BAB I PENDAHULUAN 1. TUJUAN 2.

ALAT DAN BAHAN

antara lain: anatomi permukaan (ciri-ciri dari permukaannya). Antomi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagian dalam (internal) dan luar (external) dari struktur tubuh manusia dan hubungan fisiknya dengan bagian tubuh yang lainnya.) Anatomi perkembangan (mempelajari perubahan dari suatu struktur) . Pengertian Fisiologi Kata physiology juga juga berasal dari bahasa yunani yaitu fisi dan logos yang secara literatur diartikan sebagai alam atau cara kerja dan ilmu pengetahuan. Sitology mempelajari suatu sel secara undividual sedangkan histologi memperlajari suatu jaringan. Bentuk pemeriksaan mikroskopis adalah pemeriksaan sitology dan histologi. Contoh: seseorang yang ingin mempelajari fisiologi tentang bagaimana jantung bisa memompa darah. anatomi sistemik (mempelajari organ secara sistem: pencernaan dll. Anatomi makroskopik mempelajari suatu struktur yang besar yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Anatomi mikroskopik adalah mempelajari suatu struktur yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. DEFINISI ANATOMI DAN FISIOLOGI MANUSIA Pengertian Anatomi Kata anatomy berasal dari bahasa yunani yaitu ana dan tomi yang secara literatur diartikan sebagai “membuka suatu potongan”. Klasifikasi Anatomi Anatomi terbagi atas: (1) anatomi mikroskopik dan (2) anatomi makroskopik. Jadi secara garis besar pengertian anatomi dan fisiologi manusia adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana alat tubuh tersebut bekerja.BAB II DASAR TEORI 1. anatomi regional (fokus pada area tertentu). Contoh: mempelajari organ jantung dan posisinya dalam tubuh. Jadi arti dari fisiologi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana suatu organisme melakukan fungsi utamanya.

Adapun spesifikasi fisiologi dari anatomi antara lain: fisiologi sel (mempelajari fungsi sel dan bagian-bagiannya).Klasifikasi Fisiologi Fisiologi manusia adalah ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi) dari tubuh manusia. Memelihara sikap dan posisi tubuh 2. Insersi ( muskulus kaudal lekat pada tulang ) 7. Otot – otot dinding perut berguna untuk menahan rongga perut. Ekor otot ( muskulus kaudal ) 4. fisiologi sitemik (mempelajari fungsi organ secara sistemik). 2. Otot – otot pembuluh darah berguna untuk menahan tekanan darah. Tendo ( jaringan ikat yang yang keras dan liat ) Kepala dan ekor otot merupakan jaringan ikat yang kuat disebut tendo. Fungsi otot : 1. Kepala otot ( muskulus kaput ) 2. Empal otot ( muskulus venter ) 3. Origo ( muskulus kaput melekat pada tulang ) 6. yaitu muskulus venter. Fasia ( selaput pembungkus otot ) 5. fisiologi patologikal (mempelajari efek penyakit terhadap suatu organ). Pada masing-masing orang berlainan bergantung pada umur . Bagian – bagian otot terdiri dari : 1. Dibagian tengah bentuknya gembung terdiri dari berkas-berkas otot yang merupakan bagian aktif dalam berkontraksi. yaitu tempat melekatnya otot pada tulang. tapi mempunyai ketegangan sedikit yang disebut tonus. Tempat melekatnya kepala otot pada pangkal tulang disebut origo. Dalam keadaan istirahat. dan tempat melekatnya ekor otot dinamakan insersi. . Fisiologi spesifik (mempelajari suatu organ). keadaanya tidak kendur sama sekali. jenis kelamin dan keadaan tubuh. DEFINISI OTOT RANGKA Otot kerangka merupakan alat yang menguasai alat gerak aktif dan untuk memelihara sikap tubuh. 3.

Otot ekstensor. Otot bagian leher c. Otot antagonis. Otot bagain punggung f. Otot bagian kepala b. Dilatasi.Macam-macam otot 1. memanjangkan otot l. Otot panggul h. meliputi otot berkepala dua. Otot abduktor. memendekkan otot 4. Otot sinergis. otot yang meluruskan kembali sendi tulang kedudukan semula g. Menurut bentuk dan serabutnya. Otot bagian dada d. ketika ulna dan radial dalam keadaan sejajar h. Kontraksi. otot berkepala tiga/triseps dan otot berkepala empat/quadriseps 3. meliputi otot serabut sejajar atau bentuk kumparan. otot bekerja bersama-sama b. Otot fleksor. memutar ke dalam j. Eksorotasi. memutar ke luar k. yaitu otot yang menggerakkan anggota mendekati tubuh e. yaitu otot yang bekerjanya berlawanan c. Otot abduktor. Otot bagian perut e. Otot suponator. Endorotasi. Menurut pekerjaannya. otot bentuk kipas. Menurut jumlah kepalanya. Otot pronator. ulna dan radial dalam keadaan menyilang i. yaitu otot yang membengkokkan sendi tulang atau melipat sendi f. meliputi: a. yaitu otot yang menggerakkan anggota menjauhi tubuh d. Otot bahu dan lengan g. otot bersirip dan otot melingkar/sfingter 2. Menurut letaknya otot-otot tubuh dibagi dalam beberapa golongan yaitu: a. Otot anggota gerak bawah .

BAB III HASIL ANALISA .

BAB IV PEMBAHASAN .

BAB V KESIMPULAN .

DAFTAR PUSTAKA .

BAB II DASAR TEORI .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful