Keamanan Tomatillos dan Produk Kaleng Berisi Tomatillos Dengan Metode Pengalengan Water Bath

Oleh Kelompok V 1. Betty ( 2. Candra ( 3. Rini ( 4. Wahyu ( 5. Widiana (

) ) ) ) )

Pengertian Pengalengan Merupakan cara pengawetan bahan pangan dalam wadah yang tertutup rapat dan disterilkan dengan panas .

Tujuan Pengalengan • dipanaskan sampai suhu yang cukup untuk menghancurkan mikroorganisme pembusuk dan patogen di dalam bahan • serta menghindari aktifnya kembali bakteri tahan panas (thermophilic bakteria). .

. Buah tomatillo dibungkus oleh kulit ari yang akan berubah warna dari hijau menjadi coklat ketika tomatillo dalam kondisi masak/matang..TOMATILLO. jamberry dan fresadillas. Sejenis tomat yang di kenal di daerah Meksiko dan Amerika . Dikenal juga dengan nama tomat berkulit ari.. tomatillo menyerupai tomat cherry berwarna hijau. .

37.Metode pengalengan tomatillo Dengan tomatillo tanpa waktu Tomatilo tanpa kulit ari di proses dalam water batch Tomatillo hasil proses water batch dimasukkan dalam botol jar Diberi tabel untuk penentuan waktu Masing-masing 25 menit. Dilihat Kandungan pH setelah penyimpanan . 62. 50 menit. menit.5 menit.

Dilihat Kandungan pH setelah penyimpanan .5 menit. 62. menit. 50%tomatillo/50% cabe hijau) Masing-masing 25 menit. dikeringkan) Bawang diproses (dicuci. 50 menit.Metode pengalengan tomatillo Dengan cara Penambahan Bawang Tomatillo diproses (dicuci. (25% tomatillo/75% bawang). dikeringkan) Dicampur dengan perbandingan masing2 (0% tomatillo/100% bawang). 37. dikupas. dikupas.

5 menit. (25% tomatillo/75% cabe hijau). dikeringkan) Cabai hijau diproses (dicuci. 50 menit. 37. 62. dikeringkan) Dicampur dengan perbandingan masing2 (0% tomatillo/100% cabe hijau). 50%tomatillo/50% cabe hijau) Masing-masing 25 menit. menit. dikupas.Metode pengalengan tomatillo Dengan cara Penambahan Cabe hijau Tomatillo diproses (dicuci. Dilihat Kandungan pH setelah penyimpanan . dikupas.

Tabel .

table .

Table .

11 dibawah 4.2 (50% tomatillo/50% bawang) •Untuk tomatillo+ cabe hijau Didapatkan hasil pH maksimal yaitu 4.2 (50% tomatillo/50% cabe hijau) .HASIL EVALUASI •Untuk tomatillo saja didapatkan yaitu hasil pH maksimal terbaik yaitu pada waktu ke 25 menit •Untuk tomatillo + bawang Didapatkan hasil pH maksimal yaitu 4.11 dibawah 4.

1.Kesimpulan • Tidak ada perbedaan Ph pada tomatillo mentah yang dideteksi pada waktu proses. Semua botol jar isi tomatillo mentah memiliki ph dibawah 4.2. • Semua kombinasi antara tomatillo-bawang dan tomatillo-cabai hijau berisi lebih dari 50% tomatillo mempunyai nilai ph dibawah dan ambang batas 4. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful