KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN

KEWIRAUSAHAAN MERUPAKAN ILMU YANG MEMPELAJARI
TENTANG NILAI, KEMAMPUAN, DAN PERILAKU SESEORANG DALAM MENGHADAPI TANTANGAN HIDUP

KEWIRAUSAHAAN: Merupakan disiplin ilmu tersendiri karena berisi body of knowledge yang utuh dan nyata, ada obyek dan metodenya OBYEK STUDI KEWIRAUSAHAAN:

Kemampuan merumuskan tujuan hidup, memotivasi diri, berinisiatif, membentuk modal, mengatur waktu dan membiasakan diri untuk belajar dari pengalaman

HAKIKAT KEWIRAUSAHAAN
KEWIRAUSAHAAN pada hakikatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif

JADI, Inti KWu adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda KREATIVITAS adalah berpikir sesuatu yang baru INOVASI adalah bertindak melakukan sesuatu yang baru
Secara estimologis, KWu hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat dalam menghadapi tantangan hidup

meliputi motivasi. dan pelaksanaan organisasi baru Esensi wirausaha. dorongan semangat. Adalah memperkenalkan barang baru. membuka bahan/ sumber-sumber baru.Unsur-unsur kewirausahaan. membuka pasar baru. melaksanakan metode produksi baru. Adalah menciptakan nilai tambah dengan caracara baru dan berbeda agar dapat bersaing . visi. komunikasi. optimisme. dan kemampuan memanfaatkan peluang Fungsi wirausaha.

yaitu percaya diri. kepemimpinan.JIKA SESEORANG MEMILIKI JIWA WIRAUSAHA MAKA DIA AKAN MEMILIKI PERILAKU KREATIF. dan berorientasi ke masa depan Nilai-nilai kewirausahaan meliputi komitmen. INOVATIF. MENYUKAI PERUBAHAN KEMAJUAN DAN TANTANGAN Ciri-ciri kewirausahaan dapat dilihat dari watak dan perilakunya. umpan balik. resiko yang moderat. berorientasi pada hasil. dan proaktif dalam manajemen . pengambil resiko. peluang obyektif. ssuka tantangan. optimisme. keorisinilan. uang.

berani menanggung resiko. dan proaktif dalam manajemen . dan suka tantangan Nilai-nilai kewirausahaan meliputi komitmen. bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalan KEPRIBADIAN WIRAUSAHA TERLETAK PADA. kreatifitas. peluang obyektif. kemampuan mengorganisir. uang. familiar. umpan balik. resiko yang moderat. Kepercayaan diri. berencana. optimisme. kerja keras.CIRI-CIRI WIRAUSAHA BERHASIL Memiliki visi dan tujuan.

Model Nilai Sistem Wirausaha Orientasi kemajuan Tanggung jawab Pengambilan risiko Teknologi Keuntungan Materi Pelatihan Ilmu Kreatifitas Sikap Positif Pengalaman Pelayanan Orientasi Materi Perhitungan kira-kira Risiko Pelaris Menghadap ke mana (Fengshui) Orientasi Non Materi Perhitungan Mistik Etnosentrisme Tata cara leluhur Keberuntungan Orientasi “TOTOK” .

kepemimpinan 5.Keberanian mengambil Resiko 4.Berorientasi tugas dan hasil 3. Berorientasi pada masa depan 6. Keorisinilan: kreatifitas dan inovasi .Percaya diri 2.BEBERAPA NILAI HAKIKI PENTING DARI KWu: 1.

PERSIAPAN (pendidikan. PENERANGAN 6. pelatihan) 2.TUJUH LANGKAH BERPIKIR KREATIF 1. PENETASAN (persamaan & perbedaan pandangan dari informasi yg terkumpul) (menyiapkan pikiran bawah sadar utk merenungkan informasi yg terkumpul) (pemecahan spontan yang menyebabkan titik terang) (validasi keakuratan & manfaat ide-ide yang muncul praktek bisnis) (mentransformasi ide-ide ke 5. PENGUJIAN 7. PENYELIDIKAN (pemahaman mendalam masalah/ keputusan) 3. IMPLEMENTASI . TRANSFORMASI 4.

dan sikap terhadap uang Kepribadian kewirausahaan tercermin dalam kreativitas. kebebasan. dan kemauan yang kuat . keberanian menghadapi risiko.SIKAP & KEPRIBADIAN WIRAUSAHA Setiap kewirausahaan meliputi : Keterbukaan. kemampuan pemasaran. kemampuan berhubungan. berencana. pandangan yg luas. berorientasi pada masa datang. keahlian mengatur. dorongan. berkeyakinan sadar. menghormati orang lain & pendapat orang lain Tingkah laku kewirausahaan tergambar dalam kepribadian.

Model analisis diri wirausaha FAKTOR KEBERHASILAN KEMAUAN DAN KEMAMPUAN LUAR DIRI PERILAKU KETIDAKSEMPURNAAN/ KELAMAHA KESEMPATAN DAN PELUANG LUAR DIRI PERILAKU KESEMPATAN PELUANG FAKTOR KEGAGALAN .

MOTIF BERPRESTASI KEWIRAUSAHAAN Terletak pada kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih efisien Contoh umum Contoh dalam organisasi Self Actualization needs Esteem needs Social needs Security needs Physiological needs Pemenuhan diri Tantangan Kerja Jabatan Teman bekerja Jaminan Pensiun Gaji Status Berteman Stabilitas perlindungan .

M = f(V1 x E) 3. ALASAN SOSIAL 3. P = f(M x A) 2. V1 = f(V2 x I) P M A E I = Prestasi atau Performance = Motivasi = Ability = expectansi = Instrumental V1. ALASAN PELAYANAN 4.2 = valensi tingkat pertama & kedua APA ALASAN SESEORANG MENJADI WIRAUSAHA 1. ALASAN KEUANGAN 2.3 prinsip teori harapan 1. ALASAN PEMENUHAN DIRI SENDIRI .

SAMPAI KETEMU PADA PERKULIAHAN BERIKUTNYA .

.

pemimpin. sumber daya. Model peran. Pengambil risiko. Aktivitas Lingkungan Kompetensi. nilai-nilai pribadi. Pemasok. struktur. usia. orang tua. budaya. model peran PRIBADI Kwu. bankir . Investor. pendidikan. komitmen Sosiologi Jaringan kelompok. Toleransi. kebijakan pemerintah Lingkungan Pesaing.MODEL PROSES KEWIRAUSAHAAN PRIBADI Pencapaian locus of control. Ketidakpuasan. pengalaman PRIBADI Pengambil risiko. strategi. keluarga. visi ORGANISASI Kelompok. pendidikan. manajer. Pelanggan. inkubator. produk INOVASI KEJADIAN PEMICU IMPLEMENTASI PERTUMBUHAN Lingkungan Peluang. komitmen.

Tahap duplikasi & pengembangan 3.Tahap Perintisan 2. Tahap menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda Menurut Zimmer (1996): proses pengembangan dibagi menjadi 2: 1.Tahap Pertumbuhan . Tahap imitasi dan duplikasi 2. proses pertumbuhan Kwu pada usaha kecil ada 3: 1.CIRI TAHAP PERMULAAN & PERTUMBUHAN KWU Berdasarkan survei di UKM.

CIRI-CIRI PERTUMBUHAN KEWIRAUSAHAAN .

LANGKAH MENUJU KEBERHASILAN WIRAUSAHA Untuk sukses wirausaha. pertama-tama hars memiliki ide. kemudian ada kemauan & keberanian untuk menghadapi baik waktu maupun uang .

Kurang dapat mengendalikan keuangan 4. dll 3. Kurang sungguh-sungguh dalam berusaha 8. Kurangnya pengawasan peralatan 7. Tidak mampu melakukan transisi wirausaha . Peluang 3. Lokasi kurang memadai 6. Pengalaman FAKTOR KEGAGALAN: 1. Gagal dalam perencanaan 5. ketrampilan. Kemampuan 4.FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN KWU Faktor penentu Kegagalan & Keberhasilan Kwu 1. Kurang pengalaman (teknik. visualisasi usaha. Kelemahan 2. koordinsai. Tidak kompeten dalam manajerial 2.

BEBERAPA POTENSI PENYEBAB ORANG MNDUR BERWIRAUSAHA: 1.Perlu kerja keran dan waktu yang lama 4.Kerugian akibat hilangnya modal investasi 3.Kualitas kehidupan yang tetap rendah meskipun usahanya mantap Faktor Penentu Keberhasilan Kwu • Kemampuan & kemauan • Tekad yang kuat dan kerja keras • Kesempatan dan peluang .Pendapatan tidak menentu 2.

KEUNTUNGAN & KERUGIAN BERWIRAUSAHA KEUNTUNGAN BERWIRAUSAHA: • OTONOMI. seperti “BOS” • Tantangan awal dan motif prestasi yang tinggi • Bebas mengontrol Finansial & merasa kaya KERUGIAN BERWIRAUSAHA: • PENGORBANAN PERSONAL (sibuk. sedikit waktu untuk keluarga. rekreasi) • BEBAN TANGGUNG JAWAB harus mengelola semua fungsi bisnis • KECILNYA MARGIN KEUNTUNGAN & KEMUNGKINAN GAGAL .

rasa tanggung jawab.APA RAHASIA KEWIRAUSAHAAN DALAM MENCIPTRAKAN NILAI TAMBAH ??? Terletak pada penerapan kreativitas dan inovasi utk memecahkan persoalan dan meraih peluang BAGAIMANA CIRI PRIBADI KRATIF ?? Terletak pada keterbukaan. kepercayaan diri. kecakapan. dan penuh daya imajinasi . kepuasan. kreativitas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful