PERKEMBANGAN OLAHRAGA VOLI DI INDONESIA

MAKALAH

Ditulis oleh: Joice Novita Limpo 12120080039

Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan Surabaya 2009

Massachusetts. salah satu murid James Naismith (pencipta permainan basket). Voli. Tema umum yang diberikan adalah perkembangan olahraga di Indonesia. 2. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lapangan voli yang tersebar di sekolah-sekolah. Pendahuluan Makalah ini disusun sebagai tugas akhir dari mata kuliah Sport. Pada halaman-halaman selanjutnya penulis akan mencoba memaparkan dengan ringkas mengenai sejarah bola voli. Bukan hanya di kalangan siswa saja. basket. Morgan menciptakan suatu olahraga yang disebutnya . Melihat popularitas cabang olahraga ini. Morgan mencoba menciptakan suatu olahraga bagi pengusaha-pengusaha yang menganggap permainan basket sebagai olahraga yang terlalu keras. Menggabungkan aspek-aspek dari olahraga tenis. dan handball. bisbol. dengan berbagai pertimbangan. tetapi olahraga ini sudah memasyarakat dalam instansi-instansi pemerintah maupun swasta. bahkan tidak jarang tim nasional voli Indonesia berpartisipasi dalam kejuaraan internasional. penulis pun yakin bahwa Indonesia akan memiliki prospek yang bagus dalam pelatihan dan pertandingan voli di tahun-tahun yang akan datang. Sejarah dan Perkembangan Bola Voli di Dunia Permainan bola voli pertama kali dikembangkan pada tahun 1895 oleh William G. yang pada saat itu bekerja sebagai sebagai guru pendidikan jasmani pada Young Man Association Christian (YMCA) di Holoyke. bahkan tidak sedikit klub voli yang dibentuk. adalah sebuah olahraga tim yang populer di mata dunia. dan perspektif penulis terhadap prospek perkembangan bola voli di masa yang akan datang. perkembangan bola voli di dunia. dan penulis secara spesifik memilih olahraga voli sebagai bahasannya.PERKEMBANGAN OLAHRAGA VOLI DI INDONESIA 1. Morgan. Meminjam berbagai aspek dari permainan-permainan yang sudah ada. mulai dari tingkat daerah sampai tingkat nasional. dan mendapat perhatian yang lumayan dalam perolahragaan Indonesia. khususnya di Indonesia. Di dalam makalah ini penulis akan mencoba menuliskan hasil olah data yang dikumpulkannya mengenai suatu tema spesifik yang dipilih. Ajang-ajang pertandingan voli di Indonesia pun sudah makin merambat.

Pada Mei 1955. nama permainan ini diubah menjadi volleyball. bola voli dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan internasional. Kondisi permainan yang memungkinkan dilakukan dalam ruangan terbuka maupun tertutup mungkin merupakan salah satu pemicu kepopuleran bola voli di dunia yang memiliki bermacam iklim ini. di lain pihak. dan dapat dilihat . terutama di Indonesia. Atlet voli Indonesia telah tampil di kancah internasional sejak 1961. Karena partisipasi masyarakat yang begitu besar dalam permainan ini. Permainan bola voli ternyata berkembang dengan pesat. dan menjadi akrab di telinga masyarakat. Turnamen-turnamen sangat membantu perkembangan bola voli di Indonesia. karena tidak membiarkan bola menyentuh tanah. Kedua olahraga ini mengalahkan voli dalam dua aspek yang berbeda. yang bukan hanya menyita perhatian Indonesia tapi bahkan seluruh dunia. Saat ini. Sepak bola. dan berlanjut ke Eropa pada tahun 1920-an. menjadi terkenal karena prestasi mencolok para atlet di tahun-tahun kejayaannya. Sejak saat itu. namun tidak memiliki organisasi resmi nasional hingga tahun 1955. Pada tahun 1928. dalam turnamen ”Morgan Cup”. Dr.“Mintonette”. bahkan diperhitungkan dalam proses pendidikan. Dari Amerika. banyak disosialisasikan dari media. Permainan ini lalu didemonstrasikan untuk pertama kalinya pada tahun 1896. Halstead. Banyak permainan lain yang ternyata menyita perhatian masyarakat. Perkembangan pesat bahkan mulai terjadi sejak diadakannya Asia Games IV dan Ganefo I di Jakarta. seperti sepak bola dan bulu tangkis. dan dengan usulan dari seorang pengusaha. Sejarah dan Perkembangan Bola Voli di Indonesia Permainan voli telah masuk ke Indonesia sejak awal abad ke-20. banyak peraturan mula-mula yang kemudian dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan. dalam Kongres Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). 3. ditetapkanlah peraturan resmi bagi permainan voli. menjadi salah satu olahraga terpopuler di Amerika pada saat itu. permainan voli merambat ke Kanada dan Asia pada tahun 1900. yang diselenggarakan oleh Persatuan Bola Voli Nasional Pakistan. Sejak saat itu olahraga voli mulai disosialisasikan. 20 kota menggabungkan diri. Popularitas permainan voli tidak terus menanjak. popularitas voli semakin menjadi-jadi dan banyak turnamen yang diselenggarakan kemudian. dan pada tahun yang sama PBVSI mendapat pengesahan dari International Volleyball Federation (IVF) di Paris. Bulu tangkis. termasuk Olimpiade.

salah satunya adalah Sampoerna Hijau Pejuang Voli. Hal ini mungkin disebabkan oleh tempaan keras dari pelatih timnas Indonesia. Juga pada SEA GAMES mendatang. setidaknya di tingkat Asia. tim voli pantai putra Indonesia berhasil merebut medali emas. atlet voli Indonesia belum banyak mencetak prestasi ’legendaris’ bagi nama bangsa ini. Li Qiujiang. sedangkan medali perak tim voli indoor putra Indonesia telah berhasil ditingkatkan menjadi medali emas. dan ditambahkan dengan PROLIGA yang dilaksanakan sejak tahun 2002. maka bukan tidak mungkin timnas Indonesia dapat unjuk gigi di liga voli internasional. Prestasi timnas Indonesia dapat dikatakan semakin membaik pada tahun-tahun sekarang. bagi para pecinta voli yang terus mengikuti perkembangan prestasi putra-putri bangsa. . Bila pelatihan dapat terus diintensifkan. PBVSI pun menyelenggarakan turnamen-turnamen nasional dengan tujuan memicu motivasi atlet untuk berprestasi dan memulihkan gairah masyarakat. Mereka berhasil membawa pulang medali perunggu setelah menyerah melawan Thailand dan Vietnam. Jumlah-jumlah turnamen terus bertambah hingga kini. dan prestasi dapat ditingkatkan. Pada tahun 2007. Prestasi Voli Indonesia Berbeda dengan bulu tangkis. Timnas voli putri Indonesia. Peningkatan prestasi ini dapat dilihat dari perkembangan timnas Indonesia dalam SEA GAMES 2005 dan 2007. meskipun tidak memiliki prestasi secemerlang tim putra. Namun. Melihat hal ini. Inilah salah satu alasan kurang digemarinya olahraga ini.bahwa gairah masyarakat terhadap olahraga voli pun berkurang. dan bahwa voli Indonesia sudah mulai diperhitungkan. Pada tahun 2005. diadakan sebuah turnamen yang disebut LIVOLI (Liga Voli Indonesia). sesungguhnya tidak kalah tangguh. medali emas yang diraih sebelumnya tetap dipertahankan. Sejak tahun 1999. PBVSI telah menargetkan lebih banyak medali emas untuk disumbangkan kepada Tanah Air ini. maka dapat dilihat bahwa kualitas pemain voli semakin meningkat. Prestasi tim putri yang sudah melorot sejak tahun 2001 lalu mulai dipulihkan pada SEA GAMES 2007. sebuah turnamen yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan swasta sejak Juli 2009 lalu. 4. dan tim voli pantai dan indoor putra berhasil meraih dua medali perak.

Akan tetapi. perkembangan permainan voli di Indonesia berjalan ke arah yang positif. ”Voli Janji Tambah Emas di SEAG 2007”. D. Olahraga ini begitu mudah digemari. Apa yang penulis paparkan di atas adalah perkembangan permainan bola voli di Indonesia yang bersifat ringkas. April 2007. Diunduh 2 Oktober 2009. ternyata permainan ini melewati banyak naik-turun dalam perkembangannya di Indonesia.com. Diuduh 2 Oktober 2009. Penutup Permainan voli memiliki sejarah perkembangan yang menakjubkan.5. Rinawati. kapanlagi. eizenarticles. 2007.com. R. . “Sea Games XXIV Thailand: Satu Emas dari Voli Putra”.html. Ika.yusovolley. Karena itu.org/history/livoli.org. Diunduh 2 Oktober 2009. Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Smash Normal dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Putera Kelas II Sma Negeri di Kabupaten Pekalongan . New York: Taylor & Francis. oleh seluruh suku bangsa dan semua generasi. http://www. Bukanlah tidak mungkin bila di tahun-tahun mendatang voli menjadi salah satu cabang olahraga yang dapat mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Kekuatan Otot Punggung. A. Kendati demikian. mulai dari segi sejarah hingga pandangan penulis terhadap permainan voli di masa yang akan datang. Mengikuti hal ini.html. “Sejarah Livoli”. Skripsi: Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai.org/history/proliga. Semarang: Universitas Negeri Semarang. olahraga ini membutuhkan penanganan khusus dalam bidang profesional. Diunduh 2 Oktober 2009. http://www. 2005.com McComb. sports. Ferdian. bila melihat dengan lebih jeli. tetapi juga dapat mengembangkan minat dan bakat masyarakat secara profesional. Referensi: Blain. Hal ini dibuktikan dengan turnamen-turnamen yang semakin bertambah jumlahnya dan peraihan prestasi yang semakin tinggi. agar permainan voli bukan hanya dinikmati masyarakat dalam konteks amatir. volimania. antusiasme masyarakat terhadap olahraga ini pun dapat meningkat. Inc. Sports in World History. “Sutanto: Voli Pantai Bisa Rebut Emas Asian Games”. 2004. Tidak dapat dipungkiri bahwa permainan voli merupakan salah satu olahraga yang paling populer dan banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Desember 2005.yusovolley. “What Started It All: The History of Volleyball”.G. ”Sejarah Proliga”. 2005.okezone.

org. Oktober 2007. ” Susunan Pemain Voli Putri Timnas SEA GAMES sudah Mantap”. Diunduh 2 Oktober 2009.volimania. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful