TUGAS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS

)
KETERKAITAN UNSUR GEOGRAFIS DAN PENDUDUK DI ASIA TENGGARA “THAILAND”

KELOMPOK 3
Sarida Devia Doni Dwi Janarko Nur Syifa

KELAS IX-D

Letak. . Luas dan Batas Negara Secara astronomis Thailand terletak diantara 5 0 LU – 210 LU dan 970 BT – 1060 BT.SMPN 171 JAKARTA THAILAND (Muangthai) Bentuk Pemerintahan Kepala Negara Kepala Pemerintahan Ibu kota Lagu Kebangsaan : Kerajaan : Raja : Perdana Menteri : Bangkok : Pleng Chard 1. Dengan luas Wilayah 513.998 km2 dan lebih dari 90% dari daerahnya berupa daratan .

yang dialiri oleh Sungai Chao Phraya dan merupakan daerah yang subur.Gambar : Peta negara Thailand Derah Thailand dapat dibedakan atas empat wilayah sebagai berikut :  Dataran rendah di bagian tengah.  Daerah pegunungan di bagian utara dan barat dengan puncak tertinggi  Gunung Doi Inthanon setinggi 2. .  Semenanjung Muangthai Selatan.  Pegunungan Plato merupakan pegunungan kapur di bagian timur.594 meter.

Curah hujan tahunan di wilayah Thailand antara 2000-3000 mm. Musim hujan berlangsung pada bulan Mei. Kondisi tersebut menjadikan Thailand sebagai negara agraris utama di Asia Tenggara. yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2. dataran paling sempit di Thailand.576 m). Di sebelah utara. Daerah utara dan barat terdapat pegunungan. Iklim Thailand memiliki iklim musim tropis dengan dua musim. Suhu ratarata wilayah bagian selatan 27 0C.September akibat hembusan angin dari arah barat daya yang banyak mengandung uap air.Februari akibat hembusan angin dari arah Indocina melalui Vietnam dan Laos. dengan puncak tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2. Musim kemarau berlangsung bulan November. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra. b. sedangkan bagian utara 15 oC. dan mengalir ke Teluk Thailand. Semenanjung . Di bagian tengah terdapat sungai Chao Phraya yang subur.594).Batas-batas wilayah Thailand • • • • Sebelah utara Sebelah selatan Sebelah Timur : Laos dan Myanmar : Malaysia dan Teluk siam : Laos dan Kamboja Sebelah Tenggara : Myanmar dan Teluk Andaman 2. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar. Keadaan Alam Thailand memiliki bentuk permukaan bumi yang beragam. keadaannya bergunung-gunung. Sebelah timur laut terdapat pegunungan Koral. Iklim dan Keadaan Alam a.

karet. rami. danKristen. dan lainnya (4%). Thailand merupakan lumbung beras di kawasan Asia Tenggara.  Mata Uang  Hasil Pertanian  Hasil Tambang  Hasil Industri  Ekspor utama : Bath : Beras. jagung. berlian. Komputer dan komponennya. Penduduk Penduduk Thailand pada tahun 2008 mencapai 65. b. pakaian. Timah. Melayu (4%). mangan : Elektronik. Khmer (3%).Thailand bagian selatan. Penduduk dan Mata Pencaharian a. Penduduk asli Thailand adalah bangsa Thai. terutama di daerah-daerah subur. Sebagian besar penduduktersebut tinggal di pedesaan.65%. banyak berbukit-bukit rendah sampai di perbatasan Malaysia. gula. Mata Pencaharian Penduduk Thailand sebagian besar adalah bertani (agraris). Hindu.298 jiwa dengan angka pertumbuhan 1. 3. besi. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Thai. Selebihnya adalah etnisCina (14%). Padamasa sekarang telah banyak pendatang dari berbagai etnis. Hasil pertanian yang utama adalah beras. Integrated . kelapa : Antimonium. Suku Thai menduduki jumlah terbanyak dari seluruh penduduk Thailand (75%). Pariwisata merupakan sumber penghasilan devisa yang besar bagi Thailand. tapioka. Mayoritas penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha (90%). Kong Hu Chu. Selebihnya adalahpemeluk Islam (terutama etnis Melayu di daerah selatan). Hasil tambang yang utama adalah timah dan mangaan.493. dan tekstil : Tekstil.

selain bersama-sama menjadi anggota APEC dan WTO. dan bidang ekonomi. pakaian  Impor Utama : Mesin industri.  Ekspor Indonesia ke Thailand : kayu lapis. Selain itu kedua negara juga meningkatkan investasi di bidang pembangunan. baja. industri perikanan dan sebagainya. Kerjasama dengan Indonesia Antara Thailand dan Indonesia terjalin kerja sama di bidang politik. suku cadang kendaraan 4. Dalam bidang ekonomi. minyak bumi. pengembangan industri.circuit. sosial budaya. alat-alat listrik. negara Thailand dan Indonesia juga menjalin kegiatan ekspor-impor secara bilateral. pesawat terbang  Ekspor Thailand ke Indonesia : beras dan gula . berlian.