Cara Pendirian Perseroan Terbatas (PT

)
PT adalah salah satu bentuk perusahaan yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan usaha di Indonesia. Pendirian PT minimal dilakukan oleh 2 (orang) atau lebih dan harus dibuat dengan Akta Otentik sebagai Akta Pendirian yang dibuat dihadapan Notaris yang berwenang. Untuk mendapatkan statusnya sebagai Badan Hukum maka PT harus mendapatkan pengesahan Menteri Hukum & HAM RI, sesuai dengan Undang-undang Nomor 1 tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas (P.T). Apa ketentuan untuk mendirikan PT ? ¾ Pendirian PT-Perseroan Terbatas hanya bisa dilakukan oleh Warga Negara Indonesia. ¾ Jumlah pendiri PT-Perseroan Terbatas minimal 2 (dua) orang ¾ Pendiri PT-Perseroan Terbatas untuk pertama kali juga bertindak sebagai Pemegang saham. ¾ Modal Dasar PT-Perseroan Terbatas minimal Rp. 20.000.000,- kecuali untuk bidang usaha tertentu dapat ditentukan berbeda sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ¾ Jumlah Pengurus PT-Perseroan Terbatas (Direksi & Komisaris) minimal 2 (dua) orang, jika Direksi atau Komisaris lebih dari satu, maka salah satu diangkat menjadi Direktur Utama atau Komisaris Utama Kualifikasi perusahaan berdasarkan SIUP ¾ Perusahaan Besar adalah perusahaan yang memiliki Modal atau Kekayaan Bersih diluar investasi tanah dan bangunan atau Modal disetor dalam Akta Pendirian/Perubahanya diatas Rp. 500.000.000 (limaratus juta rupiah) ¾ Perusahaan Menengah adalah perusahaan yang memiliki Modal atau Kekayaan Bersih diluar investasi tanah dan bangunan atau Modal disetor dalam Akta pendirian/Perubahaanya diatas Rp. 200.000.000 (duaratus juta rupiah) ¾ Perusahaan Kecil adalah perusahaan yang memiliki Modal atau Kekayaan Bersih diluar investasi tanah dan bangunan atau Modal disetor dalam Akta Pendirian/Perubahannya sampai dengan Rp. 200.000.000 (duaratus juta) Bagaimana prosedur untuk mendirikan PT ? Mengingat nama PT tidak boleh sama dengan nama PT yang sudah ada, maka sebaiknya nama perusahaan di cek terlebih dahulu melalui Sisminbakum (dilakukan oleh pihak notaris) dan jika nama PT belum terdaftar maka anda dapat menggunakan nama tersebut, Jika dianggap perlu anda bisa melakukan pemesanan nama tersebut untuk didaftarkan terlebih dahulu ke Sisminbakum melalui Notaris. Pengecekan Nama PT juga dapat dilakukan bersamaan pada saat anda ingin mengajukan permohonan Akta Pendirian dengan menyiapkan data kerangka Angaran Dasar Perseroan yang akan dimuat dalam Akta Pendirian, yaitu : 1. Siapa yang akan mendirikan perusahaan ? ¾ Anda harus menetapkan beberapa orang sebagai Pendiri Perusahaan minimal 2 (dua) orang atau lebih sebagai pendiri perusahaan.

000. ¾ Pendiri perusahaan harus menetapkan bidang usaha termasuk jenis barang dan jasa yang akan diperdagangkan. Dengan Catatan : Untuk bidang usaha tertentu jumlah modal dasar dapat ditentukan lain sesuai dengan Instansi Terkait. 20. Bogor. dll. Berapa modal dasar perusahaan ? modal ditempatkan maupun Modal disetor ? ¾ Pada saat didirikan perusahaan harus memiliki MODAL DASAR dasar minimal Rp. ¾ Siapa yang akan menjadi Pemegang Saham dalam perseroan ? dan Modal yang ditempatkan oleh para pemegang saham ? dengan catatan Jumlah Pemegang Saham minimal 2 (dua) orang atau lebih lebih. dll 4. ¾ Untuk pertama kali pada saat PT didirikan jumlah modal yang ditempatkan para pemegang saham minimal 50 % dari modal dasar. Apa nama perusahaan yang akan dibentuk ? ¾ Nama perusahaan tidak boleh sama/mirip dengan nama PT lain yang telah ada dan berdiri di Indonesia. satu sebagai Direktur dan satu lagi sebagai Komisaris. 6. ¾ Pada saat perseroan akan mengajukan pengesahan Menteri Hukum dan HAM RI.T) diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 1998. jika ada dua orang atau lebih sebagai Direktur atau Komisaris maka salah satu harus diangkat sebagai Direktur Utama atau Komisaris Utama. Bekasi. ¾ Pemakaian nama Perseroan Terbatas (P. ¾ Para pendiri dapat juga sebagai Pengurus baik sebagai Direktur atau sebagai Komisaris .¾ Para pendiri untuk pertama kali pada saat perusahaan didirikan harus menjadi pemegang saham/memiliki saham/modal yang ditempatkan. dan minimal memiliki modal disetor 25 % dari modal dasar pada saat Akta Pendirian PT dibuat dengan Akta Notaris. Dimana tempat & kedudukan-nya perusahaan ? ¾ Anda harus menetapkan dimana perusahaan berkedudukan dan berkantor pusat Contoh : Jakarta. Siapa yang akan menjadi pengurus perseroan (Direktur & Komisaris) ? ¾ Pendiri perusahaan harus menetapkan dan mengangkat minimal 2 (dua) orang sebagai pengurus perseroan. 2. Medan. 3. Maksud & Tujuan usaha Perusahaan ? ¾ Perusahaan dapat menjalankan kegiatan usaha pada umumnya termasuk perdagangan barang/jasa. konsultan dan lain sebagai-nya di berbagai bidang termasuk bertindak sebagai Distributot/Agen/Penyalur. industri. maka modal disetor harus sama 100 % dengan jumlah modal yang ditempatkan dalam akta. Surabaya. kecuali dibidang Hukum dan Pajak. 5. kontraktor.000 (duapuluh juta rupiah).

NPWP-Nomor Pokok Wajib Pajak. PKP-Pengukuhan Kena Pajak. SIUJPT-Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi Izin Usaha Industri atau TDI-Tanda Daftar Industri. PROSES PENDIRIAN & PERIZINAN PT TAHAP 1 Pengecekan & Pendaftaran Nama Perseroan ¾ Pengecekan dilakukan untuk mengetahui Apakah nama perseroan yang anda pilih sudah dimiliki perusahaan lain atau belum. 1 dan 6 sudah di tetapkan. TDP-Tanda Daftar Perusahaan dan Pengumuman Berita Acara Negara RI. maka anda dan para pendiri sudah bisa mengajukan permohonan Akta Pendirian dihadapan Notaris yang berwenang diseluruh wilayah Indonesia. Asli pengantar RT/RW untuk domisili di perumahan 3).Setelah poin no. ¾ Lama Proses 2 Hari Kerja ¾ Persyaratan lain yang dibutuhkan : 1). sebagai bukti keterangan /keberadaan alamat perusahaan. Pengesahan Menteri Hukum & HAM RI. maka anda harus mengganti dengan nama yang lain. ¾ Lama Proses 1 Hari Kerja TAHAP 2 Pembuatan Akta Pendirian PT ¾ AKTA PENDIRIAN PT akan dibuat dan ditandatangani oleh NOTARIS yang dan dibuat dalam bahasa Indonesia sesuai dengan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1995 Tentang Pendirian “Perseroan Terbatas” ¾ Lama Proses 1 Hari Kerja ¾ Persyaratan : melampirkan Copy KTP Pendiri Perseroan dan Copy KTP Pengurus jika berbeda dengan Pendiri Perseroan TAHAP 3 Surat Keterangan Domisili Perusahaan ¾ Permohonan Surat Keterangan Domisili diajukan kepada Kepala Kantor Kelurahan setempat sesuai dengan Alamat Kantor perusahaan berada. Copy Kontrak/Sewa tempat usaha dan surat keterangan dari pemilik gedung atau bukti kepemilikan tempat usaha. jika belum nama tersebut langsung bisa didaftarkan oleh NOTARIS melalui SISMINBAKUM ¾ Jika perusahaan sudah dimiliki. Copy PBB tahun terkahir TAHAP 4 NPWP-Nomor Pokok Wajib Pajak . Izin Usaha Operasional seperti SIUP-Surat Izin Usaha Perdagangan. Setelah Akta Pendirian selesai maka langkah selanjutnnya adalah mengurus kelengkapan Dokumen dan izin perusahaan seperti Surat Keterangan Domisili Perusahaan. 2).

Menengah dan Kecil dengan ketentuan sebagai berikut : ¾ SIUP Besar untuk Modal disetor diatas 500 Juta. . ¾ SIUP Kecil untuk Modal disetor s. Bukti setor bank senilai modal disetor dalam Akta Pendirian. ¾ Lama Proses : 10 Hari Kerja ¾ Penggolongan SIUP terdiri dari SIUP Besar. ¾ Lama Proses 2 Hari kerja ¾ Persyaratan lain yang dibutuhkan : Copy Bukti PBB tahun terkahir atau Bukti PPN atas sewa/kontrak Tempat usaha bagi yang berdomisili di Gedung Perkantoran. SIUP-Surat Izin Usaha Perdagangan atau untuk Izin kegiatan usaha yang dipersyaratkan adanya UUG/SITU berdasarkan Undang-undang Gangguan. ¾ SIUP Menengah untuk Modal disetor diatas 200 juta s. TAHAP 6 UUG/SITU-Surat Izin Tempat Usaha Ini diperlukan untuk proses Izin Usaha Industri/Tanda Daftar Industri. Asli Akta Pendirian. Kantor Pendaftaran perusahaan sesuai dengan domisili perusahaan. TAHAP 5 Pengesahan Menteri Kehakiman & Ham RI ¾ Permohonan ini diajukan kepada Menteri Kehakiman & HAM RI untuk mendapatkan pengesahan ANGGARAN DASAR PERSEROAN (AKTA PENDIRIAN) sebagai Badan Hukum PT sesuai Undang-undang Nomor 1 tahun 1995 tentang “PERSEROAN TERBATAS” ¾ Lama Proses 25 Hari Kerja setelah Permohonan diajukan ¾ Persyaratan lain yang dibutuhkan : 1). TAHAP 7 SIUP-Surat Izin Usaha Perdagangan ¾ Permohonan SIUP diajukan kepada Dinas Perdagangan Kota/Kabupaten/Propinsi sesuai dengan keberadaan domisili Perusahaan. 2) Bukti PNBP sebagai pembayaran Berita Acara Negara. 3).¾ Permohonan pendaftaran nomor pokok wajib pajak diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan keberadaan domisili perusahaan.d 500 juta.d 200 juta. TAHAP 8 TDP-Tanda Daftar Perusahaan ¾ Permohonan pendaftaran diajukan kepada Kantor Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota/Kabupaten cq.

¾ Lama Proses 90 Hari Kerja   . maka harus diumumkan dalam berita negara dan Perusahaan yang telah diumumkan dalam berita negara.¾ Bagi perusahaan yang telah terdaftar akan diberikan sertifikat TANDA DAFTAR PERUSAHAAN sebagai bukti bahwa Perusahaan/Badan Usaha telah melakukan Wajib Daftar Perusahaan berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 Tentang “WAJIB DAFTAR PERUSAHAAN”. maka perusahaan tersebut telah sempurna statusnya sebagai Badan Hukum. ¾ Lama Proses 12 Hari Kerja TAHAP 9 Pengumuman Dalam Berita Acara Negara RI ¾ Setelah perusahaan melakukan wajib daftar perusahaan dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Kehakiman & HAM RI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful