1. Filosofi kurikulum a. Jelaskan pengertian kurikulum? b. Mengapa kurikulum merupakan komponen esensial sistem pendidikan? c.

Sebutkan komponen-komponen utama yang harus ada dalam perangkat kurikulum dan jelaskan fungsi setiap komponen tersebut? 2. Landasan pengembangan KTSP a. Jelaskan fungsi PP No 19 Th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan? b. Jelaskan garis besar isi tentang permendiknas No 22 Th 2006 tentang standar isi? c. Jelaskan garis besar isi permendiknas No 23 Th 2006 tentang SKL (standar kompetensi lulusan)? d. Apa fungsi standar isi dan SKL? 3. Pengembangan / perencanaan kurikulum a. Jelaskan pengertian perencanaan kurikulum b. Menurut Soekamto (1988), di dalam perencanaan kurikulum terdapat komponen landasan, konteks, & penyaring. Gambarkan dan jelaskan tentang interaksi komponen tersebut dalam proses perencanaan dan pengembangan? c. Jelaskan mengenai model pengembangan kurikulum menurut Tyler? 4. KTSP a. Jelaskan pengertian KTSP? b. Komponen-komponen utama KTSP? c. Jika anda diminta untuk mengembangkan KTSP SMKuntuk digunakan pada tahun 2014. Jelaskan bagaimana anda melaksanakan tugas tersebut? 5. Silabus dan RPP a. Jelaskan fungsi silabus dan RPP? b. Komponen-komponen silabus dan RPP? c. Bagaimana anda mengembangkan silabus? 6. Mata kuliah

b. c. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan.  Sebagai suatu rencana yang sengaja dirancang untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan. isi. dan strategi .  Kurikulum merupakan kumpulan mata-mata pelajaran atau bahan ajaran yang harus disampaikan guru atau dipelajari oleh siswa.Selain yang berkaitan dengan soal no 1 s/d 5.  Sebagai suatu sistem. yaitu tujuan.  Sebagai suatu rencana pengajaran. Sebutkan materi apa saja yang sudah anda pelajari? Jelaskan? Jawab: 1. kurikulum merupakan bagian dari keseluruhan kerangka organisasi sekolah atau sistem sekolah. organisasi. media pembelajaran dan jadwal pengajaran. dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. isi. kurikulum berisi tujuan yang ingin dicapai. a. Komponen-komponen pokok. proses pembelajaran. bahan yang akan diajarkan.

Struktur vertikal berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum sekolah. termasuk pembagian waktu untuk setiap mata pelajaran untuk tiap tingkat. Strategi pelaksanan kurikulum berkaitan dengan cara yang ditempuh dalam melaksanakan pengajaran penilaian. Kerangka Dasar Kurikulum : 1. Struktur horisontal berhubungan dengan pengorganisasian kurikulum dalam bentuk penyusunan bahan pengajaran. pemilihan metode pengajaran.  Isi progran kurikulum adalah segala materi yang akan diberikan kepada anak didik dalam kegiatan belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan. Tujuan sekolah meliputi semua aspek pengetahuan. dan media pengajaran yang dipilih. dan nilainilai yang diharapkan dimiliki oleh para lulusannya. yaitu struktur horisontal dan struktur vertikal. kejuruan. dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: . Kelompok Mata Pelajaran → menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum.  Organisasi kurikulum merupakan struktur program kurikulum yang berupa kerangka program pengajaran yang akan disampaikan kepada siswa. pelaksanaan. Misalnya apakah kurikulum dilaksanakan dengan sistem kelas atau tanpa kelas. dengan sistem semester atau catur wulan. Organisasi kurikulum dapat dibedakan menjadi dua macam. Tujuan bidang studi adalah penjabaran tujuan institusional yang meliputi tujuan kurikulum dan tujuan instruksional yang terdapat dalam setiap bidang studi. Tujuan: Tujuan itulah yang akan menjadi acuan dan dasar kegiatan pendidikan. bimbingan dan konseling. yaitu tujuan sekolah dan tujuan bidang studi. Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan. Ada dua tujuan yang terdapat dalam kurikulum sekolah. pengaturan kegiatan sekolah secara keseluruhan. dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. sikap. Isi kurikulum ini mencakup jenis-jenis bidang studi dan isi program masing-masing bidang studi. b. a. 2.  Strategi yang dimaksud dalam hal ini adalah strategi pelaksanaan kurikulum di sekolah. keterampilan.

dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. 2. Prinsip Pengembangan Kurikulum → Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsipprinsip berikut: a) Berpusat pada potensi. teknologi. Struktur Kurikulum SMA/MA. b) Beragam dan terpadu c) Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. perkembangan. kebutuhan. dan seni d) Relevan dengan kebutuhan kehidupan e) Menyeluruh dan berkesinambungan f) Belajar sepanjang hayat g) Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah 3. perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum → Dalam pelaksanaan kurikulum di setiap satuan pendidikan menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut: a) Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi. Struktur Kurikulum Pendidikan Kejuruan.  kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. olahraga dan kesehatan. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia. Struktur Kurikulum Pendidikan Umum → Struktur Kurikulum SD/MI. Struktur Kurikulum Pendidikan Khusus. Struktur Kurikulum SMP/MTs.  kelompok mata pelajaran estetika. Penetapan Kalender Pendidikan .  kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.  kelompok mata pelajaran jasmani. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Beban Belajar Kalender Pendidika → Alokasi Waktu.

. d.c. dan keterampilan. kompetensi mata pelajaran. pengetahuan. kompetensi bahan kajian. Standar Kompetensi Lulusan meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruh kelompok mata pelajaran. Standar Kompetensi Lulusan sebagai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap. dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi sebagai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful