Ciri-Ciri Virus

Virus memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1. Virus bersifat aseluler (tidak mempunyai sel) 2. Virus berukuran amat kecil , jauh lebih kecil dari bakteri, yakni berkisar antara 20 mµ 300mµ (1 mikron = 1000 milimikron). untuk mengamatinya diperlukan mikroskop elektron yang pembesarannya dapat mencapai 50.000 X. 3. Virus hanya memiliki salah satu macam asam nukleat (RNA atau DNA) 4. Virus umumnya berupa semacam hablur (kristal) dan bentuknya sangat bervariasi. Ada yang berbentuk oval , memanjang, silindris, kotak dan kebanyakan berbentuk seperti kecebong dengan "kepala" oval dan "ekor" silindris. 5. Tubuh virus terdiri atas: kepala , kulit (selubung atau kapsid), isi tubuh, dan serabut ekor. 6. virus memiliki lapisan protein yang disebut kapsid 7. Virus hanya dapat berkembang biak di sel hidup lainnya. Seperti sel hidup pada bakteri, hewan, tumbuhan, dan sel hidup pada manusia. 8. Virus tidak dapat membelah diri. 9. Virus tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan. Klasifikasi Virus Klasifikasi dan penamaan virus telah dirintis sejak 1966 oleh International Commitee on Taxonomy of Viruses (ICTV) dan terpisah dari klasifikasi makhluk hidup. Taksonomi virus terdiri atas empat tingkat, yaitu ordo, famili, genus, dan spesies. Taksonomi adalah ilmu klasifikasi makhluk hidup, mengelompokkannya secara berurut sesuai dengan derajat persamaan dan perbedaan antara mereka, lalu memberinya nama ilmiah. Berikut contoh klasifikasi virus ebola berdasarkan ICTV. • Ordo : Mononegavirales • Famili : Filoviridae • Genus : Filovirus • Spesies : Ebola virus zaire

virus mozaik (penyebab bercak-bercak pada daun tembakau). virus pox (penyebab kanker seperti leukemia dan limfoma. virus papova (penyebab kutil pada manusia/papiloma). virus arena (penyebab meningitis). 2. Menyerang patogen Peran virus yang merugikan. b. virus rhabdo (penyebab rabies). Contoh virus yang termasuk kelompok ribovirus adalah 1. Memproduksi vaksin 4. Melemahkan bakteri 3. penyakit-penyakit yang disebabkan virus antara lain 1. 7. 3. Deoksiribovirus. Peran virus yang menguntungkan : a. virus herpes (penyebab herpes). yaitu virus yang asam nukleatnya berupa RNA (Gambar a). virus paramyxo (penyebab pes pada ternak). Membuat antitoksin 2. 5. 3. Virus yang menguntungkan. 8. berfungsi untuk: 1. virus orthomyxo (penyebab influenza). Pada Tumbuh-tumbuhan Mozaik pada daun tembakau Tobacco Mozaic Virus Mozaik pada kentang Potato Mozaic Virus 2. a. retrovirus (dapat menyebabkan AIDS). virus picorna (penyebab polio). Mozaik pada tomat Tomato Aucuba Mozaic Virus Kerusakan floem pada jeruk Citrus Vein Phloem Degeneration 3. ada pula yang menyebabkan AIDS). Pada Hewan Tetelo pada Unggas New Castle Disease Virus Cacar pada sapi Vicinia Virus Lidah biru pada biri-biri Orbivirus Tumor kelenjar susu monyet Monkey Mammary Tumor Virus 4. Berikut adalah pengelompokan virus berdasarkan asam nukleat yang dimilikinya. 6. 4. virus hepatitis (penyebab hepatitis pada manusia). 2. yaitu virus yang asam nukleatnya berupa DNA (Gambar b). Pada Manusia Influensa Influenzavirus AIDS Retrovirus SARS Coronavirus : . Ribovirus.Sebagian ahli mengelompokkan virus berdasarkan jenis asam nukleat yang dimilikinya. Contoh virus jenis deoksiribovirus adalah 1. 4. virus toga (penyebab demam kuning dan ensefalitis).

hepatitis 3. Herpes. contoh : Polio.tidak kontak langsung dengan unggas atau kotoran unggas yang terinfeksi SARS : .tidak menggunakan jarum suntik yang sama Flu Burung : .Cara penyebaran Virus Virus dapat menyebar dari satu inang ke inang lainnya dengan berbagai cara: 1. contoh : Cacar. Hepatitis 4. rabies. Pola hidup sehat 2. Rabies Cara pencegahan terserang Virus 1. contoh : influenza.tidak kontak langsung dengan penderita .tidak melakukan kontak seksual dengan penderita . Menghindari infeksi AIDS : . Melalui kontak cairan tubuh. Melalui makanan/minuman. Melalui sentuhan. 3. Hepatitis 5. Melalui gigitan hewan. Vaksinasi Contoh : vaksin polio. Flu burung. contoh : HIV. 2. SARS. contoh : DBD.menghindari cairan yang keluar dari tubuh penderita . Melalui udara.

VIRUS NAMA NO KELAS : AHMAD IDRIS MAULANA : 02 : X APKJ 1 .