P. 1
Asam Lemak Jenuh Dan Tak Jenuh

Asam Lemak Jenuh Dan Tak Jenuh

|Views: 1,413|Likes:

More info:

Published by: Pravita Arvyn Dirgantari on Apr 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

ASAM LEMAK JENUH DAN TAK JENUH

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Biokimia Gizi Yang Dibimbing Oleh Ibu Dra. Anik Handajati, M.Kes

Oleh:

Pravita Arvyn Dirgantari

(P27835111021)

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN SURABAYA JURUSAN GIZI 2012/2013

Asam penyusun lemak disebut asam lemak. satu molekul gliserol mengikat tiga molekul asam lemak. R1–COOH. Pada lemak. asam stearat (C17H35COOH). minyak kelapa. Struktur umum molekul lemak seperti terlihat pada ilustrasi dibawah ini: Pada rumus struktur lemak di atas. dan R3–COOH adalah molekul asam lemak yang terikat pada gliserol. sedangkan istilah lemak biasanya digunakan untuk yang berwujud padat. dan minyak ikan. B. minyak jagung. sedangkan minyak dari tumbuhan. Rumus Struktur dan Tata Nama Lemak Lemak adalah ester dari gliserol dengan asam-asam karboksilat suku tinggi. hewan. Contoh : . asam oleat (C17H33COOH). dan asam linoleat (C17H29COOH). Nama lazim dari lemak adalah trigliserida. oleh karena itu lemak adalah suatu trigliserida. Penamaan lemak dimulai dengan kata gliseril yang diikuti oleh nama asam lemak.A. atau manusia dan sangat berguna bagi kehidupan manusia Lemak yang pada suhu kamar berbentuk cair disebut minyak. R2–COOH. Beberapa contoh lemak dan minyak adalah lemak sapi. Asam lemak yang terdapat di alam adalah asam palmitat (C15H31COOH). Lemak umumnya bersumber dari hewan. Definisi Lemak Lemak merupakan Salah satu senyawa organik golongan ester yang banyak terdapat dalam tumbuhan.

Jenis-jenis Asam Lemak Molekul lemak terbentuk dari gliserol dan tiga asam lemak. Hidrolisa c. penggolongan lemak lebih didasarkan pada jenis asam lemak penyusunnya. Sifat Kimia Lemak a. Sifat Fisis Lemak a) Pada suhu kamar. sedangkan lemak yang mengandung asam lemak rantai panjang tidak larut dalam air. Penyabunan d. Klasifikasi Lemak Berdasarkan Kejenuhan Ikatan 1 . sedangkan lemak dari tumbuhan berupa zat cair. b) Lemak yang mempunyai titik lebur tinggi mengandung asam lemak jenuh. sedangkan triolein (ester gliserol dengan tiga molekul asam oleat) mempunyai titik lebur –17 °C.C. Berdasarkan jenis ikatannya. 2. Pembentukan keton f. Oksidasi D. asam lemak dikelompokkan menjadi dua. c) Lemak yang mengandung asam lemak rantai pendek larut dalam air. Alkohol panasmerupakan pelarut lemak yang baik. lemak hewan pada umumnya berupa zat padat. Sifat-Sifat Lemak 1. Hidrogenasi e. sedangkan lemak yang mempunyai titik lebur rendah mengandung asam lemak tak jenuh. Esterifikasi b. Oleh karena itu. Contoh: Tristearin (ester gliserol dengan tiga molekul asam stearat) mempunyai titik lebur 71 °C. d) Semua lemak larut dalam kloroform dan benzena. yaitu: .

a. biji kelapa sawit. Asam lemak jenuh mempunyai rantai zig-zig yang dapat cocok satu sama lain. Asam lemak jenuh Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung ikatan tunggal pada rantai hidrokarbonnya. sehingga biasanya berwujud padat. minyak kelapa Lemak hewani dan nabati Lemak hewani dan nabati Minyak kacang tanah Biji-bijian mentega mentega mentega Lemak Asam Butirat Lemak susu Nama Asam Sumber CH3(CH2)16COOH C17H35COOH . minyak kelapa Pala. Contoh asam lemak jenuh Rumus Rumus Struktur Molekul CH3(CH2)2COOH C3H4COOH (asam butanoat) Asam Kaproat CH3(CH2)4COOH C5H11COOH (asam heksanoat) Asam kaprilat CH3(CH2)6COOH C7H15COOH (asam oktanoat) Asam kaprat CH3(CH2)8COOH C9H19COOH (asam dekanoat) Asam laurat CH3(CH2)10COOH C11H23COOH (asam dodekanoat) Asam miristat CH3(CH2)12COOH C13H25COOH (asam tetradekanoat) Asam palmitat CH3(CH2)14COOH C15H31COOH (asam heksadekanoat) Asam stearat (asam oktadekanoat) Asam arachidonat CH3(CH2)18COOH C19H39COOH (asam eicosanoat) Asam behenat CH3(CH2)20COOH C21H43COOH (asam dokosanoat) Minyak paus. biji kelapa sawit. kayu manis. sehingga gaya tarik vanderwalls tinggi.

kacang-kacangan. kacang-kacangan. Asam lemak tak jenuh tunggal Asam lemak ini mengandung satu ikatan rangkap pada rantai karbonnya. Lemak ini sangat baik bagi tubuh karena terbukti menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.b. dan beberapa sayuran hijau berdaun. Selain itu. dan alpukat. Lazimnya ditemukan pada minyak sayur. Asam lemak tak jenuh Asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh ganda Lemak ini memiliki ikatan rangkap lebih dari satu pada rantai karbonnya. Sumber utama dari lemak tak jenuh tunggal ialah minyak zaitun. yaitu asam lemak yang mengandung ikatan rangkap pada rantai karbonnya. biji-bijian. ikan. Asam lemak tak jenuh terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Ada dua jenis utama dari lemak tak jenuh ganda. yaitu omega-6 (cenderung didapat melalui jagung dan minyak nabati lainnya) dan omega-3 (berasal dari ikan dan biji tertentu) Contoh asam lemak tak jenuh Nama Asam Lemak Asam oleat Asam linoleat Asam linolenat Asam arachidonat Asam eicosa pentanoat (EPA) Asam docoheksanoat (DHA) Rumus Molekul C17H33COOH C17H31COOH C17H29COOH C19H27COOH C19H29COOH C21H31COOH Sumber Lemak hewani dan nabat Minyak nabati Minyak biji rami Minyak kacang tanah Minyak ikan Minyak ikan . sumber lain termasuk minyak canola.

Pembakaran 1 gram lemak menghasilkan sekitar 9 kilokalori. Lemak adalah bahan makanan yang kaya energi. Sabun yang mengandung logam Na disebut sabun keras (bereaksi dengan keras terhadap kulit) dan sering disebut sabun cuci.E. Penggunaan Lemak dan Minyak dalam Kehidupan Sehari-hari Lemak atau minyak dapat dimanfaatkan untuk beberapa tujuan. Bahan pembuatan mentega atau margarin Lemak atau minyak dapat diubah menjadi mentega atau margarin dengan cara hidrogenasi. 1. Sumber energi bagi tubuh Lemak dalam tubuh berfungsi sebagai cadangan makanan atau sumber energi. di antaranya sebagai berikut. 2. Sedangkan sabun yang mengandung logam K disebut sabun lunak dan di kehidupan sehari-hari dikenal dengan sebutan sabun mandi. 3. Bahan pembuatan sabun Sabun dapat dibuat dari reaksi antara lemak atau minyak dengan KOH atau NaOH. .

blogspot.html .upi.htm http://barifbrave.DAFTAR PUSTAKA http://kimia.edu/utama/bahanajar/kuliah_web/2009/0700095/materi.com/2012/04/jenis-asam-lemak.wordpress.com/2009/10/02/penggolongan-lemak-berdasarkankejenuhan-lemak-jenuh-dan-lemak-tak-jenuh/ http://memecece-memecece.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->