P. 1
bahan kimia dalam rumah tangga

bahan kimia dalam rumah tangga

|Views: 693|Likes:
Published by Noviani Ambarwati
modul pembelajaran ipa tema bahan kimi dalam rumah tangga
modul pembelajaran ipa tema bahan kimi dalam rumah tangga

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Noviani Ambarwati on Apr 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

08/18/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

2012 BAHAN KIMIA DALAM RUMAH TANGGA

Noviani Ambarwati Universitas Negeri Semarang
1

11/25/2012

.................................................... Pembasmi Hama ( Pestisida) ............................................................................................................................. 5 2............................................................................................................................... 9 Daftar Pustaka ...............................................DAFTAR ISI 1............................................................. 3 B........................................................ 6 3......................... 6 4......................................................................... Bahan Kimia Pembersih ........ Efek Samping Bahan Kimia Rumah Tangga ................................................................................. Bahan Pewangi............................................................................... Bahan Pemutih ..... 3 A............ Sabun ................................................................................ Deterjen ............... 7 5............................................................... 10 Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 2 ...........................

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan produk-produk industri yang dapat memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari.1 Mencari Informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan seharihari TUJUAN PEMBELAJARAN : 1.HANDOUT BAHAN KIMIA DALAM Gambar. sifat-sifat.wordpress. di antaranya sabun dan deterjen. Sabun Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 3 . Bahan Kimia Pembersih Bahan kimia rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan. dan efek samping dari setiap produk yang kita gunakan atau kita lihat sehari-hari.com RUMAH TANGGA Kompetensi Dasar : 4. Menurut Krisno (2008) pembersih adalah bahan yang berfungsi untuk membantu mengangkat dan melarutkan kotoran yang melekat pada suatu benda. 1.iteak. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pemutih. Dalam kehidupan sehari-hari. kita perlu mengetahui jenis. 4. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pengharum. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam pembasmi hama. A. 3. Salah satunya yaitu pembersih. kita telah mengenal berbagai bahan kimia pembersih. 2. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pembersih. kegunaan. Contoh Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sumber: www. Bahan kimia yang telah diketahui manfaatnya dikembangkan dengan cara membuat produk-produk yang berguna untuk kepentingan manusia dan lingkungannya. Oleh karena itu.

1) Sabun lunak Sabun lunak adalah sabun yang mengandung ion kalium karena dalam proses pembuatannya. baik lemak hewani maupun lemak nabati.com Sabun dibuat dengan mereaksikan lemak atau minyak. Surfaktan adalah singkatan dari surface active agents. seperti asam stearat atau asam palmitat. Sabun Sumber: Rizkiuaad.blogspot. Contoh Sabun lunak Sumber: www. dan pasta gigi. yaitu sabun lunak dan sabun keras. Gambar. sabun dapat digolongkan menjadi dua macam. kalium stearat. Sabun jenis ini disebut sabun lunak karena memang kalium hidroksida memiliki sifat pemutih (bleaching) yang lebih lunak daripada natrium hidroksida yang digunakan pada sabun keras. basa yang digunakan adalah kalium hidroksida (kaustik potas). dan kalium palmitat. Contoh sabun lunak adalah semua produk sabun mandi. Contohnya dalah natrium stearat. yaitu suatu zat yang dapat menurunkan tegangan permukaan suatu cairan ( Tim Abdi Guru. dengan suatu basa (KOH atau NaOH). 2007). berdasarkan kandungan basa yang terdapat di dalamnya.com kalium hidroksida + gliserol tristearat  kalium stearat (sabun mandi) + gliserol Atau kalium hidroksida + gliserol tripalmitat  kalium palmitat (sabun mandi) + gliserol Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 4 . Proses pembuatannya melibatkan reaksi kimia berikut ini. natrium palmitat.google. sampo. Reaksi ini dikenal dengan saponifikasi atau reaksi penyabunan. Lemak + basa sabun + gliserol Menurut Krisno (2008). Gambar. Sabun merupakan suatu surfaktan yang berfungsi untuk mencuci dan membersihkan kotoran yang ada di permukaan kulit dengan bantuan air.Sabun adalah garam kalium atau natrium dari asam-asam organik.

Daya pemutihnya sangat iritatif (bersifat melukai) terhadap kulit. Keadaan ini menyebabkan butiran-butiran minyak saling tolak-menolak karena menjadi bermuatan sejenis. Deterjen Sabun dan detergen dalam air dapat melepaskan sejenis ion yang memiliki bagian yang sukar air (hidrofilik) sehingga dapat larut dalam air dan bagian yang tidak sukar akan air (hidrofobik) sehingga larut dalam minyak atau lemak.co. Sebagai ilustrasi dari penjelasan tersebut perhatikan Gambar berikut.id Gambar Detergen 1 Molekul-molekulnya Gambar. Butiran lemak/minyak Bagian hidrofilik Ion dari sabun/detergen Bagian hidrofobik Gambar. Butiran lemak/minyak dan air bercampur dengan bantuan ion dari sabun/detergen Sumber: Dokumentasi penerbit Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 5 . Akibatnya. 2008). natrium hidroksida + gliserol tristearat  natrium stearat (sabun colek) + gliserol Atau natrium hidroksida + gliserol tripalmitat  natrium palmitat (sabun colek) + gliserol B. Natrium hidroksida merupakan basa yang lebih keras daripada kalium hidroksida.google.2) Sabun keras Sabun keras adalah sabun yang mengandung ion natrium. kotoran lemak atau minyak yang telah lepas dari pakaian tidak dapat saling bersatu lagi dan tetap berada dalam larutan (Karim. Jika dalam pakaian yang dicuci dengan detergen terdapat kotoran lemak maka bagian ion yang bersifat hidrofobik masuk ke dalam butiran lemak atau minyak dan bagian tersebut yang bersifat hidrofilik akan mengarah ke pelarut air. Detergen Sumber: www. Contoh sabun keras adalah sabun colek (sabun krim). Proses pembuatan sabun keras melibatkan reaksi kimia berikut ini. karena dalam proses pembuatannya digunakan natrium hidroksida (soda api atau kaustik soda).

Bahan utama pemutih cair adalah natrium hipoklorit dengan rumus NaOCl. Bahan Pewangi Menurut Karim (2008). mencuci dengan air panas akan menyebabkan warna pakaian memudar. sebaiknya jangan menggunakan air hangat/panas. Kemampuan daya pembersih deterjen ini dapat ditingkatkan jika cucian dipanaskan karena daya kerja enzim dan pemutih akan efektif. Namun ada menjadi lebih bersih. akan membentuk emulsi bersama kotoran yang akan terbuang saat dibilas. Butiran lemak/minyak dan air bercampur dengan bantuan ion dari sabun/detergen Sumber: Dokumentasi penerbit Banyak busa saat kita mencuci apakah bagus?? Sabun maupun deterjen yang dilarutkan dalam air pada proses pencucian. Jadi. Menurut Krisno (2008). proses pencucian tidak bergantung ada atau tidaknya busa atau sedikit dan banyaknya busa yang dihasilkan. Jadi untuk pakaian berwarna. 3. 2007). pemutih ada yang berbentuk padat dan cair. Zat aktif ini dapat menjadi berbahaya jika bereaksi dengan detergen karena menghasilkan gas klorin (Cl2) yang beracun (Tim Abdi Gambar. Bahan ini lazim dipakai untuk mensucihamakan air PAM dan kolam renang.com Guru. pewangi merupakan bahan kimia lain yang erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita dapat memperoleh bahan pewangi dari bahan alam maupun Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 6 . Opini yang sengaja dibentuk bahwa busa yang melimpah menunjukkan daya kerja deterjen adalah menyesatkan. Saat ini banyak ditemukan bahan pemutih dalam bentuk kemasan. Bahan utama pemutih padat (bubuk putih) adalah kalsium hipoklorit dengan rumus kimia Ca(ClO)2 yang secara umum dikenal sebagai kaporit. tetapi dengan adanya surfaktan. Tetapi. Pemutih Sumber: www. Bahan Pemutih Pemutih digunakan untuk membunuh bakteri.google. Zat aktif yang terdapat pada pemutih pakaian atau pengelantang (bleaching agent) adalah natrium hipoklorit (NaClO). 2.SEPUTAR SAINS: PUTAR SAINS: Gambar. Busa dengan luas permukaannya yang besar memang bisa menyerap kotoran debu. pembersihan sudah dapat dilakukan tanpa perlu adanya busa.

Bahan pewangi sintetik biasanya dipakai dalam berbagai pewangi atau parfum dalam kemasan. Sebagai pewangi badan. Pewangi diperoleh melalui proses esterifikasi. Bahan pewangi alami yang sudah dikenal antara lain daun kayu putih. b. Dia memperkenalkan pemikiran tentang senyawa yang terurai menjadi bagian ion-ion dalam larutan. c. Pestisida adalah bahan atau zat kimia yang digunakan untuk membunuh hama. 4. khususnya ionisasi. seorang ilmuwan Swedia. baik yang berupa tumbuhan. Berdasarkan jenis hama yang akan Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 7 . Pestisida dipakai untuk memberantas hama tanaman sehingga tidak mengganggu hasil produksi pertanian. Esterifikasi adalah reaksi pembuatan senyawa ester dari asam karboksilat dengan alkohol. Beberapa kegunaan pewangi antara lain sebagai berikut. dan buah pala.sintetik. serangga. Dia menjelaskan bagaimana kekuatan asam dalam larutan tergantung pada konsentrasi ion-ion hydrogen di dalamnya. Sebagai pengharum ruangan. Pewangi-pewangi yang diperoleh melalui proses esterifikasi disebut dengan pewangi sintetis. Senyaw-asenyawa ester memiliki bau yang sedap. Menurut Krisno (2008). batang kayu cendana. BINTANG IPA Svante August Arrhenius (1852-1927). bunga melati. Pembasmi Hama ( Pestisida) Bahan kimia jenis pestisida erat sekali dengan kehidupan para petani. memenangkan hadiah nobel atas karya di bidang kimia. Dia memperkenalkan pemikiran permikiran tentang senyawa yang terurai menjadi bagian ion-ion dalam larutan. Selain melalui proses esterifikasi. Contoh pewangi alami adalah minyak atsiri. ada juga produk-produk pewangi yang diperoleh dengan cara lain. a. kulit kayu manis. Pewangi yang didapatkan dari proses ekstraksi dan penyulingan bahan alam disebut sebagai pewangi alami. Sebagai pewangi pakaian. yaitu melalui proses penyulingan dan ekstraksi dari bahanbahan alam. bunga kenangan. maupun hewan lain di lingkungan kita.

fention. dan alang-alang. seperti: nyamuk. Contoh fungisida: timbel (I) oksida. Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 8 . Menurut Krisno (2008). a.indonetwork. dan natrium dikromat (Tim Abdi Guru. seperti enceng gondok. kutu busuk. Bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam obat pembasmi serangga antara lain sebagai berikut. BPMC. Contoh herbisida antara lain: gramoxone. Antikoagulan. Karbamat. dan ammonium sulfonat (Tim Abdi Guru. 2007). 2007). herbisida. 2007). Contoh rodensitida: warangan dan thalium sulfat. Organofosfat. bsmion. Insektisida Sumber: www. a. rayap. Contoh nematisida: oksamil dan natrium metam (Tim Abdi Guru. pentakloro fenol. Arsen. d. propoksur. e. rumput teki. dan DDT (dikloro difenil trikloroetana) yang kini dilarang penggunaannya. 2007). dan lain-lain (Tim Abdi Guru. (Tim Abdi Guru. c. Zinkfosfida. dieldrin. Contoh: propoksur. tiodan. Contoh: arsen pentoksida. Organoklor. dan rodentisida. Herbisida Gambar. Fungisida Fungisida adalah pestisida untuk memberantas jamur. e. d. b. arsenat. b. dan metil atau etil paration. Contoh: malation. nematisida. f. Contoh insentiksida antara lain: diazinon. dan karbofonun. missal: tikus. totacol.diberantas. Contoh: wartarin. tembaga oksiklorida. lindan. fungisida. c. 2007). Nematisida Nematisida adalah pestisida untuk memberantas hama cacing. kumaklor. dan lain-lain. pestisida dapat digolongkan menjadi insektisida. Insektisida Insektisida merupakan pestisida untuk memberantas serangga. diaziton.com Herbisida merupakan pestisida untuk mencegah dan mematikan gulma atau tumbuhan pengganggu. Contoh: aldrin. carbendazim. Rodentisida Rodensitisida adalah pestisida untuk memberantas binatang pengerat. kecoa. semut. dan kumarin.

Konsumsi deterjen di Indonesia terus meningkat dari tahun ketahun mengikuti pertumbuhan penduduk dan peningkatan pendapatan seseorang. Terjadinya pengumpulan pestisida (akumulasi) dalam tubuh manusia karena beberapa jenis pestisida sukar twerurai. Deterjen yang digunakan pada saat ini dominan mengandung bahan aktif surfaktan anionic Liniar Alkilbenzen Sulfonat (LAS). seperti sabun. Deterjen pertama kali diproduksi di Indonesia pada awal tahun 1970 oleh PT Unilever Indonesia.1 juta 1. dan sungai akan mempengaruhi kehidupan air. Pembuangan sisa-sisa detegen ke selokan. dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. No Tahun Jumlah pemakaian detergen dengan bahan LAS (dalam TON) 1. detergen. shampoo. Munculnya hama spesies baru yang lebih yahan terhadap takaran pestisida. Efek Samping Bahan Kimia Rumah Tangga Penggunaan bahan kimia. Beberapa dampak negative yang dapat timbul akibat penggunaan pestisida. 2. got. Kemajuan teknologi dan pertumbuhan jumlah penduduk juga telah meningkatkan kebutuhan deterjen sebagai bahan pembersih. Kesehatan manusia pun terganggu karena manusia memanfaatkan air. 5. Menurut Blagoev dan Gubler (2009). diantaranya adalah: 1. dsb secara berlebihan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan pencemaran. Hewan pemakan tumbuhan akan terganggu.4 juta ton Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 9 . 4. tumbuhan. Fotosintesis tumbuhan air terganggu karena tertutup busa detergen.Menurut Karim (2008).5 juta ton 2 juta ton 3. 2006 2007 2008 2009 1. 2. 3.

4000000 3500000 3000000 jumlah 2500000 pemakaian 2000000 detegen (dalam ton) 1500000 1000000 500000 0 2005 2006 2007 2008 2009 2010 Tahun Pengguna deterjen pada umumnya (86. 2008. 2007. Moch. 2008. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Daftar Pustaka Blagoev. H.5000/ Karim. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional PT. Suharjono. Keanekaragaman dan Potensi Pseudomonas Strain Indigenous Pendegradasi Surfaktan Anionik di Ekosistem Sungai Tercemar Deterjen.com/CEH/Public/Reports/609. Agus dkk. IPA Terpadu Untuk SMP Kelas VIII.sriconsulting. dan insektisida. Setia Purna Inves Krisno. http://www. serta konsumsi deterjen sekitar 1.2 % konsumen membuang air limbah deterjen ke saluran drainase. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar Untuk Kelas VII/SMP/MTS.8 %) tidak mengetahui jenis bahan aktif yang dikandung dalam deterjen dan memiliki rasa kepedulian yang rendah terhadap kelestarian lingkungan hidup yang ditunjukkan 91. Hal yang sama juga terjadi pada penggunaan bahan pemutih. pewangi. Hal tersebut diperkuat dengan 86 % responden menggunakan deterjen untuk setiap kali mencuci yang melebihi takaran yang dianjurkan. M. Semua bahan kimia tersebut dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu kesehatan manusia. Alasan utama penggunaan suatu deterjen oleh konsumen karena daya bersih yang dihasilkan tetapi bukan didasarkan pada keamanan terhadap lingkungan. Detergent Alcohol. Gubler. Saeful dkk. 2008.2008).0-2. Jakarta: Erlangga Universitas Negeri Semarang |Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga 10 . Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTS.0 kg/keluarga/bulan (Suharjono. and R. Tim Abdi Guru.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->