Cara Memegang Raket Forehand 1. Pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping.

Pegang raket dengan cara seperti "jabat tangan". Bentuk "V" tangan diletakkan pada bagian gagang raket. 2. Tiga jari, yaitu jari tengan, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah. 3. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.

Cara pegangan raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes dan rileks. Fleksibilitas ini sangat berguna untuk lebih mudah mengubah pegangan (misalnya dari forehand ke backhand) dan untuk lebih leluasa memilih cara serta arah pengembalian kok. Raket hanya perlu dipegang kuat pada saat raket menyentuh kok untuk memberikan kekuatan dan/atau menstabilkan kepala raket pada saat menyentuh kok.Secara umum, posisi tangan seperti sedang berjabatan tangan dengan orang lain. Hindari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok). 5. Service (Service)Dalam aturan permainan bulutangkis, servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik.Namun, banyak pelatih, juga pemain tidak memberikan perhatian khusus untuk melatih dan menguasai teknik dasar ini. Oleh karena itu, sikap tersebut merupakan kekeliruan besar. Kita mengetahui bahwa angka/poin dalam permainan bulutangkis tidak akan tercipta, apabila pemain tidak mahir melakukan servis dengan benar.Dalam permainan bulutangkis, ada tiga jenis servis, yaitu servis pendek, servis tinggi, dan flick atau servis setengah tinggi. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis forehand dan backhand. Masing-masing jenis ini bervariasi pelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan. Servis Forehand a. Servis Forehand Pendek - Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. - Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. - Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek. - Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalam keadaan bengkok, untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan, dan perhatikan peralihan titik berat badan Anda. - Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang. b. Servis Forehand Tinggi - Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal. - Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. - Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai. - Perhatikan gerakan ayunan raket. Ke belakang, ke depan dan setelah melakukan pukulan, harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus be langsung kontinu dan harmonis. - Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok.

Pada saat memukul. bolanya tinggi ke belakang. 6. Untuk alat bantu guna membiasakan gerakan dan memperoleh timing memukul yang pas. tangan harus lurus. bolanya tidak terlalu tinggi. 4. Cara Latihan 1. 4. biasanya bola berada jauh di belakang kepala kita.Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah. dapat mengusai teknik servis forehand tinggi dengan sebalik-baiknya. Deep lob/Clear. Untuk mempermudah. 3. Ada dua jenis overhead lob : 1. Untuk para pemula yang baru belajar. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. Ialu dilepas. . Rangkaian mengayun raket. Posisi badan harus diupayakan selalu bera di belakang bola.. sebaiknya pertama-tama latihan dengan cara mengumpan mereka dengan lemparan bola. Perkanaan kok harus berada di bawah pinggang. pertama badan diputar yaitu dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang. harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri. Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul. sedang raket jatuh di depan badan. 6. gunakan gantungan kok yang bisa diatur ketinggiannya. untuk menjangkaunya. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. tigngi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket. Kaki kiri statis. Bola dipukul seperti gerakan melempar. karena teknik pukulan lob ini banyak kesamaannya dengan teknik smes dan dropshort. Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala. 2. harus dalam satu rangkaian. 2. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola. Servis yang Benar : 1. 3. 5. 2. Kaki hanya bergeser. Karena. bisa digunakan hitungan (1. Pukul). Hal yang Perlu Diperhatikan 1. Tujuannya supaya timing memukul bisa diperoleh. 2. Posisi akhir raket mengikuti arah bola. tetapi tidak lepas dari tanah. Attacking lob/Clear. posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan keatas pada bagian belakang lapangan. 2. Pergunakan pegangan forehand. Posisi preparation sama dengan overhead biasa. 5. 2. Pada saat perkenaan bola. Lecutkan pergelangan (raket) saat kena bola. sehingga terjadi perpindahan berat badan. Ayunkan. Posisi siap. Overhead Clear/Lob Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob ini. 3. lalu lompatkan kaki kanan sambil badan dan raket diputar untuk menjangkau kok yang berada di belakang kepala. pegang raket dan posisinya di samping bahu.

badan harus condong ke depan.3. Setelah memukul. di bagian depan kaki (agak berjingkat). . kaki kiri mendarat lebih dulu.