inggris. C. 1. 2. 3. Batasan Masalah Keuntungan mempelajari bahasa Inggris dari segi geografi Keuntungan mempelajari bahasa Inggris dari segi bahasa komunikasi dunia Keuntungan mempelajari bahasa Inggris dari segi sirkulasi informasi.

BAB II PEMBAHASAN Sudah lama penguasaan bahasa Inggris menjadi pengetahuan yang perlu dipelajari oleh orang Indonesia. Mulai dari tahun 60-an hingga sekarang, pelajaran bahasa Inggris menjadi subyek yang tidak kalah gengsinya dari pelajaran lain seperti matematika dan IPA. Jika dulu anak Indonesia baru mempelajari bahasa Inggris pada tingkat SMA, sekarang mereka memulai pada tingkat SD, dan kalau perlu tingkat TK. Karena orang Indonesia masih menganut budaya yang mengajarkan tidak boleh melawan orang tua, maka anak tidak boleh protes apabila orang tua menyuruh mereka untuk belajar bahasa Inggris sejak dini. Namun lucunya, banyak orang tua yang tidak bisa memberikan alas an yang jelas mengapa bahasa Inggris penting untuk dipelajari.

bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling standar yang harus kita kuasai. dan Selandia Baru. pasti akan langsung diterjemahkan kedalam bahasa Inggris. Kalaupun ada tulisan atau buku yang menggunakan bahasa non-Inggris. Apabila ingin bepergian ke negara lain.jadi orang Indonesia akan yang bisa berbahasa Inggris akan dengan mudah dapat memperluas wawasannya. untuk mendapatkan pasar yang luas. Contoh yang lainnya dapat kita lihat pada dunia penerbangan dan pelayaran. Agar dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda latar belakang budaya dan kenegaraan. . Contoh yang mudah dilihat ada di dunia pariwisata. Indonesia dikelilingi oleh negara-negara yang kebanyakan penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau kedua. pengetahuna bahasa Inggris mutlak diperlukan. Hasil-hasil penelitian dari universitas ternama di dunia juga diterbitkan dengan bahasa Inggris. bahasa Inggris merupakan bahasa resmi yang digunakan oleh seluruh pesawat dan kapal yang terbang dan berlayar ke luar negeri/negara lain. Negara-negara tersebut adalah Singapura. dan internet. surat kabar. saya mencoba memberikan 3 faktor yang masuk akal dibalik perlunya belajar bahasa Inggris bagi orang Indonesia. Malaysia. Apabila suatu saat nanti WNI ingin bepergian kenegara diatas. siaran televisi. Sehingga anak belajar bahasa Inggris hanya karena suruhan orang tua. Filipina. mereka menerbitkan buku dengan bahasa Inggris. Disini. maka digunakanlah bahasa Inggris sebagai bahasa yang netral.Orang tua hanya mengetahui bahasa Inggris merupakan subjek penting yang harus dipelajari layaknya matematika. Bagi para penulis. Sama halnya dengan majalah. Pertama. Faktor ketiga adalah informasi yang ada di dunia ini kebanyakan diterbitkan dalam bahasa Inggris. bahasa Inggris menjadi pilihan utama yang sering dipakai dalam melakukan komunikasi. kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Tidak mungkin seorang pilot atau nakhoda harus menghapal seluruh bahasa di dunia/di negara yang akan dituju. Faktor kedua dan yang paling umum adalah bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Namun dalam makalah ini. Australia. faktor geografi.

BAB III PENUTUP Berdasarkan tiga faktor diatas. Minimal. . pengetahuan bahasa Inggris untuk perkembangan seorang individu di negara Indonesia menjadi suatu hal yang tidak terelakan. Biarpun anda tidak yakin akan mendapat kesempatan untuk keluar negeri. pengetahuan ini tetap diperlukan juga. subjek yang satu ini menjadi hal yang perlu dipelajari oleh setiap orang Indonesia. anda tidak perlu terbengong-bengong ketika menonton siaran berita luar negeri lantaran tidak ada terjemahan dibagian bawah layar televisi atau bingung saat membaca buku manual penggunaan alat elektronik yang hanya tercetak dalam bahasa Inggris. Suka tidak suka.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful