P. 1
IPS-Benua Amerika.ppt

IPS-Benua Amerika.ppt

|Views: 882|Likes:
Published by Fujika Kamira
Benua Amerika
Benua Amerika

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Fujika Kamira on Mar 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2014

pdf

text

original

Oleh: Maha Yadila (Ketua) Ersal Ahmad Fascal A

• • • •

Pengertian benua. Penjelasan benua Amerika. Proses terjadinya/pergeseran benua. Pengertian laut dan palung

Benua adalah daratan yang sangat luas; (kontinen). Pada awalnya bumi terbentuk seluruh benua merupakan satu daratan yang amat luas, belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi; daratan tersebut disebut Pangea, pada masa mesozoic terbagi atas dua bagian besar yaitu gondwana di belahan Bumi selatan dan laurasia di belahan Bumi utara.

Benua Amerika adalah benua terbesar ke-2 didunia. Luasnya 42.188.568 km² Secara Astronomis, benua Amerika terletak pada 35⁰ BB - 170⁰BB dan 55⁰LS - 83⁰LS. Secara Geografis, Benua Amerika sebelah utara berbatasan dengan Laut Artika, sebleah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik, sebelah timur berbatsan dengan Laut Merah, dan sebelah selatan berbatasan dengan Benua Antartika Amerika dibagi tiga: • Amerika utara: benua Amerika di belahan bumi utara. Di utara berbatasan dengan Lautan Arktik, di sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara, di sebelah selatan dengan Laut Karibia, dan di sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara. Benua ini meliputi wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi. Meliputi Kanada, Amerika Sertikat, Meksiko. • Amerika Tengah: kawasan di Amerika Utara bagian selatan, mencakupi wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Berdasarkan definisi lazim, kawasan ini meliputi negara-negara di antara Meksiko dan Kolombia. Meliputi Angguilla, antiqua Dan Bermuda, Kep. Bahama, Kuba, Haiti. • Amerika Seletan: sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat. Meluputi Brazil, Argentina, Chili, Ecuador, Uruguay, Paraguay.

Hipotesis Pergeseran Benua merupakan gagasan yang dituangkan Alfred L. Wegener pada hipotesisnya yang dituangkan dalam buku berjudul The Origin of Continent and Oceans (1912). Isinya, benua tersusun dari batuan sial yang terapung pada batuan sima yang lebih besar berat jenisnya. Pergerakan benua itu menuju khatulistiwa dan juga ke arah barat. Hipotesis utamanya adalah di bumi pernah ada satu benua raksasa yang disebut Pangaea yang dikelilingi oleh Panthalassa. Selanjutnya, 200 juta tahun yang lalu Pangaea pecah menjadi benua-benua yang lebih kecil yang kemudian bergerak menuju ke tempatnya seperti yang dijumpai saat ini.

• Laut adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra. • Palung adalah jurang yang berada di dasar laut. Palung yang terdalam di bumi adalah palung Mariana, barat laut Samudra Pasifik, tepatnya berada di Kedalaman Challenger yang memiliki kedalaman 10.923 meter.

Gambar Benua Amerika

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->