PEMAKAIAN HURUF KAPITAL DAN HURUF MIRING A. Huruf Kapital 1.

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Misalnya: Dia mengantuk. Apa maksudmu? Buanglah sampah pada tempatnya! 2. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama petikan langsung. Misalnya: Adik bertanya, “Kapan kita pulang?” “Saya tidak tahu,” katanya. 3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan dan kitab suci, termasuk kata ganti untuk Tuhan. Misalnya: Allah, Yang Mahakuasa, Yang Maha Pengasih, Alkitab, Alquran, Weda, Islam, Kristen Ya Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ini ke jalan yang Engkau rahmati. 4. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang. Misalnya: Raden Fatah, Haji Agus Salim, Sultan Hasanuddin, Imam Syafii, Nabi Muhammad Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang tidak diikuti nama orang Misalnya: Dia adalah seorang raja. Tahun ini ia pergi naik haji. 5. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.

dan peristiwa sejarah. Sekretaris Jendreral Departemen Pertanian. 5 ampere. atau nama tempat Misalnya: Para menteri bertanggung jawab kepada presiden. Gubernur Jawa Barat Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang tidak diikuti nama orang. Perang Dunia. nama instansi. dan bahasa. Misalnya: Amir Hamzah. 40 watt. Misalnya: Mesin diesel.Misalnya: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Siapakah gubernur yang baru dilantik itu? 6. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun. bulan Maulid. Misalnya: bangsa Indonesia. suku bangsa. Dewi Sartika. . suku bangsa. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa. hari raya. Profesor Soedodo. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama peristiwa sejarah yang tidak dipakai sebagai nama. James Watt. tarikh Masehi. hari Jumat. bulan. hari Natal. dan bahasa yang dipakai sebagai bentuk dasar kata turunan. suku Sunda. Ampere Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang yang digunakan sebagai nama jenis satuan ukuran. Misalnya: mengindonesiakan kata asing keinggris-inggrisan 8. bahasa Inggris Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa. hari. bulan Agustus. hari Lebaran. 10 volt 7. Misalnya: tahun Hijriah. Perang Candu.

Misalnya: Republik Indonesia.Misalnya: Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsanya. Misalnya: Asia Tenggara. Lembah Baliem. Jalan Diponegoro. beberapa badan hukum. Dataran Tinggi Dieng. pergi ke arah utara 10. Misalnya: berlayar ke teluk. lembaga pemerintah dan ketatanegaraan. 9. Badan Kesejahteraan Ibu dan Anak. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap unsur bentuk ulang sempurna yang terdapat pada nama badan. Cianjur. Danau Toba. Samudera Pasifik. Perlombaan senjata membawa risiko pecahnya perang dunia. mandi di kali. Laut Merah. kerja sama antara pemerintah dan rakyat. Teluk Bayur. lembaga pemerintah dan ketatanegaraan. serta nama dokumen resmi Misalnya: menjadi sebuah republik. Terusan Suez Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama geografi yang tidak menjadi unsur nama diri. Banyuwangi. serta dokumen resmi. Tahun 2004 Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama kata yang bukan nama resmi negara. Selat Sunda. menurut undang-undang yang berlaku 11. Keputusan Presiden Republik Indonesia. Kali Brantas. lembaga pemerintah dan ketatanegaraan. badan. Misalnya: . serta nama dokumen resmi kecuali kata seperti dan. menyeberangi selat. Jazirah Arab. Tanjung Harapan. Bukit Barisan. Nomor 157. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua unsur nama negara. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Majelis Permusyawaratan Rakyat. Pegunungan Jayawijaya. Gunung Gede.

Prof. ibu. ke. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak. yang tidak terletak pada posisi awal. Tn. surat kabar. Misalnya: . dan judul karangan kecuali kata seperti di. dan paman yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan. dan. Sdr. M.Perserikatan Bangsa-Bangsa. ibu. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak. UndangUndang Dasar Republik Indonesia 12. Bu?” Surat Saudara telah saya terima. Saya telah membaca buku Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma. kaka. adik. Adik bertanya. Misalnya: Dr. doktor master of arts sarjana pendidikan sarjana hukum profesor tuan nyonya saudara 14. kaka. pangkat. dari. adik. Novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy sangat bagus. S. dan paman yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan. “Itu apa.H. yang. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur kata ulang sempurna) di dalam nama buku. Misalnya: Dia adalah agen surat kabar Republika. saudara. Ny.Pd. saudara. untuk. 13. dan sapaan. majalah. Misalnya: “Kapan Bapak berangkat?” tanya Budi.A. S. Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial.

tetapi ditipu. Semua kakak dan adik saya sudah berkeluarga. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Anda. Bab ini tidak membicarakan penulisan huruf kapital. 3. Weltanschauung antara lain diterjemahkan menjadi ‘pandangan dunia’. Dia bujan menipu. Huruf Miring 1. Huruf miring dalam cetakan dipakai untuk menegaskan atau mengkhususkan huruf.Kita harus menghormati bapak dan ibu kita. bagian kata. 15. Buatlah kalimat dengan berlepas tangan. Misalnya: Sudahkah Anda tahu? Surat Anda sudah saya terima. Misalnya: majalah Bahasa dan Kesusastraan. majalah. Huruf miring dalam cetakan dipakai untuk menuliskan kata nama ilmiah atau ungkapan asing kecuali yang telah disesuaikan ejaannya. . Huruf miring dalam cetakan dipakai untuk menuliskan nama buku. B. Misalnya: Huruf pertama kata abad ialah a. Misalnya: Nama ilmiah buah manggis ialah Carcinia mangostana. buku Negarakertagama karangan Prapanca. kata. kelompok kata. Politik devide et impera pernah merajarela di negeri ini. surat kabar Suara Karya 2. dan surat kabar yang dikutip dalam tulisan.