PEDOMAN

OLIMPIADE PENELITIAN SISWA INDONESIA (OPSI) TAHUN 2013

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN 2013

dan cekatan dalam tindakan. Januari 2013 Direktur Pembinaan SMA. Ph. Jakarta. dan kompetitif. 3) memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya. yang dianataranya melalui penumbuhkembangan budaya penelitian di kalangan siswa SMA. berkualitas. Direktorat Pembinaan SMA berupaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai cara. dan 4) mendapatkan hasil penelitian yang orisinal.D NIP 196204291986011001 i . Direktorat Pembinaan SMA menyelenggarakan kompetisi dalam bidang penelitian. 2) menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA. Terkait dengan hal tersebut. yang dijawantahkan dalam kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat muncul talenta-talenta muda yang unggul dalam keilmuan.KATA PENGANTAR Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 tahun 2006 dan Nomor 39 tahun 2008. Kegiatan ini bertujuan untuk 1) menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian. Harris Iskandar. kreatif dalam berfikir.

.

.................... Tata Cara Pendaftaran ...................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar .............. F........................... Jadwal Pelaksanaan Opsi ................... D.....3..... B........................... Skema Pelaksanaan OPSI ... Pemenang OPSI ................................................1....................................................... Latar Belakang ................2.................. Bidang Lomba pada OPSI ......... A.................................................................. Tim Juri ................................ H........................... D. Aturan Gelar Poster dan Pameran ... ii 1 1 2 2 3 4 4 5 6 6 6 7 8 8 8 8 10 10 11 12 13 14 14 14 16 17 .......... C................ F.............. C........................................................ Tahap Pertama: Penilaian Naskah ...................................................... Dasar Hukum ....................................................................................4..................................... A...... ii BAB 1 PENDAHULUAN ....... Tujuan ...................................................................................................... F......... Persyaratan Seleksi ...2.... A.................................... i Daftar Isi . B........................ Tahap ke Tiga: Presentasi .. BAB 3 FORMAT PEMBUATAN KARYA ILMIAH ........... Deskripsi Pemenang ............ Tim Juri ..................... F.......................................................................................... D............ D.................. Tahap Pelaksanaan ....... Kategori Pemenang ........................................ Rambu-Rambu Penilaian .......................... E....... F............................................ C........................... B....................... Hasil yang Diharapkan .............................................................................. Tahap ke Dua: Gelar Poster dan Pameran ..................1.................. G.....3.............................. Aturan Presentasi ............................................ BAB 2 PELAKSANAAN OPSI ............... Petunjuk Pembuatan Makalah ................................................................................. D........ D....................................................................................... Rekapitulasi Kuota Pemenang OPSI ........................

.

sehat. dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan sebagai acuan dalam pengembangan dan pelaksanaan pembinaan kesiswaan. Latar Belakang Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. keterampilan. Kompetensi intelektual. Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah telah mengembangkan dan melaksanakan berbagai program pembinaan bakat dan prestasi siswa tingkat Sekolah Menengah Atas melalui berbagai kegiatan kesiswaan. generasi yang memiliki keunggulan dan keseimbangan dalam aspek kognitif. mandiri. Menindaklanjuti undang-undang dan peraturan menteri tersebut. berilmu. kreatif. Satu diantara cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengarahkan siswa ke dalam aktivitas penelitian. dan sikap tersebut hanya dapat dicapai melalui kegiatan yang mengakomodasi berbagai kecerdasan. Dengan kegiatan yang dilaksakanan tersebut diharapkan siswa berbakat dan perprestasi dapat memacu potensinya menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul. Sesuai dengan undang-undang tersebut. berakhlak mulia.BAB 1 PENDAHULUAN A. psikomotorik dan afektif. cakap. 1 . Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 34 tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. C.Untuk menghidupkan kegiatan penelitian di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat dilakukan kompetisi penelitian ilmiah dalam berbagai bidang ilmu. dan kompetitif. berkualitas. Peraturan Menteri pendidikan Nasional nomor 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. Menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian. Tujuan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) bertujuan untuk 1. 2. 3. Dasar Hukum Dasar hukum penyelenggaraan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) adalah 1. Mendapatkan hasil penelitian yang orisinal. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA. 3. B. 2 . yang direalisasikan dalam suatu kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). 2. Memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya. 4.

Termotivasinya siswa untuk berkreasi dalam penelitian pada berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.D. Terjaringnya siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang penelitian. dan kompetitif. Terjaringnya hasil penelitian yang orisinal. Hasil yang Diharapkan Hasil yang diharapkan dari kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia adalah 1. 2. berkualitas. 4. 3 . Berkembangnya budaya penelitian di kalangan siswa. 3.

Kimia d. Matematika b. Sosiologi dan Antropologi 4 . Pendidikan dan Psikologi e. Ekonomi dan Manajemen b. Pertanian 3) Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora a. Informatika d.BAB 2 PELAKSANAAN OPSI A. Bidang Lomba pada OPSI Bidang lomba pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tahun 2013 dikelompokkan sebagai berikut: 1) Sains Dasar a. Biologi 2) Sains Terapan a. Sejarah dan Budaya c. Mesin dan Elektronika c. Sastra dan Seni d. Ekologi b. Bahasa. Kesehatan e. Fisika c.

dan cover makalah Bidang IPS/Humaniora berwana Hijau Catatan: Makalah dan berkas persyatan lainnya menjadi milik panitia. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) judul penelitian. cover makalah Bidang Sains Dasar berwarna Merah. Satu Kelompok Peneliti maksimal berjumlah 3 (tiga) orang termasuk ketua kelompok. Peserta mengirimkan naskah hasil penelitiannya sebanyak 1 eksemplar dalam bentuk hardcopy dan sebuah file dalam bentuk CD dalam format MS-WORD kepada panitia. 8. Naskah penelitian yang diusulkan adalah penelitian yang dikerjakan saat siswa masih kelas X atau kelas XI. Untuk memudahkan. 5 . 9. 4. Peserta adalah siswa SMA/MA kelas X atau XI pada bulan April 2013.B. Projek/penelitian berkelompok. dapat dilakukan secara individual atau 3. 6. 7. 5. Peserta membuat pernyataan orisinalitas karya penelitiannya dan pernyataan bahwa makalah yang diajukan belum pernah menjuarai lomba karya ilmiah tingkat nasional/internasional. Persyaratan Seleksi 1. 2. cover makalah Bidang Sains Terapan berwarna Kuning. Peserta menyertakan pasfoto berwarna dalam file digital yang dimasukkan ke dalam CD bersama naskah makalahnya.

3) Tahap presentasi. dan dikirimkan kepada panitia. yaitu 1) Tahap penilaian naskah. Tahap Pelaksanaan Kegiatan OPSI ini dibagi ke dalam tiga tahapan.C. R. Teknis seleksi tahap pertama adalah sebagai berikut: 6 . Jumlah naskah yang lolos pada tahap pertama tersebut tidak harus seimbang untuk masing-masing bidang ilmu.12410 Tlp. Melalui penilaian tersebut dihasilkan sejumlah NASKAH TERSELEKSI. 75912057 D.S. dan peserta yang meraih PENGHARGAAN NASKAH. 75908519. Fatmawati. Cipete Jakarta Selatan .1. D. 2) Tahap gelar poster dan pameran. dengan alamat: Panitia Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Jl. Tahap Pertama: Penilaian Naskah Tim juri/penilai yang dibentuk dan ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA melakukan penilaian naskah laporan peneltian yang diajukan peserta dengan mengacu kepada kriteria yang telah ditetapkan. 021-75912056. Peneliti yang naskahnya terpilih pada saringan tahap pertama ini dipanggil untuk mengikuti tahap selanjutnya. Fax: 021-75908519. Tata Cara Pendaftaran Berkas persyaratan dimasukkan ke dalam amplop.

2) Peserta memasang poster dan memajang hasil penelitian sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menilai poster dan pameran hasil penelitiannya. Teknis pelaksanaan seleksi tahap ke dua adalah sebagai berikut: 1) Peserta yang diundang (lolos tahap pertama) diharuskan menyiapkan poster hasil penelitan dan material pajang hasil penelitiannya. 4) Direktorat Pembinaan SMA menetapkan naskah hasil penelitian yang terpilih pada tahap pertama. 5) Peserta juga melayani pertanyaan dari pengunjung.2. 7 .1) Peserta mengirimkan naskah hasil penelitian kepada panitia sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 2) Direktorat Pembinaan SMA menetapkan tim juri. 4) Tim juri melakukan tanya-jawab dengan peserta. D. peserta yang meraih PENGHARGAAN POSTER. Tahap ke Dua: Gelar Poster dan Pameran Peserta yang naskah hasil penelitiannya terpilih pada tahap pertama diharuskan menampilkan hasil penelitiannya pada kegiatan Gelar Poster dan Pameran. 5) Direktorat Pembinaan SMA mengundang peserta yang berhasil masuk ke tahap berikutnya. 3) Tim juri melakukan penilaian terhadap poster dan pameran. dan dibawa secara langsung saat pelaksanaan seleksi tahap ke dua. Dari kegiatan tersebut dihasilkan peserta yang BERHASIL MASUK KE TAHAP PRESENTASI. 3) Tim juri melakukan penilaian naskah hasil penelitian sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan. berdasar pada format penilaian poster dan pameran.

Setelah memaparkan hasil penelitiannya.3. dilanjutkan tanya-jawab dengan tim juri. Kategori Pemenang Pemenang dikelompokkan berdasarkan kelompok bidang penelitian: kelompok bidang ilmu. 7) Direktorat Pembinaan SMA menetapkan peserta yang berhasil masuk ke tahap presentasi D. TIM JURI Penjurian pada semua tahap seleksi akan dilakukan oleh tim juri yang pada tingkat nasional dibentuk dan ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA. PEMENANG OPSI F. Teknis pelaksanaan seleksi tahap ke tiga adalah sebagai berikut: 1) Peserta memaparkan hasil penelitiannya dalam bahasa Indonesia selama 10 menit. peserta menjawab pertanyaanpertanyaan juri. 8 . E.1. Dari kegiatan tahap ketiga ini dihasilkan peserta yang meraih “PENGHARGAAN PRESENTASI”. Tahap ke Tiga: Presentasi Presentasi dikelompokkan sesuai dengan kelompok bidang penelitiannya. 2) Tim juri mengajukan peserta terbaik pada masing-masing kelompok bidang penelitian. Tim juri terdiri dari para peneliti dari berbagai lembaga penelitian dan perguruan tinggi.6) Tim juri masing-masing bidang penelitian mengajukan peserta yang terseleksi pada tahap gelar poster dan pameran kepada Direktur Pembinaan SMA. Keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat. F.

a. Sains Terapan 1) MEDALI EMAS 2) MEDALI PERAK 3) MEDALI PERUNGGU 4) PENGHARGAAN MAKALAH 5) PENGHARGAAN POSTER 7) PENGHARGAAN KHUSUS c. IPS dan Bahasa 1) MEDALI EMAS 2) MEDALI PERAK 3) MEDALI PERUNGGU 4) PENGHARGAAN MAKALAH 5) PENGHARGAAN IPOSTER 7) PENGHARGAAN KHUSUS : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 1 orang atau 1 judul penelitian : 1 orang atau 1 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 1 orang atau 1 judul penelitian : 1 orang atau 1 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian : 1 orang atau 1 judul penelitian : 1 orang atau 1 judul penelitian : 3 orang atau 3 judul penelitian 6) PENGHARGAAN PRESENTASI : 1 orang atau 1 judul penelitian 6) PENGHARGAAN PRESENTASI : 1 orang atau 1 judul penelitian 6) PENGHARGAAN PRESENTASI : 1 orang atau 1 judul penelitian 9 . Sains Dasar 1) MEDALI EMAS 2) MEDALI PERAK 3) MEDALI PERUNGGU 4) PENGHARGAAN MAKALAH 5) PENGHARGAAN POSTER 7) PENGHARGAAN KHUSUS b.

Peserta/kelompok dengan Naskah Penelitian yang memiliki keunikan atau kekhususan dalam kelompok bidang penelitiannya. 6) Kemampuan interaksi saat pameran. Peserta/kelompok yang memiliki nilai terbaik poster dalam kelompok bidang penelitiannya menurut penilaian tim juri Peserta/kelompok yang memiliki nilai terbaik presentasi dalam kelompok bidang penelitiannya menurut penilaian tim juri. 7) Kemampuan Presentasi. 2) Keunikan ide penelitian dan kreativitas. 5) Keunggulan pada gelar poster dan pameran.3. Peserta/kelompok yang memiliki nilai terbaik pada penilaian naskah hasil/laporan penelitian dalam kelompok bidang penelitiannya. Rambu-Rambu Penilaian Secara garis besar. 8) Kebahasaan 10 . 4) Orisinalitas penelitian. 3) Peluang aplikasi.F. 2 MEDALI PERAK 3 4 5 6 7 MEDALI PERUNGGU PENGHARGAAN MAKALAH PENGHARGAAN POSTER PENGHARGAAN PRESENTASI PENGHARGAAN KHUSUS F. penilaian meliputi aspek berikut: 1) Keterpenuhan metoda ilmiah. Peserta/kelompok yang menempati urutan terbaik dalam kelompok bidang penelitiannya berdasar aturan penilaian setelah selesai tahap presentasi. Deskripsi Pemenang NO 1 NORMA JUARA/ PEMENANG MEDALI EMAS DESKRIPSI Peserta/kelompok yang berhasil meraih nilai tertinggi dalam kelompok bidang penelitiannya berdasar aturan penilaian setelah selesai tahap presentasi.2. Peserta/kelompok yang menempati urutan terbaik dalam kelompok bidang penelitiannya berdasar aturan penilaian setelah selesai tahap presentasi.

F. Sastra dan Seni Pendidikan dan Psikologi 9 9 9 3 3 3 9 Sosiologi dan Antroplogi JUMLAH 11 . REKAPITULASI KUOTA PEMENANG OPSI Kelompok Bidang Penelitian Kelompok Bidang Ilmu Medali Emas Medali Medali Penghargaan Penghargaan Penghargaan Perak Perunggu Makalah Poster Presentasi Penghargaan Khusus 3 Matematika 3 3 3 1 1 1 SAINS DASAR Fisika Kimia Biologi Ekologi 3 3 3 1 1 1 3 Mesin dan Elektronika SAINS TERAPAN Informatika Kesehatan Pertanian Ekonomi dan Manajemen 3 3 3 1 1 1 3 Sejarah dan Budaya IPS DAN HUMANIORA Bahasa.4.

G. JADWAL PELAKSANAAN OPSI Berikut adalah jadwal global pelaksanaan OPSI tahun 2012: No KEGIATAN SELEKSI NASKAH Batas Waktu Penerimaan Naskah KETERANGAN 1 Agustus 2013 Minggu ke-4 Bulan Agustus 2013 Minggu ke 2 Bulan September 2013 1 Penilaian Naskah Pengumuman Hasil Seleksi Naskah dan Pemanggilan Peserta Seleksi Tahap ke dua GELAR POSTER DAN PAMERAN 2 Waktu Tempat Peserta PRESENTASI Waktu Tanggal 6 – 12 Oktober 2013 Jakarta Disesuaikan dengan Jumlah Naskah yang layak Terangkai dengan Gelar Poster dan Pameran Sama dengan Gelar Poster dan Pameran Peserta yang lolos babak ke tiga 3 Tempat Peserta 12 .

PELAKSANAAN SKEMA PELAKSANAAN SEKOLAH/KABUPATEN/KOTA/PROVINSI PENGIRIMAN MAKALAH MAKALAH KUMPULAN NASKAH OPSI PENILAIAN MAKALAH HASIL PENILAIAN MAKALAH PENGHARGAAN MAKALAH TIDAK TERPILIH MAKALAH TERPILIH GELAR POSTER DAN PAMERAN GELAR POSTER DAN PAMERAN PENILAIAN POSTER PENILAIAN INTERAKTIF GELAR POSTER HASIL PENILAIAN POSTER PENGHARGAAN POSTER POSTER TERPILIH TIDAK TERPILIH PRESENTASI PROSES PRESENTASI PENGHARGAAN PRESENTASI MEDALI EMAS MEDALI PERAK MEDALI PERUNGGU 12 13 . SKEMA OPSI OPSI H.H.

B. 3.heading 2 . Tim juri terdiri dari peneliti pada berbagai lembaga penelitian dan perguruan tinggi terkemuka. Jenis huruf b.BAB 3 FORMAT PEMBUATAN KARYA ILMIAH A.heading 4 dst . Keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat. Tim Juri Penjurian pada semua tahap seleksi akan dilakukan oleh tim juri yang pada tingkat nasional dibentuk dan ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA. Batas margin atas : 2 cm : 18 pt : 16 pt : 14 pt : 13 pt : 12 pt : 12 pt 14 . Petunjuk Pembuatan Makalah Makalah penelitian disusun oleh peserta dengan ketentuan sebagai berikut: 1. .Judul . Makalah ditulis dalam bahasa Indonesia. Ukuran huruf : : Times New Roman. Makalah diketik pada kertas HVS A4 80 gram dengan ketentuan: a.heading 3 .heading 1 . Urutan penyajian materi dalam makalah mengikuti struktur yang diberikan oleh panitia. 2.isi/body c.

nama sekolah. 7. Pendahuluan Berisi latar belakang (mengapa menarik untuk diteliti). Batas margin kanan : 2 cm f. Abstrak 5. Kata Pengantar 6. Halaman Muka 2. alamat sekolah. Batas margin bawah : 2 cm e. provinsi. soft cover dengan warna sesusai bidang penelitiannya. rumusan masalah. halaman : 3 cm : center. Nama guru-guru pembimbing di sekolah dicantumkan dalam makalah. bottom 4. 15 . Makalah dilengkapi dengan Abstrak penelitian maksimal 500 kata diketik dalam 1 spasi. Pernyataan Orisinalitas 4. nomor telepon. Batas margin kiri g. yang memuat judul penelitian. Lembar Pengesahan 3. Nama institusi/lembaga dan perorangan yang terkait dengan penelitian sebagai mitra kerjasama maupun sebagai narasumber harus dicantumkan. kabupaten/kota. nama siswa/peneliti (maksimum 3 orang). bidang ilmu. tujuan penelitian. diletakkan di halaman pertama isi makalah. lengkap dengan gelar dan bidang ilmunya.d. Makalah diberi halaman depan. Makalah ditulis dengan mengikuti struktur berikut: 1. 5. Daftar Isi 7. 6.

16 . Hasil dan Pembahasan Berisi analisis dan/atau pembahasan terhadap hasil pengujian atau data yang diperoleh. Pada panel-panel tersebut peserta dapat menempelkan poster dan foto-foto yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. 3. 4. Kesimpulan dan Saran 12. 10. 5. Aturan Gelar Poster dan Pameran Pameran dan poster dilakukan secara perorangan/kelompok dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Lampiran (bila perlu) C. Ukuran poster disesuaikan dengan disain panel. Disediakan hanya sebuah kursi. Untuk setiap penelitian disediakan dua muka panel pameran berukuran 120 cm x 120 cm yang diletakkan di atas meja berukuran 40 cm x 120 cm dengan ketinggian 80 cm.8. 11. 2. Kajian Pustaka 9. Daftar Pustaka 13. panjang 60 cm. dan cara penelitian. Meja digunakan untuk kepentingan gelar pameran. 6. 7. dan tinggi 80 cm. Metodologi Berisi hipotesis atau dugaan atau konjektur (bila perlu). Disediakan meja terpisah berukutan lebar 50 cm. Kedua panel dipasang sedemikian sehingga membentuk formasi “V”.

9. dilanjutkan dengan tanya jawab dengan Dewan Juri. pustaka. Aturan Presentasi Peserta yang lolos pada Gelar Poster dan Pameran diharuskan melakukan presentasi oral di hadapan dewan juri dengan ketentuan sebagai berikut: 1. 13. Peserta stand by di stand pameran masing-masing dan diharuskan menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh pengunjung maupun juri yang berkeliling melakukan penilaian atau berisi uraian dan hasil yang diperoleh. demikian pula perlengkapan untuk menempel poster dan gelar pameran.Hasil penelitian. dan diumumkan kepada seluruh peserta sebelum acara presentasi berlangsung. 10. Poster memuat: . .Data penelitian. Presentasi dilakukan dalam bahasa Indonesia atau Inggris selama 10 menit. 17 . . D. dengan dukungan Power Point. Peserta hasus meninjukkan buku journal penelitiannya. . 11. saran.Materi penelitian sesuai metoda ilmiah. Bahan poster dan pameran disediakan sendiri oleh peserta. . Peserta mengenakan pakaian seragam sekolah masing-masing pada kegiatan pameran dan poster.8.Kesimpulan. Presentasi dilakukan secara terbuka dengan urutan presentasi yang diundi oleh panitia. Tidak diperkenankan membawa bahan atau perlengkapan yang dapat membahayakan. 2. 12.Diagram penelitian.

4. 5. Panitia menyediakan LCD Projetor. Bagi peserta yang menggunakan laptop Apple. 6. Peserta diperkenankan untuk menggunakan laptop sendiri. dan loud speaker. Panitia tidak menyediakan laser pointer. File Power Point seluruh penelitian dikumpulkan dalam laptop panitia yang digunakan untuk presentasi (walaupun peserta menggunakan laptop sendiri). harus menyediakan sendiri converter untuk hubungan ke LCD Projector. sebuah laptop. Peserta mengenakan pakaian seragam sekolah masing-masing pada presentasi penelitian. white board.3. 18 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful