Sosok pemimpin Pemimpin adalah seorang yang mau, mampu dan dapat menggerakkan oaring lain untuk mencapai

tujuan bersama. Sedangkan kepemimpinan adalah suatu seni (skill) untuk mempengaruhi orang lain, tingkah laku manusia dan kemampuan untuk membimbing orang. Kepemimpinan adalah proses untuk mengarahkan dan mempengaruhi aktivitasyang berkaitan dengan dengan pekerjaan dari anggota kelompok. Di Indonesia banyak sekali pemimpin dan tokoh-tokoh pemimpin yang pantas memimpinIndonesia.dan membawa Indonesia ke perubahan. Seperti Soekarno, Mhd Hatta, Soeharto,Jendral Sudirman, dll. Sederet nama tersebut adalah salah satu dari berbagai nama yang telahmenorehkan namanya diatas kertas sejarah bangsa Indonesia ini.Menurut kelompok kami pemimpin yang pantas untuk memimpin Indonesia adalah Ir.Soekarno Karena kepribadian leadernya sangat tampak dari dirinya. Sosok pemimpin yangmempunyai jiwa nusanta, seorang presiden Indonesiayang pertama dan juga sekaligus tokoh proklamator Negara ini. Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta,21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Kita menginginkan pemimpin itu benar-benar tahu apa yang dinginkan oleh rakyatnya,dia juga merasakan apa yang dirasakan oleh rakyatnya. Karena kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat,sesuai dengan bentuk Negara kita yakni demokrasi. Maka dari itu kita perlumenginginkan pemimpian yang benar-benar peduli dan tahu kondisi Negara tersebut dan mampu untuk merubahnya meski butuh waktu. Dan kami punya harapan kepada pemimpin indonesiayang memiliki jiwa nusantara. Dalam

Selainsebagai presiden pertama.kepemimpinan apapun tipe dari kepemimpinannya. Terlihat didalam kepemimpinan Soekarno yang langsungsigap mengambil keputusan . Meskipun sistem pemerintahan Indonesia sudah cukup baik. Soekarno juga dijuluki sebagai proklamator bangsa Indonesia yangturut memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Bapak Ir. tanpa adanya karakteristik tersendiri dari pemimpinnya. tetapi juga kita harus bisa menentukan seseorangmempunyai bakat memimpin yang berdasarkan pengalamannya menjangkau seluruh bagian Negara atau lebih menekankan kepemimpinan yang bersifat kerakyatan yang lebih banyak berbaur dengan rakyat. Jiwa nusantarayang dimiliki oleh Soekarno tak dimiliki oleh orang atau pemimpin lain di Indonesia. tetapi untuk membuatnya menjadi lebih baik kita tidak hanya memandang sebatas prestasi atau beberapa jasayang telah diukir seseorang disebuah Negara. Dalam memimpin Indonesia. terlihat bahwa tipekepemimpinan yang digunakan Soekarno adalah gaya kepemimpinan yang berkharisma dimanaSoekarno memiliki kharisma yang disegani maupun yang dihormati oleh masyarakat. atau tanpa adanya kompetensi yang menjadi salah satu syarat pemimpin yang baik. Begitu pula dalam kajiannya menentukan siapa pemimpin yang cocok memimpin Indonesiakedepannya.Ir. Sosok pemimpin yang mempunyai jiwa nusantara. Soekarno adalah pemimpin yang cocok dan dapat memimpin serta membawa Negara Indonesia menjadi lebih baik kedepannya. Soekarno presiden Republik Indonesia yang pertama ini memiliki sifat kepemimpinanyang tidak dimilki oleh pemimpin lainnya. kepemimpinan Soekarno cenderung menggunakan pendekatansituational yang melihat bahwa tindakan yang berbeda akan lebih efektif jika digunakan dalamkeadaan maupun situasi yang berbeda. tentunya tidak akan terdapat suatu sistem kepemimpinan yang ideal.Jika diteliti dan dianalisis. hal itu dikarenakankepribadian leadernyasangat tampak dari dirinya.

Ketegasan dan keberanian. suka rela tanpa unsur dan paksaan. Menjadi Pendengar yang Baik. Keteladanan. Jiwa nusantara yang dimiliki olehBapak Ir. Jiwa nusantara itumerupakan suatu kecintaan atau rasa memiliki atau menjiwai dengan penuh hati.Pemimpin yang cocok dan pantas untuk memimpin Indonesia kedepannya menurutkelompok kami adalah Bapak Ir. Soekarno tak dimiliki oleh orang atau pemimpin lain di indonesia. Pemimpin pada hakikatnya adalah seorang yang mempunyai kemampuan untuk memepengaruhi perilaku orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. tipe kepemimpinan demokratis. hendaknya seorang pemimpin harus memiliki Pengetahuan umum yang luas. Kemampuan Menentukan Prioritas. Sebagai seorang pemimpin yang menginginkan kemajuan bagi Negara dan rakyat yangdipimpinnya. Tipe-tipe kepemimpinan pada umumnya adalah tipe kepemimpinan pribadi.Kemampuan. Sosok pemimpin yang mempunyai jiwa nusantara. tipekepemimpinan menurut bakat. Soekarno. Keterampilan Mendidik. Dalamkegiatannya bahwa pemimpin memiliki kekuasaan untuk mengerahkan dan mempengaruhi bawahannya sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakan. tipe kepemimpinan paternalistis. Sedangkan pemimpin adalah orang yang mendapat kepercayaan untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab tertentu dalam suatu organisasi atau kelompok. Kepemimpinan merupakan bakat yang dimiliki seseorang sejak lahir. tipekepemimpinan otoriter. namun kepemimpinan tersebut juga dapat diperoleh melalui pendidikan dan pengalamanyang telah dilaluinya.dalam menghadapi masalah yang terjadi. . Karena kepribadian leadernya sangat tampak daridirinya. Tipe kepemimpinan non pribadi. Naluri yang Tepat. Sikap yang intuitif atau rasa ingin tahu. Ketrampilan berkomunikasi secara efektif. Kemampuan Analitik.

belajar dari masa lalu dan rencana dimasa depan. Semuanya itu akan sangat diperlukan oleh seorang calon pemimpinsebagai persiapan mental yang menjadi saat sekarang.sertaorientasi masa depan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful