Standard Operating Procedure Persiapan Monitoring dan Evaluasi (MoNev) PKM Kegiatan Universitas Indonesia 2012

Aturan Umum Berkas yang harus dipersiapkan untuk proses MoNev antara lain : 1. Logbook 2. IKJP ( Indikator Keberhasilan Jangka Pendek ) 3. Laporan Kemajuan 4. Slide presentasi 5. Proposal PKM 6. Produk / prototype

Seluruh berkas dalam bentuk soft copy harus sesuai dengan ketentuan berikut : a. Margin (4 3 3 3) b. Font : Times New Roman 12 spasi 1,5. Aturan Khusus

1. Logbook
Logbook adalah buku harian kegiatan pelaksanaan PKM dengan rincian sebagai berikut : a. Buku tulis hard cover ukuran folio b. Logbook ditulis manual menggunakan tulisan tangan dengan menggunakan pulpen warna hitam c. Halaman cover bertuliskan :

Jenis PKM Tiga kata pertama judul PKM Nama ketua Universitas Indonesia 2012 Contoh : .

Halaman I berisi : Jenis PKM Judul lengkap program Nama ketua Nama anggota 1 / NPM Nama anggota 2 / NPM Nama anggota 3 / NPM Dst Nama dosen pembimbing Universitas Indonesia Depok 2012 .d.

Contoh : .

Kegiatan : adalah nomor urut : adalah deskripsi aktivitas yang dilakukan kelompok secara rinci. Halaman II dan seterusnya berisi tabel dengan deskripsi : Tabel berisi sembilan kolom dan jumlah baris yang tidak terbatas.e. termasuk alat dan bahan dan cara kerja. Sembilan kolom terdiri atas : Foto No. Pelaksana : adalah anggota kelompok yang terlibat dalam kegiatan (sesuaikan pembagian kegiatan dengan logis) Tempat Hasil Pengeluaran : lokasi pelaksanaan kegiatan (laboratorium/nama desa) : adalah output dari aktivitas yang dilakukan : jumlah dana yang dikeluarkan pada kegiatan tersebut Ttd pembimbing : cukup jelas Foto ( jika ada ) : ukuran dan jumlah disesuaikan (foto dicetak menggunakan kertas HVS) . Tanggal Kegiatan Pelaksana Tempat Hasil Pengeluaran Ttd pembimbing Keterangan : No.

.

.000 . = Rp 20.000 x 2 orang = Rp 40.000 = Rp 60.R.000 Konsumsi : Rp10000 x 2 orang Total  Tanda tangan dosen pembimbing  Foto Dokumentasi f. Setiap pengeluaran harus melampirkan kwitansi dengan syarat sebagai berikut : Kwitansi diberikan penomoran sesuai nomor urut kegiatan dan ditulis di bagian muka belakang Semua kwitansi dimasukkan dalam satu amplop Kwitansi diperbolehkan dalam bentuk cetak print (struk) atau tulis manual.Tulisan pada gambar  Kegiatan : Wawancara dengan asisten deputi urusan kemitraan dan jaringan usaha kementrian koperasi dan umkm  Pelaksana : Khaira Al Hafi dan Kartika Nurhayati  Tempat : Kementrian koperasi dan UMKM RI Jalan H.Rasuna Said kav 3-5 kuningan Jakarta  Hasil : Kebutuhan umkm di Indonesia secara umumdiklasifikasikan menjadi Faktor Pengembangan Produk dan Bisnis : Suntikan Modal & Faktor Pemasaran Produk (Marketing) : Sosialisasi Melalui Media Nasional ataupun Internasional & Kejelasan Segmentasi Faktor Value Delivery (Distribution) : Area Distribusi & Penguasaan dan Kepemilikan Teknologi  Pengeluaran : Transportasi : Rp20.

sesuai aturan umum dan diprint). IKJP (Indikator Keberhasilan Jangka Pendek) Adalah logbook dalam bentuk hard copy yang lebih sederhana (diketik dalam format . : adalah anggota kelompok yang terlibat dalam kegiatan (sesuaikan pembagian kegiatan dengan logis) Tempat Target luaran Hasil : lokasi pelaksanaan kegiatan (laboratorium/nama desa) : adalah rencana hasil yang ingin dicapai : adalah output dari aktivitas yang dilakukan (presentase ketercapaian target luaran) Ttd pembimbing : cukup jelas .- Kwitansi dengan pengeluaran lebih dari atau sama dengan satu juta rupiah menggunakan materai 6000 yang ditandatangani oleh penjual. IKJP berisi : Tabel berisi enam kolom dan jumlah baris yang tidak terbatas. Kegiatan Pelaksana : adalah nomor urut : adalah deskripsi ringkas aktivitas yang dilakukan kelompok. Enam kolom terdiri atas : KEGIATAN Target luaran HASIL TEMPAT perpustakaan NO TANGGAL PELAKSANA 1.doc.. 2.... 18 Januari Budi 2012 Mempelajari Menyelesaikan 70% referensi tiga literatur target terpenuhi (2 literatur) Dst. Keterangan : No.

sesuai aturan umum dan diprint). Laporan kemajuan Laporan kemajuan dibuat dalam bentuk hard copy (diketik dalam format . Laporan Kemajuan dibuat maksimum 10 (sepuluh) halaman. mulai dari jenis metode pendekatan pemecahan masalah yang digunakan. . Struktur dasar laporan kemajuan adalah sebagai berikut:    Target Luaran Merupakan target dari kegiatan yang ingin dicapai atau diharapkan. tempat berlangsungnya kegiatan hingga tahapan-tahapan kegiatan yang telah dilakukan. contoh: Metode o Merupakan penjelasan mengenai metode yang digunakan. Diusahakan kemajuan pekerjaan saat MonEv mencapai >90% jikapun tidak memungkinkan persentase harus sesuai dengan timeline rencana.   Ketercapaian Target Luaran (dinilai berdasar LogBook dan IKJP) Permasalahan dan Penyelesaiannya a) Administratif Contoh: Kendala yang sering terjadi adalah lambatnya pembuatan surat pengantar dari kampus ke instansi lain.  Kemajuan Pekerjaan (sampai saat pemantauan dan evaluasi dilakukan) o Merupakan estimasi kemajuan pekerjaan dalam persentase berdasarkan bobot pekerjaan yang telah dilakukan dari bobot total seluruh kegiatan.doc. Untuk mengatasi hal tersebut rencanakan kunjungan ke instansi dalam jangka waktu ke depan lalu buat surat dalam satu hari untuk banyak kegiatan yang membutuhkan surat pengantar kampus. batasan.3.

. Untuk mengatasi hal tersebut tanpa mengurangi jumlah varian. Jumlah cetakan beton 10 x 10 x 50 cm yang tersedia di Laboratorium Uji Bahan Jurusan Teknik Sipil. tidak sesuai dengan zona manapun pada peraturan. jumlah benda ujinya dikurangi satu sehingga pengulangan eksperimen hanya sebanyak 2 kali untuk tiap jenis pengujian kuat tarik lentur. Politeknik Negeri Jakarta tidak mencukupi kebutuhan apabila dalam satu hari dilakukan pengadukan beton untuk 2 varian. Untuk mengatasi hal tersebut khusus pengujian kuat tarik lentur. 20% dan 30% dengan pertimbangan teksturnya yang halus sehingga diprakirakan ada persentase optimum penggunaan tailing pada beton di bawah 30%. Untuk mengatasi hal tersebut informasi mengenai jadwal tiap anggota dikumpulkan untuk nantinya di cari waktu mana yang dirasakan tidak mengorbankan waktu perkuliahan sehingga perkuliahan dan penelitian dapat terlaksana beriringan. persentase tailing dalam varian beton di turunkan menjadi 0%. c) Organisasi Pelaksana Contoh: Jadwal perkuliahan yang padat serta perbedaan waktu luang antar anggota menjadi kendala dalam rangkaian kegiatan penelitian ini. 10%.b) Teknis Contoh: Limbah penambangan emas (tailing) PT. Sulitnya berdiskusi antar anggota maupun dengan pembimbing karena jarak yang jauh serta sempitnya waktu luang dapat diatasi dengan melakukan diskusi melalui SMS. ANTAM Pongkor memiliki tekstur yang sangat halus menyerupai semen sehingga dalam pengujian analisa ayak. e-mail ataupun jejaring sosial.

Slide Presentasi Presentasi merupakan ajang tim untuk menjelaskan secara utuh progress kegiatan PKM yang telah dilaksanakan sejak pengumuman PKM didanai hingga waktu monitoring dan evaluasi. . e) Lain-lain  Penggunaan Biaya Berisi rincian biaya yang digunakan hingga MonEv seperti biaya peralatan dan bahan. transportasi. a. dana talangan pribadi anggota digunakan hingga dana turun. Namun realisasinya di monev kurang lebih hanya berlangsung selama + 10 menit dengan waktu tanya jawab dengan juri monev selama + 5 menit. Jumlah gambar tidak ditentukan. Waktu presentasi 15 menit dan waktu tanya jawab 15 menit. Laporan Keuangan: besaran dana di pemasukan = pengeluaran  Dokumentasi Kegiatan Berisikan dokumentasi selama kegiatan dan diberikan keterangan gambar. Untuk mengatasi hal tersebut. akomodasi.d) Keuangan Contoh: Dana belum turun sedangkan kegiatan sudah harus mulai dilakukan. namun tetap mengingat bahwa halaman maksimum laporan kemajuan adalah 10 lembar. 4. konsumsi dan lain-lain.

o Presentasi (slide) dibuat semenarik mungkin (rekomendasi menggunakan flash / prezi).boleh menggunakan sound dan video proyek . yakni: 1. Metode 3.b. Ketercapaian Target Luaran (dinilai berdasar LogBook dan IKJP) 5. Penting! o Tekankan bahwa progress kegiatan telah mencapai 90%. - PKM T dan KC harus sudah ada diuci cobakan PKM K produk harus sudah terjual dan mendapat keuntungan PKM M harus sudah melakukan pengabdian dan mendapat feedback. Dokumentasi Kegiatan c. dll PKM P harus sudah jalan dan menghasilkan produk sesuai yang tertulis dalam luaran o Kegiatan ini memiliki keunikan dan kebermanfaatan lebih dibandingkan dengan kegiatan yang mungkin sebelumnya telah dilaksanakan pihak lain. Penggunaan Biaya 7. Isi presentasi menjelaskan hal-hal yang dilaporkan pada laporan kemajuan. Target Luaran 2. dokumentasi. Permasalahan dan Penyelesaiannya a) Administratif b) Teknis c) Organisasi Pelaksana d) Keuangan e) Lain-lain 6. Kemajuan Pekerjaan (sampai saat pemantauan dan evaluasi dilakukan) 4.

o Hindari istilah yang terlalu rumit karena juri belum tentu sebidang dengan kita o Tekankan bahwa biaya untuk penelitian masih bisa dijangkau dan menggunakan hal sederhana serta mudah diaplikasikan o Jika memungkinkan membuat Testimoni  tanggapan pihak luar. dsb Presentasi kurang menarik . Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan MoNev yang harus diwaspadai • • • • • • Juri yang heterogen : Upayakan penggunaan bahasa yang sederhana Produk belum jadi Dana tidak dipergunakan secara maksimal Tingkat ketercapaian kurang dari 90 % log book  Format. berupa foto / video terhadap proyek kita 5. Proposal PKM yang telah disusun sebelumnya pada tahap pengajuan proposal 6. isi. administratif. Produk Sangat dianjurkan untuk dibawa dan ditunjukkan langsung pada juri monev.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful