PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

PEDOMAN SEKOLAH

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM

Latar Belakang Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Landasan Pedagogis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Nilai-Nilai dalam Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI INTEGRASI MATA PELAJARAN. PENGEMBANGAN DIRI. DAN BUDAYA SEKOLAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .

pengembangan diri. Melalui semua mata pelajaran. dan budaya sekolah MATA PELAJARAN NILAI PENGEMBANGAN DIRI BUDAYA SEKOLAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . Berkelanjutan 2.Prinsip Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa 1.

Pengembangan nilai budaya dan karakter bangsa melalui mata pelajaran KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . tidak diajarkan sebagai materi atau pokok bahasan dalam mata pelajaran.3. Pembeli membayar sesuai dengan harga yang ditentukan. Warung Kejujuran Nilai kejujuran dikembangkan dengan praktik langsung melalui warung kejujuran. Nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan Gambar 4.

Proses pendidikan dilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .4.

Kegiatan rutin sekolah Membersihkan Kelas Upacara Bendera KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . Program Pengembangan Diri a.Perencanaan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa 1.

Kegiatan spontan KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .b.

c. Keteladanan KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .

Pengkondisian KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .d.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .  Mencantumkankan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam tabel 1 itu ke dalam silabus.  Mencantumkan nilai-nilai yang sudah tertera dalam silabus ke dalam RPP.2. Pengintegrasian dalam mata pelajaran  Mengkaji Standar Komptensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Standar Isi (SI) untuk menentukan apakah nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang tercantum itu sudah tercakup di dalamnya.  Menggunakan tabel 1 yang memperlihatkan keterkaitan antara SK dan KD dengan nilai dan indikator untuk menentukan nilai yang akan dikembangkan.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . Mengembangkan proses pembelajaran peserta didik secara aktif yang memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan internalisasi nilai dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai. dan  Memberikan bantuan kepada peserta didik. baik yang mengalami kesulitan untuk menginternalisasi nilai maupun untuk menunjukkannya dalam perilaku.

3. KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . Budaya Sekolah kegiatan-kegiatan yang dilakukan kepala sekolah. tenaga administrasi ketika berkomunikasi dengan peserta didik dan menggunakan fasilitas sekolah. konselor. guru.

Pengembangan Proses Pembelajaran Menggunakan pendekatan proses belajar peserta didik secara aktif dan berpusat pada peserta didik di kelas di sekolah di masyarakat/luar sekolah KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .

: Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten). tugas. guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau bahkan suatu nilai. KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM MT MB MK . Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut ini. : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator etapi belum konsisten). : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten). dan sebagainya.Penilaian Hasil Belajar Pengamatan. catatan anekdotal. BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator). laporan.

Indikator untuk mata pelajaran KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .Indikator Sekolah dan Kelas 1.Iindikator untuk sekolah dan kelas 2.

CONTOH PETA KETERKAITAN NILAI DENGAN INDIKATOR DI SD INDIKATOR NILAI Jujur: Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan. Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai dengan yang diyakininya. tindakan. Mengatakan dengan sesungguhnya sesuatu yang telah terjadi atau yang dialaminya. Menjawab pertanyaan guru tentang sesuatu berdasarkan yang diketahuinya. Mengemukakan ketidaknyaman dirinya dalam belajar di sekolah. Mau bercerita tentang kesulitan menerima pendapat temannya. 4–6 Tidak meniru pekerjaan temannya dalam mengerjakan tugas di rumah. Mau bercerita tentang kesulitan dirinya dalam berteman. 1–3 Tidak meniru jawaban teman (menyontek) ketika ulangan ataupun mengerjakan tugas di kelas. Mau menyatakan tentang ketidaknyaman suasana belajar di kelas. Menceritakan suatu kejadian berdasarkan sesuatu yang diketahuinya. KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . dan pekerjaan.

Tertib dalam berbahasa lisan dan tulis. Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis. Tertib dalam menerapkan kaidah-kaidah tata tulis dalam sebuah tulisan. KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . Mematuhi jadwal belajar yang telah ditetapkan sendiri. Menaati peosedur kerja laboratorium dan prosedur pengamatan permasalahan sosial.CONTOH PETA KETERKAITAN NILAI DAN INDIKATOR DI SMP – SMA INDIKATOR NILAI Disiplin: Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Patuh dalam menjalankan ketetapanketetapan organisasi peserta didik. 10. 7–9 Selalu tertib dalam melaksanakan tugastugas kebersihan sekolah.12 Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas. Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis ilmiah. Menaati aturan berbicara yang ditentukan dalam sebuah diskusi kelas.

Bertanggung jawab Saling berbagi KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . Religius Jujur Toleran Disiplin Kerja keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa ingin tahu Percaya Respek Bertanggung jawab Saling berbagi 10 -12 Semangat Kebangsaan Cinta Tanah air Menghargai Prestasi Bersahabat Komunikatif Cinta Damai Senang membaca Peduli sosial Peduli lingkungan. Religius Jujur Toleran Disiplin Kerja keras/cerdas Kreatif Mandiri Demokratis Rasa ingin tahun Percaya Respek. Religius Jujur Toleran Disiplin Kerja keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa ingin tahu Percaya Respek Bertanggung jawab Saling berbagi 7-9 Semangat kebangsaan Cinta tanah air Menghargai Prestasi Bersahabat Komunikatif Cinta Damai Senang membaca Peduli sosial Peduli lingkungan. Jujur Toleran Disiplin Kreatif Rasa ingin tahu Percaya Respek Bertanggung jawab Saling berbagi 4-6 Semangat kebangsaan Cinta tanah air Menghargai Prestasi Bersahabat Komunikatif Cinta Damai Senang membaca Peduli sosial Peduli lingkungan.CONTOH PETA KETERKAITAN MATA PELAJARAN DENGAN NILAI JENJANG KELAS MATA PELAJARAN 1-3 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) Cinta tanah air Bersahabat Komunikatif Senang membaca Peduli sosial Peduli lingkungan.

CONTOH KETERKAITAN MATA PELAJARAN DENGAN NILAI JENJANG KELAS MATA PELAJARAN 1-3 BAHASA INDONESIA Religius Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Semangat Kebangsaan Cinta Tanah Air Menghargai Prestasi Bersahabat/Komunikatif Cinta Damai Peduli Sosial Peduli Lingkungan Berani * Kritis * Terbuka * Humor * Kemanusiaan* 4-6 Religius Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Semangat Kebangsaan Cinta Tanah Air Menghargai Prestasi Bersahabat/Komunik atif Terbuka * 7-9 Religius Jujur Toleransi Disiplin Kerja keras Kreatif Mandiri Demokrasi Rasa Ingin Tahu Cinta Tanah Air Menghargai Prestasi Bersahabat/ Komunikatif Cinta Damai Peduli Sosial Peduli Lingkungan Kritis Terbuka Kemanusiaan  Optimis 10 -12 Religius Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Semangat Kebangsaan Cinta Tanah Air Menghargai Prestasi Bersahabat/Komunika tif Cinta Damai Peduli Sosial Peduli Lingkungan Berani * Kritis * Terbuka * Humor * Kemanusiaan* KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .

NILAI.CONTOH PETA SK. DAN INDIKATOR DI SD Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Standar Kompetensi Mengenal anggota tubuh Kompetensi Dasar Mengenal bagian tubuh dan perawatan nya Nilai 1-3 rasa ingin tahu menunjukkan pengamatan yang serius terhadap anggota tubuhnya 4-6 mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh dan perawatan nya mengemukakan dengan antusias cara merawat bagian-bagian tubuh berdasarkan hasil bacaan senang membaca mengemukakan dengan antusias fungsi bagianbagian tubuh berdasarkan hasil bacaan KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . KD.

Kompetensi Dasar Mengidenti-fikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Ktitis Indikator Nilai 7-9 Menunjukan kesadaran akan dampak negatif dari penyakit sosial (miras. NILAI DAN INDIKATOR DI SMP Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Standar Kompetensi Memahami masalah penyimpangan sosial. judi. seks bebas. KD. narkoba. PSK dll) akibat penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat Disiplin Menunjukan kewaspadaan dan menjauhi perilaku yang cenderung mengarah ke bentuk patologi sosial yang ada di lingkungan sekitar KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM .CONTOH PT SK.

DAN INDIKATOR DI SMA Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS Standar Kompetensi Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari Kompetensi Dasar Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat. menerima janji. NILAI. lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan.12 Rasa ingin tahu Merespon isi percakapan dua orang peserta didik yang melibatkan tindak/ujaran menerima/ Mendengarkan percakapan antara dua orang yang saling berkenalan agar peserta didik mepraktekkan persahabatan dan kepedulian sosial Persahabatan KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PUSAT KURIKULUM . menyetujui ajakan/tawaran/ undangan. bertemu/berpisah.CONTOH PETA SK/KD. dan membatalkan janji Nilai Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 .