PRESENTASI EKONOMI PEMBANGUNAN

Ahmad Kurniawan Samsul Hidayat Akhmad Ali Yunus

JUDUL PROPOSAL KETIMPANGAN DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN .

Tempat Penelitian  Desa Martajasah Kabupaten Bangkalan Kode Pos 69116 .

jadi menarik perhatian dari kami untuk melakukan penelitian di daerah tersebut Di desa martajasah merupakan salah satu desa yang berkembang di kota bangkalan. . Pendapatan dari sektor pariwisatanya cukup lumayan tinggi.Alasan Pemilihan Tempat Desa Martajasah rata-rata pendapatan setiap kepala keluarga berfariasi dan tidak sama. yang mana penduduknya tidak lagi hanya menggantungkan mata pencahariannya pada sektor pertanian saja tetapi juga dari sektor pariwisata. sedangkan di daerah tersebut sangat tinggi.

karena terlalu banyaknya budaya yang ada. karena setiap budaya yang ada memiliki perbedaan masing-masing dari segi pelaksanaan (hari). maka pendapatan setiap daerah berbeda-beda.Pendahuluan   Budaya merupakan salah satu kekayaaan di Indonesia. Ketimpangan distribusi itu merupakan pendapatan yang tidak seimbang di suatu daerah. .

Rumusan Masalah Apakah budaya masyarakat di desa martajasah mempengaruhi ketimpangan distribusi pendapat di desa tersebut? .

Tujuan Penelitian Untuk mengetahui faktor penyebab ketimpangan distribusi masyarakat Untuk mengetahui apakah PDRB suatu daerah berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat kalangan bawah. .

. pengukuran distribusi pendapatan selama ini didekati dengan menggunakan data pengeluaran.KAJIAN PUSTAKA Distribusi pendapatan merupakan salah satu aspek kemiskinan yang perlu dilihat karena pada dasarnya merupakan ukuran kemiskinan relatif. yang menyebabkan ketimpangan distribusi pendapatan. Oleh karena data pendapatan sulit diperoleh. Pendapatan daerah yang tinggi namun tidak diselingin pendapatan masyarakatnya.

Rasio Gini  salah satu ukuran yang paling sering digunakan untuk mengukur tingkat ketimpangan pendapatan secara menyeluruh. Rumus Koefisien Gini adalah sebagai berikut: .

.

Cara Meneliti     Orientasi Perencanaan Pengumpulan Data Penggunaan dan Pengolahan data .

.  Teknik pengumpulan data. yaitu data diperoleh langsung dari objek penelitian.  Obyek penelitian adalah hal-hal yang berkaitan dengan pendapatan masyarakat di daerah martajasah dan wisata religi yang ada disana.METODE PENELITIAN  Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus.  Data yang dikumpulkan dalam penelitan ini adalah data primer. Wawancara dan Observasi.

antarjateng. Menggagas   Perubahan Pendekatan Pembangunan. http://www.php?id =70979#. (diakses 28 februari 2013) .UTWVuErz3IU. Jakarta: Graha Ilmu.com/detail/index. Todaro. Jakarta: Erlangga. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga.DAFTAR PUSTAKA  Tambunan. Mangara. Michael P. 2000. 2009.

SEKIAN MOHON MASUKAN AGAR PROPOSAL INI MENJADI LEBIH BAIK TERIMAKASIH .