P. 1
mitigasi gempa

mitigasi gempa

|Views: 35|Likes:
Published by zastroni

More info:

Published by: zastroni on Apr 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

MAKALAH GEOGRAFI

MITIGASI GEMPA BUMI

Oleh :

Patahan terbentuk karena batuan rapuh dan pecahan yang disebabkan oleh tekanan besar (meregang.1 Latar Belakang Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang ditandai dengan berguncangnya bumi secara tiba-tiba.2 Rumusan masalah Bencana alam selalu menyisikan duka dan kerugian bagi masyarakat. Gempa bumi yang besar dapat mengguncang tanah permukaan bumi dengan hebat. Gempa bumi terjadi begitu cepat. Getaran pertama (± 2 menit) dapat menimbulkan kerusakan paling banyak. perlu dilakukan upaya mitigasi. Untuk mencegah terjadinya gempa bumi sebagai fenomena alam memang mustahil. Gempa bumi yang besar datang tiba-tiba dapat menghancurkan apa saja yang ada dipermukaan bumi ini. Gempa bumi terjadi pada retakan dalam kerak bumi yang disebut patahan. Tidak terkecuali bangunan. pepohonan. Untuk mengurangi dan meredam timbulnya korban dan kerugian harta benda akibat fenomena alam yang berasal dari proses geologi yang menyebabkan terjadinya gempa bumi. sehingga terjadi gempa bumi. Fenomena alam gempa bumi ini dapat meluluhlantahkan daerah dengan menimbulkan kerugian harta benda dan menelan korban yang tidak sedikit jumlahnya. 1. bahkan retak yang timbul dipermukaan dapat membuat mobil dan motor terperosok kedalamnya. Mitigasi adalah suatu tindakan yang dilakukan sebelum munculnya suatu benda (tindakantindakan prabencana) yang meliputi kesiapan dan tindakan-tindakan pengurangnan dampak yang ditimbulkan. Ketika ini terjadi. Banyak rumah dan bangunan besar lainnya yang menjadi rusak.BAB I PENDAHULUAN 1. binatang dan juga manusia. Gempa bumi terjadi ketika tekanan telah semakin meningkat didaerah batuan sampai pada tingkat tertentu sehingga terjadi pergerakan mendadak. menekan. apalagi jika terjadi pada malam hari ketika orang-orang sedang tertidur lelap. Gempa bumi dapat menimbulkan bencana yang cukup parah bagi wilayah-wilayah yang mengalaminya. termasuk kehilangan orang-orang yang kita sayangi. Pergerakan ini dapat menciptakan patahan baru ketika batuan pecahan pada titik terlemah atau pergerakan menyebabkan batuan menggelincir disepanjang patahan yang ada. Tentu saja akan menyebabkan korban jiwa. namun paling tidak kita harus berupaya mengurangi dampak yang ditimbulkannya. atau memilin) yang mendesaknya tekanan yang timbul didaerah kerak ini disebabkan oleh gerakan perlahan-lahan lempeng-lempeng bumi. sejumlah besar energi dilepaskan bersamaan dengan dilepasnya tekanan. Energi yang dilepaskan menyebabkan batuan disekitarnya bergetar. Gempa bumi ini berbahaya. Bencana alam yang terjadi tidak sepenuhnya menjadi otoritas .

Pada saat sebelum terjadi. Kerusakan alam yang mengakibatkan timbulnya berbagai bencana alam yang kerapkali melanda negara kita harus terus-menerus dievaluasi dan menjadi pelajaran bagi kita semua yang selama ini telah mengabaikam alam. penulis menjelaskan tentang terjadinya gempa bumi. Apa devinisi gempa itu ? 2. Apa yang harus kita perbuat saat sebelum. hutan ditebang dan digunduli secara tidak terkendali.mutlak perlu terus dilakukan agar bumi ini terselamatkan dari bencana alam yang dahsyat lagi.Tuhan. tempat kita hidup dan pijak Agar kita tahu apa yang harus kita lakukan pada saat terjadinya gempa bumi. pada saat terjadinya dan setelah terjadi gempa Gerakan peduli terhadap alam dan lingkungan. waktu terjadi dan setelah gempa terjadi ? Di dalam makalah yang berjudul MITIGASI GEMPA BUMI ini. 1. ekosistem laut musnah dengan cara di bom. adalah contoh serentetan perilaku manusia yang dapat menjadi pemicu terjadinya bencana alam. Gempa bumi terjadi karena lempengan dan patahan bumi biasanya mengalami pergeseran (gempa tektonik) atau disebabkan adanya letusan atau tenaga dari dalam bumi (magma) yang menggetarkan permukaan bumi (gempa vulkanik). penyebab terjadinya gempa bumi. Bencana alam gempa bumi ini biasanya terjadi tiba-tiba dan sulit diprediksi atau diramalkan sebelumnya. . Masalah – masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Tiba-tiba bumi bergetar dengan skala ringan sampai skala besar. .3 Tujuan Diharapkan dengan hadirnya makalah ini dapat menggugah kesadaran manusia akan arti pentingnya perlidungan/ pemeliharaan alam dan dapat mendorong masyarakat untuk lebih terlibat dalam proses pengulangan kerusakan alam. Manusia membakar hutan. Salah satu bencana alam yang disebabkan perilaku buruk manusia terhadap alam adalah bencana gema bumi (seisme). sampai bagaimana cara mengatasi gempa bumi. membuat hutan beton diatas resapan air. tetapi terdapat juga bencana-bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia.

Dengan sifat seperti ini. ketika usaha-usaha untuk memperkirakan masih belum menampakkan hasil.  Matikan segera lampu. Mengantisipasi Gempa Bumi Antisipasi yang harus dilakukan bagi masyarakat luas adalah apa dan bagaimana cara menghadapi kejadian gempa. Sehingga dapat dilihat bahwa gejala alam ini sifatnya seolah-olah mendadak dan tidak teratur. Gempa bumi merupakan gejala alam yang sampai sekarang masih sulit untuk diperkirakan kedatangannya.BAB II PEMBAHASAN Gempa Bumi Gempa bumi adalah goncangan yang mengguncang suatu daerah mulai dari yang tingkat rendah sampai tingkat tinggi yang membahayakan. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. maka usaha yang paling baik dalam mempersiapkan diri dengan cara mengatasi bencana alam ini adalah dengan mitigasi. pada saat dan sesudah gempa terjadi.  Meletakkan barang-barang yang berat di tempat yang stabil dan tidak tergantung. Sebelum Terjadi Gempabumi . Ingat gempa dapat terjadi sewaktu-waktu. Usaha mitigasi adalah meningkatkan ketahanan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam sehingga risiko bencana alam dapat dikurangi. Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. kompor minyak atau gas serta listrik agar terhindar dari bahaya kebakaran. Mitigasi yaitu mengurangi kerugian yang akan ditimbulkan oleh bencana. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Beberapa saran dalam menghadapi kejadian gempa adalah sebagai berikut: Sebelum terjadi gempa  Mengetahui secara teliti jalan-jalan keluar masuk dalam keadaan darurat di mana pun kita berada. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi.

Selalu mematikan air. roboh.A. gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. lift serta tangga darurat. cabinet. dll) untuk menghindari jatuh. Kunci Utama adalah Mengenali apa yang disebut gempabumi Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempabumi (longsor. Persiapan Rutin pada tempat Anda bekerja dan tinggal Perabotan (lemari. Kenali Lingkungan Tempa Anda Bekerja Perhatikan letak pintu. Belajar melakukan P3K Belajar menggunakan alat pemadam kebakaran Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi. Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung. dll) diatur menempel pada dinding (dipaku. bergeser pada saat terjadi gempabumi. diikat. liquefaction dll) Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi. . B. apabila terjadi gempabumi. C.

dan jangan gunakan elevator atau lift yang ada. pipa gas atau benda-benda tergantung yang mungkin akan jatuh menimpa. Jauhi tempattempat yang mungkin mengakibatkan luka seperti kaca. Alat yang harus ada di setiap tempat Kotak P3K Senter/lampu battery Radio Makanan suplemen dan air Saat terjadi gempa  Jika berada di dalam ruangan: diamlah sejenak. meskipun orang-orang yang panik mempunyai keinginan yang sama. . pohon atau dinding.  Jika berada di luar rumah: tinggallah atau carilah tempat yang bebas dari bangunan-bangunan.  Jika berada di tengah keramaian: janganlah turut berdesak-desakan mencari jalan keluar. Tetaplah berada di lantai di mana kamu berada ketika gempa terjadi. jangan panik dan segeralah keluar dari bangunan. Secepatnya mencari perlindungan di bawah meja atau di dekat pintu. Penyebab celaka yang paling banyak pada saat gempabumi adalah akibat kejatuhan material Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi (misalnya lampu dll) E.D. Carilah tempat yang tidak akan kejatuhan runtuhan.  Jika berada dalam bangunan tinggi: secepatnya mencari perlindungan di bawah meja dan jauhilah jendela atau dinding luar bangunan. Jangan memasuki bangunan meskipun getaran gempa sudah berhenti karena tidak mustahil runtuhan bangunan masih dapat terjadi.

dll Perhatikan tempat Anda berpijak. sebelum dipastikan kondisinya aman. Jika sedang mengendarai kendaraan: hentikan kendaraan kamu dan tetaplah berada di dalam mobil dan pinggirkanlah mobil kamu. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka Menghindari dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung. . Saat Terjadi Gempabumi A. Jika Anda berada di dalam bangunan Lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dll Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan Lari ke luar apabila masih dapat dilakukan B. tiang listrik. Lakukan point B. hindari apabila terjadi rekahan tanah C. turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. pohon. janganlah langsung melintasi jalan layang atau jembatan yang membentang. Jika Anda sedang mengendarai mobil Keluar. Jangan berhenti di atas jembatan. atau di bawah jalan layang. Jika gempa sudah berhenti.

D.  Dengarkan informasi melalui televisi.  Periksalah aliran/pipa gas yang ada apakah terjadi kebocoran.  Periksalah kerusakan yang mungkin terjadi pada bangunan kamu. radio. Jika tercium bau gas usahakan segera menutup sumbernya dan jangan sekali-kali menyalakan api dan merokok. . E.  Periksalah apakah kamu mendapat luka yang memerlukan perawatan segera. Setelah terjadi gempa  Tetap menggunakan alas kaki untuk menghindari pecahan-pecahan kaca atau bahan-bahan yang merusak kaki. telepon yang biasanya disiarkan oleh pemerintah. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan Apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran. bila hal ini memungkinkan. Jika Anda tinggal atau berada di pantai Jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

gempa runtuhan dan gempa tektonik. struktur geologi. Tindakan-tindakan yang perlu dilakukan pada tahap pemulihan bencana gempa bumi adalah sebagai berikut : 1. Faktor yang mempengaruhi kerusakan akibat gempa bumi adala lokasi. patahan dan likuifaksi. goncangan air danau/waduk. Mitigasi adalah istilah gabungan yang digunakan untuk semua tindakan yang dilakukan sebelum munculnya suatu bencana (tindakan-tindakan pra-bencana) yang meliputi kesiapan dan tindakan-tindakan penanggulangan resiko. misalnya longsoran. batuan/tanah yang mengembang. d. BAB III SIMPULAN Berdasarkan uraian diatas penulis dapat mengemukakan simpulan sebagai berikut : a. e. Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi bukan hanya kerusakan fisik saja. yaitu gempa Vulkanik. Gempa bumi dibedakan menjadi 3 macam. tetapi juga menimbulkan dampak terhadap kesehatan umum misalnya luka karena retak tulang dan terjadinya wabah penyakit c. Gempa bumi adalah getaran pada permukaan bumi yang disebabkan oleh tenaga dari dalam bumi. Bersiaplah menghadapi kemungkinan terjadinya gempa-gempa susulan. b. Dan berdoa agar terhindar dari bencana yang lebih parah. Melakukan evakuasi dan mendirikan tenda-tenda pengungsian bagi korban 2. Melakukan penyelamatan 3. Menyediakan bantuan medis .

Menyediakan pendidikan darurat 7. Memperbaiki dan membanun kembali gedung. air minum dan makan 5. sarana dan fasilitas lainnya. . Menyediakan upaya pemulihan psikologis para korban 6. Menyediakan MCK.4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->