Aplikasi Integral dalam Keteknikan dan Ekonomi Penerapan integral dalam kehidupan sehari-hari sangat luas.

Aplikasi integral banyak digunakan di berbagai disiplin ilmu. Beberapa contoh penggunaan integral dalam disiplin ilmu alam adalah digunakan dalam bidang biologi untuk menghitung laju pertumbuhan organisme, dalam bidang fisika untuk menghitung kepadatan kawat, dalam bidang kimia untuk menghitung laju pemisahan, dan dalam bidang keteknikan. Tidak hanya itu, integral juga digunakan dalam disiplin ilmu sosial yang berupa penerapan dalam bidang bisnis dan ekonomi. Penggunaan integral dalam keteknikan adalah sebagai berikut : 1. Solusi masalah transport polutan dalam medium anisotropik

Solusi masalah transport polutan dalam medium anisotropik adalah dengan metode elemen batas. Metode inimenggunakan dasar persamaan integral batas, dengan mentransformasi persamaan pengatur menjadi persamaan integral.

Persamaan pengatur :

Persamaan integral :

2. Penyelesaian pada sistem elektronik

Pada arus DC

Pada arus AC biasa

Sebuah arus sinusoidial biasa dapat ditulis sebagai berikut

Maka besarnyategangan pada komponen elektronik menjadi

Untuk menghitung volume Penggunaan integral dalam ekonomi adalah sebagai berikut : 1. Jadi. Tetapi tingkat pembentukan modal pada waktu t adalah identik dengan tingkat arus investasi netto pada waktu t. dengan menetapkan Q = 0 dalam hasil di atas. Investasi dan pembentikan modal Pembentukan modal adalah proses penjumlahan persediaan atau stok modal. Contoh soal : Jika biaya marginal (MC) suatu perusahaan merupakan fungsi output C’(Q) = 2e0. sebaliknya akan memungkinkan kita untuk mencari fungsi total dari fungsi marginal tertentu. K9t). fungsi biaya marginal). dan jika biaya tetap adalah CF = 90. Untungnya. fungsi total biaya adalah 2. hal ini. mengingat konstanta arbiter c. dan menggunakan derivatif untuk menunjukkan tingkat pembentukan modal. Dengan menganggap proses ini sebagai proses yang kontinu sepanjang waktu. jadi persediaan modal K dan investasi netto l dihubungkan dengan dua persamaan berikut dan Persamaan pertama merupakan suatu identitas yang menunjukkan sinonimitas antara investasi netto dan pertambahan modal. kita bisa menyatakan persediaan modal sebagai suatu fungsi waktu. proses diferensiasi dapat menghasilkan fungsi marginal (misalnya. Karena l(t) adalah K(t). Dari fungsi marginal ke fungsi total Bila diketahui fungsi total (misalnya. informasi bahwa CF = 90 dapat digunakan sebagai kondisi awal untuk menetapkan konstanta.3. kita akan dapatkan nilai 90. Karena proses integrasi merupakan kebalikan dari diferensiasi. fungsi total biaya). carilah fungsi biaya total C(Q). yang ditunjukkan dengan l(t).2Q. Dengan mengontegrasikan C’(Q) terhadap Q. Bila Q = 0. yaitu 10e0 + c = 90. Tetapi ini akan berarti bahwa c = 90 – 10 = 80. total biaya C hanya akan terdiri dari CF. jawabannya timbul tanpa ditentukan. maka beralasan bahwa . kita dapatkan bahwa Hasil ini dapat digunakan sebgai fungsi C(Q) yang diinginkan kecuali. oleh karena itu.

yaitu menurut aturan subtitusi. bila D = $3. 4. Contoh soal : Jika investasi netto merupakan arus konstan pada l(t) = 1000 (dollar per tahun). Contoh soal : Berapakah nilai sekarang dari arus pendapatan kontinu yang berlangsung selama y tahun pada tingkat yang konstan sebesar D dollar per tahun dan didiskontokan pada tingkat r per tahun ? Terdapat persamaan Nilai sekarang dan arus kas Jadi Π tergantung pada D.000. Transformasi integran dalam persamaan yang terakhir juga mudah untuk dipahami : Peralihan dari l ke adalah menurut definisi. ini sesuai dengan positivitas D dan r serta . berapakah total investasi netto (pembentukan modal) selama satu tahun. Dengan menunjukkan investasi bruto dengan lg dan investasi netto dengan IlI. dari t = 0 ke t = 1? Jelas jawabannya adalah $1000. seperti ditunjukkan dalam persamaan kedua.06 dan y = 2. kita memperoleh Nilai Π biasanya selalu positif. dan transformaasi selanjutnya adalah dengan pembatalan dua diferensial yang identik. misalnya. r = 0. Nilai sekarang dan arus perpetual Jika arus kas berlangsung selamanya―suatu situasi yang dicontohkan oleh bunga atas obligasi perpetual atau pendapatan atas aktiva modal yang tak dapat rusak seperti . Bilangan e yang mempunyai pangkat negatif akan selalu memberikan nilai pecahan yang positif.K(t) merupakan integral atau antiderivatif dari l(t). Kadang-kadang konsep investasi bruto digunakan bersama dengan investasi netto dalam model. ini dapat diperoleh secara formal sebagai berikut : 3. kita dapat menghubungkannya satu sama lain dengan persamaan dimana δ menggambarkan tingkat penyusutan modal dan δK tingkat investasi pengganti. r dan y.

Hal ini memang seharusnya terjasi. Secara khusus. 6. Biaya total merupakan integrasi dari biaya marginal ini dapat diselesaikan dengan : . karena di sini kita menghadapi arus perpetual. 7. Menentukan persamaan harga dan permintaan Menentukan persamaan harga dan penawaran Menentukan fungsi biaya Contoh soal : Biaya marginal suatu perusahaan ditunjukkan oleh MC = 3Q – 6Q + 4. 5. Menentukan fungsi pendapatan Contoh soal : Carilah persamaan penerimaan total dan penerimaan rata-rata dari suatu perusahaan jika penerimaan marginalnya MR = 16 – 4Q. dalam mengevaluasi integral tak wajar. Soal Biaya total : Biaya rata-rata : konstanta k adalah biaya tetap 8.tanah―nilai sekarang dari arus kas akan menjadi integral tak wajar. Contoh soal : yang merupakan Carilah nilai sekarang dari aliran pendapatan perpetual yang mengalir pada tingkat yang seragam sebesar D dollar per tahun. karena. . Carilah biaya total dan biaya rata-ratanya. bila tingkat diskonto kontinu adalah r. kita dapat menulis Perhatikan bahwa parameter y (jumlah tahun) telah hilang dari jawaban akhir. kita cukup mengmbil limit integral tak wajar. Dapat juga diamati bahwahasil yang didapat (nilai sekarang = tingkat arus pendapatan + tingkat diskonto) secara tepat berhubungan dengan rumus yang lazim disebut “kapitalisasi” dari suatu aktiva dengan hasil perpetual.

8 . 2005. Inc. No. London : McGraw-Hill. Daftar Pustaka Chiang. Sahari. MATEMATIKA. Agusman. 2011. METODE ELEMEN BATAS UNTUK MASALAH TRANSPORT. Kevin.Penerimaan total merupakan integral dari penerimaan marginal .com/2010/01/aplikasi-integral-tak-tentu-dalam. sebab penerimaan tidak ada jika tidak ada barang yang dihasilkan atau barang yang terjual. 2010.Bandung : Grafindo Media Pratama. 2007. FUNDAMENTAL METHODS OG MATHEMATICAL ECONOMICS. Tri Dewi dan Herawati. 4TH ED. Aplikasi Integral Tak Tentu Dalam Ekonomi. konstanta k = 0. Listya.blogspot. Wainwright. Buku Pelajaran untuk SMA Kelas XII. . Alpha C. http://wandaydoanx. JIMT.1 Wanda. Vol.html Diakses pada 28 Desember 2012 pukul 19:00 WIB. Soal ini dapat diselesaikan dengan : Penerimaan total : Penerimaan rata-rata : dalam persamaan penerimaan total.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful