sgd

Show Details

SGD 1
Judul: Alhamdulillah… kami sekarang mahasiswa fakultas kedokteran. Step 1: Soft skill(henarivan) : - Kemampuan dalam diri yang tidak terlihat berupa kemampuan intrapersonal dan interpersonal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, keterampilan social, keterampilan berbahasa untuk mengembangkan hubungan social - Kepribadian seseorang untuk mengembangkan hubungan social antar manusia ((Daniel Goleman, 1995, 1998, 2000).
Cikal bakal soft skills dapat dikenali dengan mudah dan juga sebagai landasan utamanya yakni ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain (human relationship). Pada perspektif EI interaksi individu dengan individu lainnya merupakan tataran terakhir dari empat atribut yang dikembangkan Goleman yaitu: Self-Awareness; Self-Management; Social-Awareness; dan Management Relationship. Ketiga atribut pertama saling berkaitan. Self-Awareness atau kesadaran-diri merupakan basis yang diperlukan dalam tumbuh-kembang soft skills seperti kepercayaan diri individu. Pengelolaan diri dan kesadaran sosial (self-management dan social-awareness) merupakan faktor penting terciptanya kecakapan menampilkan diri dalam berinteraksi dengan orang lain (Management Relationship). (file//E:\Emotional Intelligence model-DG.htm diakses 27/06/2006)

Disciplinary content (Aulia s): - Memuat asas kedisiplinan - Penguasaan keilmuan bidang studi - Materi yang menjadi acuan - Materi yang dipelajari lebih terpusat. Teacher centered ( amel): - Sistem pembelajaran dimana mahasiswa hanya mendapat materi dari dosen saja - Sistem pembelajaran satu arah dimana guru atau dosen dijadikan sebagai pusat kegiatan belajar mengajar. Student centered (andin): Pembelajaran yang berpusat pada siswa itu sendiri dan dosen sebagai fasilitator Andragogy(rima): Pembelajaran bagi orang dewasa Continuing professional education (Luqman): Konsep pembelajaran terus – menerus untuk menjadi professional. Self directed learning(nurmalita): - Konsep belajar mandiri

Pembelajaran dengan cara berdiskusi atau bekerja sama.Pembelajaran dengan menggunakan berbagai media.Suatu pembelajaran yang dilakukan secara kompleks atau lengkap Lifelong learning skills .Suatu hal yang dipelajari melalui introspeksi diri sendiri .Penilaian terhadap orang lain Self reflection: .Suatu hal yang dapat dipelajari melalui pendidikan dan keakuratan hasil .Pembelajaran secara mendalam tentang suatu hal.Kemampuan untuk belajar terus menerus seumur hidupnya Step 2 Pembelajaran dewasa 1.- Belajar berdasarkan inisiatif sendiri Independent learning(windhi) .Pembelajaran dengan mengupas lebih dalam materi yang diajarkan maka diperlukan siswa yang berpikir kritis dalam pembelajaran ini.Pemahaman pada lawan bicara .Proses menilai diri sendiri. Peer assessment(muthia): .Berusaha untuk meng up date ilmu dalam diri sendiri seumur hidup . Self assessment(dewi) . . . Bagaimana cara pola pendidikan dari teacher centered ke student centered agar lebih efektif? 4. Mengapa independent learning dan self directed learning dibutuhkan dalam pembelajaran dewasa? 2. Apa tujuan dari pembelajaran dewasa? 3. Collaborative learning(iyan): . Apa ciri – ciri dari pembelajaran dewasa selain self directed learning dan independent learning? 7. Apa yang harus kita lakukan agar konsep pembelajaran andragogy dapat terlaksana dengan baik? 5. Bagaimana cara menerapkan kegiatan continuing professional education? 6.Pembelajaran yang berdasarkan motivasi dan niat dari diri sendiri Deep learning(aulia k): .Konteks yang dipelajari dalam pembelajaran tersebut . Apa manfaat self directed learning dan independent learning bagi mahasiswa? .evaluasi terhadap diri sendiri Contextual studies: .

Dapat mengembangkan kesiapan belajar. self assessment.Menguasai keterampilan seperti deep learning. 4.Membuat mahasiswa lebih mandiri dalam mencari informasi atau materi.Agar dapat menerapkan konsep belajar dan keterampilan belajar seperti orang dewasa .8.Mendidik mahasiswa untuk lebih mandiri. dan lebih punya kreatifitas dalam menghadapi suatu permasalahan. Apa manfaat self directed learning dan independent learning bagi mahasiswa? . Bagaimana cara menerapkan kegiatan continuing professional education? 5. Apa tujuan dari pembelajaran dewasa? . 3. Bagaimana upaya yang harus dilakukan apabila mahasiswa tidak dapat menerapkan konsep adult learning? 14. .Mengubah kebiasaan lama sewaktu SMA dengan kebiasaan baru yang menerapkan konsep belajar dewasa. Mana yang lebih efektif antara teacher centered dengan student centered? Jelaskan! 11. 2.Karena ilmu pengetahuan selalu berkembang sehingga kita perlu belajar secara terus menerus secara mandiri tanpa harus dibimbing oleh guru.Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan tidak pasif dan mengevaluasi hasil belajar. menambah pengalaman dalam menghadapi masalah dan menambah kepercayaan diri sehingga dapat mengasah soft skills yang dimiliki seseorang dan mengeluarkan potensi dalam diri seseorang. collaborative learning. Apa yang harus kita lakukan agar konsep pembelajaran andragogy dapat terlaksana dengan baik? . Apa saja kendala dari pembelajaran dewasa? 15. Bagaimana cara kita menguasai konsep – konsep pembelajaran dewasa atau adult learning? 10. Jelaskan kegiatan yang ada di dalam CPD? Step 3 1. . Mengapa independent learning dan self directed learning dibutuhkan dalam pembelajaran dewasa? . Bagaimana cara mengembangkan soft skills? 13. lebih aktif. . Apa saja langkah – langkah dalam menerapkan konsep adult learning? 12. .Kita harus mempersiapkan materi dari rumah. kita juga harus lebih aktif dalam mencari bahan pembelajaran. peer assessment dan self reflection. Apa peran soft skills yang dimiliki pada pembelajaran dewasa? 9. Apa kelebihan dan kekurangan dari adult learning? 16. .

mengikuti organisasi 9.Lebih bertanggung jawab. Bagaimana upaya yang harus dilakukan apabila mahasiswa tidak dapat menerapkan konsep adult learning? . Apa manfaat dari SPICES? 13.adanya kemauan dari diri sendiri dan motivasi dari orang lain 10. Mana yang lebih efektif antara teacher centered dengan student centered bagi mahasiswa? Jelaskan! .Perbedaan karakter pada setiap individu 11. 7.. adult learning.Ilmu menjadi bertambah . Apa peran soft skills yang dimiliki pada pembelajaran dewasa? . karena kita berusaha untuk mencari materi kuliah sendiri dan tidak bergantung dengan materi yang diberikan dosen sehingga mahasiswa menjadi aktif dan lebih mengingat materi. Jelaskan kegiatan CPD 12.Susah beradaptasi pada tahap awal . Bagaimana cara mengembangkan soft skills? . Apa saja kendala dari pembelajaran dewasa? . dan student centered approach serta mengapa keseluruhannya harus ditetapkan dalam pendidikan fakultas kedokteran saat ini? Step 4 Self directed learning .Mahasiswa dituntut untuk aktif mencari materi dari berbagai sumber.mahasiswa lebih menguasai masalah dengan kemampuannya 6. Jelaskan hubungan antara konsep long life learning. . .tidak hanya bergantung kepada dosen. independent learning. 8. self directed learning.menunjang proses pembelajaran dewasa.student centered.

Mahasiswa tidak menyelesaikan soal-soal itu secara terinci d. Jadi kesimpulan dari pentingnya self directed learning adalah tanggung jawab pribadi ( personal responsibility) (daftar pustaka: Brockett. Penyampaian pelajaran monoton . Ralp G & Hiernastra.Apa yang harus kita lakukan agar konsep pembelajaran andragogy dapat terlaksana dengan baik? 5. 1991.Step 5 1 Mengapa independent learning dan self directed learning dibutuhkan dalam pembelajaran dewasa? -karena self directed learning dapat membuat seseorang untuk rajin berkorespodensi dengan orang-orang yang terkait dan mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang dimilik atau masalah-masalah yang dihadapinya. Bagaimana cara kita menguasai konsep – konsep pembelajaran dewasa atau adult learning? 10. RoutledgeLondon) ( di dalam buku Membangun Kompetensi Belajar oleh A. Roger. Mahasiswa kurang mampu menganalisis soal yang dihadapinya. Suhaenah Suparno. Apa manfaat self directed learning dan independent learning bagi mahasiswa? 8. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2000) -Independent learning 2Apa tujuan dari pembelajaran dewasa? 3Bagaimana cara pola pendidikan dari teacher centered ke student centered agar lebih efektif? 4. Bagaimana cara menerapkan kegiatan continuing professional education? 6. karena di dalam teacher centered terdapat banyak kelemahan : a. Research. and practice. Mana yang lebih efektif antara teacher centered dengan student centered? Jelaskan! Lebih efektif student centered . Self Directed In Adult Learning. Mahasiswa tidak merencanakan jalan penyelesaian soal c. Mahasiswa tidak menilai lagi kebenaran perhitungannya e. Apa ciri – ciri dari pembelajaran dewasa selain self directed learning dan independent learning? 7.Perspective on theory. Apa peran soft skills yang dimiliki pada pembelajaran dewasa? 9. b.

self directed learning. Perkuliahan terlalu teoritis ( sumber pustaka :. . 1991. Kees. Jelaskan hubungan antara konsep long life learning. Bagaimana cara mengembangkan soft skills? 13. independent learning. Suhaenah Suparno. Jelaskan kegiatan CPD 18. Jakarta) ( di dalam buku Membangun Kompetensi Belajar oleh A.Bloom. Apa manfaat dari SPICES? 19. adult learning. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Tjipto and Ruijter. Apa saja langkah – langkah dalam menerapkan konsep adult learning? 12. Benjamin S. Bagaimana upaya yang harus dilakukan apabila mahasiswa tidak dapat menerapkan konsep adult learning? 14. dan student centered approach serta mengapa keseluruhannya harus ditetapkan dalam pendidikan fakultas kedokteran saat ini? - . Mc Graw hill Book Company. 1979.Utomo. Gramedia Pustaka Utama. Human Characteristics and School Learning. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2000) 11. Apa saja kendala dari pembelajaran dewasa? 15.f. New York. Apa kelebihan dan kekurangan dari adult learning? 16. Jelaskan kegiatan yang ada di dalam CPD? 17.