SISTEM SIRKULASI CACING

Selama dalam peredarannya darah tetap berada di dalam pembuluh. . Alat peredaran darah cacing tanah terdapat di dalam selom atau rongga tubuh.Peredaran cacing tanah Peredaran darah pada cacing tanah merupakan peredaran tertutup. Rongga ini berisi cairan tubuh dan berbagai sistem organ lainnya yang dapat bergerak secara bebas.

Sistem peredaran darah cacing tanah terdiri atas : 1. Pembuluh darah perut (pembuluh darah ventral) Fungsi : mengalirkan darah ke seluruh tubuh . Pembuluh darah punggung (pembuluh darah dorsal) Fungsi : mengangkut darah masuk ke dalam jantung 2.

Lima pasang pembuluh darah inilah yang merupakan jantung cacing tanah. Pembuluh darah samping (pembuluh darah kapiler) Fungsi : menghubungkan pembuluh darah punggung dengan pembuluh darah perut Pembuluh darah kapiler terdiri atas lima pasang lengkung aorta yang masing-masing merupakan pembesaran dari pembuluh darah.3. .

Bila pembuluh punggung dan jantung berdenyut akan menyebabkan darah mengalir menuju ke pembuluh darah perut. Pembuluh darah ini mempunyai dinding yang amat tipis sehingga zat-zat dalam darah cairan ekstrasel mudah berdifusi. .

Cacing tanah belum memiliki alat pernapasan khusus. . Oksigen diangkut oleh darah di dalam kapiler dan bersamasama dengan kapiler darah yang mengangkut zat makanan dari usus menuju ke pembuluh darah punggung. Oksigen dari udara bebas berdifusi ke dalam darah cacing melalui permukaan kulit. Selanjutnya darah tersebut dipompakan ke seluruh jaringan tubuh.

Pengangkutan oksigen oleh darah diperlancar karena darah mengandung hemoglobin. hemoglobin darah cacing larut dalam cairan darah. Berbeda dengan darah vertebrata yang hemoglobinnya terikat dalam sel darah merah. .

.

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful