SISTEM SIRKULASI

Oleh : Nama NIM Rombongan Kelompok Asisten : Tri Yulia Ningsih : B1J011056 :V :2 : Asri Hestiningsih

LAPORAN PRAKTIKUM FISIOLOGI HEWAN I

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS BIOLOGI PURWOKERTO 2012

Sistem pembuluh darah terdiri atas jantung yang memompa darah. Selama beraktivitas peredaran darah akan mengangkut lebih banyak oksigen ke otot. tergantung pada tingkat perkembangan tubuh hewan. dan mengatur suhu tubuh. Fungsi sirkulasi darah pada hewan adalah untuk transport zat-zat terlarut.I. Sirkulasi berperan penting bagi semua hewan. Vena adalah pembuluh darah yang bertugas membawa CO2 hasil metabolisme dari seluruh tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Sistem sirkulasi sering disebut dengan sistem transportasi karena membawa makanan dan oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Sistem sirkulasi terdiri atas dua macam. hewan vertebrata mempunyai organ yang berfungsi untuk memompa darah yaitu jantung. saluran kecil yang beranastosome dan membelah diri untuk pertukaran sebagai zat antara darah dan jaringan. Sistem sirkulasi darah yang diamati pada praktikum kali ini adalah sirkulasi darah pada larva ikan. Ikan dan katak sistem sirkulasinya termasuk sistem sirkulasi tertutup karena darah mengalir dalam suatu pembuluh dan tidak kontak dengan bagian tubuh. Sistem sirkulasi darah terdiri dari sistem pembuluh darah (blood vascular system) dan sistem pembuluh limfa atau getah bening (lymph vascular system). Selain itu. membawa hormon dari kelenjar endokrin menuju organ yang memerlukan. untuk transport panas ke seluruh tubuh dan untuk transport energi di dalam tubuh. Kebanyakan hewan vertebrata sistem sirkulasinya adalah sistem peredaran darah tertutup yaitu arah senantiasa berada dalam tabung kapiler. Arteri merupakan aliran darah yang berfungsi membawa darah dari . yaitu sistem sirkulasi tertutup dan sistem sirkulasi terbuka. Sistem sirkulasi pada hewan bervariasi. dan vena yang mengembalikan darah ke jantung. Darah membawa substansi dari tempatnya dibentuk ke semua bagian tubuh dan menjaga tubuh agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. arteri dan vena. Arteri adalah pembuluh darah yang bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. karena tanpa peningkatan ketersediaan oksigen akan segera menghabiskan sistem energi anaerobik dan akhirnya menyebabkan keletihan akibat terbentuknyaasam laktat. arteri yang membawa darah ke organ-organ dan jaringan-jaringan. membuang limbah hasil metabolisme. kapiler. Ikan termasuk ke dalam sub phylum vertebrata.

.2 Tujuan Tujuan percobaan ini adalah untuk melihat jalannya peredaran darah ikan. serta untuk dapat membedakan aliran darah vena dan arteri. vena berfungsi membawa jantung.jantung ke jaringan. sedangkan kapiler merupakan pembuluh yang berlokasi di jaringan. 1.

Gerakan darah arteri vena difoto dengan kamera. 2.1 Materi Bahan-bahan yang digunakan adalah larva ikan guami (Osphronemus gouramy). 4. Alat alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah mikroskop.II. MATERI DAN CARA KERJA 2. Ikan diambil dengan pipet dan diletakkan pada cavity slide. . cavity slide dan pipet. Cavity slide yang berisi ikan diamati dibawah mikroskop. 3. Sistem sirkulasi darah ikan diamati dibawah mikroskop. 2.2 Cara Kerja Metode yang digunakan dalam praktikum laju metabolisme adalah sebagai berikut: 1.

Pembuluh darah arteri d. Mata e.III. yolk . Jantung b. Pembuluh darah vena c. HASIL DAN PEMBAHASAN 3.1 Hasil Vena Kecil Lambat Mengumpul Menuju jantung Tipis Lambat Sedikit Tabel data pengamatan sirkulasi darah Perbedaan Arteri Tekanan Kecepatan Pola aliran Arah aliran Pembuluh Warna Kadar O2 Besar Cepat Menyebar Meninggalkan jantung Tebal Cepat Banyak b c d e a Gambar Sirkulasi darah larva ikan Gurame (Osphronemus gouramy) Keterangan : a.

Arteri mempunyai ciri-ciri : berdinding tebal.3. tekanannya positif atau cepat. sedangkan tekanan darah yang rendah disebabkan adanya peningkatan kontraksi otot pada jantung. warnanya merah muda dan arah aliran pada percabangannya melebar. tekanan negatif atau lambat. letak arteri umumnya di bagian dalam diantara jaringan otot (hanya pada beberapa tempat letaknya dekat dengan permukaan misalnya di pergelangan tangan). hal ini terjadi pada waktu darah melewati pembuluh yang sempit sehingga gesekan menjadi besar. berdenyut dengan teratur. berisi darah yang banyak mrngandung karbondioksida ke arah yang berasal dari paruparu. Tekanan yang menurun juga disebabkan oleh viskositas darah dan gesekan didalamnya. 1982) yaitu : 1. tidak berdenyut. Arteri dan vena dapat dibedakan menurut ciri pembedanya (Fadjarwati. Hal ini karena aliran pada arteri mendapat tekanan yang mengalirkan darah dari kapiler-kapiler tubuh sehingga tekanan darahnya rendah dan membawanya ke jantung (Ville et al. mempunyai klep pada permukaan aorta dekat jantung. Vena mempunyai ciri-ciri : dinding tipis tidak elastis. 1991).2 Pembahasan Hasil pengamatan yang dilakukan. 1988). Darah vena lebih tua warnanya hal ini disebabkan karena rendahnya kadar oksigen dan kadar karbondioksida yang tinggi. seluruh vena terdapat klep yang berfungsi mencegah darah ke jantung. dapat diketahui bahwa pembuluh darah vena alirannya menuju jantung dengan aliran yang lambat. sehingga darah berwarna merah muda. Pola aliran pada pembuluh arteri menyebar dengan kecepatan alirannya lebih cepat dan pada pembuluh vena mengumpul dengan aliran darah lebih lambat. Arteri mempunyai sifat yang berlawanan dengan vena karena darah arteri mengandung oksigen terlarut tinggi dan karbondioksida rendah. 2.. Hal ini sesuai dengan pustaka. aliran darah dari jantung ke jaringan tubuh dan paru-paru. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah vena tidak langsung berhubungan dengan klep jantung sehingga tidak ada tekanan pompa dari jantung sedangkan arteri mendapat tekanan pompa jantung karena berhubungan dengan klep jantung (Kimball. berwarna merah tua dan arah aliran pada percabangan menggumpal. terletak dekat permukaan dan seringkali tampak dari luar. sedangkan pembuluh darah arteri arahnya meninggalkan jantung dengan aliran darah cepat. Hasil pengamatan pada arteri dan vena juga dapat dilihat dari pola alirannya. elastis. Tekanan yang .

. Schmidt-Nielsen (1990). Berat jantung normal sekitar 1 pon (0. Darah yang mengandung oksigen mengumpul dalam pembuluh efferent. Sistem sirkulasi tunggal ini berbeda dari sistem sirkulasi ganda sehingga tekanan darah yang memasok jaringan juga lebih rendah. 2008). Setelah melalui sistem kapiler jaringan tubuh darah tersebut kembali ke jantung via vena-vena kecil yang membawanya kedalam vena-vena utama memasuki aurikula (auricle). yang berkomunikasi dengan pasangan aorta dorso-lateral yang mengangkut darah ke arah belakang ke aorta dorsal tunggal dan dari situlah kemudian didistribusikan ke seluruh bagian tubuh lainnya. Arah aliran darah biasanya ke anterior dalam saluran (pembuluh) ventral dan ke posterior dalam pembuluh dorsal utama. Sistem sirkulasi terbuka yaitu sistem sirkulasi dimana darah dipompa dari jantung ke dalam saluran darah tetapi saluran tersebut kontak dengan region terbuka dan darah mengalir secara bebas di antara jaringan sebelum akhirnya darah kembali ke jantung. kapiler. Darah vertebrata dibawa dalam suatu sistem tabung elastik (arteri. 2001).45 kg) atau sebesar tinju orang dewasa dan terletak didalam rongga dada diantara ruang dada (sternum kolumna vertebralis) (Antonisfia dan Wiryadinata. menyatakan sistem sirkulasi pada hewan air misalnya ikan umumnya memiliki jantung sebagai organ yang memompa cairan darah. Sisi kanan jantung memompa darah ke paru sedangkan sisi kiri jantung memompa darah keseluruh tubuh. Sistem sirkulasi tertutup yaitu sistem sirkulasi dimana darah dibawa dalam suatu jaringan ke saluran dan akhirnya kembali ke jantung. Darah dipompa kearah depan dari jantung di bagian ventral dibelakang insang menuju aorta ventral.tinggi disebabkan karena darah melewati pembuluh yang lebih besar sehingga gesekan yang ditimbulkan kecil (Ville et al. Darah kembali ke jantung tanpa meninggalkan sistem tabung ini sehinga darah tetap di dalam sistem tertutup (Yuwono. Jantung adalah organ muscular berlubang yang berfungsi sebagai pompa ganda sistem kardiovaskular. Berikut gambar skema aliran darah ikan menurut Yuwono (2001): Jtg Insang Jaringan . Sistem sirkulasi darah pada hewan terdiri dari sistem sirkulasi terbuka dan sistem sirkulasi tertutup. selanjutnya pembuluh branchial afferent memasok insang. Sekali sirkulasi misalnya pada sidat membutuhkan waktu 2 menit. 1988). vena).

semua darah yang masuk ke jantung melalui vena mempunyai kadar oksigen yang rendah dan karbondioksida yang tinggi yang disebut dengan darah vena. Hal ini akan mengubah darah menjadi darah arteri kemudian menuju jaringan tubuh dan kembali ke jantung melewati vena (Ville et al.. Menurut Jasin (1989). Darah tersebut kemudian kembali ke atrium jantung. konsentrasi-konsentrasi hemoglobin yang diangkat dan kemampuan untuk memelihara temperatur otot dengan maksimal. tempat terjadinya pengambilan oksigen oleh darah dan pelepasan CO2 melewati dinding kapiler. et al. Osteichthyes mempunyai volume darah yang paling rendah tentang segala hewan bertulang belakang dan yang kedua volume darah yang diperkirakan tergantung pada teknik mempekerjakan. kelima atau keenam pasang lung aorta yang menjulur secara dorsal melalui kapiler di dalam insang ke aorta dorsal. Hubungan antara laju metabolisme dan pernafasan berpengaruh pada mekanisme peredaran darah. Mekanisme peredaran darah ikan yaitu darah dipompa oleh jantung yang terdiri atas sebuah sinus venosus. Pertama. Kontraksi otot jantung meningkatkan tekanan darah di dalam yang sangat rendah dan mengeluarkan darah melalui arteri. W. Ikan mempunyai sistem peredaran darah tertutup dan tunggal. sebuah atrium. 1988). Tinjauan yang menyeluruh pada volume darah ikan. yaitu darah selalu mengalir melewati pembuluh dan hanya melewati jantung satu kali dalam sistem peredaran darah. mengenali dua kecenderungan. Jantung terdiri atas sebuah sinus venosus.Sebagian besar ikan. Volume Darah lebih besar pada umumnya diukur dengan indikator kekuatan suara plasma (Brill. pada waktu darah melalui insang karbondioksida dilepaskan dan oksigen diambil.. 1988). Darah yang dipompakan dari ventrikel mengalir pertama ke insang. Dan mekanisme . 2008). yaitu atrium dan ventrikel. ventrikel dan konus arteriosus yang tersusun dalam urutan linier. ikan mempunyai sebuah jantung dengan dua ruangan. aorta ventral. Kemudian kapiler insang mengumpul ke dalam suatu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan O2 ke hamparan kapiler di semua bagian tubuh lainnya. sebuah ventrikel dan sebuah konus arteriosus yang tersusun dalam urutan linier. Ketinggian keluaran jantung. R.. Darah yang kembali dari ekor mula-mula melewati kapiler dan ginjal sebelum ke vena yang menuju ke jantung (Ville et al. atrium. CO 2 dilepas dan O2 diambil sehingga terjadi pertukaran gas antara CO2 dan O2. Permukaan insang yang besar pada ikan berfungsi sebagai pendukung laju metabolisme untuk beradaptasi. kemudian darah dikeluarkan melalui kapiler dan insang. hal ini mengubah darah menjadi darah arteri. Saat melalui insang.

tersebut yang disebut dengan sirkulasi tunggal. (1990) fungsi darah adalah sebagai alat pengangkut. Untuk transport energi di dalam tubuh.al. untuk transport panas keseluruh tubuh. Menurut Jasin (1989) fungsi sirkulasi darah pada hewan adalah : 1. untuk transport energi di dalam tubuh. menjaga kestabilan suhu tubuh. darah akan melalui jantung dua kali. membasmi kuman penyakit. Menurut Hickman jr et. Sedangkan pada peredaran darah ganda. sedangkan fungsi dari sirkulasi darah pada hewan adalah untuk transport zat-zat terlarut. yaitu dari jantung ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung dan dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung. Untuk transport panas ke seluruh tubuh 3. . membekukan darah. Untuk transport zat-zat terlarut 2.

Perbedaan antara arteri dan vena yaitu Pembuluh darah arteri mempunyai pola aliran menyebar. dinding tebal dan elastis. warna merah muda. 2. KESIMPULAN Berdasarkan pada hasil praktikum pengukuran konsumsi oksigen pada ikan dapat disimpulkan : 1.IV. tekanan tinggi. warna merah tua. kecepatan aliran cepat. dinding tipis tidak elstis. Sistem peredaran darah ikan merupakan sistem peredaran darah tunggal. serta kandungan oksigennya banyak. dan kandungan oksigennya sedikit. Pembuluh darah vena mempunyai pola aliran menumpul. kecepatan aliran lambat. tekanan rendah. .

W. Biologi. The Journal of Experimental Biology 201. W. 1988. A. C. . Blood Volume.. Erlangga. Sinar Wijaya. al. Walker dan R. Fadjarwati. David R. Plasma Volume and Circulation Time in a High-energy. Cambridge University Press. Fisiologi Hewan I. 1990. 647-654. 1989. Barners. Ekstraksi Ciri pada Isyarat Suara Jantung Menggunakan Power Spectral Density Berbasis Metode Welch. New York. W. IPIbars. Cambridge. Yul dan Romi Wiryadinata. Wm. Erlangga. Ikhtisar Biologi... S. Biologi Jilid 2. R. 2008. 1991. Jogjakarta. M. B. of Animal. Sistematika Hewan Invertebrata dan Vertebrata. Surabaya. Jakarta. Yuwono. 2008. J. Brill. Surabaya. C. Purwokerto.C. K. the Yellowfin Tuna (Thunnus albacares). Melbourne. Brown Publishers. and John F. Hickman Jr et. Universitas Gajah Mada. Ville. Port Chester. sixth edition. Peter G.Demand Teleost.. Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman. Kimball.DAFTAR REFERENSI Antonisfia. Katherine L. 2001. Zoologi Umum. Sydney. C. 1982. J. Jasin. F. Animal Physiology Adaptation and Environment Fourth Edition. Schmidt-Nielsen. 1990. Jakarta. E.