RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA KLIEN DENGAN GANGGUAN PROSES PIKIR: WAHAM DI UNIT RAWAT INAP RSJ

Dr. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG Nama Jenis Kelamin Ruang Tgl : : : Diagnosa Keperawatan Gangguan proses pikir: Waham Perencanaan Tujuan Kriteria Evaluasi TUM: Klien dapat mengontrol wahamnya TUK 1 Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat Setelah …x interaksi klien: o Mau menerima kehadiran perawat disampingnya o Mengatakan mau menerima bantuan perawat o Tidak menunjukkan No. CM Dx. Medis Unit Keswa Rencana Tindakan Keperawatan : : : Rasional

1.1 Bina hubungan saling percaya dengan klien, dengan teknik komunikasi terapeutik a. Beri salam terapeutik (panggil nama klien), b. Perkenalkan diri sebutkan nama perawat, c. Jelaskan tujuan interaksi,

tempat) f. i. Yakinkan klien dalam keadaan aman dan perawat siap menolong dan. Tunjukkan sikap terbuka dan jujur.2 Jangan membantah dan mendukung waham klien 1. Ciptakan lingkungan yang tenang. e. waktu. Buat kontrak yang jelas (topik. Perhatikan kebutuhan dasar dan beri bantuan untuk memenuhinya 1.3 Observasi apakah waham klien mengganggu aktifitas sehari-hari dan perawatan diri Rasional . Yakinkan bahwa kerahasiaan klien akan tetap terjaga. h.Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi tanda-tanda curiga o Mengijinkan duduk disampingnya Rencana Tindakan Keperawatan d. g.

4 Jika klien selalu bicara tentang wahamnya dengarkan sampai kebutuhan waham tidak ada.2 Diskusikan dengan klien kemampuan yang dimiliki pada waktu lalu dan saat ini yang realistis.3 Tanyakan apa yang bias dilakukan (kaitkan dengan aktifitas seharihari dan perawatan diri) kemudian anjurkan untuk melakukan saat ini 2. (hati-hati terlibat diskusi dengan waham) 2. (Perawat perlu memperhatikan bahwa klien penting) .1 Beri pujian pada penampilan dan kemampuan klien yang realistis 2.Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi Rencana Tindakan Keperawatan Rasional TUK 2 Klien dapat mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki Setelah …x interaksi klien menceritakan perasaan dan kemampuan yang dimiliki 2.

rasa aman. 3. Dapat menyebutkan kejadian-kejadian sesuai dengan urutan waktu serta harapan/kebutuha n dasar yang tidak terpenuhi seperti: Harga diri. 3.1 Bantu klien untuk mengidentifikasi kebutuhan yang tidak terpenuhi serta kejadian yang menjadi faktor pencetus wahamnya.5 Diskusikan dengan klien antara kejadian-kejadian traumatis/kebutuhan yang tiak terpenuhi .3 Diskusikan kebutuhan/harapan yang belum terpenuhi. b.4 Diskusikan dengan klien cara-cara mengatasi kebutuhan yang tidak terpenuhi dan kejadian yang traumatis.2 Diskusikan dengan klien tentang kejadiankejadian traumatik yang menimbulkan rasa takut. Dapat menyebutkan hubungan antara kejadian traumatis/kebutuh an tidak terpenuhi dengan wahamnya. 3. ansietas maupun perasaan tidak dihargai. dsb.Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi Rencana Tindakan Keperawatan Rasional TUK 3 Klien dapat mengidentifikasi kebutuhan yang tidak terpenuhi Setelah …x interaksi klien: a. 3. 3.

2 Bantu klien mengidentifikasi keyakinannya yang salah tentang situasi yang nyata (bila klien sudah siap) a. dan tempat). Setelah …x 4. waktu. realitas orang lain. 4. intensitas dan durasi terjadinya waham b. Bantu klien membedakan situasi nyata dengan situasi yang dipersepsikan salah oleh klien 4. Rasional TUK 4 Klien dapat berhubungan dengan realitas Setelah …x interaksi klien meyebutkan perbedaan pengalaman nyata dengan pengalaman wahamnya.3 Diskusikan dengan .1 Berbicara dengan klien dalam konteks realitas (realitas diri. Diskusikan frekuensi.Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi Rencana Tindakan Keperawatan tersebut dengan wahamnya.

Ikut sertakan klien dalam aktivitas fisik Rasional . Hambatan dalam berinteraksi dengan keluarga b. Hubungan dengan orang lain c. Hambatan dalam berinteraksi dengan orang lain c. Aktivitas sehari-hari Rencana Tindakan Keperawatan klien pengalamanpengalaman yang tidak menguntungkan sebagai akibat dari wahamnya seperti: a. Hambatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari d. Hubungan dengan keluarga b. Anjurkan klien memilih dan melakukan aktivitas yang membutuhkan perhatian dan ketrampila fisik f.Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi interaksi: Klien menjelaskan gangguan fungsi hidup sehari-hari yang diakibatkan ide-ide/fikirannya yang tidak sesuai dengan kenyataan seperti: a. Diskusikan hobi/aktivitas yang disukainya e.

5 Diskusikan dengan klien orang/tempat ia minta bantuan apabila wahamnya timbul/sulit dikendalikan 4.1 Diskusikan pentingnya peran serta keluarga sebagai pendukung untuk mengatasi .6 Sertakan klien dalam terapi aktivitas kelompok: Orientasi realitas 4.7 Berikan pujian pada tiap kegiatan positif yang dilakukan klien Rasional TUK 5 Klien dapat dukungan keluarga Setelah …x interaksi Keluarga dapat menjelaskan 5.Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi Rencana Tindakan Keperawatan yang membutuhkan perhatian sebagai pengisi waktu luang 4.4 Ajak kien melihat bahwa waham tersebut adalah masalah yang membutuhkan bantuan dan orang lain 4.

Cara merawat klien waham 5.4 Tanyakan perasaan keluarga setelah mencoba cara yang dilatihkan 5.Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi tentang: a. Cara merawat klien Rencana Tindakan Keperawatan waham.3 Latih keluarga cara merawat waham 5. Penyebab dan akibat waham d. Pengertian waham b.1 Diskusikan dengan klien tentang: a. Pengertian waham b. Penyebab dan akibat waham d. 5. Tanda dan gejala waham c.2 Jelaskan pada keluarga tentang: a. Manfaat minum Rasional Setelah …x interaksi Keluarga dapat mempraktikkan cara merawat klien waham. Tanda dan gejala waham c.5 Beri pujian kepada keluarga atas keterlibatannya merawat klien di rumah sakit 6. TUK 6 Klien dapat menggunakan obat dengan benar Setelah …x interaksi klien menyebutkan: .

Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi a.4 Beri pujian jika klien menggunakan obat dengan benar 6. warna. Nama. cara. efek terapi dan efek samping penggunaan obat 6. efek terapi dan efek samping obat Setelah …x interaksi klien mendemonstrasikan penggunaan obat dengan benar Rencana Tindakan Keperawatan obat dan kerugian tidak minum obat b.5 Diskusikan akibat berhenti minum obat tanpa konsultasi dengan dokter 6. warna. Nama. dosis.6 Anjurkan klien untuk konsultasi kepada dokter/perawat jika Rasional . Manfaat minum obat dan kerugian tidak minum obat b. dosis.2 Pantau klien saat penggunaan obat 6.3 Anjurkan klien meminta obatnya sendiri kepada perawat agar klien mengetahui manfaatnya 6.

Tgl Diagnosa Keperawatan Tujuan Perencanaan Kriteria Evaluasi Rencana Tindakan Keperawatan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan Rasional .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful