P. 1
Apresiasi Terhadap Tradisi Dan Upacara Adat Yang Berbasis Islam

Apresiasi Terhadap Tradisi Dan Upacara Adat Yang Berbasis Islam

|Views: 13|Likes:
Published by Anson Elian
Apresiasi Terhadap Tradisi Dan Upacara Adat Yang Berbasis Islam
Apresiasi Terhadap Tradisi Dan Upacara Adat Yang Berbasis Islam

More info:

Published by: Anson Elian on Apr 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2014

pdf

text

original

Apresiasi Terhadap Tradisi dan Upacara Adat yang Berbasis Islam

Islam sudah lama menjadi agama mayoritas di negri ini. Maka dari itu pula, tradisi-tradisi yang bercorak Islam pun banyak berkembang. Tradisi Islam sring tercampur dengan tradisi agama sebelum Islam seperti Hindu, Budha, dan animisme. Diantaranya benyak mengandung hikmah dan diantara lain dapat mengandung unsur syirik. Selikuran merupakan suatu budaya yang baik. Selikuran mengajak dan mengingatkan agar kita lebih banyak beribadah untuk mendapatkan malam lailatul qadr. Swalawat-shalawat nabi juga tradisi yang baik. Karena merupakan ibadah bershalawat kepada Nabi sesuai dengan surah al-Ahzab ayat 56:

                                                                              
56. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orangorang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Jadi, masayrakat muslim boleh bershalawat akan tetapi jangan berlebihan dalam memuji Nabi Muhammad. Puji-pujian kepada Allah dan Rasul-Nya dalam bentuk syair atau lagu pun dibolehkan. Tari-tari seperti Zapin dan Saudati juga merupakan tradisi yang baik dan mengandung seni, asalkan penari tidak membuka aurat. Sebaiknya tradisi-tradisi yang sudah disebutkan tetap dipegang karena mengandung kebaikan. Selain daripada tradisi yang membawa kebaikan, ada juga tradisi yang membawa kejelekan. Diantara tradisi itu mengandung syirik atau bid’ah seperti contoh adalah mengunjungi makam-makam wali yang dianggap keramat dan berdoa kepadanya, meminum air dari sumur keramat yang bertujuan untuk mengambil berkatnya, menyimpan benda pusaka dan merawatnya sebaik-baiknya karena dianggap keramat, menganggap hari khusus sebagai hari yang keramat tanpa ada dalil, dll. Maka harus dihindari dan ditentang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->