BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK (Prodi Manajemen C

)

Petunjuk : Baca dengan seksama soal di bawah ini dan

jawablah seluruh pertanyaan dengan sebaik-baiknya. Lembar jawaban dan print out soal ini agar diserahkan paling lambat tanggal 12 Nopember 2011. ( jangan lupa menulis nama dan NIM sdr)

Pengantar Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perbankan memiliki kedudukan yang strategis, yakni sebagai penunjang kelancaran sistem pembayaran, pelaksanaan kebijakan moneter dan pencapaian stabilitas sistem keuangan,sehingga diperlukan perbankan yang sehat, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Peningkatkan akses masyarakat kepada lembaga keuangan tersebut tentunya merupakan masalah yang kompleks sehingga memerlukan koordinasi lintas sektoral yang melibatkan otoritas perbankan, jasa keuangan non bank dan departemen lain yang menaruh perhatian pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan bank dilakukan dengan prinsip kehati-hatian ( prudential banking) dan masyarakat dapat melakukan penilaian terhadap kesehatan perbankan melalui perhitungan rasio keuangan yang dipulikasikan. Seperti misal :
Perhitungan Rasio Keuangan (Dalam Persentase) Pos-pos I. Permodalan 1. CAR dengan memperhitungkan risiko kredit 2. CAR dengan memperhitungkan risiko pasar 3. Aktiva tetap terhadap modal II. Kualitas Aktiva 1. Aktiva produktif bermasalah 2. PPA Produktif terhadap Aktiva Produktif 3. Pemenuhan PPA produktif 4. Pemenuhan PPA non produktif 5. NPL gross 6. NPL net III. Rentabilitas 1. ROA 2. ROE 3. NIM 4. BOPO IV. Likuiditas LDR V. Kepatuhan (Compliance) 1.a. Persentase Pelanggaran BMPK a.1. Pihak terkait a.2. Pihak tidak terkait 1.b. Persentase Pelampauan BMPK b.1. Pihak terkait b.2. Pihak tidak terkait 2. GWM Rupiah 3. PDN

16 17 24 0.35 1.3 135 98 0.8 0.1 3.5 29 7 66 55

12 0.5

Sebagian dari peran bank yang tidak kalah penting adalah melakukan edukasi keuangan dan eligibilitas keuangan. Edukasi keuangan yaitu peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap produk dan jasa bank, seperti : a) Peningkatan pemahaman masyarakat terhadap manfaat dan penggunaan produk keuangan,

Sebut dan jelaskan prinsip-prinsip dalam asuransi? 9. bagaimana cara Sdr. Uraikan alat yang digunakan oleh Bank Indonesia dalam rangka menjamin kelancaran sisitem pembayaran. poin c. Kondisi semacam ini akan membawa implikasi pada perusahaan asuransi yang tergolong kecil dan tidak memiliki jaringan kerjasama dengan bank. Jelaskan apa yang dimaksud dengan asuransi jiwa (life insurance) dan asuransi kerugian (general insurance) 8. terlebih-lebih apabila bank mensyaratkan nasabahnya untuk memiliki polis asuransi. Transfer of Risks Pemilik Resiko (Uncertainty Riks) Asuransi -Polis . c) Aspek pengelolaan keuangan. khususnya mengenai hak dan perlindungan hukum terhadap masyarakat dalam berinteraksi dengan lembaga keuangan.anak perusahaan . 4. namun sesungguhnya pasar untuk itu masih tetap terbuka.b) Aspek perlindungan nasabah. Uraikan tugas bank sebagai agen pembangunan dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat? 3. b) Penerapan sistem penjaminan yang inovatif sehingga meski sederhana namun tetap mampu mengurangi risiko perbankan. . poin b. dan poin d tersebut di atas 6. namun mereka masuk ke sektor bisnis asuransi melalui yayasan . dan model kerjasama. Pertanyaan : 1. hal yang menjadi kendala/hambatan masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap asuransi.Perusahaan asuransi adalah merupakan suatu bentuk dari LKBB yang memberikan perlindungan kepada pihak tertanggung ( pemegang polis ) bila terjadi sesuatu / resiko di waktu yang akan datang. tentang penilaian kesehatan bank sebagaimana contoh rasio keuangan di atas. Berikan pendapat Sdr. atas gambar tersebut di atas 7. poin b. Uraikan tentang edukasi keuangan sebagaimana poin a. Uraikan tentang eligibilitas keuangan sebagaimana poin a. pengaruh yang mungkin timbul atas masukknya bank secara tidak langsung pada kegiatan dibidang asuransi umum dan sertakan alasannya. d) Identifikasi nasabah potensial sehingga mempermudah perbankan memperoleh informasi mengenai masyarakat miskin produktif yang potensial. Lembaga Keuangan Bukan Bank ( LKBB) adalah badan yang melakukan kegiatan dibidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun serta memberikan pinjaman jangka menengah. seperti : a) Pemberian pelatihan dan bantuan tehnis. Eligibilitas Keuangan yaitu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat yang tadinya belum feasible menjadi feasible memperoleh layanan keuangan. c) Mendorong tersedianya kredit yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kecil. dan poin c tersebut di atas 5. Berikan uraian Sdr. meningkatkan kesadaran masyarakat tersebut? 10.Premi (Under Writter) Losses Berikan uraian Sdr.Perkembangan yang menarik untuk dikaji adalah masuknya beberapa bank dalam industri asuransi umum ( amanat UU Perbankan menentukan bahwa bank dilarang melakukan kegiatan asuransi). Menurut Sdr. dan stabilitas keuangan 2. Kesadaran masyarakat pada asuransi sampai saat ini masih rendah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful