Bab I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Olahraga sangat penting dalam kehidupan manusia, tentu dalam berolahraga harus membutuhkan tubuh yang sehat. Seperti kita ketahui bahwa dalam tubuh yang sehat, tentu ada hubungannya dengan tulang. Tulang pada tubuh manusia merupakan benda yang hidup, padat, dan keras, akan tetapi elastis. Tulang mempunyai pemeliharaan saraf, darah, bahkan mempunyai sistem kelenjar getah bening. Di dalam tubuh manusia selain memiliki tulang juga memiliki otot-otot dan persendian yang memungkinkan tubuh manusia dapat bergerak dan pada saat kita bergerak, kita telah melakukan olahraga. B. Rumusan Masalah 1. 2. 3. Mengapa anatomi dan olahraga itu penting dalam kehidupan manusia? Bagaimana hubungan antara anatomi dan olahraga? Masalah-masalah apa saja yang berhubungan dengan tulang, otot, dan persendian? 4. C. Kapan pendidikan olahraga itu harus dipelajari?

Tujuan dan Manfaat 1. Tujuan Untuk memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dalam mengikuti perkuliahan. 2. Manfaat Untuk menambah / memperdalam wawasan para mahasiswa dalam proses perkuliahan

D.

Metode Metode dalam pembuatan makalah ini melalui kajian pustaka dan internet

1

Sistematika Penulisan BAB I : PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Sistematika Penulisan BAB II : ISI BAB III : PENUTUP 2 . Rumusan Masalah C. Metode E. Tujuan dan Manfaat D.E.

Anatomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang struktur atau susunan tubuh manusia serta hubungan dengan bagian-bagiannya. Bagaimana hubungan antara anatomi dan olahraga Anatomi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari dua kata yaitu. antara lain:    Berdiri tegak dengan kedua kaki Mata memandang lurus kedepan Kedua lengan lurus disamping badan dengan telapak tangan menghadap ke depan Didalam anatomi dan olahraga memiliki sifat istimewa yang terdapat pada jaringan otot yang dapat mengkerut. Dalam mempelajari anatomi dan olahraga seringkali dijumpai istilah-istilah yang dikatakan dalam posisi anatomi dan olahraga. sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diharapkan atau diinginkan.Bab II ISI 1. Gerakan tubuh manusia yang dimaksud disini bukan hanya gerakan badan secara keseluruhan atau gerakan anggota-anggota badan. mengurai dan Tomos : memotong atau membagi-bagi. Secara keseluruhan otot dibagi atas 3 . dan saluran peredaran darah kecuali jantung 3 . yaitu:    Otot polos Otot jantung Serang lintang a. Sedangkan olahraga berasal dari kata Sport yang artinya bersenang-senang. Ana : memisahkan. tetapi juga gerakan ini bisa juga digunakan gerakan dari alat-alat dalam gerakan tersebut agar dapat memperoleh suatu gerakan-gerakan yang dinamis. Jadi olahraga adalah kegiatan fisik yang mengandung sifat permainan Hubungan antara anatomi dan olahraga sama-sama menjelaskan tentang dasardasar ilmiah dari gerakan tubuh manusia. Otot polos terdapat pada saluran pencernaan. pernapasan.

b. jari-jari tangan menjadi terkilir e. yaitu: paling tidak berdaya dan paling tidak teratur dari makhluk lain. Untuk memperdayakan manusia dari hidupnya menjadi teratur. otot-oto perut terasa sakit. Otot jantung hanya terdapat pada jantung saja c. maka manusia perlu 4 . yang dapat berfungsi sebagai:      Menegakkan tubuh Menentukan bentuk tubuh Melindungi otot-otot yang lebih penting dan halus Merupakan tempat peletakan otot-otot Tempat membuat sel-sel darah merah b. Pada saat tidur. dan dapat menggerakan tulang yang lain 2. otot. Ketika duduk dengan lipat kaki. c. Agar kita dapat menganalisis mengenai teknik-teknik dasar dalam berbagai gerakan olahraga dan dapat memasukan semua cabang olahraga maupun teknikteknik dari masing-masing cabang tersebut. setelah duduk dalam waktu yang lama. Otot serang lintang umumnya yang merekat pada tulang. Mengapa anatomi dan olahraga itu penting dalam kehidupan manusia Pentingya anatomi dan olahraga dalam kehidupan manusia adalah : a. Agar kita dapat mengetahui tulang-tulang pada tubuh manusia yang membentuk suatu sistem yang disebut sistem rangka. b. Pada saat senam. misalkan kaki atau tangan patah berarti harus diamputasi. Kapan pendidikan olahraga dan anatomi harus dipelajari Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan memilik dua kelemahan. dan persendian a. Pada saat kita berolahraga voly. 3. tangan kita di tindih oleh badan kita sendiri d. Masalah-masalah apa saja yang berhubungan dengan tulang. Kecelakaan yang mengakibatkan retak atau patah tulang yang mengakibatkan cidera serta lumpuh. 4. ketika bangun bagian persendian kaki akan menjadi kaku.

pendidikan. yaitu:    Kognitif Ajektif Psikometer 5 . karena dalam pendidikan tersebut memiliki 3 ranah. pendidikan jasmani dan anatomi. danpendidikan pertama dan utama harus dibentuk sejak dini / sejak lahir adalah pendidikan olahraga.

Bab III PENUTUP A. menentukan tubuh. 6 . Tulang rangka manusia berfungsi sebagai menegakkan tubuh. Agar olahraga menjadi baik. maka kita harus benar-benar mempelajari dengan baik agar kita dapat mengerti arti dari mempelajari anatomi dan olahraga. B. karena semakin kita belajar. maka ilmu yang kita dapat akan semakin meningkat. Dalam berolahraga harus membutuhkan tubuh yang sehat karena tanpa tubuh yang sehat kita tidak dapat berolahraga dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga dan anatomi sangat penting dalam kehidupan manusia. kita harus memiliki tulang-tulang yang kuat yang membentuk satu sistem yaitu sistem rangka. Jangan pernah bosan untuk belajar anatomi dan olahhraga. melindungi alat-alat yang lebih penting dan halus sebagai alat gerak pasif. Saran Olahraga dan anatomi sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Kesimpulan Olahraga dan anatomi bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

1993.Daftar Pustaka    Soedarminto and Soeparman. Kinesiologi. EGC. Jakarta. Jakarta. Buku Teks Anatomi Manusia.com) 7 . Adji Dharma. 1983 Internet (google.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful