P. 1
pramuka dan disiplin.docx

pramuka dan disiplin.docx

|Views: 64|Likes:

More info:

Published by: Vinsa Sulung Bramantia on Apr 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2013

pdf

text

original

A. JUDUL :ekstra kulikuler pramuka dan kedisiplinan siswa kelas V MI salafiyah kedungharjo kecamatan widang kabupaten tuban B.

Latar belakang masalah baik buruknya perilaku induvidu bias di lihat dari bagaimana ia memanfaatkan pengalaman yang di peroleh, itu yang di namakan dengan proses pendidikan. Proses pendidikan dapat di lakukan oleh semua elemen masyarakat melalui jalur formal, non formal, dan informal. Pada umumnya proses pendidikan ini banyak di lakukan di sekolah-sekolah melalui jalur pendidikan formal. Dimana proses pembelajaran di sekolah terbagi menjadi tiga kegiatan, yaitu: intra kulikuler, ko kulikuler dan ekstra kulikuler. Dengan kegiatan ekstra kulikuler ini dapat memenuhi kebutuhan peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Selain itu kegiatan ekstra kulikuler juga di guynakan untuk mengisi waktu luang setelah oulang dari sekolah. Di setiap sekolah tentunya banyak sekali kegiatan ekstra kulikuler yang dijadikan pilihan mengisi waktu luang diantaranya pramuka, PMR(palang merah remaja), KIR(karya ilmiah remaja), drum band, marawis, pencinta alam, dan kegiatan ekstrakulikuler yang lainya. Khususnya pada kegiatan pramuka yang merupakan suatu kegiatan yang memiliki program pendidikan di luar sekolah, selain itu program pramuka merupakan suatu wadah pembinaan dan pengembangan sumberdaya generasi muda yang memiliki akhlak watak dan juga berbudi pekerti luhur dan memiliki tanggung jawab. Melelui kegiatan pramuka siswa di harapkan memiliki kepribadian dan jiwa kepemimpinan yang menjedi contoh bagi siswa yang lainya, berdisiplin dan juga memiliki tingkah laku yang baik. Selain itu memiliki kemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, kebersamaan, kepedulian dan tanggung jawab. Dan berani menghadapi tugas, dan memiliki komitmen. Banyak sekali kegiatan yang di lakukan anggota pramuka. Salah satunya kegiatan yang dilakukan oleh setiap anggota pramuka yaitu berkemah, menjelajah, mencari jejak, baris berbaris, api unggun, pertemuan, dan masih banyak kegiatan lainya yang dapat menumbuhkan sifat disiplin dan menghargai sesame pada setiap anggota pramuka.

Kegiatan pramuka bukan hanya berpetualang saja tetapi juga ada materi-materi yang nantinya dapat di gunakan sebagai bekal setiap anggota pramuka diantaranya P3K, sandi, pengetahuan umum, membaca tanda-tanda alam dan lain-lain. Timbul pertanyaan di hati penulis, apakah kegiatan pramuka dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti kegiatan anggotapramuka dan pengaruhnya terhadap kedisiplinan siswa di sekoah.Penulis dalam penelitian hanya mengambil beberapa kegiatan seperti berkemah, penjelajahan dan baris berbaris untuk di lihat pengaruhnya pada siswa sekolah tersebut. C. Rumusan masalah 1. Apakah kegiatan ekstra kulikuler pramuka berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa di sekolah? 2. Apakah kegiatan pramuka berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa? D. Tujuan penelitian Untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakulikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa di sekolah. Untuk mengetahui pengeruh kegiatan pramuka terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. E. Manfaat penelitian Diharapkan dengan adanya penelitian ini, secara umum kegiatan pramuka dapat di jadikan suatu kegiatan yang menyenangkan dan menarik yang mengandung unsur pendidikan, dan dapat memberikan perubahan tingkah laku positif bagi siswa. Menjadikan induvidu memiliki watak dan memiliki budi pekerti luhur, bertanggung jawab dan memiliki rasa menghargai sesama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->