Kelebihan dan kekurangan simulasi dan link yg relevan Link yang berkaitan dengan Teknik Simulasi : => Materi Kuliah

Teknik Simulasi => Materi PDF Teknik Simulasi => Blog tentang Teknik Simulasi => Wikipedia tentang Pengertian Simulasi => Simulasi & Pemodelan Blog dengan bahasan Teknik Simulasi : => http://karlinarachmasita.blogspot.com/ => http://simulasi-niezz.blogspot.com/ => http://sindyfebriantika.blogspot.com/ http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/computer-systems1/simulasi-dan-pemodelan Kelebihan simulasi bila dibandingkan dengan penelitian secara langsung adalah (Kelton and Sadowski, 1998) : 1.WaktuEksperimen langsung membutuhkan waktu yang lama, sedangkan simulasi dengan menggunakan komputer lebih cepat dan praktis, sehingga dapat lebih mempercepat analisa kinerja sistem. 2.KontrolPengendalian dalam simulasi lebih mudah dilakukan, serta mudah dalam melakukan perubahan pada variabel-variabel kontrol dalam system. 3.ReplikasiDengan menggunakan simulasi maka dapat dilakukan perulangan atau replikasi yang dapat mengurangi panjang antrian dengan menentukan jumlah fasilitas (loket) dan server yang optimal tanpa mengulang permodelan awal lagi. 4.Alternatif dan PerbandinganPenggunaan simulasi dapat memunculkan berbagai alternatif perbaikan yang akan lebih sulit diperoleh jika hanya menggunakan eksperimentasi langsung, dan dari alternatif yang dimunculkan dapat diperoleh perbandingan sistem terbaik. 5.BiayaBiaya yang diperlukan untuk eksperimentasi langsung akan menjadi besar sedangkan dengan simulasi maka biaya dapat ditekan dan lebih murah. 6.KeamananDengan melakukan simulasi secara komputerisasi maka tidak diperlukan eksperimen langsung, yang memiliki kemungkinan terjadinya kecelakaan. kekurangan dari pendekatan simulasi sistem adalah :  •Representasi sistem nyata tergantung validitas model  •Ketepatan permodelan sangat mempengaruhi penilaian performan system  .•Pada sistem yang kompleks, membutuhkan banyak biaya untuk observasi  .•Pada sistem yang kompleks, membutuhkan banyak waktu untuk permodelan  .•Keterbatasan memodelkan variabel yang bersifat kualitatif.  •Case sensitif pada parameter input dalam model stokastik.  •Estimasi terbaik hanya bias didapatkan dari sample berukuran besar  .•Output simulasi hanyalah merupakan perkiraan statistic  .•Output simulasi bukan nilai performan optimal

Pengembangan model simulasi membutuhkan pelatihan khusus 7. Representasi sistem nyata tergantung dari validitas model. Pada sistem yang kompleks akan membutuhkan banyak biaya untuk melakukan observasi 3. Tidak ada jaminan untuk mendapatkan solusi terbaik (optimal) 5. 1993) menyebutkan bahwa “The basic idea of simulation is to build an experimental device. Simulasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses peniruan. Simulasi membutuhkan waktu yang singkat dan praktis jika dibandingkan dengan eksperimen langsung yang membutuhkan waktu lama. Penggunaan simulasi dapat memunculkan berbagai alternatif perbaikan yang akan lebih sulit diperoleh jika hanya menggunakan eksperimentasi langsung. KEKURANGAN SIMULASI =><= Simulasi adalah . cost effective manner”. Menggunakan simulasi akan lebih aman dibandingkan eksperimentasi langsung yang memiliki resiko kecelakaan 6... =><= PENGERTIAN. or simulator that will ‘actlike’ (simulate) the system of interest in certain important aspect in a quick. Hasil simulasi terkadang sulit untuk diinterpretasikan 6. TUJUAN. Karena membutuhkan waktu singkat sehingga dapat mempercepet dalam analisa kerja sistem 2. sehingga menjadi mudah untuk dipelajari.. . Ketepatan permodelan dalam smulasi sangat mempengaruhi performa sistem 2. Pada sistem yang kompleks akan membutuhkan banyak waktu untuk melakukan permodelan 4. dann dari alternatif yang dimunculkan tersebut dapat diperoleh perbandingan sistem untuk menentukan mana sistem yang terbaik 4.. Simulasi membutuhkan biaya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan eksperimentasi langsung yang akan memakan biaya lebih banyak 5. KELEBIHAN. . Menurut Floyd Jerome Gould (dalam buku Introductory Science. Kontrol pengendalian dalam simulasi lebih mudah dilakukan serta mudah dalam melakukan perubahan pada variabel-variabel kontrol dalam sistem 3. Simulasi dapat digunakan untuk memecahkan sistem yang belum pernah ada sebelumnya Ø Kelemahan Simulasi 1. Simulasi dapat digunakan untuk memecahkan sistem yang kompleks 7.•Output simulasi perlu didokumentasikan dahulu sebelum menjadi dss Ø Keunggulan Simulasi 1. Teknik simulasi adalah teknik untuk merepresentasikan atau meniru kondisi real (suatu sistem nyata) dalam bentuk bilangan dan simbol (dengan memanfaatkan program komputer).

Hiburan (game) Kelebihan simulasi . • Output dalam jumlah besar yang dihasilkan dari simulasi biasanya tampak meyakinkan. Model simulasi masih bisa menyita waktu 2. Output dari model akan divisualisasikan sebagai animasi komputer 3D. Simulasi secara esensial adalah suatu proses eksperimen yang memerlukan perencanaan yang hati-hati Kelebihan simulasi: • Sebagian besar sistem riil dengan elemen-elemen stokastik tidak dapat dideskripsikan secara akurat dengan model matematik yang dievaluasi secara analitik. 3. Mempelajari “tingkah laku” sistem 2. 1. Model sangat rumit dengan banyak variabel dan komponen yang saling berinteraksi. • Rancangan-rancangan sistem alternatif yang dianjurkan dapat dibandingkan via simulasi untuk mendapatkan yang terbaik.. 2. 1. Pelatihan 4. 3.. padahal belum tentu modelnya valid .... 1.. Dengan demikian simulasi seringkali merupakan satu-satunya cara. Model memiliki variate acak 4. Tujuan simulasi adalah untuk . Didukung data yang berhubungan langsung dengan angka acak.. Mudah beradaptasi dan mudah digunakan untuk berbagai masalah. Waktu eksekusi simulasi bisa sangat besar 3. Mengembangkan pengertian mengenai interaksi bagian-bagian dari sebuah sistem. Kekurangan simulasi . Dapat dipadukan dengan model numerik untuk menganalisa sistem yang lebih kompleks.Sedangkan menurut Sandi Setiawan (dalam buku Teknik Pemrograman.. • Pada simulasi bisa dipertahankan kontrol yang lebih baik terhadap kondisi eksperimen. 2... Hubungan antar variabel tidak linear 3.. 1991).. • Simulasi memungkinkan estimasi kinerja sistem yang ada dengan beberapa kondisi operasi yang berbeda.... Model analitik lebih valid. menyatakan bahwa simulasi adalah “… proses perancangan model dari suatu sistem nyata dan pelaksanaan eksperimen-eksperimen dengan model ini untuk tujuan memahami tingkah laku system” Simulasi diperlukan ketika. dan pengertian mengenai sistem secara keseluruhan. dengan tipe data probabilistik. Kekurangan simulasi: • Setiap langkah percobaan model simulasi stokastik hanya menghasilkan estimasi dari karakteristik sistem yang sebenarnya untuk parameter input tertentu. atau mempelajari cara kerja rinci dalam waktu yang diperpanjang. 1. • Simulasi memungkinkan studi sistem dengan kerangka waktu lama dalam waktu yang lebih singkat.. • Model simulasi seringkali mahal dan makan waktu lama untuk dikembangkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful