MAKALAH PRIBUMI dan NONPRIBUMI

a

Disusun oleh : Teddy Saputra 2010710450014

UNIVERSITAS JAYABAYA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI Jl. Raya Bogor, Cimanggis-Depok
PEMBAHASAN

tetapi memilih tinggal di daerah lain. masih tak sedikit orang yang berpandangan rasialis. Kepada orang ini akan diberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pengertian WNI dan Penduduk Seperti yang tercantum pada pasal 26 ayat 2 UUD 1945 penduduk adalah orang yang tinggal di suatu daerah (Indonesia). Kepada orang iniakan diberikan nomor identitas yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) apabila ia telah berusia 17tahun .Sering kita mendengar ucapan istilah penduduk “Pribumi dan Non Pribumi”. yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan bangsa. pantaskah isu tersebutdikemukakan. Berdasarkan pasal 26 UUD 1945. berdasarkan Kabupaten atau Provinsi. Pasal 26 1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lainyang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. danmerasa pribumi bukan kalangannya. sebaliknya yang bukan pribumi memandang rendah pribumi. tempat ia terdaftar sebagai penduduk/warga. Misalkan bukti kewarganegaraan. Dan seandainya pandangan-pandangan rasialis demikian ini dibiarkan menguasai bumi Nusantara. Menurut UU No.Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) adalah orang yang diakui oleh undang-undang sebagai warganegara Republik Indonesia. siapa yang dimaksud WNI dan penduduk? Bagaimana Anda sebagai mahasiswa menyikapinya? Adalah satu hal yang cukup menyedihkan bahwa di jaman manusia ber-adab dan di negeri berfalsafah PANCASILA. 3) Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undangundang. 12 tahun 2006 pasal 2 “Yang menjadi Warga NegaraIndonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan denganundang-undang sebagai warga negara” .Yang pribumi berhak sewenang-wenang atas yang naas dilahirkan dengan darah campuran asing. maka akan hancur-leburlah persatuan Bangsa Indonesia. Dengan kata lainorang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. 2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut.

dan menetap disana. menjelaskan bahwa kata”Pribumi” dipinjam dari bahasa Jawa. anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI 7. (1999). mengatakan bahwa di Indonesia. istilah pribumi ditujukan kepada setiap orang yang terlahir dengan orang tua yang juga terlahir di suatu tempat tersebut. dan ayahnya itu seorang WNI 6. dan dalam bahasa Indonesia kata tersebut digunakan untuk menyebut penduduk asli Indonesia.sedangkan non-Pribumi bukan merupakan penduduk asli Indonesia. Di Indonesia khususnya. Istilah Pribumi dan Non-Pribumi lebih merujuk pada aspek etnis. orang yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) adalah: 1. Pribumi memiliki ciri khas. Secara lebih khusus. yakni memiliki bumi (tanah atau tempat tinggal yang berstatus hak miliki pribadi). anak yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggal dunia dari perkawinan yang sah. Yang dimaksud dengan Pribumi atau penduduk asli adalah setiap orang yang lahir di suatu tempat. istilah Pribumi dan Non-Pribumi lebih banyak di kaitkan dengan bidang politik dan ekonomi. Suryadinata (1999). istilah Non-Pribumi biasa dipakai untuk menyebutkan golongan etnis Tionghoa. Menurut UU ini. anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNA yang diakui oleh seorang ayah WNI sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelum anak tersebut berusia 18 tahun atau belum kawin 8. Paspor diberikan oleh negara kepada warganegaranya sebagai bukti identitas yang bersangkutan dalam tata hukum internasional. Suryadinata. Kewarganegaraan Republik Indonesiasudah diatur dalam UU no. Pribumi bersifat autochton (melekat pada suatu tempat). Pengertian Pribumi dan nonpribumi Istilah pribumi sudah muncul sejak lama di negara kita. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI dan ayah yang tidak memiliki kewarganegaraan atau hukum negara asal sang ayah tidak memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut 5. setiap orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah menjadi WNI 2. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI 3. . anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu warga negara asing(WNA). wilayah atau negara. atau sebaliknya 4.dan mencatatkan diri di kantor pemerintahan. anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia yang pada waktu lahir tidak jelas status kewarganegaraan ayah dan ibunya.

yang ayah atau ibunya memperoleh kewarganegaraan Indonesia 4.9. belum berusia 18 tahun dan belum kawin. diakui pula sebagai WNI bagi: 1. berada dan bertempat tinggal di wilayah RI. anak yang dilahirkan di luar wilayah Republik Indonesia dari ayah dan ibu WNI. anak WNA yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sah menurut penetapanpengadilan sebagai anak oleh WNI. Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika yang bermakna berbeda-beda tapi satu juga.kemudian ayah atau ibunya meninggal dunia sebelum mengucapkan sumpah atau menyatakan janji setia. anak WNI yang belum berusia lima tahun. anak WNI yang lahir di luar perkawinan yang sah. Anak warga negara asing yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sah menurutpenetapan pengadilan sebagai anak oleh warga negara IndonesiaSebagai warga negara kita tidak perlu terpancing dengan adanya perbedaan-perbedaan yang ada dinegara kita. Walaupun mempunyai banyak perbedaan tapi kita harus tetap bersatu sebagai warga Negara Indonesia untuk membangun Indonesia menjadi negara yang lebih baik. diakuisecara sah oleh ayahnya yang berkewarganegaraan asing 2. yang karenaketentuan dari negara tempat anak tersebut dilahirkan memberikan kewarganegaraan kepada anak yang bersangkutan 12. berada dan bertempat tinggal di wilayah 2. Anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin. Republik Indonesia. yang diangkat secara sah sebagai anak oleh WNAberdasarkan penetapan pengadilan 3. yang ayah atau ibunya memperoleh kewarganegaraan Indonesia 3. anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia apabila ayah dan ibunya tidak memiliki kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya 11. anak dari seorang ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraannya. Kewarganegaraan Indonesia juga diperoleh bagi seseorang yang termasuk dalam situasi sebagaiberikut: 1. anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin. Selain itu. Bukan . anak yang baru lahir yang ditemukan di wilayah negara Republik Indonesia selama ayah dan ibunyat idak diketahui 10.

politik. Perjuangan kita adalah untuk mewujudkan sistem pemerintah yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum. kita sudah tidak boleh memandang perbedaan suku. mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Kita wajib menyadarkan sesama kita bahwa tantangan terbesar yang sedang kita hadapi bukanlah etnis. suku. dan agama sebagai permasalahan. ras. Tapi hal yang terbesar adalah ketidakadilan. lunturnya nasionalisme membangun bangsa. perdamaian abadi dan keadilan sosial.menciptakan perselisihan dengan adanya perbedaan itu yang menyebabkan hilangnya ketentraman dan kedamaiannegara. Kita harus kembali berpedoman pada UUD 1945 dan UU 12 tahun 2006 mengenai dasar dasar kriteria warga negara Indonesia.warna kulit ataupun agama. dan ancaman pihak asing dalam bentuk ekonomi. pertahanan dan multi nasional. Apabila kita sudah mengakui sebagai sesama WNI. Sikap sebagai mahasiswa Isu pribumi dan non pribumi hanyalah hasil dari perlakuan diskriminatif pada masa penjajahan dahulu. Bukan juga perbedaan pribumi dan non-pribumi. dan saling merendahkan status antara satu dengan lainnya. Sebagai mahasiswa dan warga negara Indonesia. kemiskinan. budaya. kita memiliki hak dan kewajiban membangun bangsa ini. DAFTAR PUSTAKA .

hamline.id/default.wikipedia.wikipedia.ac.htmlhttp://lib.com/2007/11/21/hak-dankewajiban/http://syadiashare.aspx? tabID=61&src=k&id=146203http://id.atmajaya.edu/ apakabar/basisdata/1997/11/21/0051.http://id.com/hak-dan-kewajiban-warganegara.com/2009/12/penduduk-penduduk-atau-wargasuatu.wordpress.com/2009/10/13/pe ngertian-wni-warga-negaraindonesia/http://ratihseptiaryani.html .org/wiki/Kewarganegaraanhttp://tunas63.blogspot.wordpress.htmlhttp://kewarganegaraan.org/wiki/Pribumihttp://www.

orang yg menganut paham rasialisme . bangsa.PRIBUMI WNI PASAL 26 UUD 1945 NONPRIBUMI PENDUDUK SIKAP MAHASISWA Rasialis = yg mempertahankan perbedaan (dl politik. hak suku-suku bangsa. ekonomi) ras. suku. sosial.

No. 12 tahun 2006 pasal 2 “Yang menjadi Warga NegaraIndonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan denganundangundang sebagai warga negara”. Pribumi bersifat autochton (melekat pada suatu tempat). .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful