TUGAS EKOLOGI APLIKASI

Oleh : Yasinta Dwi Aprillia 103204085 Pendidikan Biologi B 2010

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN BIOLOGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI 2013

tanaman rempah. Kalau biasanya nasi akan menjadi basi setelah 12 jam maka nasi dari beras organik bisa bertahan 24 jam. Salak. Pertanian organik merupakan proses budidaya pertanian yang menyelaraskan pada keseimbangan ekologi. Jeruk. Mangga. . Selain itu pertanian organik juga meningkatkan nilai gizi. Kopi dll Rempah dan Obat : Jahe. perkebunan. Mikroorganisme seperti rizobium dan mikroriza yang hidup di tanah dan perakaran tanaman sangat membantu tanaman dalam penyediaan dan penyerapan unsur hara. Misalnya pertumbuhan cendawan akar (Ganoderma sp. umbi – umbian terasa lebih empuk dan enak atau buah menjadi manis dan segar. serta peternakan dengan contoh sebagai berikut: Tanaman Pangan : Padi Holtikultura Sayuan : Brokoli. Kubis Merah Labu Siyam dll Holtikultura Buah : Nangka. Meningkatan aktivitas organisme yang menguntungkan bagi tanaman. dan tidak menggunakan asupan agrokimia (bahan kimia sintetis untuk pertanian) yang kemudian menghasilkan produk – produk pertanian (terutama bahan pangan) yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumen serta menjaga keseimbangan lingkungan dengan menjaga siklus alaminya. Kunyit. obat. Cengkeh. Caisin. holtikultura. Temulawak 2. Kelebihan penggunaan pupuk organik dibandingkan pupuk anorganik adalah a. misalnya padi organik akan menghasilkan beras yang pulen. Meningkatkan cita rasa dan kandungan gizi.1. Jambu Mente. dan lemak lebih tinggi daripada beras nonorganik. Hasil uji laboraturium terhadap beras organik mempunyai kandungan protein. Pala. Juga banyak organisme lain yang bersifat menekan pertumbuhan hama dan penyakit tanaman. Cita rasa hasil tanaman organik menjadi lebih menarik. serta keharmonian dengan iklim dan lingkungan sekitar dimana dalam pelaksanaannya semaksimal mungkin menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di alam sekitarnya. Contoh pertanian yang dapat dikembangkan dengan sistem pertanian organik di Indonesia antara lain tanaman pangan. Bayam Daun. Manggis dll Perkebunan : Kelapa. Durian. Kubis. Phytopthora sp) dapat ditekan dan dihalangi oleh organisme Trichoderma sp. keanekaragaman varietas. Begitu pula nasi yang berasal dari beras organik bisa bertahan (tidak mudah basi) dua kali lebih lama ketimbang nasi dan beras organik. b.

Dengan demikian adanya pupuk organik akan meningkatkan jumlah dan aktivitas mikroorganisme tanah sehingga tanah menjadi gembur f. Karena itu pemanfaatan pupuk organik untuk tanah pertanian sangat membantu memperbaiki struktur tanah. Menekan biaya ssaha tani Pupuk organik harganya murah dan mudah dibuat sendiri sehingga tidak memberatkan beban petani. hal ini bisa dipahami karena tanaman yang dipupuk organik . Selain itu. air mudah mengalir dengan membawa tanah. Tanah yang sering diberi pupuk anorgaik lama kelamaan akan menjadi keras sehingga sulit diolah dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Karena dengan penggunaan pupuk organik yang cukup maka unsur – unsur hara makro dan mikro terpenuhi semua sehingga tanaman lebih kuat dan sehat untuk menahan serangan beberapa organisme pengganggu dan lebih tahan dari serangan peryakit. dan mengurangi ketergantungan lahan pada pupuk anorganik. Buah dan hasil pertanian tidak cepat rusak atau akibat penyimpanan. Membantu mengurangi erosi. Struktur tanah menjadi lebih kompak dengan adanya penambahan bahan – bahan organik dan lebih tahan menyimpan air dibanding dengan tanah yang tidak dipupuk bahan organik. Revatilisasi produktivitas tanah Pada dasarnya pemakaian pupuk anorganik terus menerus sampai pada tahap tertentu ternyata dapat berakibat buruk bagi kondisi hara tanah. Pertanian organik dengan pemakaian pupuk organik mejadikan tanah leih gembur dan tidak mudah terkikis aliran air. pupuk organik juga berperan sebagai sumber makanan bagi mikroorganisme tanah. . Meningkatkan ketahanan dari serangan organisme pengganggu. meningkatkan permeabilitas tanah. g. d.Pupuk anorganik akan terakumulasi dalam tanah an meyebabkan kekurangan hara.c. Pada tanah yang miskin bahan organik. e. Memperpanjang unsur simpan dan memperbaiki struktur. secara keseluruhan bagian tanaman akan mendapat suplai unsur hara secara lengkap sehingga bagian – bagian sel tanama termasuk sel – sel yang menyusun buah sempurna. Buah cabai misalnya akan nampak lebih kilap dengan pertanian organik.

Terjadi perubahan iklim dan yang paling drastis adalah kondisi iklim mikro. Ladang berpindah adalah suatu kegiatan pertanian yang dilakukan di banyak lahan hasil pembukaan hutan atau semak di mana setelah beberapa kali panen / ditanami. Pohon atau semak yang telah ditebang/dibabat setelah kering kemudian dibakar.3. Setelah ditanami 3 – 4 kali. minum. ladang kemudian ditanami dan ditunggu sampai panen tiba. Pencemaran udara j. Terjadinya kebakaran hutan i. Mengurangi luas lahan e. Contohnya pembuatan ladang yang dibuat dengan cara membuka hutan atau semak belukar. dimana suhu meningkat rata – rata sebesar 1 . namun pengaruhnya tidak sampai menimbulkan degradasi lahan. Terjadi gangguan habitat satwa. dimana ekosistem hutan yang sebelumnya merupakan tempat makan. berpengaruh terhadap struktur dan komposisi vegetasi serta faktorfisik dan kandungan nutrisi tanah. menjadi tempat yang tidak nyaman lagi bagi satwa tersebut. b. sehingga terjadilah migrasi ke tempat lain c. Terjadi penurunan biodiversitas. sehingga banyak spesies langkah atau endemik yang ikut musnah d. b. Tanah menjadi tandus sehingga menyebabkan lahan kritis g. tidur. Setelah hujan tiba. yang secara umum disebabkan oleh perladangan yang dilakukan dengan cara tebang habis dan bakar. Tejadi banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau . maka tanah sudah tidak subur sehingga perlu pindah ke lahan lain yang subur atau lahan yang sudah lama tidak digarap. lahan kemudian ditinggalkan karena sudah tidak subur lagi.  Kelebihan pertanian ladang berpindah adalah a. mengandung banyak manfaat ekologis  Kerugian pertanian ladang berpindah adalah a.bermain. Tanah menjadi mudah erosi h. Terjadinya kerusakan hutan f.3ºC dengan penurunan kelembaban relative sebesar 5% 10%. berkembang biak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful