Keamanan Tomatillos dan Produk Kaleng Berisi Tomatillos Dengan Metode Pengalengan Water Bath

Oleh Kelompok V 1. Betty ( 2. Candra ( 3. Rini ( 4. Wahyu ( 5. Widiana (

) ) ) ) )

Pengertian Pengalengan Merupakan cara pengawetan bahan pangan dalam wadah yang tertutup rapat dan disterilkan dengan panas .

Tujuan Pengalengan • dipanaskan sampai suhu yang cukup untuk menghancurkan mikroorganisme pembusuk dan patogen di dalam bahan • serta menghindari aktifnya kembali bakteri tahan panas (thermophilic bakteria). .

tomatillo menyerupai tomat cherry berwarna hijau.. Sejenis tomat yang di kenal di daerah Meksiko dan Amerika .TOMATILLO... Buah tomatillo dibungkus oleh kulit ari yang akan berubah warna dari hijau menjadi coklat ketika tomatillo dalam kondisi masak/matang. . jamberry dan fresadillas. Dikenal juga dengan nama tomat berkulit ari.

37.5 menit. menit. 50 menit.Metode pengalengan tomatillo Dengan tomatillo tanpa waktu Tomatilo tanpa kulit ari di proses dalam water batch Tomatillo hasil proses water batch dimasukkan dalam botol jar Diberi tabel untuk penentuan waktu Masing-masing 25 menit. 62. Dilihat Kandungan pH setelah penyimpanan .

37. Dilihat Kandungan pH setelah penyimpanan . dikupas. dikeringkan) Bawang diproses (dicuci. menit.Metode pengalengan tomatillo Dengan cara Penambahan Bawang Tomatillo diproses (dicuci. 50%tomatillo/50% cabe hijau) Masing-masing 25 menit. dikeringkan) Dicampur dengan perbandingan masing2 (0% tomatillo/100% bawang). 62. dikupas. 50 menit. (25% tomatillo/75% bawang).5 menit.

37. dikeringkan) Cabai hijau diproses (dicuci. dikupas. dikupas. 50%tomatillo/50% cabe hijau) Masing-masing 25 menit. (25% tomatillo/75% cabe hijau). 50 menit. menit.5 menit.Metode pengalengan tomatillo Dengan cara Penambahan Cabe hijau Tomatillo diproses (dicuci. Dilihat Kandungan pH setelah penyimpanan . 62. dikeringkan) Dicampur dengan perbandingan masing2 (0% tomatillo/100% cabe hijau).

Tabel .

table .

Table .

11 dibawah 4.2 (50% tomatillo/50% bawang) •Untuk tomatillo+ cabe hijau Didapatkan hasil pH maksimal yaitu 4.HASIL EVALUASI •Untuk tomatillo saja didapatkan yaitu hasil pH maksimal terbaik yaitu pada waktu ke 25 menit •Untuk tomatillo + bawang Didapatkan hasil pH maksimal yaitu 4.2 (50% tomatillo/50% cabe hijau) .11 dibawah 4.

Semua botol jar isi tomatillo mentah memiliki ph dibawah 4.Kesimpulan • Tidak ada perbedaan Ph pada tomatillo mentah yang dideteksi pada waktu proses.1.2. • Semua kombinasi antara tomatillo-bawang dan tomatillo-cabai hijau berisi lebih dari 50% tomatillo mempunyai nilai ph dibawah dan ambang batas 4. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful