Memasukkan dan Mengedit Data pada SPSS 17

Home » SPSS 17 » Memasukkan dan Mengedit Data pada SPSS 17 Untuk memasukkan dan mengedit data pada program SPSS kita menggunakan menu data editor. Menu data editor merupakan salah satu window dari empat window yang terdapat di SPSS, pada menu ini terdapat banyak submenu yang bisa digunakan untuk memanipulasi dan memproses data dengan berbagai macam metode statistik. Bagian Utama Data Editor

Gambar 2.1 SPSS Data Editor

SPSS Data Editor mempunyai dua bagian utama, yakni :
 

Data View, tempat input data statistik Variable View, tempat untuk menginput variabel statistik. Bagian ini digunakan hanya pada saat memasukkan dan mendefinisikan variabel.

Pada dasarnya, data adalah isi sebuah variabel. Jika variabel hanya berjumlah satu maka data bisa berjumlah satu atau lebih. Sebagai contoh, variabel TINGGI BADAN akan berisi data 170 cm, 168 cm, 169 cm dan sebagainya; variabel JENIS KELAMIN akan berisi data pria dan wanita. Dalam pengerjaan SPSS, kita dapat mengatakan variabel adalah nama dari sekumpulan data.

Ketika kita pertama kali membuka data editor dan belum ada proses inputing di dalamnya maka menu yang akan ditampilkan adalah menu variable view. Menu ini digunakan untuk memasukkan variabel data, kemudian setelah selesai dilanjutkan dengan memasukkan data melalui menu data view. Proses penambahan data, pengurangan data, dan edit data semua dilakukan di menu data view, sedangkan variable view hanya digunakan untuk penambahan variabel, pengurangan variabel, dan editing terhadap isi variabel.

Memasukkan Data ke Dalam SPSS Berikut ini akan dijabarkan memasukkan data melalui pembuatan variabel terlebih dahulu.

92 55. bagian yang memiliki ciri utama terdapat kata var dalam setiap sel kolomnya (tempat mengisi jenis variabel).77 58.Menu . selanjutnya kita akan menamai variabel dan misalkan kita memiliki data : No 1 2 3 4 5 Nama AMIR CICILIA IIN SUGENG LINA Berat 78.2. dengan ciri angka 1.2 Menu File-New-Data o Menamai variabel yang diperlukan.99 76.54 45. pada menu utama pilih File . lakukan proses pengisian seperti gambar di bawah : .Membuat variabel dengan untuk pengisian data Data View pada SPSS memiliki dua bagian utama yakni : o o Kolom. Baris.Data Gambar 2.3 dan seterusnya (baris akan diisi dengan data). Langkah-langkah mengisi data pada SPSS melalui pembuatan variable terlebih dahulu : o Buka lembar kerja.67 Gender Pria Wanita Wanita Pria Wanita Ada 3 variabel yang akan diinput.

pilihan untuk proses pemberian kode Missing. Berat dan Gender. menyatakan jumlah karakter data yang dapat diinput Decimal. berfungsi menyediakan lebar kolom dalam pengisian data Align. Variabel Gender menggunakan system . lalu tampak di layar : Gambar 2. Diantaranya :           Name. keterangan dari nama variabel yang bisa disertakan atau tidak Values. menyatakan jenis data yang akan diinput Widht. menentukan tipe variabel untuk menentukan jenis analisa yang akan digunakan nantinya. digunakan untuk data yang hilang atau tidak ada isi Columns. atau nilai berupa angka yang akan dimasukkan Label adalah keterangan dari angka yang dimasukkan tersebut Setelah semua terisi maka secara otomatis tombol add aktif dan segera klik tombol tersebut sehingga pemberian kode selesai dan klik OK Selain itu. jenis paragraf yang akan digunakan Measure.Berdasarkan gambar di atas maka terdapat sepuluh kolom dalam membuat suatu variabel untuk pengisian data pada program SPSS. o Pemberian kode pada kolom values.4 Kotak Dialog Value Labels Pengisian :     Value. jumlah angka decimal dari data yang akan diinput Label. o Setelah melakukan proses di atas maka kita telah membuat tiga jenis variabel yakni variabel Nama. nama dari variabel yang akan dibuat Type. untuk mengedit value label yang telah dimasukkan kita dapat menggunakan tombol change atau tombol remove untuk menghapus value label yang telah dibuat. Klik mouse pada kotak kecil di kanan sel.

5 Pengisian Data Untuk Kolom Gender o Setelah semua data telah dimasukkan maka data siap untuk dilakukan proses statistik selanjutnya. o o o o Klik tab sheet Data View yang ada di kiri bawah layar sehingga muncul seperti gambar 2. dimana untuk wanita biasanya menggunakan angka “1” dan pria memakai angka “2”. dimana proses pengetikan sama dengan mengisi data pada tabel Microsoft Excel atau Microsoft Word.pengkodean melalui kolom values. letakkan pointer pada baris 1 kolom variabel berat. kemudian klik mouse pada sub menu Value Labels.5 Untuk mengisi variabel nama.5 Tampilan Data View Dengan Variabel Mengisi data ke dalam SPSS Setelah pengisian variabel selesai. letakkan pointer pada baris 1 kolom variabel nama. . (pengaktifan value labels memudahkan kita mengisi kolom gender dengan menggunakan kalimat bukan angka) Gambar 2. Gambar 2. Untuk mengisi variabel berat. lalu ketik menurun ke bawah sesuai dengan data berat responden. Untuk mengisi kolom gender. pilih menu View. Kemudian ketik menurun ke bawah sesuai data. selanjutnya kita melakukan pengisian data di bagian data view. kita mengarahkan pointer ke menu SPSS.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful