TEHNIK PEMBUATAN PROPOSAL

By : Ratu Mariatul Khusnah, S. Pd

 kata “mengusulkan” mengandung makna bahwa sesuatu masih menunggu jawaban atau izin dari pihak lain.  Proposal merupakan pedoman kerja.Pengertian Proposal  Berasal dari kata “Propata” (Inggris) yang berarti mengusulkan. . gambaran atau peta perjalanan lengkap yang akan dilalui selama melakukan kegiatan.

FUNGSI DAN TUJUAN  Sebagai landasan berpijak dalam proses pelaksanaan kegiatan  Sebagai acuan informasi bagi pihakpihak yang berkepentingan dari suatu kegiatan .

FUNGSI DAN TUJUAN  Untuk memperoleh pengetahuan terhadap suatu kegiatan yang dilaksanakan  Memberikan kemudahan kepada penyelenggara dalam mendapat/memperoleh dukungan .

.STRUKTUR ATAU ISI  JUDUL PROGRAM Judul kegiatan dibuat sesingkat dan semenarik mungkin yang menggambarkan secara keseluruhan program yang akan dilaksanakan.

Dalam latar belakang dijelaskan alasan-alasan mengadakan program. dan latar belakang diadakannya kegiatan itu. serta urgensi program diadakan.STRUKTUR ATAU ISI  PENDAHULUAN Mengandung isi tentang gambaran umum suatu organisasi atau kegiatan. .

dan juga menggambarkan nuansa kegiatan program. .STRUKTUR ATAU ISI  TEMA KEGIATAN merupakan “take line” yang akan digunakan dalam pelaksanaan kegiatan.

STRUKTUR ATAU ISI     TUJUAN Kemukakan apa tujuan (goal) yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan kegiatan. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN Waktu Kegiatan Tempat Kegiatan  KEPANITIAAN .

Jika program dilaksanakan dalam satu hari buat susunan acaranya .STRUKTUR ATAU ISI   PESERTA JADWAL KEGIATAN Jika program dilaksanakan lebih dari 1 hari buat jadwal kegiatan progran dalam bentuk tabel.

STRUKTUR ATAU ISI    SUSUNAN ACARA RENCANA ANGGARAN * Sumber Pemasukan * Rencana Pengeluaran PENUTUP .

_______________ Ketua ISPAH. _______________  Mengetahui:  Kepala MA Al-Hamidiyah ______________ _______________ Menyetujui: Kepala Pengasuh Pesantren _______________ . Sekretaris. ______________  Pembina ISPAH.Formasi Penandatanganan Proposal  Ketua Panitia.

THANK U  .

TIPS-TIPS MEMBUAT PROPOSAL  Buatlah proposal yang efektif dan efisien tetapi tidak meninggalkan sisi kualitas  Cover : pintu gerbang menuju kesuksesan selanjutnya maka buatlah design cover yang menarik (eye catching)  Setelah proposal jadi. maka lakukanlah “proof reading” untuk menghindari kesalahan penulisan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful