SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP

)

Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Sasaran Hari/Tanggal Waktu Tempat

: Post Operasi Katarak : Perawatan Post Operasi Katarak : Keluarga Klien post operasi katarak : Rabu, 1 Februari 2012 : 30 menit : Bangsal Anggrek

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 1 X 30 Menit di harapkan Keluarga pasien mampu menerapkan cara merawat mata post operasi katarak.

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 1 X 30 Menit diharapkan keluarga pasien dapat : 1. Menyebutkan 3 hal yang boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak 2. Menyebutkan 3 hal yang tidak boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak 3. Menyebutkan 3 makanan yang dianjurkan untuk pasien post operasi katarak

Menjelaskan hal yang tidak boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak Memperhatikan 15 menit 3. Menanyakan 3 hal yang boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak Menjamab pertanyaan 10 menit . Menjelaskan hal yang boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak Memperhatikan 2. Menjelaskan makanan yang dianjurkan untuk pasien post operasi katarak Memperhatikan 3 Penutup Evaluasi : Menanyakan kembali tentang : 1.KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Kegiatan Penyuluh (Perawat ) Peserta (Keluarga) No 1 Tahap Pembukaan Waktu Menyampaikan salam pembuka Menjawab salam Memperkenalkan diri Menyampaikan tujuan Kontrak waktu Apersepsi Memperhatikan Memperhatikan Menyetujui Aspersepsi 5 Menit 2 Isi Menjelaskan materi tentang : 1.

Tanya jawab SETTING TEMPAT Keterangan: Perawat Pasien dan keluarga Media .2. Diskusi. Menanyakan 3 makanan yang dianjurkan untuk pasien post operasi katarak Menyampaikan rencana tindak lanjut Memperhatikan Salam penutup Menjawab salam MEDIA Lembar balik . Menanyakan 3 hal yang tidak boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak 3. liflet METODE Ceramah .

Media sudah disiapkan yaitu Leaflet d. Menanyakan 3 hal yang boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak 2. Aprianto : Alfinda S .Pengorganisasian : Penanggung jawab Moderator Fasilitator Penyaji MATERI( Terlampir ) EVALUASI Evaluasi Materi Pertanyaan secara lisan : 1. Satuan Acara Pengajaran sudah siap sesuai dengan masalah keperawatan b. Peserta yang hadir b. Pendidikan kesehatan dapat dilaksanakan sesuai waktu. Media dapat digunakan dengan baik c. Kontrak waktu sudah tepat dengan kelompok masyarakat c. Peserta dapat mengikuti sampai selesai : Amalia F : Angger D. Alat sudah siap yaitu pantom payudara Evaluasi Proses a. Menanyakan 3 makanan yang dianjurkan untuk pasien post operasi katarak Evaluasi structural a. Partisipasi peserta yang hadir e. d. Menanyakan 3 hal yang tidak boleh dilakukan pada pasien post operasi katarak 3.Z : Arifudin.

HAL YANG DIBOLEH DILAKUKAN Memakai penutup mata Memakai dan meneteskan obat tetes mata Melakukan pekerjaan yang tidak berat D.MATERI PENYULUHAN A. B. TUJUAN Meningkatkan keampuan penglihatan secara optimal Mencegah terjadinya resiko infeksi akibat interupsi pembedahan pada mata yang katarak Menunjang pemunuhan kebutuhan aktifitas sehari. PENGERTIAN Katarak adalah nama yang diberikan untuk kekeruhan lensa yang dapat terjadi akibat hidrasi ( penambahan cairan lansa ) yang biasanya mengenai kedua mata dan berjalan secara teruis menerus. CONTOH MAKANAN YANG HARUS DIKONSUMSI Wortel Mangga Manggis Terong Kacang merah Ubi kuning . HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN : Menggosok mata Mengejan terlalu berat Membungkuk terlalu dalam Berbaring ke posisi mata yang baru dibedah Membaca berlebihan E.hari secara mandiri C.

TEKNIK PERAWATAN MATA POST OPERASI Alat yang diperlukan : Air hangat kuku dalam tempat yang bersih Kapas bersih Handuik bersih Obat salep mata Persiapan sebelum melakukan perawatan mata : Cuci tangan sebelum melakukan perawatan mata Rapikan rambut agar tidak mengenai mata Cara perawatan mata secara sederhana :   Basahi kapas dengan air hangat Usapkan kapas secara perlahan-lahan kepada mata yang akan dibersihkan dengan cara mengusap dari bagian dalam mata kea rah luar dengan sekali usapan . Beri obat salep mata. ganti dengan yang baru. .F.lahan dengan handuk bersih .    Setelah bersih . tunggu sampai meresap Hindari dari papanran sinar matahari langsung / zat allergen lain. keringkan mata dengan cara mengusapkan perlahan. bila kapas telah kotor .

Alfinda Sigiarti 2.Arifudin S-1 KEPERAWATAN STIKES AL-IRSYAD AL ISLAMIYYAH CILACAP .Aprianto Setiawan 5.Amalia Fiji Esti 3.Angger Dwiyari Z 4.SAP PERAWATAN POST OPERASI KATARAK Anggota: 1.

.2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful