Gerak Lurus

adiwarsito.wordpress.com

Gerak Lurus
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) 1. Konsepsi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

adiwarsito.wordpress.com

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda dalam lintasan garis lurus dengan percepatan tetap. Jadi, ciri utama GLBB adalah bahwa dari waktu ke waktu kecepatan benda berubah, semakin lama semakin

cepat/lambat...sehingga gerakan benda dari waktu ke waktu mengalami percepatan/perlambatan. Dalam artikel ini, kita tidak menggunakan istilah perlambatan untuk gerak benda diperlambat. Kita tetap saja menamakannya percepatan, hanya saja nilainya negatif. Jadi perlambatan sama dengan percepatan negatif.

Contoh sehari-hari GLBB adalah peristiwa jatuh bebas. Benda jatuh dari ketinggian tertentu di atas permukaan tanah. Semakin lama benda bergerak semakin cepat. Kini, perhatikanlah gambar di bawah yang menyatakan hubungan antara kecepatan (v) dan waktu (t) sebuah benda yang bergerak lurus berubah beraturan dipercepat.

vo = kecepatan awal (m/s) vt = kecepatan akhir (m/s) a = percepatan t = selang waktu (s)

Perhatikan bahwa selama selang waktu t , kecepatan benda berubah dari vo menjadi vt sehingga kecepatan rata-rata benda dapat dituliskan:

Gerak Lurus

adiwarsito.wordpress.com

Kita tahu bahwa kecepatan rata-rata :

dan dapat disederhanakan menjadi :

S = jarak yang ditempuh seperti halnya dalam GLB (gerak lurus beraturan) besarnya jaraktempuh juga dapat dihitung dengan mencari luasnya daerah dibawah grafik v - t Bila dua persamaan GLBB di atas kita gabungkan, maka kita akan dapatkan persamaan GLBB yang ketiga.....

2. Contoh-Contoh GLBB a. Gerak Jatuh Bebas Ciri khasnya adalah benda jatuh tanpa kecepatan awal (vo = nol). Semakin ke bawah gerak benda semakin cepat.Percepatan yang dialami oleh setiap benda jatuh bebas selalu sama, yakni sama dengan percepatan gravitasi bumi (a = g) (besar g = 9,8 m/s2 dan sering dibulatkan menjadi 10 m/s2)

Gerak Lurus

adiwarsito.wordpress.com

Rumus gerak jatuh bebas ini merupakan pengembangan dari ketiga rumus utama dalam GLBB seperti yang telah diterangkan di atas dengan modifikasi : s (jarak) menjadi h (ketinggian) dan vo = 0 serta percepatan (a) menjadi percepatan grafitasi (g). coba kalian perhatikan rumus yang kedua....dari ketinggian benda dari atas tanah (h) dapat digunakan untuk mencari waktu yang diperlukan benda untuk mencapai permukaan tahah atau mencapai ketinggian tertentu... namun ingat jarak dihitung dari titik asal benda jatuh bukan diukur dari permukaan tanah

sebagai contoh : Balok jatuh dari ketinggian 120 m berapakah waktu saat benda berada 40 m dari permukaan tanah? jawab : h = 120 - 40 = 80 m

t=4s

2. Gerak Vertikal ke Atas

Selama bola bergerak vertikal ke atas, gerakan bola melawan gaya gravitasi yang menariknya ke bumi. Akhirnya bola bergerak diperlambat. Akhirnya setelah mencapai ketinggian tertentu yang disebut tinggi maksimum

Gerak Lurus

adiwarsito.wordpress.com

(h max), bola tak dapat naik lagi. Pada saat ini kecepatan bola nol (Vt = 0). Oleh karena tarikan gaya gravitasi bumi tak pernah berhenti bekerja pada bola, menyebabkan bola bergerak turun. Pada saat ini bola mengalami jatuh bebas.... Jadi bola mengalami dua fase gerakan. Saat bergerak ke atas bola bergerak GLBB diperlambat (a = - g) dengan kecepatan awal tertentu lalu setelah mencapai tinggi maksimum bola jatuh bebas yang merupakan GLBB dipercepat dengan kecepatan awal nol.

Pada saat benda bergerak naik berlaku persamaan :

vo = kecepatan awal (m/s) g = percepatan gravitasi t = waktu (s) vt = kecepatan akhir (m/s) h = ketinggian (m)

3. Gerak Vertikal ke Bawah Berbeda dengan jatuh bebas, gerak vertikal ke bawah yang dimaksudkan adalah gerak benda-benda yang dilemparkan vertikal ke bawah dengan kecepatan awal tertentu. Jadi seperti gerak vertikal ke atas hanya saja arahnya ke bawah. Sehingga persamaan-persamaannya sama dengan persamaan-persamaan pada gerak vertikal ke atas, kecuali tanda negatif pada persamaan-persamaan gerak vertikal ke atas diganti dengan tanda positif.

Gerak Lurus adiwarsito.wordpress.com 4. Rangkuman GLB dan GLBB .

Perpindahan POSITIF jika arah gerak ke KANAN b. Gerak lurus yang kita bahas ada dua macam yaitu : 1.gerak mobil di jalan.wordpress.Gerak Lurus GERAK LURUS adiwarsito. jika lintasannya berbentuk garis lurus. .x1 = 7 . Sebuah benda dikatakan bergerak lurus. bila benda tersebut kedudukannya (jaraknya) berubah setiap saat terhadap titik asalnya ( titik acuan ). KINEMATIKA ialah ilmu yang mempelajari gerak tanpa mengindahkan penyebabnya. DINAMIKA ialah ilmu yang mempelajari gerak dan gaya-gaya penyebabnya.gerak jatuh bebas . maka : t=1 det. KECEPATAN ( v ) ialah besaran vektor yang besarnya sesuai dengan perubahan lintasan tiap satuan waktu. KELAJUAN ialah besaran skalar yang besarnya sesuai dengan perubahan lintasan tiap satuan waktu.2 = 5 ( positif ) * Perpindahan dari x1 ke X3 = x3 . Grafik v terhadap t Kita lihat grafik di samping : dari rumus x = v . Contoh : . t. a.homestead. 2. x = 40 m t=3 det.( +2 ) = -4 ( negatif ) GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN ( GLB ) Lihat bahan diskusi dan animasi di WWW.com Gerak lurus beraturan ialah gerak dengan lintasan serta kecepatannya selalu tetap. x = 60 m .PERPINDAHAN ialah perubahan posisi suatu benda yang dihitung dari posisi awal (acuan)benda tersebut dan tergantung pada arah geraknya. t dimana : x = jarak yang ditempuh ( perubahan lintasan ) v = kecepatan t = waktu Grafik Gerak Lurus Beraturan ( GLB ) a. JARAK DAN PERPINDAHAN PADA GARIS LURUS . Gerak lurus berubah beraturan (disingkat GLBB) Definisi yang perlu dipahami : 1. Perpindahan NEGATIF jika arah gerak ke KIRI contoh: * Perpindahan dari x1 ke x2 = x2 . x = 20 m t=2 det. Pada Gerak Lurus Beraturan ( GLB ) berlaku rumus : x = v .stevanus_fisika.JARAK merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu materi (zat) . Gerak lurus beraturan (disingkat GLB) 2.x1 = -2 .com Suatu benda melakukan gerak.

Stevanus_fisika.com Hal-hal yang perlu dipahami dalam GLBB : 1. maka : a= vt − vo t at = vt -vo vt = vo + at Oleh karena perubahan kecepatan ada 2 macam ( lihat ad 3 ) . x = Luas trapesium .homestead. GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN ( GLBB ) Lihat bahan diskusi dan animasi di WWW. a>0 vo=0 vt = vo + at vt = at a>0 vo ≠ a<0 0 vo ≠0 vt = vo + at GRAFIKNYA BERUPA “GARIS LURUS” vt = vo + at JARAK YANG DITEMPUH = LUAS GRAFIK V TERHADAP T. Grafik v terhadap t dalam GLBB. b.Gerak Lurus t=4 det. a= ∆ v ∆ t Bila kelajuan awal = vo dan kelajuan setelah selang waktu t = vt. bila percepatan searah dengan kecepatan benda maka pada benda mengalami percepatan. maka GLBB juga dibedakan menjadi dua macam yaitu : GLBB dengan a > 0 dan GLBB < 0 . ( notasi = a ) 3. jika percepatan berlawanan arah dengan kecepatan maka pada benda mengalami perlambatan. Perubahan kecepatannya tiap satuan waktu disebut : PERCEPATAN. adiwarsito.com Kelajuan rata-rata dirumuskan : v= x t Kesimpulan : Pada Gerak Lurus beraturan kelajuan rat-rata selalu tetap dalam selang waktu sembarang. Percepatan maupun perlambatan selalu tetap. x = 80 m Kesimpulan : Pada grafik v terhadap t. Percepatan : positif bila a > 0 b. Percepatan : negatif bila a < 0 4. maka besarnya perubahan lingkaran benda ( jarak ) merupakan luas bidang yang diarsir.wordpress. Ada dua macam perubahan kecepatan : a. Perubahan kecepatannya selalu tetap 2. Grafik x terhadap t.

Rumus GLBB : vt = vo + gt y = vot + 2 gt2 1 c.gt y = vot . 2 t = ( 2vo + at ) . a. Merupakan GLBB diperlambat dengan kecepatan awal vo. Benda sampai di tanah jika y = 0 .2 gt2 1 y = jarak yang ditempuh setelah t detik. 2 t x = vot + 2 at2 1 1 1 1 Grafik x terhadap t dalam GLBB a > 0.wordpress. Gerak benda dilempar ke bawah.com = ( vo + vt ) . Gerak jatuh bebas ini merupakan gerak lurus berubah beraturan tanpa kecepatan awal ( vo ). Gerak jatuh bebas. Rumus GLBB : vt = vo . 2 t = ( vo + vo + at ) .Gerak Lurus adiwarsito. Benda mencapai ketinggian maksimum jika vt = 0 b. maka : Rumus GLBB : vt = g . Gerak benda dilempar ke atas. x = vot + 2 at2 1 a < 0. Misal : Suatu benda dijatuhkan dari suatu ketinggian tertentu. t y = 2 g t2 1 b.syarat gerak vertikal ke atas yaitu : a. Syarat . dimana percepatannya disebabkan karena gaya tarik bumi dan disebut percepatan grafitasi bumi ( g ). Merupakan GLBB dipercepat dengan kecepatan awal vo. x = vot + 2 at2 GRAFIKNYA BERUPA ‘PARABOLA” 1 GERAK VERTIKAL PENGARUH GRAFITASI BUMI .

jika gerak P dan Q beraturan. Berapa kecepatan rata-rata kendaraan ? b. terhitung dari berangkatnya P.com LATIHAN SOAL 1. mereka bertemu dan berapa pada saat itu jarak AP ? Dua titik A dan B bergerak dengan kecepatan tetap sepanjang garis PQ = 11. Sebuah titik P berangkat dari A kearah B dengan kecepatan 7 cm/det . Kecepatan A = 3 cm/det dan berangkatnya 10 detik lebih dahulu dari b yang kecepatannya 11 cm/det. 2. c. Sebuah perahu berlayar dari A ke B dengan kecepatan 10 km/jam dan kembali dari km/jam. Kecepatan rata-rata perahu b. Sebuah kendaraan bergerak dengan kecepatan 80 km/jam dalam menempuh jarak 2 s yang pertama dan dengan kecepatan 40 km/jam dalam menempuh jarak 2 s yang lain. berapa jarak ditempuh selama 7 jam. AB = 149 cm. sesudah berapa detik. 1 7.Gerak Lurus adiwarsito. Terangkanlah arti grafik-grafik di bawah ini. Hitunglah kecepatan rata-rata kendaraan tersebut.2 km/jam. Kecepatan arus sungai. Hitung : a. 3. Dalam waktu 4 2 jam. Dengan kecepatan rata-rata tersebut. 1 a. 1 1 1 B ke A dengan kecepatan 16 v t yang pertama dan kecepatan 40 km/jam 6. sebuah kendaraan dapat menempuh jarak sejauh 270 km. 4 det kemudian berangkat sebuah titik Q dari B kearah A dengan kecepatan 4 cm/det. Sebuah kendaraan bergerak dengan kecepatan 80 km/jam selama selama 2 t yang lain. 8. Dengan kecepatan rata-rata tersebut. berapa waktu diperlukan untuk menempuh jarak sejauh 300 km. . Arus sungai membawa perahu tersebut sejauh 150 m ke hilir jika lebar sungai 2 km. 5. Hitunglah kecepatan rata-rata kendaraan tersebut. Setiba P di Q ia terus kembali dengan kecepatan yang sama.wordpress. 4. Berapa jauh dari P titik B menyusul titik A ? dan sesudah berapa detik.7 dari P ke Q. dan tulis persamaan geraknya. terhitung dari berangkatnya titik A. Sebuah perahu berlayar arah tegak lurus tepi sungai dengan kecepatan 7.

. b. Dengan percepatan yang tetap dan sama. 12. Selama 0. ( g = 9. b. a. b. Berapa tinggi maksimum yang dicapai oleh benda ? Grafitasi pada saat itu = 10 m/det2.1 detik yang terakhir. Berapakah percepatan gerak itu ? vo = 75 cm/det. Hitung : a. b. = 9. a.wordpress. Sebuah benda dilemparkan vertikal ke atas mencapai ketinggian maksimum 10 m. Sebuah benda dilemparkan vertikal ke atas dan 3 detik kemudian tiba di bumi. benda itu telah menjalani setengah dari seluruh lintasannya. Berapa panjang jalan seluruhnya ? 14.6 m. Berapa lama diperlukan oleh kendaraan itu untuk mendapatkan kecepatan 24m/det. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 19. berapa detik diperlukan oleh kendaraan itu untuk mengubah kecepatannya dari 30 km/jam menjadi 36 km/jam ? 11. a. Jika grafitasi pada saat itu yang ditempuh benda. Berapa besarnya percepatannya ? Dengan percepatan yang tetap dan sama.8 m/det 2.com 9. Pada saat yang sama titik materi Q memulai gerak beraturan diperlambat dengan 4 m/det2 dari B ke A dengan kecepatan permulaan 60 m/det. Hitung jarak 18. Berapa besar percepatannya.5 detik. Berapa tinggi maksimum dicapai oleh benda jika kecepatan awalnya diperbesar dua kali semula ? 16. Sebuah kendaraan dari keadaan diam. bergerak dengan kecepatan 40m/det dalam waktu 10 detik. h b. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian h m di atas tanah.8 m/det2 ) Selama satu detik terakhir. Setelah ditempuh jalan 112m. kecepatan kendaraan berubah dari 20 km/jam menjadi 30 km/jam. Tentukan tempat dan waktu kedua titik materi itu bertemu ? 15.Gerak Lurus Hitunglah : a. berapa kecepatan kendaraan setelah bergerak selama 15 detik ? 10. Sebuah kendaraan dari keadaan diam. Berapa besarnya kecepatan awal vo ? b. Suatu titik bergerak dipercepat beraturan dengan vo = 20 m/det dan a = 4 m/det 2. Dalam waktu 1. Setelah berapa detik titik itu berhenti ? b. ditempuhnya 1260 cm. Selama 0. a. Suatu titik materi bergerak beraturan dipercepat dengan kecepatan awal detik sejak permulaan. 17. Jika grafitasi setempat = 10 m/det2. Selama 12 13. Setelah berapa detik benda tiba kembali di bumi terhitung mulai saat benda dilemparkan. a. a. Dan berapa jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan selama itu.1 detik yang pertama. gerak menjadi beraturan dengan kecepatan yang didapatnya pada saat itu. Kecepatan arus sungai b. 2 detik kemudian diganti lagi dengan gerak diperlambat beraturan dengan a = -6 m/det2.Waktu yang diperlukan oleh perahu menyeberangi sungai adiwarsito. bergerak dengan percepatan 8 m/det2. Titik materi P bergerak dari A ke B melalui lintasan lurus dengan gerak beraturan dipercepat dengan 6 m/det 2 dan tidak dengan kecepatan awal. Panjang lintasan AB = 864 m. Waktu yang diperlukan oleh benda untuk tiba di bumi.

Jelaskan arti grafik. Setelah berapa detik dan pada jarak berapa mereka bertemu kembali ? . Kecepatan rata-rata pada interval t = 3 detik dan t = 7 detik.4 10 110 Sebuah mobil bergerak menurut grafik di samping ini. Mobil A dan mobil B berangkat dari tempat yang sama. mempunyai arah yang sama menurut grafik di sebelah. Kecepatan rata-rata pada interval t = 4 detik dan t = 6 detik.Gerak Lurus adiwarsito. Hitunglah jarak yang ditempuh selama 30 detik dengan : (1) rumus jarak (2) luas grafik. b.2 6. t(det) 0 1 2 3 4 5 6 s(m) 0 2.6 8 77. a.com 19.2 Hitunglah : a.3 47. Kecepatan rata-rata 5 detik pertama dan seluruh perjalanan. 7 61.9 13. c.9 23. b.wordpress.1 9 93. Posisi suatu partikel sebagai fungsi waktu ditabelkan di bawah ini.1 34.

mesin mobil mati dan berhenti 10 s kemudian. t + ½ a. SOAL NO.t2 900 = 0 + ½ (2). (a) Hitunglah kecepatan kereta (b) berapa lama kereta itu menempuh jarak 50 km ? Penyelesaian : (a) Pada soal di atas. ubah menit ke jam atau km di ubah ke meter dan menit di ubah ke detik. mana yang ingin dikonversi.com Setelah dihidupkan. 20 Vt = 40 m/s2 Setelah mesin mobil mati .wordpress. mobil tersebut telah menempuh jarak sejauh 200m sejak mulai bergerak hingga berhenti menempuh jarak 200 m SOAL NO. kita harus mengkonversi satuan sehingga sesuai dengan Sistem Internasional (SI). Sebuah mobil bergerak dengan percepatan 2m/s2. Setelah berjalan selama 20 s. kecepatan benda sama setiap saat. 10 a = -4 S =Vo t + ½ a t2 S = 40. v = s / t = 5 km / 0. Kereta api Ladoya bergerak lurus beraturan pada rel lurus yogya-bandung sejauh 5 km dalam selang waktu 5 menit. Berapa lama waktu yang dibutuhkan ketika lokomotif menempuh jarak 900 m? (GLBB) Penyelesaian : Harga a = konstan. Berapa jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut ? (GLBB) Penyelesaian : Sebelum mesin mobil mati Vo = 0 a = 2 m/s2 t = 20 s Vt = Vo + at Vt = 0 + 2 . Berapa jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut ? (GLBB) Penyelesaian : Sebelum mesin mobil mati Vo = 0 a = 2 m/s2 t = 20 s Vt = Vo + at Vt = 0 + 2 . Sebelum menghitung kecepatan. 10 + ½ (-4) .2 Sebuah lokomotif mula-mula diam. berarti benda melakukan gerak GLBB Diketahui : Vo = 0 (diam) S = 900 m a = 2 m/2 S = Vo.3 Setelah dihidupkan.67 jam = 40 menit. diketahui perpindahan (s) = 5 km dan waktu tempuh (t) = 4 menit.07 jam = 75 km/jam (b) Untuk menghitung waktu. Terserah. Setelah berjalan selama 20 s.1 adiwarsito. Ingat bahwa pada GLB. 20 Vt = 40 m/s2 Setelah mesin mobil mati Vo = 40 m/s2 Vt = 0 t = 10s Vt = Vo + at Vt = 40 + a. maka 4 menit = 0. demikian juga dengan kecepatan rata-rata.Gerak Lurus contoh soal dan jawaban GLB dan GLBB Soal no. kemudian bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Misalnya yang di ubah adalah satuan menit. t2 t2 = 900 t = 30 sekon 3. persamaan kecepatan di atas dibalik t = s / v = 50 km / 75 km/jam = 0. mesin mobil mati dan berhenti 10 s kemudian. Sebuah mobil bergerak dengan percepatan 2m/s2.07 jam.102 S = 200 m Jadi.

Gerak Lurus adiwarsito.102 S = 200 m Jadi. 10 a = -4 S =Vo t + ½ a t2 S = 40. mobil tersebut telah menempuh jarak sejauh 200m sejak mulai bergerak hingga berhenti menempuh jarak 200 m .com Vo = 40 m/s2 Vt = 0 t = 10s Vt = Vo + at Vt = 40 + a. 10 + ½ (-4) .wordpress.

t = (2)(5) = 10 sekon Soal No. 2 Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan awal 72 km/jam kemudian direm hingga berhenti pada jarak 8 meter dari tempat mulainya pengereman. dan gesekan udara diabaikan. tentukan : a) Tinggi maksimum yang bisa dicapai batu b) Waktu yang diperlukan batu untuk mencapai ketinggian maksimum c) Lama batu berada diudara sebelum kemudian jatuh ke tanah Pembahasan a) Saat batu berada di titik tertinggi. Tentukan nilai perlambatan yang diberikan pada mobil tersebut! Pembahasan Ubah dulu satuan km/jam menjadi m/s kemudian gunakan persamaan untuk GLBB diperlambat: Soal No. . Dengan rumus GLBB: b) Waktu yang diperlukan batu untuk mencapai titik tertinggi: c) Lama batu berada di udara adalah dua kali lama waktu yang diperlukan untuk mencapai titik tertinggi. kecepatan batu adalah nol dan percepatan yang digunakan adalah percepatan gravitasi. Jika percepatan gravitasi ditempat tersebut adalah 10 m/s2.com Soal No. 3 Perhatikan grafik berikut ini.wordpress.Gerak Lurus adiwarsito. 1 Batu bermassa 200 gram dilempar lurus ke atas dengan kecepatan awal 50 m/s.

1 π m/s Soal No. a) Kecepatan rata-rata = perpindahan : selang waktu Kecepatan rata-rata = 2√2 meter : 10 sekon = 0.com Dari grafik diatas tentukanlah: a. 5 Pesawat Burung Dara Airlines berangkat dari kota P menuju arah timur selama 30 menit dengan kecepatan konstan 200 .2√2 m/s b) Kelajuan rata-rata = jarak tempuh : selang waktu Kelajuan rata. Cari dengan phytagoras.Gerak Lurus adiwarsito.rata = π meter : 10 sekon = 0. tidak lain adalah seperempat keliling lingkaran. semua luas bernilai positif. jarak tempuh gerak benda dari t = 5 s hingga t = 10 s b. 4 Seekor semut bergerak dari titik A menuju titik B pada seperti terlihat pada gambar berikut. di bawah bernilai negatif. Jarak = 1/4 (2πr) = 1/4 (2π x 2) = π meter Perpindahan semut dilihat dari posisi awal dan akhirnya . Perpindahan = √ ( 22 + 22 ) = 2√2 meter.wordpress. sehingga perpindahan adalah dari A tarik garis lurus ke B. luas diatas sumbu t bernilai positif. sedang untuk menghitung perpindahan. Dengan catatan untuk jarak. perpindahan benda dari t = 5 s hingga t = 10 s Pembahasan Jika diberikan graik V (kecepatan) terhadap t (waktu) maka untuk mencari jarak tempuh atau perpindahan cukup dari luas kurva grafik V-t. Jika r = 2 m. Soal No. dan lama perjalanan semut adalah 10 sekon tentukan: a) Kecepatan rata-rata gerak semut b) Kelajuan rata-rata gerak semut Pembahasan Terlebih dahulu tentukan nilai perpindahan dan jarak si semut : Jarak yang ditempuh semut adalah dari A melalui permukaan lengkung hingga titik B.

5) jam = 100 km QR = VQR x tQR = (100 km/jam) x (1 jam) = 100 km QR' = QR cos 53o = (100 km) x (0.wordpress.6) = 60 km RR' = QR sin 53o = (100 km) x (0. PR' dan PR PQ = VPQ x tPQ = (200 km/jam) x (0.8) = 80 km PR' = PQ + QR' = 100 + 60 = 160 km PR = √[ (PR' )2 + (RR')2 ] PR = √[ (160 ) 2 + (80)2 ] = √(32000) = 80√5 km Jarak tempuh pesawat = PQ + QR = 100 + 100 = 200 km Perpindahan pesawat = PR = 80√5 km Selang waktu = 1 jam + 0.5 jam = 53.3 km/jam Soal No.Gerak Lurus adiwarsito. 6 Diberikan grafik kecepatan terhadap waktu seperti gambar berikut: .3 √5 km/jam b) Kelajuan rata-rata = jarak : selang waktu = 200 km : 1. Dari kota Q berlanjut ke kota R yang terletak 53o terhadap arah timur ditempuh selama 1 jam dengan kecepatan konstan 100 km/jam.5 jam a) Kecepatan rata-rata = perpindahan : selang waktu = 80√5 km : 1.com km/jam.5 jam = 133. RR'. Tentukan: a) Kecepatan rata-rata gerak pesawat b) Kelajuan rata-rata gerak pesawat Pembahasan Salah satu cara : Terlebih dahulu cari panjang PQ. QR. QR'.5 jam = 1.

C c) C . benda bergerak lurus beraturan / GLB) c) C .C c) Jarak tempuh dari C .B a = (2 − 0) : (3− 0) = 2/3 m/s2 (benda bergerak lurus berubah beraturan / GLBB dipercepat) b) B .Gerak Lurus adiwarsito.D Pembahasan Mencari percepatan (a) jika diberikan grafik V-t : a = tan θ dengan θ adalah sudut kemiringan garis grafik terhadap horizontal dan tan suatu sudut adalah sisi depan sudut dibagi sisi samping sudut. 7 Dari gambar berikut : Tentukan: a) Jarak tempuh dari A .C a = 0 (garis lurus. Ingat : tan-de-sa a) A .D .B b) B .wordpress.D a = (5 − 2) : (9 − 7) = 3/2 m/s2 (benda bergerak lurus berubah beraturan / GLBB dipercepat) Soal No.B b) Jarak tempuh dari B .com Tentukan besar percepatan dan jenis gerak dari: a) A .

B dang angka 3 (Luas Segitiga = setengah alas x tinggi) akan didapatkan hasil yang sama yaitu 3 meter b) Jarak tempuh dari B .C Cara pertama dengan Rumus GLB S = Vt S = (2)(4) = 8 meter Cara kedua dengan mencari luas yang terbentuk antara garis B-C. B-C dan C-D Soal No. Kedua mobil kemudian bergerak bersamaan saling mendekati dengan kecepatan konstan masing-masing VA = 40 m/s dan VB = 60 m/s. d) Jarak tempuh dari A .Gerak Lurus adiwarsito. angka 7 dan angka 3 (luas persegi panjang) c) Jarak tempuh dari C .D Pembahasan a) Jarak tempuh dari A . 8 Mobil A dan B dalam kondisi diam terpisah sejauh 1200 m.D Jarak tempuh A-D adalah jumlah dari jarak A-B.com d) Jarak tempuh dari A . angka 9 dan angka 7 (luas trapesium) S = 1/2 (jumlah sisi sejajar) x tinggi S = 1/2 (2+5)(9-7) = 7 meter.wordpress.D Cara Pertama Data : Vo = 2 m/s a = 3/2 m/s2 t = 9 − 7 = 2 sekon S = Vo t + 1/2 at2 S = (2)(2) + 1/2 (3/2 )(2)2 = 4 + 3 = 7 meter Cara kedua dengan mencari luas yang terbentuk antara garis C-D. Tentukan: a) Jarak mobil A dari tempat berangkat saat berpapasan dengan mobil B b) Waktu yang diperlukan kedua mobil saling berpapasan c) Jarak mobil B dari tempat berangkat saat berpapasan dengan mobil A .B Cara Pertama Data : Vo = 0 m/s a = (2 − 0) : (3− 0) = 2/3 m/s2 t = 3 sekon S = Vo t + 1/2 at2 S = 0 + 1/2 (2/3 )(3)2 = 3 meter Cara Kedua Dengan mencari luas yang terbentuk antara titik A.

com Pembahasan Waktu tempuh mobil A sama dengan waktu tempuh mobil B. sehingga jarak dari B (1200 − X) tA = tB S A VA / = SB/VB /40 = ( 1200 − x ) /60 (x) 6x = 4( 1200 − x ) 6x = 4800 − 4x 10x = 4800 x = 480 meter b) Waktu yang diperlukan kedua mobil saling berpapasan x = VA t 480 = 40t t = 12 sekon c) Jarak mobil B dari tempat berangkat saat berpapasan dengan mobil A SB =VB t = (60) (12) = 720 m Soal No.wordpress. karena berangkatnya bersamaan. Jarak dari A saat bertemu misalkan X. misal keduanya bertemu saat waktu t SA = SB VA t =VoB t + 1/2 at2 80t = (0)t + 1/2 (4)t2 2t2 − 80t = 0 t2 − 40t = 0 t(t − 40) = 0 t = 0 sekon atau t = 40 sekon . 9 Diberikan grafik kecepatan terhadap waktu dari gerak dua buah mobil. A dan B. Tentukan pada jarak berapakah mobil A dan B bertemu lagi di jalan jika keduanya berangkat dari tempat yang sama! Pembahasan Analisa grafik: Jenis gerak A → GLB dengan kecepatan konstan 80 m/s Jenis gerak B → GLBB dengan percepatan a = tan α = 80 : 20 = 4 m/s2 Kedua mobil bertemu berarti jarak tempuh keduanya sama.Gerak Lurus adiwarsito.

20 m C... A.. 10 (Gerak Vertikal ke Bawah / Jatuh Bebas) Sebuah benda jatuh dari ketinggian 100 m. S = 100 − 20 = 80 meter d) kecepatan benda saat tiba di tanah Vt2 = Vo2 + 2aS Vt2 = (0) + 2 aS Vt = √(2aS) = √[(2)(10)(100)] = 20√5 m/s e) waktu yang diperlukan benda hingga tiba di tanah Vt = V0 + at 20√5 = (0) + (10) t t = 2√5 sekon Soal No.. 15 m B.. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 tentukan: a) kecepatan benda saat t = 2 sekon b) jarak tempuh benda selama 2 sekon c) ketinggian benda saat t = 2 sekon d) kecepatan benda saat tiba di tanah e) waktu yang diperlukan benda hingga tiba di tanah Pembahasan a) kecepatan benda saat t = 2 sekon Data : t=2s a = g = 10 m/s2 Vo = 0 m/s Vt = .wordpress.. 50 m . 25 m D. 11 Besar kecepatan suatu partikel yang mengalami perlambatan konstan ternyata berubah dari 30 m/s menjadi 15 m/s setelah menempuh jarak sejauh 75 m.com Kedua mobil bertemu lagi saat t = 40 sekon pada jarak : SA = VA t = (80)(40) = 3200 meter Soal No. Partikel tersebut akan berhenti setelah menempuh jarak. 30 m E.Gerak Lurus adiwarsito..! Vt = Vo + at Vt = 0 + (10)(2) = 20 m/s c) jarak tempuh benda selama 2 sekon S = Vot + 1/2at2 S = (0)(t) + 1/2 (10)(2)2 S = 20 meter c) ketinggian benda saat t = 2 sekon ketinggian benda saat t = 2 sekon adalah tinggi mula-mula dikurangi jarak yang telah ditempuh benda.

jika ingin hasil a nya negatif. 10 m (EBTANAS 1991) Pembahasan Data: νo = 0 m/s (jatuh bebas) t=2s g = 10 m s2 S = . Tinggi menara tersebut … A.5)S 0 = 225 − 9S 9S = 225 S = 225/9 = 25 m Soal No. 5 m/s2 Besar perlambatannya adalah 4. 15 m E.Gerak Lurus adiwarsito. Setelah 2 detik benda sampai di tanah (g = 10 m s2).! S = νo t + 1/2 gt2 .wordpress.. 20 m D.5 m/s2 (Kenapa tidak negatif? Karena dari awal perhitungan tanda negatifnya sudah dimasukkan ke dalam rumus... gunakan persamaan Vt2 = Vo2 + 2aS) Data berikutnya: Vo = 15 m/s Vt = 0 m/s (hingga berhenti) Jarak yang masih ditempuh: Vt2 = Vo2 − 2aS 02 = 152 − 2(4. 25 m C.com (Soal SPMB 2003) Pembahasan Data pertama: Vo = 30 m/s Vt = 15 m/s S = 75 m Dari ini kita cari perlambatan partikel sebagai berikut: Vt2 = Vo2 − 2aS 152 = 302 − 2a(75) 225 = 900 − 150 a 150 a = 900 − 225 a = 675 /150 = 4. 12 Sebuah benda dijatuhkan dari ujung sebuah menara tanpa kecepatan awal. 40 m B..

com S = (0)(2) + 1/2 (10)(2)2 S = 5(4) = 20 meter .Gerak Lurus adiwarsito.wordpress.

maka percepatan sesaat dan percepatan rata-ratanya sama. Tentukan laju anjing tersebut.Gerak Lurus adiwarsito. Dengan menggunakan persamaan yang bisa kita tulis sebagai . maka yang dapat ditulis menjadi atau Contoh : Sebuah kereta api jurusan Bandung –Surabaya sedang melakukan perjalanan dengan kecepatan tetap sebesar 60 km/jam. maka percepatannya nol( a = 0 ). Jawab : 1.wordpress.Xo = Vt atau Dengan demikian laju anjing adalah Contoh : Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah benda yang melakukan GLB sejauh 200 m dengan kelajuan 10 m/s. dan t = 2 jam. 2.Tentukan • • 1.Vo = 60 km/jam .Xo = 200m dan V = 10 m/s.com Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak dari suatu benda dengan kecepatan tetap(konstan). Perpindahan kereta api dalam selang waktu tersebut. Jawab : X . Pada GLBB kecepatan sebuah bendabertambah secara beraturan .Xo = 100 m . t2=t sebagai waktu yang diperlukan . Pada GLB kecepatan rata-ratanya sama dengan kecepatan sesaat . maka kita gunakan persamaan X =Xo + Vt dengan Xo = 100 km . selama t = 20 sekon . Kereta api melakukan perpindahan sejauh X . Posisi kereta api 2 jam kemudian. Saat ini kereta api berada pada posisi 100 km dari kota Bandung.Dengan demikian maka posisi kereta api setelah 2 jam adalah X = 100 km + 60 km/jam . 2. Karena kecepatannya konstan .sehingga kecepatan sesaatnya Misalkan t1= 0 sebagai waktu awal . Karena kereta api melakukan Gerak Lurus Beraturan (GLB) . Dengan menggunakan persamaan X = Xo + Vt yang bisa kita tulis sebagai X . x1= x0 sebagai posisi awaldan x2= x sebagai posisi setelah waktu t . sehingga kecepatan rata-ratanya adalah . maka waktu yang dibutuhkan benda adalah Gerak Lurus Berubah Beraturan ( GLBB) adalah gerak lurus dengan perubahan kecepatan terhadap waktu yang tetap atau percepatannya konstan . 2 jam = 100 km + 120 km = 220 km 2.Xo = 220 km – 100km =120 km Contoh : Seekor anjing berlari dengan kecepatan tetap sejauh 100 m dalam waktu 20 sekon. Jawab : Anjing menempuh perjalanan sejauh X .Karena percepatannya konstan.

Jika percepatannya tetap 2 m/s2 Tentukan waktu yang dibutuhkannya.wordpress.Gerak Lurus adiwarsito. percepatan dan waktu .com Untuk GLBB atau a tetap . kita mempunyai persamaan – persamaan yang menghubungkan posisi. kecepatan . . sebagai berikut : Contoh : Sebuah benda bergerak sejauh 25 m dari keadaan diam .

wordpress.Gerak Lurus adiwarsito.com .

maka kelajuan rata-rata benda (v) dapat dituliskan berikut ini. bagaimanakah kecepatannya? Tentu saja kecepatannya semakin bertambah besar. Hubungan antara besar kecepatan (v) dengan waktu (t) pada gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ditunjukkan pada grafik di bawah ini. Jadi. Jika vomenyatakan kelajuan benda mula-mula (t = 0) dan vo menyatakan kelajuan benda pada waktu t.wordpress. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatannya berubah secara teratur tiap detik. pada GLBB benda mengalami percepatan secara teratur atau tetap. Kamu tentunya masih ingat bahwa perubahan kecepatan tiap detik adalah percepatan. S = Vot + 1/2at2 s menyatakan jarak yang ditempuh benda yang bergerak dengan percepatan tetap a selama waktu t dari kedudukannya mula-mula. Dengan demikian.com Coba kamu perhatikan apabila sebuah sepeda motor bergerak menuruni sebuah bukit.Gerak Lurus adiwarsito. .

Gerak Lurus adiwarsito.wordpress. Tentukan jarak yang ditempuh dan kelajuan akhirnya! Pembahasan .com Contoh Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 72 km/jam dalam waktu 2 menit mengalami percepatan 5 m/s2.

konsep dasarnya tetap pada hubungan Jarak (s). Tinggal kita mencoba menguasainya dengan mulai memahami fenomena dasar dan menyederhanakan konsepnya. Sebenarnya hal ini sangat membantu ketika siswa dihadapkan pada soal test yang banyak dalam waktu singkat. Atau kita malah cuma berusaha menghafal rumus-rumusnya saja. atau besar tersebut sama dengan luas bidang di bawah grafik (yang diarsir). seperti pada Gerak Lurus Beraturan. Waktu (t) dan Kecepatan (v). dan bikin frustasi.com Fisika Itu Mudah Bagi sebagian orang.Gerak Lurus adiwarsito. dan hasilnya hanya membuat siswa makin frustasi. rumit. jangan langsung mempelajari rumus. dapat digambarkan sebagai berikut : jarak yang ditempuh benda dapat dihitung pula dengan menggunakan rumus luas di bawah grafik (trapesium). Sekarang ini banyak metode belajar cepat. gerak lurus dengan kecepatan yang berubah. tapi lihat dulu aplikasi yang menanamkan konsep fisika yang akan kita pelajari. Sebenarnya semua konsep fisika ada si sekitar kita. maka jarak yang ditempuhnya s = 5 x 10 = 50 meter. bisa dijelaskan dengan contoh berikut : sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal (vo) 5 m/s. yaitu . Tapi perlu diwaspadai siswa hanya menguasai permukaannya saja. fisika merupakan mata pelajaran yang sulit. kecepatan konstan dalam selang waktu t dapat digambarkan dengan : dari gambar di atas digambarkan sebuah benda bergerak dengan kecepatan 5 m/s dalam waktu 10 detik. Misalnya ketika kita mempelajari Gerak Lurus Berubah Beraturan. tersedia rumus cepat. sering ini dilakukan siswa. Mungkin benar kalau kita cuma mempelajarinya setengah-setengah.kemudian dipercepat menjadi (vt) 10 m/s dalam waktu (t) 10 detik. yaitu : kecepatan = jarak / waktu atau jarak = kecepatan x waktu bila digambarkan dengan grafik. Begitupun pada konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan.wordpress. tanpa mengerti konsep dasar. Rumus-rumus cepat sangat membantu siswa mengerjakan soal sebanyakbanyaknya dalam waktu hanya sekedip mata. atau berbagai metode praktis lain yang membuat siswa lebih mudah menguasai sekian banyak rumus fisika.

Gerak Lurus adiwarsito. maka didapat 2 rumusan GLBB yang lain. bisa coba mengerjakan soal-soal berikut. Untuk lebih jelasnya. cukup menguasai konsep grafik sajasudah cukup untuk dapat mengerjakan semua soal GLBB.wordpress. . yaitu : Rumus turunan tersebut dapat kita dapatkan dari konsep dasar grafik. Sebenarnya kita tidak perlu menghafalnya. atau bisa ditulis sbb: dengan memadukan dua persamaan di atas.com pada GLBB timbul percepatan (acceleration) yang merupakan selisih perubahan kecepatan dibagi selang waktu perubahan.

com .wordpress.Gerak Lurus adiwarsito.

Gerak Lurus adiwarsito.wordpress.com .

com Add caption .wordpress.Gerak Lurus adiwarsito.

wordpress. vy = 0 • • • • Kecepatan pada sumbu x. Jadi konsep yang harus dikuasai adalah gerak GLB dan GLBB. Sumbu vertical merupakan gerak GLBB.com Mekanika-6(gerak parabola atau peluru) Gerak peluru sering kita jumpai dalam kehidupan kita. gerak ini ternyata perpaduan gerak arah vertical dan gerak arah horizontal.Gerak Lurus adiwarsito. kedua benda akan memiliki jarak terjauh yang sama (XA = XB) dengan syarat (α + θ = 90o) “ . Jika kita uraikan. Mari kita kaji lebih jauh tentang gerak parabola ini Tips : Pada saat benda mencapai titik maksimum (titik C) : • Kecepatan pada sumbu y. benda A dan benda B di lempar dengan sudut α dan θ. vx = vo cos θ dan besarnya adalah tetap Percepatan selalu tetap a = g (a = -g saat benda naik dan a = +g saat benda turun) Energi potensial maksimum dan energy kinetic minimum tetapi tidak nol karena masih ada komponen kecepatan pada arah x Trick : “ jika VoA = VoB . sedangkan sumbu horizontalnya merupakan gerak GLB. gerak peluru termasuk gerak benda dalam bidang.

Jika percepatan gravitasi 10 m/s2. maka waktu yang dibutuhkan bola sampai ketinggian tersebut adalah … Penyelesaian : Tips : “ waktu yang dibutuhkan benda untuk mencapai tinggi atau jarak tertentu adalah sama “ . waktu yang diperlukan sampai di tanah adalah … Penyelesaian : Trick : “ waktu untuk mencapai tanah kembali berarti merupakan gerak naik dan turun “ • Sebuah bola dilempar dengan sudut 30o dan dengan kecepatan 20 m/s saat jarak tempuh x = 5 √3 m. akan berlaku GJB (gerak jatuh bebas) : Contoh Soal : • Seorang anak melempar batu dengan kecepatan awal 12.Gerak Lurus adiwarsito.5 m/s dan sudut elevasi 30 o terhadap horizontal.com • Aplikasi gerak parabola : Sebuah pesawat menjatuhkan benda (biasanya bom) pada ketinggian ( h ) tertentu.wordpress.

Peluru A dengan sudut 30o dan peluru B dengan sudut 60o.wordpress. sehingga kita peroleh persamaan : • Peluru A dan B di tembakkan dari tempat yang sama dengan sudut elevasi yang berbeda.com • Sebuah bola dilemparkan dengan sudut elevasi 45o. bola bersarang di atas pohon sejauh 5 m. kecepatan awal bola adalah … Penyelesaian : Tips : “ ingat 4 m bukanlah tinggi maksimum yang dicapai benda.Gerak Lurus adiwarsito. dan waktu untuk mencapai jarak 5 m adalah sama pada saat mencapai tinggi 4m “ selanjutnya kita substitusikan persamaan arah sumbu x diatas ke dalam persamaan arah sumbu y. jika tinggi pohon tersebut 4 m. Perbandingan antara tinggi maksimum yang dicapai peluru A dengan peluru B adalah … Penyelesaian : Trick : “ tinggi (h) maksimum berbanding lurus dengan kuadarat dari sin θ “ .

wordpress.com .Gerak Lurus adiwarsito.

Kita hanya memandang gerakan benda tersebut setelah dilemparkan dan bergerak bebas di udara hanya dengan pengaruh gravitasi. Kali ini kita mempelajari gerak dua dimensi di dekat permukaan bumi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. peluru yang dtembakkan. baik GLB. ditinjau dari perpindahan. selengkapnya kita pelajari pada pokok bahasan Dinamika (Dinamika adalah ilmu fisika yang menjelaskan gaya sebagai penyebab gerakan benda dan membahas mengapa benda bergerak demikian). Gerakan bola yang ditendang oleh para pemain sepak bola kadang berbentuk melengkung.com Gerak Parabola Pada pokok bahasan Gerak Lurus. Pernakah anda menonton pertandingan sepak bola ? mudah-mudahan pernah walaupun hanya melalui Televisi. kita belum menjelaskan bagaimana proses benda-benda tersebut dilemparkan. Pertama. gerakan bola basket. Diantaranya adalah gerak bola volly. Apabila diamati secara saksama. banyak sekali contoh gerakan peluru/parabola yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. gerakan lompat jauh yang dilakukan atlet dan sebagainya. Anda dapat menambahkan sendiri. GLBB dan GJB. benda-benda yang melakukan gerak peluru selalu memiliki lintasan berupa lengkungan dan seolah-olah dipanggil kembali ke permukaan tanah (bumi) setelah mencapai titik tertinggi. bom yang dijatuhkan. ditendang dan sebagainya.Gerak Lurus adiwarsito. kita telah membahas gerak benda dalam satu dimensi. Mengapa demikian ? Benda-benda yang melakukan gerakan peluru dipengaruhi oleh beberapa faktor. benda-benda yang melakukan gerak .wordpress. seperti pada Gerak Jatuh Bebas. Mengapa bola bergerak dengan cara demikian ? Selain gerakan bola sepak. benda tersebut bergerak karena ada gaya yang diberikan. kecepatan dan percepatan. Kedua. bola tenis. Pada kesempatan ini. Mengenai Gaya.

gerakan bola tenis. Dinamakan gerak peluru karena mungkin jenis gerakan ini mirip gerakan peluru yang ditembakkan. maka dalam menganalisis gerak peluru. gerakan bola basket yang dilemparkan ke ke dalam keranjang. hambatan atau gesekan udara.8 m/s2. bukan peluru pistol. Pengertian Gerak Peluru Gerak peluru merupakan suatu jenis gerakan benda yang pada awalnya diberi kecepatan awal lalu menempuh lintasan yang arahnya sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi. meliputi gerakan bom yang dijatuhkan dari pesawat atau benda yang dilemparkan ke bawah dari ketinggian tertentu.Gerak Lurus adiwarsito. . gesekan udara diabaikan. Beberapa contoh gerakan jenis ini yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak gerakan benda yang berbentuk demikian. Beberapa di antaranya adalah gerakan bola yang ditendang oleh pemain sepak bola. Karena gerak peluru termasuk dalam pokok bahasan kinematika (ilmu fisika yang membahas tentang gerak benda tanpa mempersoalkan penyebabnya). ditembakkan atau dengan kata lain benda tersebut diberikan kecepatan awal hingga bergerak. gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dengan sudut teta terhadap garis horisontal. sebagaimana tampak pada gambar di bawah.wordpress. Karena kita menggunakan model ideal. maka selanjutnya gerakannya bergantung pada gravitasi dan gesekan alias hambatan udara. Jenis-jenis Gerak Parabola Dalam kehidupan sehari-hari terdapat beberapa jenis gerak parabola. demikian juga gaya gesekan udara yang menghambat gerak benda. maka pada pembahasan ini. Kita hanya meninjau gerakan benda tersebut setelah diberikan kecepatan awal dan bergerak dalam lintasan melengkung di mana hanya terdapat pengaruh gravitasi. Pertama. yang berarah ke bawah (pusat bumi) dengan besar g = 9. gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal pada ketinggian tertentu dengan arah sejajar horisontal. gerakan bola volly. Gaya sebagai penyebab gerakan benda diabaikan. dilempar. Ketiga. senapan atau senjata lainnya. gerakan lompat jauh dan gerakan peluru atau rudal yang ditembakan dari permukaan bumi. sebagaimana tampak pada gambar di bawah.com peluru dipengaruhi oleh gravitasi. Setelah benda tersebut ditendang. Mengapa dikatakan gerak peluru ? kata peluru yang dimaksudkan di sini hanya istilah. Kedua.

Gerak peluru adalah gerak dua dimensi. Beliau menjelaskan bahwa gerak tersebut dapat dipahami dengan menganalisa komponen-komponen horisontal dan vertikal secara terpisah. Pada titik tertinggi lintasan gerak benda. Jadi gerak parabola merupakan superposisi atau gabungan dari gerak horisontal dan vertikal. Pertama. Sebelum menganalisis gerak parabola secara terpisah. gravitasi tidak mempengaruhi gerak benda pada arah horisontal. gravitasi tidak bekerja). Kecepatan awal (vo) gerak benda diwakili oleh v0x dan v0y. sedangkan v0y merupakan kecepatan awal pada sumbu y. sebagaimana tampak pada gambar di bawah. . Untuk memudahkan kita dalam menganalisis gerak peluru. Percepatan gravitasi hanya bekerja pada arah vertikal. di mana melibatkan sumbu horisontal dan vertikal.wordpress. vy merupakan komponen kecepatan pada sumbu y dan vx merupakan komponen kecepatan pada sumbu x. mari kita tulis kembali persamaan Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Jatuh Bebas (GJB).com Ketiga. v0x merupakan kecepatan awal pada sumbu x. Gerak horisontal (sumbu x) kita analisis dengan Gerak Lurus Beraturan. karena arah gravitasi selalu ke bawah alias ke pusat bumi). sedangkan Gerak Vertikal (sumbu y) dianalisis dengan Gerak Jatuh Bebas. kecepatan pada arah vertikal (vy) sama dengan nol. Menganalisis Gerak Parabola Bagaimana kita menganalisis gerak peluru ? Eyang Galileo telah menunjukan jalan yang baik dan benar. terlebih dahulu kita amati komponen Gerak Peluru secara keseluruhan. gerakan benda setelah diberikan kecepatan awal dengan sudut teta terhadap garis horisontal. gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dari ketinggian tertentu dengan sudut teta terhadap garis horisontal. Kita sebut bidang gerak peluru sebagai bidang koordinat xy. Percepatan pada komponen y atau arah vertikal bernilai tetap (g = gravitasi) dan bernilai negatif /-g (percepatan gravitasi pada gerak vertikal bernilai negatif. Pada arah horisontal atau komponen x. Percepatan pada komponen x adalah nol (ingat bahwa gerak peluru hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi. dengan sumbu x horisontal dan sumbu y vertikal.Gerak Lurus adiwarsito.

v0x adalah kecepatan awal pada sumbu x. Cosinus dan Tangen. teta adalah sudut yang dibentuk terhadap sumbu x positip. tidak berarti setiap gerakan yang mempunyai kecepatan awal termasuk gerak peluru Karena terdapat sudut yang dibentuk. cosinus dan tangen di atas. v0x merupakan kecepatan awal pada sumbu x.Gerak Lurus adiwarsito. kecepatan dan percepatan dengan persamaan terpisah untuk komponen horisontal dan vertikalnya. Menganalisis Komponen Gerak Parabola secara terpisah Sekarang. vy merupakan komponen kecepatan pada sumbu y dan vx merupakan komponen kecepatan pada sumbu x. gerakan benda setelah diberikan kecepatan awal pada ketinggian tertentu dengan arah sejajar horisontal.wordpress. Kita nyatakan seluruh hubungan vektor untuk posisi. maka kita harus memasukan sudut dalam perhitungan kecepatan awal. Dipahami dulu persamaan sinus. v0y adalah kecepatan awal pada sumbu y. v0y. Kecepatan awal (vo) gerak benda diwakili oleh v0x dan v0y. Gerak peluru merupakan superposisi atau penggabungan dari dua gerak terpisah tersebut Komponen kecepatan awal Terlebih dahulu kita nyatakan kecepatan awal untuk komponen gerak horisontal v0x dan kecepatan awal untuk komponen gerak vertikal. Kecepatan dan perpindahan benda pada arah horisontal . Berdasarkan bantuan rumus sinus. maka kecepatan awal pada bidang horisontal dan vertikal dapat kita rumuskan sebagai berikut : Keterangan : v0 adalah kecepatan awal. sedangkan Kecepatan awal pada sumbu vertikal (voy) = 0. Catatan : gerak peluru selalu mempunyai kecepatan awal. Mari kita turunkan persamaan kecepatan awal untuk gerak horisontal (v0x) dan vertikal (v0y) dengan bantuan rumus Sinus. Walaupun demikian. mari kita turunkan persamaan untuk Gerak Peluru. cosinus dan tangen di bawah ini. Jika tidak ada kecepatan awal maka gerak benda tersebut bukan termasuk gerak peluru.com Kedua.

Dengan demikian. Persamaan untuk menghitung posisi dan kecepatan resultan dapat dirumuskan sebagai berikut. Karena percepatan gravitasi pada arah horisontal = 0. v0y adalah kecepatan awal pada sumbu y. sehingga kita gantikan v dengan v0. v0y yang telah kita turunkan di atas. x adalah posisi benda. Jika pada contoh suatu gerak peluru tidak diketahui posisi awal.com Kita tinjau gerak pada arah horisontal atau sumbu x. x0 adalah posisi awal. Dengan demikian. Berdasarkan persamaan kecepatan awal untuk komponen gerak horisontal v0x dan kecepatan awal untuk komponen gerak vertikal. Huruf x kita tulis di belakang a (dan besaran lainnya) untuk menunjukkan bahwa percepatan (atau kecepatan dan jarak) tersebut termasuk komponen gerak horisontal atau sumbu x. gerak pada sumbu x kita analisis dengan Gerak Lurus Beraturan (GLB). kita gantikan x dengan y (atau h = tinggi).Gerak Lurus adiwarsito. Pada pokok bahasan Vektor dan Skalar telah dijelaskan teknik dasar metode analitis. kita akan mendapatkan persamaan Gerak Peluru untuk sumbu x : Keterangan : vx adalah kecepatan gerak benda pada sumbu x. Untuk gerak pada sumbu y alias vertikal. baik ditinjau dari posisi. baik pada komponen horisontal alias sumbu x dan komponen vertikal alias sumbu y. Pada gerak peluru terdapat kecepatan awal. Sebagaimana yang telah dikemukakan di atas.wordpress. y adalah posisi benda (bisa juga ditulis h). maka silahkan melenyapkan x0. Sebaiknya anda mempelajarinya terlebih dahulu apabila belum memahami dengan baik. t adalah waktu tempuh. v0 dengan voy dan a dengan -g (gravitasi). g adalah gravitasi. maka kita dapat menulis persamaan Gerak Peluru secara lengkap sebagai berikut : Setelah menganalisis gerak peluru secara terpisah. y0 adalah posisi awal. maka komponen percepatan ax = 0. . v0x adalah kecepatan awal pada sumbu x. kita dapatkan persamaan Gerak Peluru untuk sumbu y : Keterangan : vy adalah kecepatan gerak benda pada sumbu y alias vertikal. Perpindahan horisontal dan vertikal Kita tinjau gerak pada arah vertikal atau sumbu y. v dengan vy. kecepatan dan waktu tempuh benda. Hal ini membantu kita dalam menganalisis Gerak Peluru secara keseluruhan. t adalah waktu tempuh. sekarang kita menggabungkan kedua komponen tersebut menjadi satu kesatuan.

karena setelah diberi kecepatan awal. gravitasi hanya bekerja pada arah vertikal. kecepatan gerak benda pada bidang vertikal alias vy = 0. . tampak bahwa y merupakan fungsi dari x dan mempunyai bentuk umum y = ax – bx2 Di mana a dan b adalah konstanta untuk gerak peluru tertentu. karena benda tersebut masih bergerak ke permukaan tanah akibat tarikan gravitasi. Persamaan ini merupakan fungsi parabola dalam matematika. dan kita tetapkan x0 = y0 = 0.wordpress. baca dengan teliti dan gambar sebuah diagram untuk setiap soal yang diberikan. sehingga yang bekerja hanya kecepatan horisontal alias vx. Ketiga. percepatan gravitasi tetap bekerja alias tidak nol. vx tidak pernah berubah sepanjang lintasan. jika kita mengabaikan hambatan udara dan menganggap bahwa gravitasi alias g bernilai tetap. pada titik tertinggi lintasan. gambarkan saja diagram tersebut dalam otak. Untuk menunjukkan hal ini secara matematis. tidak horisontal. Nah.com Pertama. gerakan benda sepenuhnya bergantung pada gravitasi. jika gravitasi nol maka benda tersebut akan tetap melayang di udara.Gerak Lurus adiwarsito. pada titik tertinggi. Walaupun kecepatan vertikal (vy) = 0. sedangkan vy bernilai nol. Kita subtitusikan nilai t pada persamaan 1 ke persamaan 2 Dari persamaan ini. tetapi kenyataannya tidak teradi seperti itu. kecepatan pada saat sebelum menyentuh lantai biasanya tidak nol. tapi jika otakmu mirip Eyang Einstein. Kedua. benda tersebut hendak kembali ke permukaan tanah. kita harus mendapatkan y sebagai fungsi x dengan menghilangkan/mengeliminasi t (waktu) di antara dua persamaan untuk gerak horisontal dan vertikal. Petunjuk Penyelesaian Masalah-Soal Untuk Gerak Peluru Pertama. Pembuktian Matematis Gerak Peluru = Parabola Sekarang Gurumuda ingin menunjukkan bahwa jalur yang ditempuh gerak peluru merupakan sebuah parabola. Dengan demikian vx bernilai tetap.

com Kedua. maka kita dapat menghitung kecepatan awal untuk komponen horisontal dan vertikal. Contoh Soal 1 : David Bechkam menendang bola dengan sudut 30o terhadap sumbu x positif dengan kecepatan 20 m/s. Karena diketahui kecepatan awal. hitunglah : a) Tinggi maksimum b) waktu tempuh sebelum bola menyentuh tanah c) jarak terjauh yang ditempuh bola sebelum bola tersebut mencium tanah d) kecepatan bola pada tinggi maksimum e) percepatan bola pada ketinggian maksimum Panduan Jawaban : Soal ini terkesan sulit karena banyak yang ditanyakan. Jika percepatan gravitasi = 10 m/s2.wordpress. Anggap saja bola meninggalkan kaki Beckham pada ketinggian permukaan lapangan. Gunakan persamaan yang sesuai. Keempat. a) Tinggi maksimum (y) . anda dapat menguraikannya menjadi komponen-konpenen x dan y. Sebenarnya gampang. berpikirlah sejenak sebelum menggunakan persamaan-persamaan. bila perlu gabungkan beberapa persamaan jika dibutuhkan. analisis gerak horisontal (sumbu x) dan vertikal (sumbu y) secara terpisah. Jika diketahui kecepatan awal.Gerak Lurus adiwarsito. jika kita melihat dan mengerjakannya satu persatu-satu. Ketiga. buat daftar besaran yang diketahui dan tidak diketahui.

Karena vy = 0 dan percepatan gravitasi diketahui. Dengan kata lain. sehingga posisi awal bola alias y0 = 0. ketinggian bola dari permukaan tanah (y) = 0. Sekarang kita tuliskan persamaan yang sesuai. maka yo = 0. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan cara cepat. Untuk menyelesaikan soal ini. Kita tulis persamaan posisi benda pada gerak vertikal Bagaimana kita tahu kapan bola berada pada ketinggian maksimum ? untuk membantu kita. ingat bahwa pada ketinggian maksimum hanya bekerja kecepatan horisontal (vx) . maka kita bisa mengatakan waktu tempuh benda untuk mencapai ketinggian maksimum merupakan setengah waktu tempuh total. kita sudah menghitung waku ketika benda mencapai ketinggian maksimum. ketika benda berada pada ketinggian maksimum. maka yang dimaksudkan adalah posisi benda pada sumbu vertikal (y) ketika benda berada pada ketinggian maksimum alias ketinggian puncak. untuk mengetahui kapan bola berada pada tinggian maksimum. Dengan demikian. Pada bagian a). kita bisa langsung mengalikan waktu tempuh . sekali lagi ingat juga bahwa kita menanggap bola bergerak dari permukaan tanah.wordpress. maka kita gunakan salah satu gerak vertikal di bawah ini. maka benda tersebut telah melakukan setengah dari keseluruhan gerakan. Karena kita menganggap bola bergerak dari permukaan tanah. Kita masukan nilai t ini pada persamaan y Ketinggian maksimum yang dicapai bola adalah 5 meter.Gerak Lurus adiwarsito. yaitu Waktu tempuh total adalah 2 sekon.com Jika ditanyakan ketinggian maksimum. Nah. yang ditanyakan adalah waktu tempuh bola sebelum menyentuh permukaan tanah. Cermati gambar di bawah ini sehingga anda tidak kebingungan. bola mencapai ketinggian maksimum setelah bergerak 1 sekon. karena lintasan gerak peluru berbentuk parabola. Sekarang. sedangkan kecepatan vertikal (vy) = 0. hal pertama yang perlu kita ingat adalah ketika menyentuh permukaan tanah. Berdasarkan perhitungan di atas. kita telah mengetahui waktu yang diperlukan bola untuk mencapai ketinggian maksimum. Yang dimaksudkan di sini adalah waktu tempuh total ketika benda melakukan gerak peluru. Gampang khan ? b) Waktu tempuh bola sebelum menyentuh permukaan tanah Ketika menghitung ketinggian maksimum.

maka yang dimaksudkan di sini adalah posisi akhir benda pada arah horisontal (atau s pada gambar di atas). bola berada di titik tertinggi dan ketika bola hendak menyentuh permukaan tanah.wordpress. c) Jarak terjauh yang ditempuh bola sebelum bola tersebut mencium tanah Jika ditanya jarak tempuh total. Percepatan gravitasi (g) berapa ? jawab sendiri ya… Contoh soal 2 : Seorang pengendara sepeda motor yang sedang mabuk mengendarai sepeda motor melewati tepi sebuah jurang yang landai. Panduan Jawaban : Kita memilih titik asal koordinat pada tepi jurang. percepatan yang bekerja adalah percepatan gravitasi yang bernilai tetap. Tentukan posisi sepeda motor tersebut.com bola ketika mencapai ketinggian maksimum dengan 2. d) kecepatan bola pada tinggi maksimum Pada titik tertinggi. Tepat pada tepi jurang kecepatan motornya adalah 10 m/s. baik ketika bola baru saja ditendang. jarak dari tepi jurang dan kecepatannya setelah 1 detik. Hanya ada komponen horisontal (yang bernilai tetap selama bola melayang di udara). kecepatan bola pada pada tinggi maksimum adalah : e) percepatan bola pada ketinggian maksimum Pada gerak peluru. tidak ada komponen vertikal dari kecepatan. Kecepatan awal murni horisontal (tidak ada sudut). Dengan demikian. sehingga komponen-komponen kecepatan awal adalah : soal gerak parabola-1 .Gerak Lurus adiwarsito. Soal ini gampang. di mana xo = yo = 0. karena kita menghitung jarak terjauh. untuk memperoleh waktu tempuh total. maka waktu (t) yang digunakan adalah waktu tempuh total. tinggal dimasukkan saja nilainya pada persamaan posisi benda untuk gerak horisontal atau sumbu x.

Diposkan oleh FaaZ di 05:34 Label: Fisika . posisi sepeda motor dan pengendaranya pada koordinat x dan y adalah sbb (xo dan yo bernilai nol) : x = xo + vox t = (10 m/s)(1 s) = 10 m y = yo + (vo sin teta) t – ½ gt2 y = – ½ gt2 y = – ½ (10 m/s2)(1 s)2 y=–5m Nilai negatif menunjukkan bahwa motor tersebut berada di bawah titik awalnya.Gerak Lurus adiwarsito. soal gerak parabola-2 Berapa jarak motor dari titik awalnya ? Berapa kecepatan motor pada saat t = 1 s ? vx = vox = 10 m/s vy = -gt = -(10 m/s2)(1 s) = -10 m/s soal gerak parabola-3 soal gerak parabola-4 Setelah bergerak 1 sekon.14 m/s dan berada pada 45o terhadap sumbu x positif. sepeda motor bergerak dengan kecepatan 14.wordpress.com Di mana letak sepeda motor setelah 1 detik ? setelah 1 detik.

dan jangan putus aja juga buat belajar materi ini ! Di bab ini .wordpress. disini ita belajar bareng tentang materi yang satu ini. Pernah ngerasain kan gimana rasanya dibawah ? Yaaak.com Kinematika Gerak bikin hati tergerak Posted by Fika Arsetya Putri at 3:22 AM Di bab dibahas tentang gerak melingkar . Ada apa dengan berputaar ? mereka bilang sih "Kehidupan itu kaya roda. aku tau itu rasanya ga enak banget. di tengah ataupun dibawah" . jangan khawatir ga bisa fisika karena guru fisika kalian yang kurang menyenangkan atau apalah itu yuuuks. Ada saatnya juga berada di atas .Gerak Lurus adiwarsito. Jangan buru buru buka buku literatur sekolah yang jumlah halamannya segudang !!! naaaah. kita akan mempelajari ilmu baru seperti integral dan diferensial dalam bentuk fungsi dan vektor. enjoy this post ! 1. kadang kita di atas. Dan contohnya adalah roda berputar . jangan putus asa kalo lagi ada di bawah Tetep berusaha lebih baik dan Kerja keras dan doa kita bakal nuntun kita ke atas Kalo kali ini kalian bakal tak tuntun belajar Kinematika gerak. tapi ga selamanya roda bakal berada di bawah terus . So. Pada sumbu-sumbu koordinat bisa dinyatain kayak gini : i = vektor satuan pada arah sumbu x+ j = vektor satuan pada arah sumbu y+ k = vektor satuan pada arah sumbu z+ . Vektor Satuan Vektor satuan itu vector yang nilainya satu dan arahnya tertentu.

untuk mempermudah ngafalin rumus rumusnyaa .com 2. ini dia rangkumannya : Pada sumbu x Pada sumbu y .Gerak Lurus adiwarsito.wordpress. bisa dinyatain kaya gini : Naaah. Vektor Posisi Kalo vektor posisi itu vector yang berada pada suatu ruang.

wordpress.Gerak Lurus adiwarsito.com GLB dan GLBB .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful