Agama Islam: Sifat Tercela

1. Dalil naqli bahwa Allah Swt tidak menyukai orang yang berbuat israf adalah AlQuran Surah . . . a.

Al- An’am : 141 b. Al-A’raf : 31 c. An-Nur : 33 d. Al-Qalam : 10 e. Al-Munafiqun : 1 2. Berikut yang tidak termasuk akibat buruk berlebihan dalam makan dan minum . . . a. dikenai suatu penyakit b. timbulnya rasa malas untuk bekerja c. cara berpikirnya kurang cemerlang d. kurang berkarya karena terlalu banyak tidur e. ibadahnya tidak diterima Allah 3. Hal yang digunjingkan oleh pelaku gibah itu antara lain . . . a. kepandaian b. kebaikan c. kefasikan d. keramahan e. keadilan 4. Perhatikan ungkapan-ungkapan berikut ! (1) Larangan berbuat gibah (2) Perintah untuk hidup sederhana (3) Perintah agar bertakwa (4) Larangan mengadu domba (5) Allah itu penerima tobat Dari ungkapan tersebut, yang merupakan terjemahan dari Q.S Al Hujurat : 12 adalah . .. a. 1 , 2 , dan 3 b. 1 , 3 , dan 5 c. 2 , 3 , dan 4 d. 2 , 4 , dan 5 e. 3 , 4 , dan 5 5. Sikap manusia yang tidak dipengaruhi sepak terjang iblis di bawah ini adalah . . . a. riddah b. mubazir c. gibah d. qanaah e. fitrah 6. Perilaku yang melampaui batas disebut dengan . . . a. israf b. tasrif c. asnaf

a. menyembah Allah SWT c. . a. Berita bohong atau desas-desus tentang seseorang karena ada maksud tidak baik disebut . malaikat 12. orang yang memakan daging busuk d. . tabzir . menyembah patung b. ria d. . perilaku suka makan terlalu kenyang termasuk perbuatan . Contoh israf dapat dilihat dari aktivitas manusia seperti . fitnah c. ujub 7. berpakaian mewah ketika pergi ke pasar 8. meramal cuaca d. gibah b. . mencampakkan api neraka 10. orang yang durhaka c. turut aktif melaksanakan amar makruf nahi mungkar 9. Upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran fitnah di antaranya adalah . mengaku diri sebagai nabi e. . mencemarkan keluarga e. a. orang yang makan harta anak yatim b. . gibah e. israf e. . . mencari-cari kesalahan teman b. . menganjurkan perbuatan kikir d. nifak d. hasad c. . aib seseorang disebar luas e. mencegah amar makruf c. jin c. gibah e. fitnah 11. Orang yang suka mengumpat seperti . setan d. a. .. . a. ria b. hati e. teman b. Sifat israf merupakan hasutan . a.d.

a. Membicarakan aib orang lain disebut . mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kebaikan c. a. amanah e. mengajak kepada kebaikan dan membina persaudaraan d. amil b. . a. puasa c. sunah c. mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran b. . Amar makruf nahi mungkar artinya adalah . dosa besar 16. a. hasad e. .13. . a. gemar mellakukan aksi sosial e. qanaah c. hasad c. fitrah 19. amanah . zakat d. ikhlas d. . ria c. salat e. ujub b. dosa kecil b. orang yang suka menghamburkan harta adalah . . garim d. . . . a. kikir 18. Gibah termasuk . . ikhtiar d. haji b. . tabligh b. Yang tidak termasuk penyakit hati dibawah ini yaitu . Memegang teguh segala perkataan dan perbuatannya merupakan sifat . . gibah e. perintah mendirikan salat dan larangan berbuat jahat 17. . . mubah d. gibah b. boleh e. wakaf 15. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk . untuk membantu kesejahteraan fakir miskin. mubazir 14. a.

persamaannya yakni  Orang yg menjadi korban ghibah atau fitnah akan menerima pahala/kebaikan dari orang yg memfitnah / mengghibah  Apabila kebaikan /pahala orang yg memfitnah/mengghibah telah habis. Jelaskan sikap perilaku yang harus diperbuat sesuai dengan isi (kandungan) surah Al-Hujurat (49) ayat 6! 6. Asnaf (kelompok) yang haknya harus didahulukan dalam pembagian infak adalah . Tuliskan ayat yang menjelaskan tentang fitnah! 8. misalnya kewajiban belajar. siddiq e. mualaf e. 2. Contoh perilaku pemboros adalah: a. 2. gharim c. Tuliskan langkah-langkah menghadapi tipu daya fitnah! 9. membelanjakan seluruh uang untuk berfoya-foya 3. 3. . yatim ESSAY 1. fathanah d. fakir miskin d. Mengapa berlebihan dalam beribadah itu termasuk akhlak tercela? Kemukakan dua macam sikap perilaku pemboros! Kemukakan persamaan dan perbadaan antara ghibah dan fitnah! Sebutkan apa saja yang harus kita lakukan untuk menanggapi berita yang sampaikan orang fasik! 5. kewajiban berbakti kapada orang tua. maka keburukan korban ghibah/fitnah akan diberikan kepada orang yg memfitnah/mengghibah  Keuntungan dari korban fitnah/ghibah. kewajiban mencai rejeki yang halal.  Ghibah dan fitnah merupakan perbuatan yang membicarkan keburukan orang lain.c. membeli semua barang yang kita inginkan b. Perbedannya yakni . dia memperoleh pahala tanpa melakukan suatu ibadah. 4. Sebutkan batas-batas berlebihan menurut Syekh Nashir as-Sa’di! 10. dan kewajiban memelihara kesehatan jasmani. . kazibyang hak 20. a. Berlebihan dalam beribadah termasuk akhlak tercela karena akan menghalangi pelaksanaan kewajiban-kewajiban lain. amil b. Tuliskan ayat yang menjelaskan tentang pemborosan! 7. Jelaskan pengertian israf! Jawaban: 1.

 Memberi nasihat dengan bijaksana (mengingatkan) behwa menceritaka keburukan (aib) seseorang itu adalah perilaku tercela. Hal-hal yang perlu dilakukan sesuai dengan isi kandungan surah Al-Hujurat:6 yaitu: Jika datang kepada kita orang fasik membawa berita periksalah dengan teliti agar kita tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaanya yang menyebabkan kita menyesal atas perbuatan itu. 4. Yang harus kita lakukan untuk menanggapi berita orang fasik antara lain:  Jangan cepat-cepat kita mempercayai kebenaran berita itu. suatu usaha seseorang untuk mencemarkan nama baik seseorang. karena mungkin hanya pembawa berita itu orang fasik yang sengaja membuat fitnah.  Jangan menyiarkan berita tentang keburukan (aib) seseorang yang kita terima keada orang lain. 6.  Fitnah adalah suatu sipat yang tercela . . Sehingga opini masyarakat akan negative kepada kelompok atau seseorang yang kena fitnah tersebut.  Sebagai orang Islam. hendaknya kita membenci perbuatan ghibah dan fitnah karena Allah SWT. karena kalau ini dilakukan berarti kita ikut melakukan fitnah atau ghibah yang dilarang Allah (dosa)  Jangan langsung berprasangka jahat kepada orang yang keburukannya disampaikan kepada kita. Ghibah ialah mempergunjingkan orang lain tentang aib lain atau sesuatu yang apabila didengar oleh orang dibicarakan dia akan benci. seyogyanya berita itu dicek kebenarannya. Surah yang menjelaskan tentang pemborosan adalah surah Al-Isra ayat 27 Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya. dan kita berusaha jangan sampai melakukan ghibah apalagi fitnah. sehingga orang yang tidak mengerti persoalan menganggap bahwa fitnah itu benar. Kalau memang dirasa perlu dan ada manfaatnya. 5.

Menambah-nambah diatas kadar kemampuan. Melanggar batasan-batasan Allah SWT.7. Bermewah-mewah dalam makan. karena makan setelah kenyang dapat menimbulkan dampak negatip pada struktur tubuh manusia. 8. b. dan berlebihan dalam hal makan. yaitu:  Teliti kebenaran suatu berita dengan sebaik-baiknya  Tutuplah aib sesama muslim. Batas-batas berlebihan ada 3 menurut Syekh Nashir as-Sa’di : a. Maksudnya adalah menggunakan dengan melewati batas-batas yang patut menurut ajaran Islam. c. Kata israf berasal dari bahasa Arab yang artinya melampaui batas. jika berita terebut memang benar adanya  Lakukan langkah amal makruf nahi munkar dengan cara menasehati orang yang berperilaku tidak baik. dengan menghalalkan yang telah Allah haramkan atau sebaliknya. . 10. minum dan lain-lain. agar tidak lagi mengulangi kecerobohannya 9. Surah yang menjelaskan tentang fitnah adalah surah Al-Baqarah ayat 191 Artinya: Dan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Langkah-langkah menghadapi tipu daya fitnah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful