BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi telah memasuki berbagai sendi kehidupan, termasuk dunia pendidikan lebih khususnya pembelajaran telah diintervensi oleh kebebasaan teknologi ini. Seiring dengan perkembangan aplikasi teknologi informasi dalam dunia pendidikan, maka berbagai bahan belajarpun telah diproduksi dan dikonsumsi oleh pembelajaran melalui medium teknologi informasi dalam bentuk yang bervariasi. Berbeda dengan proses pembelajaran konvensional yang mengandalkan guru sebagai sumber belajar yang pertama dan utama sedangkan sumber lainnya adalah pelengkap untuk kegiatan pembelajaran yang biasanya sudah digariskan dalam Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) atau silabus. Penggunaan media dalam pembelajaran berfungsi untuk mempermudah penyampaian informasi, memvisualisasikan materi dengan baik, dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Ketiga hal tersebut dibutuhkan untuk menyampaikan materi pembelajaran di sekolah supaya siswa dapat terpacu untuk belajar. Materi pembelajaran merupakan informasi yang harus disampaikan oleh guru kepada siswa. Materi pembelajaran tersebut ada yang dapat dijelaskan secara langsung dengan menggunakan media sederhana seperti papan tulis sedangkan yang lainnya harus menggunakan media yang lebih modern seperti menggunakan bantuan simulasi atau animasi komputer. Pemanfaatan teknologi informasi (TI) dalam

1

CoRetas. Maya. sederhana. Sebagian besar materi pembelajaran fisika memerlukan penyajian animasi dan simulasi untuk menjelaskannya. TI berkembang dengan cepat sehingga guru harus mampu memanfaatkannya dalam pembelajaran. Saat ini. sistematis dan sejelas mungkin”. banyak sekali beredar programprogram animasi yang dapat membantu guru untuk membuat media pembelajaran. Hal yang abstrak bagi siswa dapat ditampilkan kehadapan siswa melalui bentuk animasi tersebut. Pembelajaran fisika yang materi-materinya berkaitan langsung dengan konteks kehidupan nyata dan tidak semua dapat ditampilkan ke dalam kelas dapat diwujudkan melalui pemanfaatan program-program animasi 2 dimensi atau 3 dimensi dalam bentuk media pembelajaran yang interaktif. Sebagaimana yang diutarakan oleh Wena dalam Nurhatmi (2010). Pemanfaatan program animasi untuk menciptakan media pembelajaran bisa membuat materi yang disajikan kepada siswa menjadi lebih menarik dan pembelajaran menjadi efektif.2 pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mempermudah penyampaian materi kepada siswa. elastisitas merupakan salah satu materi pembelajaran fisika yang terdapat di Sekolah . dan Blender. dan CreaToon yang digunakan untuk membuat animasi 2 dimensi sedangkan untuk membuat animasi 3 dimensi digunakan program seperti Autodesk 3ds Max. Salah satu contohnya adalah materi elastisitas. “animasi komputer dapat menjelaskan materi pembelajaran yang bersifat abstrak dan kompleks menjadi sesuatu yang nyata. bukan hanya menggunakan media papan tulis yang kurang menarik perhatian siswa. Poser. seperti Macromedia Flash. Swishmax.

yang merupakan program untuk membuat animasi berbasis vektor dan dapat digunakan untuk membuat animasi yang dinamis dan interaktif. Salah satu software yang dapat membuat dan menggabungkan berbagai media seperti animasi. Kelebihan flash terletak pada kemampuannya menghasilkan animasi gerak dan suara serta dapat menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. regangan dan modulus Young. suara dengan cara yang mudah adalah Macromedia Flash 8. gambar. menu interaktif. web profesional dan sebagainya sama seperti program unggulan lainnya. simulasi.3 Menengah Atas Kelas XI Semester I Penulis memilih materi ini karena materi elastisitas membutuhkan media visual seperti animasi dan simulasi. Melalui animasi dan simulasi dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep elastisitas. Macromedia Flash 8 dapat digunakan untuk membuat program multimedia. game. Macromedia Flash 8 merupakan salah satu produk unggulan Macromedia. tetapan gaya benda elastis. Sehingga hal yang abstrak bagi siswa dapat ditampilkan kehadapan siswa melalui bentuk animasi maupun simulasi. hukum Hooke. animasi. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis bermaksud melakukan sebuah penelitian dengan menagangkat judul: “Desain Multimedia Pembelajaran Pembelajaran Fisika Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Elastisitas” . tegangan. energi potensial pegas dan susunan pegas.

2.4 1. Menghasilkan sebuah produk berupa sebuah multimmedia pembelajaran interaktif pembelajaran fisika materi elastisitas dalam bentuk compact disc (CD). Mendesain media pembelajaran interaktif pembelajaran fisika materi elastisitas. . Menguji kelayakan media yang telah dibuat melalui uji coba pada siswa SMA. Bagaimana kelayakan dari media yang pembelajaran yang telah dihasilkan untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah ataupun dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar mandiri di rumah.2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari peneltian ini adalah : 1. 3. 2.3 Tujuan Pengembangan 1. Bagaimana bentuk produk media pembelajaran interaktif elastisitas yang dihasilkan. Bagaimana mendesain media pembelajaran interaktif dengan Macromedia Flash 8 pada materi elastisitas. 1. 3.

4 Spesifikasi Produk yang Diharapkan Penelitian pengembangan ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran fisika interaktif materi elastisitas yang di dalamnya terdapat teks. Adapun spesifikasi produk multimedia yang akan digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada Materi Elastisitas adalah dalam desain menggunakan Macromedia Flash 8.5 Pentingnya pengembangan 1. format produk yang dihasilkan adalah *.5 1. Kelas XI. 2. animasi dan simulasi dan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah ataupun dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar mandiri di rumah. size produk yang dihasilkan 25 MB. 4. kegunaan produk sebagai media pembelajaran fisika dengan materi elastisitas pada Sekolah Menengah Atas. Menambah pengetahuan dibidang pendidikan tentang pembuatan media pembelajaran interaktif. 1. 3. Memotivasi pendidikan dalam pengembangan bahan ajar sebagai media pembelajaran Fisika yang interaktif pada Materi Elastisitas. dalam menggunakan aplikasi menggunakan program flash. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pendidik dalam meningkatkan kemampuan dan kreatifitas untuk merancang dan membuat media pembelajaran.swf. Agar dapat memudahkan siswa dalam mempelajari pelajaran Fisika Materi Elastisitas. gambar. .

1. Tempat meletakkan potongan-potongan objek.swf : Small Web Format. . Burn (Burning) : Memindahkan data dari harddisk ke dalam CD/DVD dengan bantuan aplikasi seperti Nero. : Berisi tampilan stage yang tersimpan dalam frame-frame. Tools : Peralatan bantu yang berguna dalam suatu proses atau program aplikasi. script. Publish : Istilah yang digunakan untuk membuat file dengan format exe. untuk mengarahkan user dalam memilih proses yang akan dieksekusi. suara dan lain-lain. gambar. format yang dihasilkan Macromedia Flash 8. MagicISO.6 5. Menu : Penuntun fasilitas yang tersedia. Menambah pengetahuan penulis dalam pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Install : Proses pemasangan dan penyetingan perangkat (keras/lunak) agar bisa digunakan oleh sistem. 6. Menjadikan siswa lebih mandiri dan terampil untuk mengikuti pembelajaran.6 Defenisi Istilah *. Stage Timeline : Merupakan tempat kerja pada program Flash. dan lainlain. PowerISO.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.