P. 1
Mengapa Perediaan Yang Akurat Penting Bagi Wheeled Coach

Mengapa Perediaan Yang Akurat Penting Bagi Wheeled Coach

|Views: 301|Likes:
Published by Wis Nu
xfdcxcx
xfdcxcx

More info:

Published by: Wis Nu on Apr 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

hasil diskusi kemarin

1. Mengapa perediaan yang akurat penting bagi Wheeled Coach? Karena banyaknya jenis ambulan yang diproduksi oleh Wheeled Coach, dan setiap jenisnya membutuhkan bahan-bahan yang berbeda, maka persediaan yang menumpuk terlalu banyak menjadi tidak berguna karena mungkin saja tidak dapat digunakan pada mobil ambulan lain karena spesifikasi yang berbeda.

2. mengapa wheeled coach memiliki ekses persediaan dan rencana seperti apa yang anda sarankan untuk menanganinya? ekses persediaan terjadi karena wheeled merupakan produsen barang terkustomisasi. rencana persediaan yang telah dimasukkan ke dalam sistem MRP tidak lantas diubah setelah ada pesanan baru yang belum dimasukkan ke sistem. hal inilah yang menyebabkan banyak bahan baku yang tidak terpakai dalam produk akhir.

3. Menurut kami, ada beberapa hal yang dapat dilakukan Wheeled Coach untuk mengurangi persediaan, yaitu : a. Pertama, ekses persediaan terjadi karena hasil dari sebagian perubahan cepat dalam disain dan teknologi ambulan. Hal yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan hal ini adalah karena perusahaan sudah dapat membuat BOM dengan akurat, maka dapat diawali dengan membuat rencana kebutuhan bruto dan rencana kebutuhan neto sehingga dapat membuat planned order release. Rencana kebutuhan bruto mengetahui berapa banyak suatu bagian dari ambulan dibutuhkan untuk suatu proses produksi, dan rencana kebutuhan neto menyesuaikan rencana kebutuhan bruto dengan jumlah yang ada di persediaan perusahaan. Setelah itu, Wheeled Coach dapat melakukan lot sizing decision yang berguna untuk menentukan banyaknya suatu bagian dipesan untuk kebutuhan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Wheeled Coach dapat memilih lot seizing decision dengan lot to lot karena pada lot seizing decision dengan lot to lot maka pesanan barang yang kita pesan adalah barang yang memang kita butuhkan untuk memproduksi ambulan dengan jumlah tertentu. Lot seizing decision dengan lot to lot membuat persediaan yang ada sangatlah sedikit bahkan 0, maka apabila terjadi perubahan dengan cepat maka cost yang timbul dari menyimpan persediaan menjadi kecil bahkan tidak ada.

Selain itu terdapat pula Customer Relationship Management sehingga hubungandengan pelanggan dapat terjaga. Pada masalah ini. Lalu Wheeled Coach dapat mengembangkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) sehingga banyak proses dari Wheeled Coach dapat terintegrasi. Pada ERP terdapat Supply Chain Management yang berguna untuk menyatukan bagian operasi dengan bagian pengadaan. ERP dapat menyelesaikannya karena hubungan dengan pelanggan dan suplier menjadi terintegrasi. Kedua. . ekses persediaan terjadi karena adanya perubahan yang dilakukan pelanggan setelah spesifikasi telah ditentukan dan bahan telah dipesan. manajemen bahan dan para suplier. jangka waktu tersebut juga harus disesuaikan dengan proses produksi di Wheeled Coach dan pengiriman dari suplier. maka manajemen Wheeled Coach dapat melakukan pembatasan jangka waktu dimana pelanggan dapat mengubah spesifikasi yang ia pesan. jadi apabila ada perubahan spesifikasi dari pelanggan pada jangka waktu tertentu maka dapat langsung diketahui oleh Wheeled Coach dan dapat ditindaklanjuti langsung ke suplier untuk mengubah spesifikasi dari bagian yang dipesan dan sebagainya.b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->