Hasil Wawancara

Tugas Bahasa Indonesia

Anggota :

1. 2. 3. 4. 5.

Dea Saskiah Ellin Devihana P. Farrah Hunafa A. Khoirunnisa A. Rhezaleta Eka S.

XI IPA B ( 03 ) XI IPA B ( 11 ) XI IPA B ( 12 ) XI IPA B ( 14 ) XI IPA B ( 24 )

WAWANCARA Tema wawancara Jumlah pertanyaan Waktu wawancara Tempat wawancara Durasi wawancara Narasumber Profesi narasumber : Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT RI ) : 20 pertanyaan : Jumat. 10 Agustus 2012 : Ruang Guru SMAN 78 Jakarta : + 30 menit : Bapak Makmun : Guru Fisika di SMAN 78 Jakarta .

dalam bentuk apakah peringatan HUT RI tersebut? Apabila tidak. Dengan cara apakah biasanya Bapak memperingati HUT RI? 9. menurut Bapak Indonesia telah mencapai di tahap mana dari segi perkembangannya? 12. Apa makna dari peringatan HUT RI? 2. Apakah Bapak tau mengenai proses Kemerdekaan RI yang diproklamasikan? 5. Bagaimana cara Bapak sebagai guru untuk menghargai jasa para pahlawan yang dapat membuat kita merasakan kemerdekaan RI? 15. apa yang harus kita lakukan sebagai generasi muda? 11. Siapa tokoh yang paling Bapak ingat dan dapat menginspirasi Bapak? 7. Apakah kinerja terhadap negara ini dari komponen-komponen Negara seperti mentri. Apakah harapan Bapak untuk Indonesia kedepannya? . Menurut Bapak. mengapa demikian? 4. Apakah manfaat dari memperingati HUT RI? 20. Sekarang Indonesia telah berumur 67 tahun. Secara tidak sengaja. Apabila iya. Menurut Bapak. Dewasa ini HUT RI telahmemuda di kalangan remaja karena arus globalisasi. polisi dan lain-lain sudah maksimal? 14. Apakah alasan Bapak mengenai cara memperingati HUT RI tersebut? 10.DAFTAR PERTANYAAN 1. peringatan HUT RI tahun ini jatuh pada bulan Ramadhan. Mengapa Bapak memilih tokoh tersebut? 8. apakah perkembangan-perkembangan Indonesia selama 67 tahun ini? 13. Menurut Bapak. Apa yang harus kita lakukan sebagai generasi muda untuk meneruskan perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan ini? 18. Menurut Bapak. Mengapa demikian? 17. sebenarnya Indonesia sudah benar-benar merdeka atau belum? 16. Apa peristiwa yang Bapak ingat saat Kemerdekaan RI diproklamasikan? 6. apakah perilaku dari generasi muda saat ini sudah mencerminkan perjuangan para pahlawan? 19. menurut Bapak apakah Bapak setuju dengan diadakannya peringatan HUT RI? 3.

mengapa demikian? Di RT kami biasnya mengadakan peringatan HUT RI berupa lomba-lomba pada saat bulan Ramadhan tidak berlangsung. Kemudian. Karena saat bulan puasa. 4. Apa makna dari peringatan HUT RI? 17 Agustus adalah hari kemerdekaan bangsa kita yang memang dihasilkan oleh jerih payah para pahlawan. kami mengadakan peringatan HUT RI pada saat sebelum HUT RI tersebut datang.HASIL WAWANCARA 1. menurut Bapak apakah Bapak setuju dengan diadakannya peringatan HUT RI? Memang beberapa tahun belanakagan ini. Lebih tepatnya pada saat 1 bulan sebelum bulan Ramadhan. sudah ada gerakan bangsa anti penjajah yang membawa bangsa kita mengjadi mandiri sehingga kita menjadi bangsa yang diakui oleh dunia yaitu bangsa yang merdeka . Apakah Bapak tau mengenai proses Kemerdekaan RI yang diproklamasikan? Melalui suatu perjuangan – perjuangan dari para pahlawan mulai dari kedudukan bangsa-bangsa asing di negara kita seperti Belanda dan Jepang. Jepang dikalahkan oleh sekutu. Apabila iya. sebagai bangsa yang besar kita harus selalu hargai jasa – jasanya dengan cara memperingati hari kemerdekaan tersebut. Apabila ada RT yang ingin mengadakan peringatan berupa lomba diperbolehkan. dalam bentuk apakah peringatan HUT RI tersebut? Apabila tidak. Bung Karno mulai mengumumkan kemerdekaan Negara kita. ini adalah tradisi kita di kota – kota besar yang merupakan instruksi secara tidak tertulis. Sejak tahun 1908. Dan juga meruapakn suatu kebiasaan bagi bangsa kita untuk mengadakan lomba – lomba khususnya untuk anak – anak disekitar RT dan di tingkat RW bahkan. 2. Sehingga. Saya merupakan pengurus RW dilingkungan saya. dan pada acara puncaknya biasanya diadakan suatu acara Pentas Seni. kegiatan beribadah diutamakan daripada kegiatan lainnya. tetapi tidak ada paksaan dari pihak apapun. . Akhirnya. 17 Agustus jauh pada bulan Ramadhan. Di RW saya biasanya mengadakan lomba – lomba pada beberapa hari sebelum hari-H. itu merupakan momen yang berharga bagi bangsa kita untuk melakukan pergerakan-pergerakan di kota terutama untuk merebut kembali Jogjakarta dan Jakarta. peringatan HUT RI tahun ini jatuh pada bulan Ramadhan. Oleh karena itu. Secara tidak sengaja. Oleh karena itu pemuda-pemuda zaman dulu melakukan gerakangerakan kemerdekaan. yang dimana saat itu sebagai pusat pemerintahan. bangsa kita selalu mengambil aktif bangsa-bangsa tersebut sampai kita bisa mengdapatkan negara kita kembali. 3. setiap RT tidak diharuskan mengadakan peringatan berupa lomba – lomba tidak diharuskan lagi seperti tahun – tahun sebelumnya.

untuk mengusir para penjajah. Apakah alasan Bapak mengenai cara memperingati HUT RI tersebut? Saya rasa memperingati hari kemerdekaan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara ya. 8. saya merupakan pengurus RW. Mengapa Bapak memilih tokoh tersebut? Menurut saya. 7. ya karena memang itu kemampuan saya dan merupakan wujud pertisipasi yang dapat saya lakukan. memiliki satu wilayah negara. Seperti kebanyakan rumah yang memasang bendera merah putih di rumah nya¸itu saja sudah merupakan suatu tindakan memperingati hari kemerdekaan negara kita ini. Menurut Bapak. Karena menurut saya. karena saya sendiri juga belum terlahir waktu itu. tidak akan ada yang namanya pergerakan-pergerakan nasional yang menyatukan bangsa kita untuk melawan penjajah. perjuangan dari kedua pahlawan tersebut sangat hebat. remaja saat ini sudah mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan . Dan saya juga biasanya mengikuti upacara 17 Agustus di sekolah.5. Mengapa saya memperingati hari kemerdekaan seperti itu. 9. Sekarang ini memang sudah memasuki zaman mengisi-mengisi kemerdekaan. Bapak Suharto. beliau tetap membentuk gerakangerakan kemerdekaan. karena Bung Tomo adalah seorang pemuda yang berani menentang penjajah untuk kembali mendapatkan negara kita. apa yang harus kita lakukan sebagai generasi muda? Menurut saya. Tokoh lain yang saya ingat dan dapat menginspirasi saya adalah Jendral Sudirman. Itulah yang paling berkesan pada saat bangsa kita benar-benar ingin bersatu. Tapi melalui cerita-cerita dan membaca sejarah pada saati itu. anak remaja saat ini bukan tidak peduli terhadap hari – hari peringatan 17Agustus itu. 6. Apa peristiwa yang Bapak ingat saat Kemerdekaan RI diproklamasikan? Sebenarnya saya sendiri tidak mengalami masa tersebut. Walaupun beliau tinggal di daerah terpencil. Itu menunjukan bahwa bangsa kita memiliki rasa yang satu. Dengan demikian sampai kapan pun persatuan itu diperlukan karena jika tidak ada persatuan. justru Indonesia memperjuangkan kemerdekaan dan melakukan pergerakan utk menyatukan seluruh nusantara untuk melawan penjajah yaitu pada saat maraknya pergerakan daerah melawan penjajah menjadi suatu pergerakan yang tingkatnya nasional. setelah saya membaca biografi dari kedua pahlawan tersebut. biasanya turut serta dalam kepanitiaan untuk mengadakan lomba – lomba 17 Agustus-an dan acara Pentas Seni. Dewasa ini HUT RI telahmemuda di kalangan remaja karena arus globalisasi. Siapa tokoh yang paling Bapak ingat dan dapat menginspirasi Bapak? Tokoh yang paling saya ingat dan dapat menginspirasi saya saat proses Kemerdekaan RI salah satunya adalah Bung Tomo. Dengan cara apakah biasanya Bapak memperingati HUT RI? Seperti yang tadi saya bilang. 10. Beliau sangat semangat untuk merebut Negara kita kembali.

11. Karena jika terdapat generasi muda yang cerdas-cerdas. saya kira kita sudah berjalan cukup jauh. seperti Jepang. menurut Bapak Indonesia telah mencapai di tahap mana dari segi perkembangannya? Dalam usia bangsa Indonesia yang ke-67 tahun ini. Di setiap tahun. Sampai saat ini polisi belum bisa menyelesaikan kasus korupsi. Seperti yang kalian ketahui. perekonomian Indonesia mengalami peningkatan sebesar 6. Indonesia mempunyai sifat negara terkorup ke-3 terbesar. Apakah kinerja terhadap negara ini dari komponen-komponen Negara seperti mentri. 14.5% dibandingkan dengan negara-negara lainnya.hal utama yang dapat saya lakukan untuk menghargai jasa para pahlawan yaitu turut serta dalam mencapai tujuan Negara. Masih ada oknum-oknum atau pejabat-pejabat Indonesia yang hanya mementingkan dirinya sendiri sehingga pembangunan masih terhambat. sehingga dibentuklah KPK untuk membantu menyelesaikannya. 12. kasus-kasus yang ditangani oleh penegak hokum baik itu polisi. Bagaimana cara Bapak sebagai guru untuk menghargai jasa para pahlawan yang dapat membuat kita merasakan kemerdekaan RI? Sebagai seorang guru. Jakarta dan Bangkok sudah dikatakan sebagai kota kembar. polisi dan lain-lain sudah maksimal? Menurut saya. Menurut Bapak. Bahkan sampai sekarang ini. pemuda-pemuda Indonesia mengambil alih untuk mendapatkan kembali kebudayaan negara mereka. Apabila dilihat dari sektor tersebut. Negara ini dapat terus maju dan dijalankan oleh generasi yang lebih baik. kita masih tertinggal dengan negaranegara tersebut. seharusnya perkembangnya hampir sama. perekonomian Indonesia tidak mengalami kegoyahan. Singapur dll yang kemerdekaanya masih muda. . 13. Tetapi apabila dibandingkan dengan Negara-negara lain. Dan diharapkan kinerja KPK mencapai tingkat maksimal. Memang saat dahulu.yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. seperti saat kebudayaan Indonesia di-klaim oleh negara lain. Tetapi bukan tidak peduli. kinerja dari komponen negara belum maksimal. Apalagi yang sekarang ini bekerjasama dengan Amerika. maka perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan nyawa meraih kemerdekaan tidaklah sia sia. jaksa maupun yang lainnya masih belum maksimal. apakah perkembangan-perkembangan Indonesia selama 67 tahun ini? Indonesia sudah mengalami kemajuan ekonominya dari tahun 2008 dan itu sudah termasuk peningkatan yang sangat pesat sekali.positif yang menyita waktu sehingga sedikit kurang peduli dengan peringatan 17 Agustus. Generasi muda harus benar-benar menerapkan hokum di masa depan karena sampai saat ini hokum belum terlaksana 100%. Sekarang Indonesia telah berumur 67 tahun.

bang Indonesia dapat menjadi lebih maju di kancah internasional. Kita berharap. Untuk kedepannya. Sekarang.15. tentu saja Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945. Pertama adalah zaman merebut kemerdekaan. Apakah manfaat dari memperingati HUT RI? Pertama. ada beberapa oknum yang melebihi ‘batas’nya. sebenarnya Indonesia sudah benar-benar merdeka atau belum? Kalau sudah merdeka atau belum. 19. 16. Yang kedua adalah menjadi suatu bangsa yang maju agar bisa diakui oleh negara lain. apakah perilaku dari generasi muda saat ini sudah mencerminkan perjuangan para pahlawan? Memang pemuda-pemuda sekarang ini belum sepenuhnya mencerminkan impian dari pahlawan-pahlawan. pemuda-pemuda Indonesia harus bisa meneruskan perjuangan pahlawan karena kemerdekaan Indonesia direbut dengan keringat dari pahlawan. pemuda-pemuda Indonesia harus memiliki orientasi untuk mengisi kemerdekaan. 17. lalu masuk ke zaman mempertahankan kemerdekaan. Mengapa demikian? Karena sekarang Indonesia sudah menganut demokrasi yang bertangung jawab. Apa yang harus kita lakukan sebagai generasi muda untuk meneruskan perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan ini? Zaman sekarang ini bukanlah zaman utuk mempertahankan kemerdekaan. tidak seperti dulu yang menganut demokrasi terpimpin pada saat zaman orde baru. Menurut Bapak. ada nilai-nilai tertentu yang kita capai misalnya dari segi kebangsaan. Yang kedua adalah untuk memperbesar rasa persatuan diantara warga negara Indonesia. bukan merupakan suatu hadiah dari penjajah. Tetapi karena menganut demokrasi yang bertanggung jawab. Yang ketiga adalah menjadi bangsa yang taat terhadap agama. Menurut Bapak. Tapi tidak semua pemudapemuda Indonesia seperti itu. karena pemuda-pemuda yang tinggal di kota-kota besar masih banyak yang mementinkan kepentingannya untuk diri sendiri. misalnya dengan belajar dengan giat. maksudnya adalah untuk memperbesar jiwa nasionalisme. Pemuda-pemuda Indonesia sekarang harus menggantikan generasi pemuda yang mengisi kemerdekaan pada zaman dahulu. Apakah harapan Bapak untuk Indonesia kedepannya? Pertama adalah menjadi negara merdeka yang tidak diatur oleh orang lain. 18. . 20.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful