MAKALAH

INSRUMENTASI KONSELING
(Kegunaan Hasil Instrumentasi BK)

Disusun untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah Instrumentasi konseling Oleh: HAMDAN SAHRONI DESIANA Dosen Pembimbing: Asniti Karni, M.Pd.,Kons

JURUSAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM FAKULTAS FUAD INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU 2013

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. ini bermanfaat.KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas matakuliah instrumentasi konseling ini. oleh karena itu dengan tidak mengurangi rasa hormat. Penulisan membahas judul (KEGUNAAN HASIL INSTRUMENTASI BK ) “ Adalah untuk melengkapi tugastugas dan memenuhi syarat-syarat untuk menyelesaikan matakuliah instrumentasi konseling di Institut agma Islam negeri (IAIN) Bengkulu. mudah mudahan makalah pembaca. bagi penulis maupun Bengkulu. Maret 2013 Penulis . penulis menerima saran dari semua pihak. Shalawat dan Salam penulis hadiahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah menjadikan rahmat sekalian alam. Amin.

............ Tujuan Pelaksanaan Instrument Tes ..............................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ......................... Jenis-jenis Instrument Tes ...... Pengertian instrumentasi........... 6 F........................................... Tujuan ............................ 1 B.. 3 D.......................................................... 6 E............ Rumusan masalah C......................................................................................................... kegunaan hasil instrumentasi non-tes . i .... PENUTUP A..................................................... i DAFTAR ISI ................. 7 BAB III... ii ............ 2 C.......... penggunaan hasil instrumentasi non-tes .. i .................. Kegunaan Hasil Instrumentasi Tes ........... iii BAB II...................................................................................................................................................... B.. Latar belakang B............................................................................................................ PENDAHULUAN A... Kesimpulan........................................... ii DAFTAR PUSTAKA . PEMBAHASAN A.......................................................................... Saran .......................................................................................................................................... ii BAB I.......................

penggunaan hasil instrumentasi non-tes . Diantara kedua sisi itu ada keterkaitan yang amat erat.BAB I PENDAHULUAN 1. Dalam bimbingan dan konseling dikenal adanya sembilan jenis layanan dan enam kegiatan pendukung. Walaupun demikian. tidak semua manusia mampu mengenal segala kemampuan dirinya. Berbicara tentang kegunaan instrumentasi dalam layanan bimbingan konseling.1 LATAR BELAKANG Manusia perlu mengenal dirinya sendiri dengan sebaik-baiknya. 1.2 RUMUSAN MASALAH 1. masalah prestasi hasil belajar.salah satunya ada kegunaan instrumentasi. dan disisi lain adanya berbagai instrument yang dapat digunakan oleh konselor untuk mendukung terselenggaranya pelayanan konseling itu. dan juga kegiatan pendukung konseling lainnya. Pengertian instrumentasi 2. masalah penempatan dan penyaluran. Seperti: masalah penyesuaiyan dengan lingkungan. Mereka ini memerlukan bantuan orang lain agar dapat mengenal diri sendiri lengkap dengan segala kemampuanyang dimilikinya dan bantuan tersebut dapat diberikan oleh bimbingan dan konseling. Dengan mengenal dirinya sendiri mereka akan bisa bertindak dengan tepat sesuai dengan kemampuan yang da pada dirinya. kegunaan hasil instrumentasi non-tes 3. dalam arti Kegunaan hasil instrumentasi bk. Secara umum kegunaan hasil pengungkapan melalui intsrumen non-tes ialah dapat membantu konselor dalam mennuntas kan permasalahanyang di hadapi klient.

4. Jenis-jenis Instrument Tes 5. 6. Tujuan Pelaksanaan Instrument Tes. untuk melatih kemandirian konselor dalam menangani para klient 4. untuk memenuhi syarat mata kuliah Instrumentasi konseling 2. untuk mengetahui hasil tes dan nontes dalam instrumentasi bk .3 TUJUAN Adapun tujuan pembuatan makalah ini selain untuk memenuhi tugas layanan bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut: 1. Sebagai sarana menambah wawasan dalam mata perkuliahan Instrumentasi konseling 3. Kegunaan Hasil Instrumentasi Tes 1.

Saran. Dalam penulisan makalah ini penulis menyadari bahwa dalam masih terdapat kekurangan di berbgai aspek. demi perbaikan penulisan untuk masa-masa yang akan datang. modifikasi program atau perlakuan dan evaluasi. Misalnya untuk mengungkapkan potensi seseorang. dan panel atau penyelidikan ilmiah.BAB III PENUTUP A. meningkatkan pemahaman dan prediksi. Untuk itu penulis mengharapkan adanya kritikan dan saran yang menbangun dari pembaca yang terhormat. Dan instrument ini sangat banyak kegunaanya baik bagi guru pembimbing. umum dan pihak-pihak kegunaan instrumentasi bk bagi maka sebaiknya kegunaan terkait. . dan hendaknya sekolah tahu. Tujuan pelaksanaan instrumentasi adalah untuk mengklasifikasi. Kesimpulan. kepala sekolah serta siswa.maupun aspek umum lain nya B. Kegunaan Instrumentasibk merupakan alat ukur atau alat yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. guru mata pelajaran. Mempertimbangkan bahwa pentingnya sekolah. paham dan mengerti apa tujuan digunakannya instrumentasi seyogyanya sekolah tahu apa syarat-syarat tes yang baik. instrumenttasi ini digunakan dengan sebaik-baiknya.

Asesmen non tes Bk komrehensif.pemahaman individu.2011.DAFTAR PUSTAKA Anwar Sutoyo.com/contoh.wordpress.jakarta:indeks Http://tetehsemudidaun.2009.bimbingan .Rosda:semarang Gantina.