Fluida Dinamika Fluida dinamika adalah fluida dalam keadaan bergerak.

Adapun jenis aliran fluida dilihat dari ciri-ciri (karakteristik) umum alirannya, dibedakan menjadi: 1. aliran fluida tunak (steady) atau tak tunak (non steady); 2. aliran fluida rotasional atau irrotasional; 3. aliran fluida kompresibel (termampatkan) atau tak kompresibel (tak termampatkan); 4. aliran kental (viscous) atau tak kental (non viscous). Aliran garis arus pada fluida sejajar dengan kecepatan partikel-partikel fluida di tiap titik, dan memiliki pola-pola garis alir yang stasionar terhadap waktu. Garis alir pada fluida membentuk suatu tabung aliran berlaku sebagai pipa yang tidak bocor sehingga fluida fluida yang masuk ke dalam satu ujung akan ke luar dari ujung yang lain. Persamaan kontinuitas untuk aliran massa dituliskan dalam A v = tetap. Bila 1 = 2 maka persamaan tersebut menjadi A1 v1 = A2 v2. Persamaan kontinuitas tersebut tidak lain adalah merupakan pernyataan kekekalan massa dalam aliran fluida. Persamaan Bernoulli dituliskan dalam p + ½ v2 + g y = konstan. Persamaan Bernoulli ini juga mempergunakan hukum kekekalan energi. Hukum Bernoulli merupakan salah satu dasar yang perlu dipahami dalam menjelaskan aliran fluida terutama fluida tanpa kekentalan, karena hukum ini dapat menerangkan gejala aliran fluida yang laminer ataupun fluida ideal. Persamaan Bernoulli dan persamaan kontinuitas banyak digunakan dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan aliran fluida, antara lain dalam alat ukur venturi, tabung pitot, dan daya angkat pesawat terbang.

Udara adalah salah satu contoh fluida gas yang sangat vital keberadaannya bagi kehidupan manusia, hal ini bila dikaitkan dengan eksistensi energi yang terkandung didalamnya. Energi kinetik adalah energi yang terkandung pada aliran Fluida Udara, karena Energi Kinetik merupakan fungsi dari kecepatan. Pemanfaatan Energi Kinetik akibat adanya aliran fluida sangat banyak digunakan dilapangan seperti pada Terowongan Angin, Aerofoil, Ducting dan sebagainya yang bertujuan untuk mengetahui perilaku dan distribusi aliran yang terjadi didalamnya.

Aliran fluida Kompresibel yang mengalir di dalam pipa.kecepatan fluida. L . Sedangkan untuk aliran yang sudah berkembang penuh perubahan dan kehilangan tekanan akan dinetralisir oleh Tegangan geser yang terjadi pada dinding pipa. Sedangkan untuk menentukan Tebal Lapisan Batas dipengaruhi oleh panjang pipa.viskositas absolut fluida dinamis. μ . keduanya disebut memiliki kemiripan dinamis. Rumus bilangan Reynolds umumnya diberikan sebagai berikut: dengan: • • • • vs . ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.panjang karakteristik. Deskripsi Alternatif : Bilangan Reynolds Dari Wikipedia Indonesia. ν . Kecepatan aliran dan kekasaran permukaan. untuk memberikan kriteria untuk menentukan dynamic similitude. jika sifat fisika fluida mengalami perubahan maka sifat termodinamikanya juga akan mengalami perubahan. Gradien Tekanan dan Kekasaran permukaan. bilangan Reynolds adalah rasio antara gaya inersia (vsρ) terhadap gaya viskos (μ/L) yang mengkuantifikasikan hubungan kedua gaya tersebut dengan suatu kondisi aliran tertentu.viskositas kinematik fluida: ν = μ / ρ. Langsung ke: navigasi.Faktor utama yang berpengaruh terhadap sifat termodinamika fluida adalah sifat fisika fluida. . Namanya diambil dari Osborne Reynolds (1842– 1912) yang mengusulkannya pada tahun 1883. Jika dua pola aliran yang mirip secara geometris. Viskositas. Bilangan Reynold merupakan salah satu bilangan tak berdimensi yang paling penting dalam mekanika fluida dan digunakan. Bilangan ini digunakan untuk mengidentikasikan jenis aliran yang berbeda. seperti halnya dengan bilangan tak berdimensi lain. memiliki nilai bilangan tak berdimensi yang relevan. Distribusi aliran Laminer atau Turbulen sangat dipengaruhi dari bilangan Reynold. misalnya laminar dan turbulen. mungkin pada fluida yang berbeda dan laju alir yang berbeda pula. cari Dalam mekanika fluida. Viskositas. akan mengalami kerugian tekanan yang disebabkan faktor gesekan.

dll. atau diameter hidraulik. peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Bentuk Persamaan Bernoulli untuk aliran tak-termampatkan adalah sebagai berikut: di mana: v = kecepatan fluida g = percepatan gravitasi bumi h = ketinggian relatif terhadapa suatu referensi p = tekanan fluida ρ = densitas fluida . Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama Daniel Bernoulli. [sunting] Aliran Tak-termampatkan Aliran tak-termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan tidak berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida taktermampatkan adalah: air. untuk penampang tak bulat. Langsung ke: navigasi. berbagai jenis minyak. secara umum terdapat dua bentuk persamaan Bernoulli. jika penampang pipa bulat. emulsi. [sunting] Hukum Bernoulli Dalam bentuknya yang sudah disederhanakan. yang pertama berlaku untuk aliran tak-termampatkan (incompressible flow). ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia. panjang karakteristik adalah diameter pipa. Misalnya pada aliran dalam pipa.• ρ . cari Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida. dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan (compressible flow).kerapatan (densitas) fluida. Prinsip Bernoulli Dari Wikipedia Indonesia.

Persamaan di atas berlaku untuk aliran tak-termampatkan dengan asumsi-asumsi sebagai berikut: • • Aliran bersifat tunak (steady state) Tidak terdapat gesekan Dalam bentuk lain. dll. Contoh fluida termampatkan adalah: udara. gas alam. Persamaan Bernoulli untuk aliran termampatkan adalah sebagai berikut: di mana: = energi potensial gravitasi per satuan massa. juga disebut sebagai energi internal spesifik. jika gravitasi konstan maka = entalpi fluida per satuan massa Catatan: . . di mana adalah energi termodinamika per satuan massa. Persamaan Bernoulli dapat dituliskan sebagai berikut: [sunting] Aliran Termampatkan Aliran termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut.