Filsafat Umum

RINGKASAN POKOK MATERI FILSAFAT UMUM
Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah

FILSAFAT UMUM
Dosen Pengampu : Prof. Fauzan Saleh, PhD.

Disusun Oleh :

Fitriana Sulistiowati (932203010) Kelas A

JURUSAN TARBIYAH PRODI TADRIS BAHASA INGGRIS SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI ( STAIN ) KEDIRI 2012
1

M.Filsafat Umum FILSAFAT UMUM Dari Mitologi sampai Teofilosofi Buku yang berjudul FILSAFAT UMUM (Dari Mitologi sampai Teofilosofi) ini mempunyai tebal 516 halaman.Si . Buku yang menerangkan mengenai definisi definisi tentang filsafat yang ditampilkan oleh ahli pikir dan ilmuwan ini dikarang oleh Drs.A. Beni Ahmad Saebani. Atang Abdul Hakim. M. Pustaka Setia KATA PENGANTAR 2 . Buku yang berjudul FILSAFAT UMUM (Dari Mitologi sampai Teofilosofi) ini diterbitkan di kota Bandung pada tahun 2008 oleh penerbit CV. & Drs.

Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Makalah ini berisikan tentang penjelasan mengenai perkembangan filsafat mulai dari mitologi hingga teofilosofi. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Akhir kata. 18 Desember 2012 FITRIANA SUISTIOWATI FILSAFAT UMUM 3 . yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “RINGKASAN POKOK MATERI FILSAFAT UMUM”. Tiada Gading Yang Tak retak oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Sehingga diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih untuk para kalangan akademisi tentang perkembangan ilmu filsafat. Kediri. Amin.Filsafat Umum Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah ini.

Hal-hal yang dipikirkan oleh filsafat berkaitan dengan hal-hal berikut ini: 1. intuisi dan persepsi 6. Sesuatu yang bersifat metafisik yang tidak dapat dilihat oleh mata kepala manusia 2. Segala sesuatu yang rasional dan irasional 4. Secara terminologis.Filsafat Umum Dari Mitologi sampai Teofilosofi Filsafat adalah pengetahuan tentang cara berfikir terhadap segala sesuatu atau sarwa sekalian alam artinya semua materi pembicaraan filsafat adalah segala hal menyangkut keseluruhan yang bersifat universal. Semua yang bersifat natural maupun supranatural 5. Dia ingin mengetahui kaitan ilmu dengan moral. filsafat diartikan sebagai suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi. Alam semesta yang fisikal dan terbentuk oleh hukum perubahan 3. Fungsi dan manfaat segala sesuatu yang didambakan manusia atau dihindarinya 9. Dia ingin melihat hakikat ilmu hanya dari segi pandang ilmu itu sendiri. Tesis yang melahirkan antithesis dan terciptanya sintesis Karakteristik berfikir filsafat yang pertama adalah sifat menyeluruh. Hakikat yang terbatas dan yang tidak terbatas 7. Teori pengetahuan pada semua keberadaan pengetahuan manusia yang objektif maupun subjektif 8. Seorang ilmuan tidak puas lagi mengenal ilmu hanya dari segi pandang ilmu itu sendiri. rasa. Filsafat juga merupakan kebebasan berfikir manusia terhadap segala sesuatu tanpa batas dengan mengacu pada hukum keraguan atau segala hal. Akal. kaitan 4 . Dia ingin melihat hakikat ilmu dalam konstelasi pengetahuan yang lainnya. Kebenaran spekulatif yang bersifat rasional tanpa batas sehingga berlaku pemahaman dialektis terhadap berbagai penemuan hasil pemikiran manusia. pikiran.

melalui peletakan dasar intelektual untuk agama Kristen. filsafat menyatakan keraguannya terhadap segala kebenaran ilmu hingga filsafat memberikan ketegakan ilmu dan ilmu mampu mengembangkan harapan hidup manusia secara lebih real atau sebaliknya menebas harapan hidup mannusia karena penyalahgunaan ilmu pengetahuan.Filsafat Umum ilmu dengan agama. Yang menempatkan gereja sebagai pusat kajian berbagai bidang keilmuan. Kebenarannya dipertanyakan. Hellenisme Dan Filsafat Yunani 5 . filsafat berkembang dalam bidang logika dan dan etika. Mitologi berkembang pada masyarakat Yunani kuno sebelum filsafat berdiri dengan jati dirinya yang asli sebagai filsafat. Selanjutnya zaman pertengahan. Berbagai usaha menyentesiskan pemikiran filsafat dan teologi secara matang. Berikut ini beberapa aliran aliran filsafat: A. Objek material filsafat adalah segala sesuatu yang ada dan mungkin ada. artinya setiap ilmu yang ada tak lagi dipercaya sebagai kebenaran. Adapun objek forma filsafat adalah pencarian terhadap yang ada dan yang mungkin ada secara kontemplatif pada permasalahan yang tidak dapat dijangkau oleh pendekatan empiris dan observatif yang biasa berada dalam sains. yaitu bapak yang mengacu pada pujangga Kristen. mencari jalan menuju teologi kristiani. Zaman modern dilihat dari berbagai sisi adanya perubahan mental dalam penolakan terhadap kekuasaan gereja yang merupakan ciri negative dunia modern dimulai lebih awal daripada menerima otoritas ilmu pengetahuan sebagai ciri positifnya. mengapa ilmu itu bisa benar dan apa yang dimaksud dengan kebenaran disini? Dengan modal kemungkinankemungkinan. Perkembangan selanjutnya disebut zaman patristik. Dia ingin menyakini apakah ilmu itu membawa kebahagiaan kepada dirinya. Sikap berfikir filsafat yang kedua adalah mendasar.

Diantaranya : Epikorus. berkisar pada segi metafisika pada filsafat Yunani yang boleh jadi dalam beberapa hal berlawanan dengan agama Masehi. Mereka juga meyakini bahwa jiwa ini akan hidup selama-lamanya dan pindah-pindah dari angkatan makhluk turun temurun. Aliran Neo Phytagoras: Ajarannya berpangkal pada Pythagoras yang mendidik kebatinan dengan belajar menyucikan roh. Yang satu ini adalah pangkal segalagalanya. Yang menjadi pokok pandangan filsafatnya ialah hubungan manusia dengan Tuhan. Skeptis: Mereka adalah madzhab filsafat yang ragu-ragu terhadap ajaran-ajaran klasik. perlulah ada suatu kriteria tentang kebenaran. Stoa: Tujuan utama dari ajaran Stoa adalah menyempurnakan moral manusia. Neoplatonisme mendasarkan pikirannya 6 . B.Filsafat Umum Pola pikir filsafat hellenisme Yunani pasca aristoteles. Filsafat Plotinus berpangkal pada keyakinan bahwa segala ini. Menurutnya Tuhan hanya menjadi penghalang untuk menikmati kesenangan hidup di dunia. kebenaran tidak dapat diduga. Plotinus dan Neoplatonisme Plato mendasarkan ajarannya kepada yang baik yang meliputi segala-galanya. Berikut ini penjelasanya secara ringkas. Kemudian ada juga Neo Pythagoras. Stoa. Epikuros: Ia adalah filosof yang memuja kesenangan hidup. Dan untuk memutuskan mana yang benar dan mana yang salah dalam pertentangan pendapat yang begitu banyak. karenanya filsafat yang dipelajarinya terpengaruh oleh pandangan agama. namun ajaran Plotinus berpokok pada satu. Kriterianya tentang kebenaran relatif sama dengan Epikuros yang mengatakan bahwa pemandangan adalah kriteria setinggi-tingginya untuk mencapai kebenaran. Berbeda dengan Neoplatonisme. dan Skeptis dari periode etik. Aliran Philon Alexandreia: Ia adalah seorang pendeta Yahudi. adalah satu dan tidak ada pertentangan didalamnya. Karena itu. Menurut mereka. yang asal itu. Epikuros adalah salah satu filosof yang beraliran atheis. Philon dan Plotinus dari periode religi. ia menafikan dan menihilkan peran Tuhan di dunia. Kepercayaan inilah yang disebut dengan rinkarnasi. Kriteria itulah yang tidak ada.

tidak ada hubungan antara gereja dan akademi. Neoplatonisme merupakan aliran intelektual yang dominan di hampir seluruh wilayah Hellestik. Dia berpendapat bahwa wahyu Tuhan sudahlah cukup. C. Clement mengajarkan bahwa kemampuan tentang Tuhan haruslah dicapai melalui logos. untuk kemudian mengalami perpecahan dikarenakan domininasi kuat agama terhadap berbagai aspek kehidupan. Filsafatnya tentang sejarah berpengaruh pada gerakan-gerakan agama dan pada pemikiran sekuler. Tertullianus ia adalah pembela Kristen yang fanatik. Adapun pendapat Origen mengenai etika bahwa dunia merupakan pertarungan antara kekuatan baik dan kekuatan jahat. berpendapat bahwa Tuhan itu diluar kategori ruang dan waktu. Origen. Clement. Ia menolak kehadiran filsafat Yunani. karena esensi hanyalah milik Tuhan. FILSAFAT PATRISTIK ABAD PERTENGAHAN EROPA Abad ini ditandai dengan keruntuhan budaya Romawi dan upaya untuk kembali membangun peradaban berdasarkan ajaran filsafat Yunani dan ajaran agama Kristen. bukan dengan akal rasional. Akan tetapi dapat juga dikatakan bahwa seluruh ajaran Agustinus berpusat pada Tuhan. menurutnya Tuhan itu adalah transendens. Justinus Martir mengambil kesimpulan bahwa agam Kristen lebih bermutu dibanding dengan filsafat Yunani. sehingga seakan-akan Neoplatonisme bersaing dengan pandangan dunia yang berdasarkan agama Kristen. Ajaran Agustinus dapat dikatakan berpusat pada dua pool: Tuhan dan manusia. karena filsafat dianggap sesuatu yang tidak perlu. Perkembangan ilmu dan filsafat berlangsung di gereja-gereja pada awalnya. dan tidak ada hubungan antara teologi dan filsafat.Filsafat Umum kepada seleksi dan perpaduan antara unsur-unsur. suatu konsep yang menjelaskan bahwa Tuhan berada diluar alam. Tokoh selanjutnya adalah Agustinus ia berpandangan tentang Tuhan bahwa terpisah dari Tuhan tidak ada realitas. tidak dapat dijangkau oleh akal rasional. Menurut Origen alam semesta ini abadi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan filsafat berlangsung dengan lambat 7 tetapi pasti sejalan dengan kontak budaya dengan budaya Islam dan semangat untuk . serta Kristen dan penemuan baru. Selanjutnya ia menyatakan bahwa hubungan manusia dengan Tuhan dicapai melalui logos.

Menurutnya segala sesuatu itu berasal dari to apeiron. Air adalah pusat dari sumber segala yang ada atau pokok dari segala sesuatu. Pythagoras : dia berpendapat bahwa manusia itu asalnya dari Tuhan. tetapi tetap ada. mustahil tidak ada. 5. Jiwa itu adalah penjelmaan dari Tuhan yang jatuh kedunia karena berdosa. 4. Leukippos : seorang ahli pikir pertama mengajarkan tentang atom. 2. 6. filosof dan ahli dalam ilmu matematik dan ilmu hitung. Engkau tidak bias turun dua kali ke dalam sungai yang sama. 3. Anaximandros (610-547 SM) : ia adalah murid dari Thales. D. Anaximenes (585-524) : menurutnya. Pythagoras dikenal seorang ahli dalam dunia mistik. pan tarhei kai uden menei. yang asal itu mestilah satu dari yang ada dan yang Nampak. 7. tak terhingga. Menurutnya. tidak hilang dan tidak berubah-ubah. Ia berucap. Segala sesuatu berasal dari air dan kembali kepada air. tidak bergerak. Ia akan kembali kelangit ke dalam lingkungan Tuhan bermula. Ia bergerak terus tidak henti-hentinya. Herakleitos (540-480) : tidak ada satupun di ala mini yang bersifat tetap. tiap benda terdiri dari atom. yang realitas dalam ala mini adalah satu. Masa ini berakhir dengan pemisahan kekuasaan dan pemikiran antara ajaran agama yang bertahan di gereja dan perkembangan keilmuan yang mendapat tempat di lembaga sekolah. Kecilnya atom itu tidak kelihatan. yang ada itu ada. tidak berubah dasar pemikirannya. tidak terubahkan (mantap) dan meliputi segala-galanya. asal mula alam ini adalah air. Barang yang asal itu ialah udara. Bersifat ilahi.Filsafat Umum kembali pada kejayaan peradaban Yunani. semuanya mengalir dan tidak ada satupun yang tinggal tetap. FISAFAT KLASIK SEJAK THALES SAMPAI GEORGIAS 1. Thales (624-546 SM) : Aristoteles memberikan gelar kepada Thales sebagai filosof pertama. Thales adalah orang pertama yang memikirkan tentang asal muasal terjadinya alam semesta.abadi. yaitu yang tak terbatas. 8 . Menurutnya. Perminedes : menurutnya.

FILSAFAT KLASIK Socrates. logika. Dalam membenarkan kebenaran yang objetif. Zeno (490 SM) : Ia menyatakan guru filsafatnya. Georgias (427 SM ) : tidak ada yang ada. Semua itu adalah bayangan dari dunia ide.Filsafat Umum 8. jelas ia sedang berfikir. dan kita mencontohnya untuk perbuatan dan pikiran-pikiran kita. Ia tidak berhubungan dengan alam ini. sebab yang sedang berfikir itu tentu ada dan jelas terang benderang. FILSAFAT PRAMATERIALISTIK Rasionalisme Descrates mengemukakan metode baru yaitu metode keragu-raguan. Hanya rasio sajalah yang dapat membawa orang pada kebenaran. “ 9. dan Aristoteles adalah para filosuf yang bangkit pada masa Yunani klasik. Idea terang benderang ini pemberian Tuhan sebelum orang 9 . terbatas dan tak terbatas. Kita harus mengatakan bahwa realitas itu tunggal dan banyak. E. Rasio merupakan sumber kebenaran. kita tidak usah mengharapkan Dia mencintai kita. Ia adalah kesempurnaan tertinggi. F. Aristoteles adalah Bapak Logika. metafisika. Yang benar hanyalah tindakan akal yang terang benderang yang disebutnya ideas claires el distinctes (pikiran yang terang benderang dan terpilah-pilah). Jika orang ragu-ragu terhadap segala sesuatu dalam keragu-raguanan itu. Permenides 10.360) : “Democritus was a universal mind who embraced the whole of the philosophical knowledge of this time. Plato mempunyai pemikiran filsafat bahwa dunia lahir adalah dunia pengalaman yang selalu berubah-ubah dan berwarna-warni. sokrates menggunakan metode tertentu yang dikenal dengan metode dialektika. Cogito Ergo Sum (Saya berfikir maka saya ada). Demokritos (460. negara. Plato. dll. Dalam mencintai Tuhan. Filsafatnya adalah etika. dicipta dan tak dicipta. Kemudian Aristoteles menganggap Tuhan itu berhubungan dengan dirinya sendiri. and in this respect can be compared only with Aristotle. maksudnya realitas itu sebenarnya tidak ada.

Menurut Kant. Menurut positivisme. pengetahuan kita tidak oleh fakta-fakta. KRITISME IMMANUEL KANT Immanuel Kant (1724 – 1804 M) berusaha mengadakan penyelesaian atas pertikaian itu dengan filsafatnya yang dinamakan Kritisme (aliran yang kritis). Memang. yaitu kursus tentang filsafat positif (1830 – 1842) yang diterbitkan dalam enam jilid. ilmu pengetahuan empiris menjadi contoh istimewa dalam bidang 10 . Untuk itulah. dalam pengenalan indrawi terdapat dua bentuk apriori yaitu ruang dan waktu. Schelling. Selain itu.Filsafat Umum dilahirkan (idea innatae = ide bawaan). karyanya yang pantas disebutkan disini adalah Discour L’esprit Positive (1844) yang artinya pembicaraan tentang jiwa positif. Sebagai suatu doktrin. Kritik Der Urteilskraft (Kritik atas daya pertimbangan). G.G Fichte. empirisme adalah lawan rasionalisme. Sebagai pemberian Tuhan. Idealism adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Pandangan ini telah dimiliki oleh Plato dan pada filsafat modern dipelopori oleh J. Dengan demikian. Empirisme adalah salah satu aliran dalam filosof yang menekankan peranan pengalaman dalam memperoleh pengetahuan serta pengetahuannya itu sendiri dan mengecilkan peranan akal. POSITIVISME AUGUSTE COMTE Positivism diperkenalkan oleh Auguste Comte (1798 – 1857) yang tertuang dalam karya utama Auguste Comte adalah Course de philosophic Positive. maka tak mungkin tak benar. ia menulis tiga bukunya berjudul : Kritik Der Reinen Vernunft (Kritik atas rasio murni). H. dan Hegel. ada suatu realitas terlepas dari subjek yang menginderakan tetapi realitas (das ding an sich – benda dalam dirinya) tidak pernah dikenalinya. Istilah empirisme diambil dari bahasa Yunani empeiria yang berarti coba-coba atau pengalaman. Kedua-duanya berakar dalam struktur subjek sendiri. Istilah idealism diambil dari kata idea yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa.

memahami. K. L. Menurutnya.Sartre. PRAGMATISME Pragmatisme adalah aliran dalam filsafat yang berpandangan bahwa criteria kebenaran sesuatu ialah apakah sesuatu memiliki kegunaan bagi kehidupan nyata. EKSISTENSIALISME Eksistensialisme adalah cara wujud manusia telah dijadikan tema sentral pembahasan filsafat. anggapan para ahli tertentu lebih mengartikan fenomenologi sebagai suatu metode dalam mengamati. filsafat pun harus meneladani contoh itu. RENAISSANCE DAN HUMANISME Orang yang pertama menggunakan istilah tersebut adalah Jules Michelet. Pragmatisme berpandangan bahwa substansi kebenaran adalah jika segala sesuatu memiliki fungsi dan manfaat bagi kehidupan. bahkan dengan kekuasaanya.P. sejarawan Prancis terkenal). gereja telah meredam para filosof dan ilmuwan yang 11 . tetapi belum pernah ada eksistensi yang secara begitu radikal menghadapkan manusia kepada dirinya seperti pada eksistensialisme. FENOMENOLOGISME Seorang ahli berpendapat bahwa fenomenologisme hanya suatu gaya berpikir. Tokohnya adalah Martin Heidegger. Oleh karena itu pulalah. dan memaknakan sesuatu sebagai pendirian atau suatu aliran filasafat. dan Gabriel Marcel. J. positivisme menolak cabang filsafat metafisika. Kemudian. I. mengartikan. J. Pada zaman humanism muncul aliran yang menetapkan kebenaran berpusat pada manusia.Filsafat Umum pengetahuan. disebut humanism. Sementara itu. Aliran ini lahir disebabkan kekuasaan gereja yang telah menafikkan berbagai penemuan manusia. Renaissance adalah periode penemuan manusia dan dunia dan bukan sekedar sebagai kebangkitan kembali yang merupakan permulaan kebangkitan modern. bukan suatu mahzab filsafat.

Eksistensialisme. 2. dan dipandang oleh akal sebagai materi/benda).Filsafat Umum dipandang dengan penemuan ilmiahnya telah mengingkari kitab suci yang selama ini diaacu oleh kaum kristiani. Istilah “natura” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti. alam telah memberikan kepada manusia kecakapan untuk menciptakan dongeng-dongeng untuk mengikat manusia. Marxisme. Manusi dapat berhubungan dengan asas yang lebih tinggi yang lebih berkuasa bagi dirinya. sampai pada sistem total dari fenomena-fenomena ruang dan waktu. Agama dinamis adalah agama yang diberikan oleh intuisi. Ada 4 aliran yang mengklaim sebagai bagian dari humanism. FENOMENOLOGI 12 . Dalam perkembangan ini. dan 4. O. Liberalism Barat 2. Agama statis ialah agama yang timbul karena hasil karya perkembangan. Agama M. yaitu: 1. Bragson membagi agama menjadi dua macam: 1. MATERIALISME DAN KARL MARX Naturalisme memandang bahwa alam merupakan keseluruhan realitas. Natura adalah dunia yang diungkapkan oleh sains dan alam. hidup adalah suatu tenaga explosive yang telah ada sejak awal dunia. Istilah naturalisme merupakan kebalikan dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistic terhadap alam dengan adanya kekuatan atau ada (wujud) di atas atau di luar alam. dari dunia fisika yang dapat dilihat oleh manusia. 3. yang berkembang dengan melawan penahanan atau penentangan materi (yaitu segala sesuatu yang lamban yang menentang gerak. FILSAFAT HIDUP HENRI BRAGSON Menurut Bragson. N.

Dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai gejala. 3. Dalam perjalanan sejarahnya yang panjang itu. Q. abadi dan sacral. FILSAFAT HEGEL TENTANG MORALITAS DAN STRUKTUR SOSIAL Hegel menempatkan diri atas paham moralitas otonom yang dikembangkan Kant.transcendental= penempatan didalam kurung segala hal yang bukan eidetic. Dalam bahasa Inggris kata secular berarti yang bersifat duniawi. Reduksi eidatis= penempatan. sekularisasi pernah mengkristal dalam bentuk suatu aliran di bidang etika dan filsafat yang disebut sekularisme (secularism) yang pertama kali dirumuskan oleh George Jacub Holyoke (1817 – 1906). yang tidak bersifat spiritual. Reduksi fenomenologis= segala sesuatu yang menampakkan diri.Filsafat Umum Kata ini berasal dari kata yunani “fenomenon”.manusia tidak lagi bekerja hanya untuk menjamin kebutuhannya yang nyata dan selebihnya untuk mengembangkan diri melainkan keterpaksaan untuk semakin banyak memilih benda-benda konsumsi (konsumzwuang) memaksa dia untuk selalu 13 . Jadi fenomenologi adalah suatu aliran yang membicarakan fenomenon atau segala sesuatu yang menampakkan diri. Dengan menempatkan moralitas manusia kedalam kerangka filsafat sejarah yang lebih luas. Dengan istilah zu den sactien (to the things). 2. yaitu. kehidupan di luar biara dan sebagainya. yaitu sesuatu yang tampak. Reduksi fenomenotogi. P. temporal. Hegel mampu mengatasi keabstrakan Kant dan sekaligus menempatkan legitimasi struktur-struktur sosial kedalam tingkat yang lebih tinggi. Sesuai dengan warna baru tersebut yang telah melenyapkan warna kristiani secara bertahap oleh para ahli biasa disebut sekularisasi (secularization). Took fenomenologi adalah Edmund Husserl(1859-1938). Sekularisasi dan sekularisme sama-sama berasal dari kata “secular” (Inggris : secular). warna kristiani amat tebal menyelimuti kehidupan dunia barat. 1. Ada 3 reduksi yang ditempuh untuk mencapai realitas fenomen dalam pendekatan fenomenologi. dan manusia dapat mencapainya. Ia berpendapat bahwa ada kebenaran untuk semua orang. realitas fenomen. SEKULARISME Walaupun agama Kristen pada mulanya lahir di timur. Untuk menemukan pemikiran yang benar seseorang harus kembali pada “benda-benda” sendiri. fana.

Ia membagi filsafat teori dan filsafat amalan. Al-Farabi: menurtnya tujuan filsafat dan agama sama. 4. Ia mengatakan bahwa “Tiap-tiap gerak terdapat pada perkara yang bias bertambah atau berkurang. Ia membagi dua objek filsafat yaitu al-falsafah an-nadhariyyah/ filsafat teori. ilmu keesaan. ilmu keutamaan. yang mencakup ilmu ketuhanan. Dalam keterangan al-Kindi terdapat unsure-unsur pikiran dari Aristoteles dan Plato. Al-kindi meninjau filsafat secara internal dan external. Ikhwanushafa: baginya filsafat itu bertingkat-tingkat. 2. al-falsafah al-‘amaliyyah/filsafat amalan. Plato telah mengatakan bahwa filosof ialah orang yang menghasi dirinya dengan mencintai kebenaran serta menyelidikinya. 3. dan dalam risalahnya ia mengatakan ilmu tentang hakikat kebenaran segala sesuatu menurut kesanggupan manusia. Secara internal. sedangkan jauhar(benda-benda kecil/atom-atom) tidak demikian keadaannya (tidak mengenal gerak). dan ketuhanan. dan lebih mengutamakan jalan keyakinan daripada jalan dugaan (zhan). Unsure Platonya adalah definisinya. Ibnu Sina: ia merupakan ahli fisika. • Analisa Kristis 14 . ilmu tentang semua cara meraih maslahat dan menghindar dari mudharat. matematika. karena sebelum al-kindi.Filsafat Umum mencari uang lebih banyak lagi. FILSAFAT ISLAM Filsafat islam dikembangkan oleh orang-orang muslim : 1. Unsur Aristotelesnya adalah pembagian filsafat kepada teori praktis. Cinta kepada ilmu. kemudian mengetahui hakikat wujud-wujud menurut kesanggupan manusia dan yang terakhir adalah berkata dan berbuat sesuai dengan ilmu. yaitu mengetahui semua wujud. Al-Kindi . R. ia bermaksud mengikuti pendapat filosoffilosof besar tentang arti kata filsafat. Menurut Hegel apa yang rasional itu nyata dan apa yang nyata itu rasional. merupakan orang yang pertama memberikan filsafat dan lapangannya meliputi ilmu fisika.

Jelas buku ini berbeda dengan buku filsafat lain. Tentu saja dilengakap dengan sederetan tokohnya yang sejak orang yang dianggap sebagai tokoh filsafat pertama. Ternyata masalah yang dianggap rumit itu bisa dibongkar dengan bahas yang mudah dimengerti. Apalagi jika mereka membacanya karena diwajibkan. Agar pembaca lebih bisa memahami setiap detail pembahasan. pastilah ada rumput yang tidak selalu hijau. KESIMPULAN 15 . Dengan demikian. Misalnya karena filsafat merupakan mata kuliah wajib bukan karena minat.A. karena sebagai mata kuliah dasar buku ini sangat membantu sekali. Benarkah buku-buku filsafat itu sukar dimengerti? Namun.Si filsafat umum menjadi bisa dimengerti. dengan b buku ini sangat membantu dalam memahami tentang pengetahuan dasar dari filsafat umum. rumput tetangga lebih hijau dari rumput pekarangan sendiri. Buku yang berjudul Filsafat Umum ini memberikan pandangan luas mengenai makna pengetahuan. cocok benar bila buku ini ditujukan kepada pemula. Buku ini ditulis untuk kalangan mahasiswa. Seperti dalam buku yang berjudul Filsafat karangan Neil Tumbull. ditangan Drs. Karena yang dibahas hanya sebagaian saja. karena menurut pepatah. disitu hanya memberikan penjelasan penjelasan singkat yang membuat pembaca kurang paham dan mengerti. dan lebih sukar lagi untuk dimengerti. Setiap bab nya buku ini menjelaskan secara rinci satu per satu. buku ini memuat uraian mengenai banyak aliran –aliran filsafat yang sebelumnya tidak dijelaskan dalam buku lain. M. Atang Abdul Hakim. Beni Ahmad Saebani. Pembaca dapat memahami tentang perkembangan filsafat mulai dari Mitologi sampai Teofilosofi. Lebih menariknya lagi. Namun. jelasnya tidak ada gading yang tidak retak. Meski berisi pertarungan antara golongan akal dan suara hati. Buku-bukunya pun sukar dibaca. dan kalimat-kaliamat pendek. & Drs. Jilidan buku yang kurang kuat membuat pembaca perlu berhati-hati dalam membuka tiap lembaranlembarannya karena bukunya juga terlalu tebal.Filsafat Umum Menurut saya buku ini sangat penting sekali untuk mengembangkan keilmuan filsafat umum. secara umum. Dari setiap keunikan dan kelebihan sebuah buku. Banyak orang menggap filsafat itu sukar. M.

Sehingga dari perbedaan itulah kita akan menjadi semakin paham dan mengerti mengenai filsafat umum. Dari berbagai buku kita juga akan banyak menemukan berbagai perbedaan penjelasan mengenai filsafat umum ini.Filsafat Umum Filsafat adalah pengetahuan tentang cara berfikir terhadap segala sesuatu atau sarwa sekalian alam artinya semua materi pembicaraan filsafat adalah segala hal menyangkut keseluruhan yang bersifat universal. Positivisme Auguste Comte. Filsafat juga merupakan kebebasan berfikir manusia terhadap segala sesuatu tanpa batas dengan mengacu pada hukum keraguan atau segala hal. Kritisme Imanuel Kant. Ada beberapa penjelasan mengenai aliran aliran filsafat. sekulerisme. Ada banyak sekali aliran – aliran filsafat seperti aliran rasionalisme. pragmatisme. Empirisme.idealisme. Dengan membaca buku ini kita menjadi mengertibetapa pentingnya membaca itu. Karena semakin kita banyak membaca. 16 . filsafat diartikan sebagai suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi. Secara terminologis. dan masih banyak lagi. maka pengetahuan yang akan kita dapat juga semakin banyak.