PERKEMBAGAN SISTEM INFORMASI

Oleh : KELOMPOK 1 KELAS E SEMESTER 1

1. IDA AYU RATNASARI KEMENUH 2. NI MADE ERNA MAYGAYANTI 3. NI MADE PUTRI KESUMAWARDANI 4. I PUTU AGUS WIDHIYASA 5. KADEK AGUS DARMA YADNYA

(1215051162) (1215051153) (1215051185) (1215051159) (1215051156)

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA 2012

KATA PENGANTAR
OM, SWASTYASTU Puji dan syukur saya panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Perkembangan Sistem Informasi”. Dalam makalah ini membahas apa saja yang terdapat didalam Perkembangan Sistem Informasi tersebut. Oleh sebab itu pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan tentang Sistem Informasi dan perkembangannya. Makalah yang kami susun ini merupakan tugas dari matakuliah Dasar Sistem Komputer. Kami menyadari, dalam makalah yang kami susun ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran sangat kami harapkan dari berbagai pihak.

OM, SANTIH SANTIH SANTIH, OM

Singaraja, 31 Oktober 2012

Penyusun

ii

..........1................................................................................................................................................19 3...................4.................................3...................................7...9 2.................................. Kendala didalam Penerapan Sistem Informasi................................. Konsep Dasar Sistem....................................................................................1................ Pengertian Informasi..................................................................................3 2.................................1......................... Kesimpulan.........................................1.6...............................................................................................................2.............................................................15 2.................................................................... Manfaat dari Sistem Informasi ..............................1................................18 2................................................5...5 2........................................2....................................................8.................1 1.........1 1... Pengertian Data......................................................................................... Data dan Informasi ...3 2..........................................20 iii ........1.............2 BAB II Pembahasan....................Tujuan...............19 Daftar Pustaka ............................7 2...................... Saran ........Latar Belakang......................2.......................... Contoh Sistem Informasi ............................................ Pengertian dan Komponen Sistem Informasi ....................................................................1 1.........................................................................................Mafaat....................... ii Daftar Isi................................................3 2... Kualitas Sistem Informasi ............. Siklus Informasi..................................................................................4.......Daftar Isi Kata Pengantar ...............19 3.........3..........................Rumusan Masalah ................................................................1 1...................................................18 2...........................16 2...... iii BAB I Pendahuluan ................................................2.........18 BAB III Penutup .......

dan kendala didalam penerapan sistem informasi. manfaat sistem informasi. siklus informasi. Peranan sistem informasi sangatlah penting bagi manusia. 1. terdapat beberapa komponen-komponen yang perlu kita ketahui yaitu diantaranya pengertian data dan informasi. karena akan mempermudah manusia dalam menerima informasi dan memanfaatkannya.1. kualitas informasi. namun sedikit masyarakat yang mengetahui tentang apa itu Sistem Informasi dan perkembangannya. Rumusan Masalah         Apa yang dimaksud dengan data dan informasi ? Bagaimana konsep dasar sistem ? Apa yang dimaksud dengan siklus informasi ? Bagaimana kualitas sistem informasi tersebut ? Apa pengertian dan komponen sistem informasi ? Apa saja contoh sistem informasi ? Apa manfaat dari sistem informasi ? Apa saja kendala didalam penerapan sistem informasi ? 1 . pengertian dan komponen sistem informasi. Latar Belakang Perkembagan sistem informasi yang berkembang pesat semakin membuat masyarakat ketergantungan terhadapat komputer.2. contoh sistem informasi.BAB I PENDAHULUAN 1. Dalam makalah ini membahas apa saja yang terdapat didalam Perkembangan Sistem Informasi tersebut. Didalam mempelajari dan mengetahui Perkembangan Sistem Informasi yang ada.Oleh sebab itu pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan tentang Sistem Informasi dan perkembangannya. konsep dasar sistem.

4. Untuk mengetahui apa saja kendala didalam penerapan sistem informasi. Untuk mengetahui apa saja contoh sistem informasi. Tujuan         Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan data dan informasi. Untuk mengetahui bagaimana kualitas sistem informasi tersebut. Untuk mengetahui apa pengertian dan komponen sistem informasi. 2 .1. Serta memberikan pengetahuan tentang apa saja yang terdapat didalam Perkembangan Sistem Informasi tersebut. 1.3. Untuk mengetahui apa manfaat dari sistem informasi. Manfaat   Memberikan pengetahuan kepada para pembaca tentang Perkembangan Sistem Informasi. Untuk mengetahui bagaimana konsep dasar sistem Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan siklus informasi.

1. Dari sudut pandang bisnis. kejadian ataupun suatu konsep. Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan dengan nilai per-jam. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. angka. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.1. Data dan Informasi 2. data diterjemahkan sebagai istilah yang berasal dari kata “datum” yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan.BAB II PEMBAHASAN 2. matematika. atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan. obyek. bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan. suara. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui.1. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada. Beberapa definisi tentang data dari sudut pandang yang berbedabeda: Menurut berbagai kamus bahasa Inggris-Indonesia. Data bisa berujut suatu keadaan. huruf. gambar. Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan.Pengertian Data Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. data bisnis (business data) adalah deskripsi organisasi tentang sesuatu(resources) dan kejadian (transactions) yang terjadi (business data is an organization’s 3 . akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu.

description of things (resources)and events (transactions) that it faces). Sesudah diolah. benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi. Kesatuan nyata adalah berupa suatu objek nyata seperti tempat. Laporan penjualan penjualan setiap salesman. Faktur-faktur penjualan tersebut masih belum dapat memberikan informasi yang baik bagi manajemen. Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. dihasilkan sejumlah faktor-faktor yang merupakan data dari penjualan pada suatu periode tertentu. yang berfungsi untuk memberikan besarnya komisi dan bonus. 3. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. 2. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadiankejadian dan kesatuan nyata. maka fakturfaktur tersebut harus diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu informasi. Untuk pengambilan keputusan bagi manajemen. sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi. antara lain mengenai : a. Didalam kegiatan suatu perusahaan. dari hasil transaksi penjualan oleh sejumlah salesman. akan dapat diperoleh informasi. Sumber dari informasi adalah data. 4 . Hal tersebut dapat dilihat dalam contoh kasus sebagai berikut : 1. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya.

M (1990. 12) :“Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaan dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”. untuk itu pendefenisian informasi diperlukan untuk menunjang berhasilnya pengembangan sistem yang akan dirancang. ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu. Laporan penjualan setiap jenis barang. Menurut RobertG. Informasi dalam suatu lingkungan sistem informasi memiliki beberapa ciri-ciri yaitu : 5 . formasi. c. data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. yang berfungsi untuk mengontrol persediaan barang dan untuk mengevaluasi barang yang tidak atau kurang laku terjual. dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Laporan penjualan setiap daerah.b. sekarang atau untuk masa yang akan datang. 2. Defenisi umum untuk informasi dalam sistem informasi menurut Jogiyanto H.Murdik (1973. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data. Jadi Informasi adalah data yang diproses kedalam bentuk yang lebih berarti bagi penerima dan berguna dalam pengambilan keputusan.2. Di dalam pengolahan sistem pada akhirnya menghasilkan suatu informasi. yang berfungsi untuk pelaksanaan promosi dan periklanan. 11) :“Informasi adalah data yang dapat diolah yang lebih berguna dan berarti bagi yang menerimanya”.Pengertian Informasi Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model. Dalam hal ini. organisasi.1.

Beberapa definisi tentang informasi dari sumber yang berbeda-beda: Menurut Gordon B. and 6 . Yaitu informasi tersebut datang ke penerima tidak terlambat karena informasi yang tidak tepat waktu sudah tidak mempinyai nilai. Informasi dapat menjadi suatu korektif atas informasi yang salah. 3. Yaitu informasi yang tidak mengandung keraguan-keraguan. ini berguna karena meningkatkan persepsi penerimanya atau kebenaran informasi tersebut. Informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan baru pada informasi yang talah ada. Penegas. Davis dalam bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations. 2. 5. Informasi harus relevan. Yaitu informasi itu diterima bagi orang yang membutuhkan atau bermanfaat bagi yang menerimanya. Ini dapat berhubungan dengan realitas atau tidak bila penerimaan informasi yang salah dipercayai mengakibatkan sama seperti benar. bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan. harus menjelaskan dan mencerminkan maksudnya atau dengan kata lain tidak menimbulkan pertanyaan bagi penerima informasi tersebut. Tambahan. Benar atau salah. 2. Informasi harus akurat dan jelas. Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada. Up to date (Tepat waktu).1. Informasi dapat sama sekali baru dan segar bagi penerimanya. Structures. sama maksudnya yang disampaikan dengan yang menerima. 4. Korektif. Baru. 3. Informasi dapat dikatakan berkualitas apabila telah memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut : 1.

Dari beberapa penjelasan diatas sehingga dapat disimpulkan bahwa: Data adalah nilai yang mendeskripsikan dari suatu objek atau kejadian. Menurut Stephen A.Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata. Konsep Dasar Sistem Ada beberapa konsep Dasar di dalam sistem informasi. menyebut informasi sebagai suatu kenyataan. Informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian sehingga akan berguna untuk pengambilan keputusan. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control Systems. Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and Business Organization. Simkin dalam bukunya Accounting Information Systems : Concepts and Practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis. dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya. berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan. Menurut Robert N. item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya. data. konsep ini akan membantu kita di dalam memperlajari lebih lanjut tentang perkembangan Sistem Informasi. 2. Moscove dan Mark G. Konsep Dasar Sistem tersebut adalah sebagai berikut : 7 .2.

atau energi dengan lingkungan.1. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia Sistem Alamiah (natural system) adalah sistem yang terjadi karena alam. dengan kata lain sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan. sistem dibedakan menjadi sistem sederhana (misalnya sepeda) dan sistem kompleks (misalnya otak manusia). Sedangkan sistem terbuka (open system) adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan. sistem akuntansi dan sistem transportasi. 3. Sedangkan sistem buatan manusia (human made system) adalah sistem yang dibuat oleh manusia. sistem sekolah. Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks Berdasarkan tingkat kerumitannya. Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik Sistem deterministik (deterministic system) adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat. misalnya sistem tata surya. Sistem Abstrak dan Sistem FisikSistem abstrak (abstract system) adalah sistem yang berisi gagasan atau konsep.misalnya sistem komputer. 8 . Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka Sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak bertukar materi. 2. misalnya sistem perusahaan dagang. kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti. Sedangkan sistem fisik (physical system) adalah sistem yang secara fisik dapat dilihat. misalnya sistem arisan dan sistem sediaan. misalnya sistem komputer. informasi. misalnya sistem komputer. Sedangkan sistem probabilistik (probabilistic system) adalah sistem yang tak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas. misalnya reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi. 4. misalnya sistem teologi yang berisi gagasan tentang hubungan manusia dan tuhan. 5.

untuk membuat suatu keputusan dan tindakan. 9 . Data tersebut akan diolah melalui suatu model dan akan menghasilkan informasi yang berguna. Siklus Hidup Pengembangan Sistem dapat didefinisikan sebagai serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh profesional dan pemakai sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi. 7. Pemeliharaan / Perawatan Sistem. Pengembangan Perangkat Lunak dan Implementasi sistem. diproses kembali melalui suatu model dan seterusnya membentuk siklus. 5.3. Bila dalam operasi sistem yang sudah dikembangkan masih timbul permasalahan-permasalahan yang tidak dapat diatasi dalam tahap pemeliharaan sistem. maka perlu dikembangkan kembali suatu sistem untuk mengatasinya dan proses ini kembali ke proses yang pertama. Evaluasi dan seleksi sistem. 2. yang berarti menghasilkan suatu tindakan lain yang akan membuat sejumlah data kembali.yaitu : 1. Analisis sistem. Perancangan sistem secara detail. Siklus hidup pengembangan sistem informasi saat ini terbagi atas enam fase. 3. Siklus ini oleh John Burch disebut dengan siklus informasi (information cycle). 4. Siklus Informasi Data yang masih merupakan bahan mentah apabila tidak diolah data tersebut tidak akan berguna. 6. Perancangan sistem secara umum / konseptual. Siklus ini disebut dengan Siklus Hidup suatu Sistem.2. Perencanaan sistem. Siklus ini disebut juga dengan siklus pengolahan data (data processing cycle). penerima kemudian menerima informasi tersebut. Data tersebut akan ditangkap sebagai input.

identifikasi dan evaluasi komponen dan hubungan timbal-balik yang terkait dalam pengembangan sistem. Faktor-faktor strategis (strategic factors) yang berkaitan dengan pendukung sistem informasi dari sasaran bisnis dipertimbangkan untuk setiap proyek yang diusulkan.definisi masalah. dipertimbangkan :  Faktor-faktor berkaitan  kelayakan (feasibility factors) yang sistem dengan kemungkinan berhasilnya informasi yang dikembangkan dan digunakan.  Proyek sistem dievaluasi dan dipisahkan berdasarkan prioritasnya. Nilai-nilai yang dihasilkan dievaluasi untuk menentukan proyek sistem mana yang akan menerima prioritas yang tertinggi. 10 . keuntungan dan estimasi jadwal untuk solusi yang berpotensi.  Fase Analisis Sistem Dalam fase ini :  Dilakukan proses penilaian. ditambah identifikasi biaya. Fase Perencanaan Sistem 1. Dalam fase perencanaan sistem :  Dibentuk suatu struktur kerja strategis yang luas dan pandangan sistem informasi baru yang jelas yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan pemakai informasi. kebutuhan. Proyek dengan prioritas tertinggi akan dipilih untuk pengembangan. dan dana disediakan untuk mendukung pengembangan sistem. prioritas dan kendala-kendala sistem. 2. Selama fase perencanaan sistem.  Fase analisis sistem adalah fase profesional sistem melakukan kegiatan analisis sistem. tujuan.  Sumber daya baru direncanakan untuk.

Yang dapat berupa penggambaran. • • • • Pendefinisian dari kebutuhan kebutuhan fungsional. tim proyek sistem harus menjalankan analisis tambahan sampai semua peserta setuju. perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen 11 . Profesional sistem mewawancarai calon pemakai dan bekerja dengan pemakai yang bersangkutan untuk mencari penyelesaian pemakai. Laporan yang dihasilkan menyediakan suatu landasan untuk membentuk suatu tim proyek sistem dan memulai fase analisis sistem. tim proyek sistem siap untuk memulai fase perancangan sistem secara umum.  Ruang lingkup analisis sistem ditentukan pada fase ini.  Pada akhir fase analisis sistem. laporan analisis sistem disiapkan. Persiapan untuk rancang bangun implementasi. masalah dan menentukan kebutuhan  Beberapa aspek sistem yang sedang dikembangkan mungkin tidak diketahui secara penuh pada fase ini. Laporan ini berisi penemuan-penemuan dan rekomendasi. Bila laporan tidak disetujui.  Tim proyek sistem memperoleh pengertian yang lebih jelas tentang alasan untuk mengembangkan suatu sistem baru. jadi asumsi kritis dibuat untuk memungkinkan berlanjutnya siklus hidup pengembangan sistem.  Fase Perancangan Sistem secara Umum/Konseptual Arti Perancangan Sistem : • Tahap setelah analisis dari Siklus Hidup Pengembangan Sistem. Bila laporan ini disetujui. Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.

Perancang sistem memilih struktur file dan alat penyimpanan seperti disket. Biasanya. Dalam fase ini :  Dibentuk alternatif-alternatif perancangan konseptual untuk pandangan pemakai. disk magnetik atau bahkan file-file dokumen. Alternatif perancangan konseptual memungkinkan manajer dan pemakai untuk memilih rancangan terbaik yang cocok untuk kebutuhan mereka.  Fase Evaluasi dan Seleksi Sistem Akhir fase perancangan sistem secara umum menyediakan point utama untuk keputusan investasi. dihitung atau disimpan. kendali. Prosedur-prosedur yang ditulis menjelaskan bagaimana data diproses untuk menghasilkan output. • Termasuk menyangkut mengkonfirmasikan. Alternatif ini merupakan perluasan kebutuhan pemakai. Perancangan sistem ini juga menerangkan data yang akan dimasukkan. perancang sistem membuat sketsa form atau tampilan yang mereka harapkan bila sistem telah selesai dibentuk. Data masing-masing laporan ditentukan. Oleh sebab itu dalam fase 12 .  Pada fase ini analis sistem mulai merancang proses dengan mengidentifikasikan laporan-laporan dan output yang akan dihasilkan oleh sistem yang diusulkan. Sketsa ini dilakukan pada kertas atau pada tampilan komputer. pita magnetik. database dan teknologi akan dirancang.yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. input. proses. perancangan sistem secara umum berarti untuk menerangkan secara luas bagaimana setiap komponen perancangan sistem tentang output.  Jadi.

maka semua altenatif akan dibuang. beberapa alternatif harus terbukti dapat dibenarkan. 13 . formform tertentu dan laporan-laporan yang dicetak. Semua input ditentukan dan format input baik untuk layar dan form-form biasa direview dan disetujui oleh pemakai dan didokumentasikan. Jika tak satupun altenatif perancangan konseptual yang dihasilkan pada fase perancangan sistem secara umum terbukti dapat dibenarkan. Bila satu alternatif perancangan sudah dipilih. Output (HIPO) untuk merepresentasikan hirarki modul-modul program tidak termasuk dokumentasi interface antar modul. Biasanya.  Fase Perancangan Sistem secara Detail/Fungsional Fase perancangan sistem secara detail menyediakan spesifikasi untuk perancangan secara konseptual. Structure english. dan Tabel keputusan. Perencanaan output (layout) dirancang untuk semua layar. • Hierachy Plus Input. Semua output direview dan disetujui oleh pemakai dan didokumentasikan. Alat-alat perancangan sistem yang digunakan adalah : • Spesifikasi proses untuk menjelaskan bagaimana data ditransformasikan menjadi informasi. maka akan dibuatkan rekomendasi untuk sistem ini dan dibuatkan jadwal untuk perancangan detailnya. Pada fase ini semua komponen dirancang dan dijelaskan secara detail. Process.evaluasi dan seleksi sistem ini nilai kualitas sistem dan biaya/keuntungan dari laporan dengan proyek sistem dinilai secara hati-hati dan diuraikan dalam laporan evaluasi dan seleksi sistem. seperti Pseudocode. dan salah satunya dengan nilai tertinggi dipilih untuk pekerjaan akhir.

• Laporan implementasi yang dibuat pada fase ini ada dua bagian. •  Renjadwalan proyek dan teknik manajemen. • Diagram program. Instalasi peralatan yang digunakan. yaitu: • Rencana implementasi dalam bentuk Gantt Chart atau Program and Evaluation Review Technique (PERT) Chart. Jackson untuk merepresentasikan struktur  Fase Implementasi Sistem dan Pemeliharaan Sistem Pada fase ini : • • Sistem siap untuk dibuat dan diinstalasi. 14 . • Structure chart untuk merepresentasikan hirarki modulmodul program termasuk dokumentasi interface antar modul. Pelatihan untuk para pemakai sistem. Persiapan dokumentasi.• Diagram Warnier-Orr (W/O) untuk merepresentasikan struktur program dari gambaran umum sampai detail. Sejumlah tugas harus dikoordinasi dan dilaksanakan untuk implementasi sistem baru. Pengujian Sistem. untuk melaksanakan implementasi sistem. Bagian kedua adalah laporan yang menerangkan tugas penting seperti: • • • • • • Pengembangan perangkat lunak. Persiapan lokasi peletakkan sistem.

informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi. Sebaliknya informasi mengenai harga pokok produksi untuk ahli teknik merupakan informasi yang kurang relevan. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. tetapi relevan unuk akuntan. Akurat Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. tepat pada waktunya (timely basis). Bila pengambilan keputusan terlambat. Tepat Pada Waktunya Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. maka dapat berakibat fatal untuk organisasi. Relevan Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. 1.4. mengolah dan mengirimkannya. Ekonomis Informasi yang dihasilkan mempunyai manfaat yang lebihbesar dibandingkan dengan biaya mendapatkannya dan sebagian besar 15 . Kualitas Sistem Informasi Kualitas dari suatu informasi (quality of information) tergantung dari tiga hal. yaitu informasi harus akurat (accurate). Dewasa ini mahalnya nilai informasi disebabkan harus cepatnya informasi tersebut didapat. 2. karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan keputusan. 4.2. sehingga diperlukan teknologi-teknologi mutakhir untuk mendapatkan. dan relevan (relevance). misalnya informasi mengenai sebab-musabab kerusakan mesin produksi kepada akuntan perusahaan adalah kurang relevan dan akan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. 3.

Nash Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia. hasil tadi dijadikan data dan selanjutnya dijadikan sebagai masukan untuk diolah kembali menjadi sebuah informasi.informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang tetapi dapatditaksir nilai efektivitasnya 5. prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting. 2. di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang.5. proses atas transaksitransaksi tertentu dan rutin. media. Beberapa para ahli mengemukakan pendapatnya masing-masing tentang Sistem Informasi. Pengertian dan Komponen Sistem Informasi 1. fasilitas atau alat teknologi. Berikut adalah pengertian Sistem Informasi berdasarakan para ahli : Pengertian sistem informasi menurut John F. dengan keputusan tersebut bisa melakukan tindakan sehingga menghasilkan hasil sebuah tindakan. penerima kemudian menerima informasi tersebut. Mudah Informasi mudah dipahami dan mudah diperoleh Pilar Kualitas Informasi Data yang masih merupakan bahan mentah yang harus diolah untuk menghasilkan informasi melalui suatu model. “ Model yang digunakan untuk mengolah data tersebut disebut model pengolahan data atau dikenal dengan siklus pengolahan data (siklus informasi). sehingga bisa melakukan pengembilan keputusan. Pengertian Sistem Informasi Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan. teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. membantu manajemen dan pemakai 16 .” Data diolah melalui suatu model menjadi informasi.

data adalah deskripsi tentang benda. Pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedurprosedur yang diorganisasikan. Data Secara konseptual. bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi. Orang (People) Semua pihak yang bertanggung jawab dalam hal penyokong atau sponsor sistem informasi (system owner). pengguna sistem (system users). memproses dan mengolah sistem informasi ataupun hasil keluaran dari sistem informasi tersebut. 1. perancang sistem (system designer) dan pengembang sistem informasi (sistem development). data. perangkat lunak. perangkat keras. Aktivitas Sekumpulan aturan atau tahapan-tahapan untuk membuat.intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat. memakai. printer. monitor. 4. 2. Komponen Sistem Informasi Sistem informasi merupakan sebuah susunan yang terdiri dari beberapa komponen seperti orang. DLL. harddisk. Perangkat Keras (hardware) Mencakup piranti-piranti fisik seperti komputer. dan transaksi yang tidak mempunyai makna dan tidak berpengaruh langsung secara langsung kepada pemakainya atau disebut juga sebagai sekumpulan fakta mentah dalam isolasi. kejadian. aktivitas. juga menyediakan kebutuhan informasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan oleh manajer. 17 . aktivitas. dan jaringan yang terintegrasi yang berfungsi untuk mendukung dan meningkatkan operasi sehari-hari sebuah bisnis. 3. 2.

7. SIAK ini biasa digunakan untuk memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan masyarakat Undiksha. 6. keterbatasan penyimpanan yang menyebankan kewalahan dalam penyimpanan sistem informasi. 2. Perangkat Lunak (sotfware) Sekumpulan instruksi-instruksi atau perintah-perintah yang memungkinkan perangkat keras bisa digunakan untuk memproses data.6. 2. dan biodata seorang mahasiswa. Manfaat dari Sistem Informasi Manfaat dari sistem informasi adalah untuk mempermudahkan bagi sebuah lembaga untuk mengolah data. 2. 2.5. Sistem Informasi Pasien Rumah Sakit Sistem Informasi pasien merupakan sistem informasi yang digunakan untuk melakukn pendaftaran. mengambil data.8. atau sering disebut sebagai program. 18 . agar tidak ada informasi yang campur aduk. SIAK UNDIKSHA SIAK merupakan Sistem Informasi Akademik yang ada di universtas pendidikan ganesha. yang berisikan infotrmasi dari seorang pasien yang berobat di suatu rumah sakit tertentu. Jaringan (network) Sistem penghubung yang memungkinkan suatu sumber dipakai secara bersama-sama. baik pada waktu dan tempat bersamaan ataupun berbeda. Kendala didalam Penerapan Sistem Informasi Kendala dalam penerapan sistem informasi adalah benar tidaknya informasi yang diberikan oleh pengaju. untuk melakukan KRS. Contoh Sistem Informasi 1.

dan jaringan yang terintegrasi yang berfungsi untuk mendukung dan meningkatkan operasi sehari-hari sebuah bisnis. aktivitas. 3. Kesimpulan Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan. Semoga isi makalah ini dapat bermanfat bagi pembaca. sehingga didalam proses memahami perkembangan sistem informasi menjadi lebih baik dan berguna. terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja yang tergantung didalamnya. juga menyediakan kebutuhan informasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.BAB III PENUTUP 3.1. dan bagaimana sistem itu bekerja. Saran Untuk mempelajari perkembangan Sistem Informasi. data. perangkat keras. Sistem informasi merupakan sebuah susunan yang terdiri dari beberapa komponen seperti orang. sehingga dapat menambah wawasan pembaca tentang perkembangan Sistem Informasi. di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang. 19 .2. perangkat lunak. teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

id/kualitas-informasi.forumotion.com http://b.net23.html http://kutukomputer.com/ragil/datainformasi.html 20 .htm http://yanazmi.re.blogspot.com/2010/04/tahapansiklus-pengembangan-sistem.domaindlx.or.com/t43-pengertian-data-dan-informasi www.blogspot.html http://cuplis-cup.or.id/komponen-sistem-informasi.html http://blog.or.htm http://megasuryonop.blogspot.htm http://blog.htm http://blog.id/konsep-dasar-sistem-klasifikasi-sistem.codingwear.ilmukomputer.Daftar Pustaka http://flashnet.net/2008/11/kualitas-informasi/ http://blog.re.com/2012/03/siklus-informasi.re.com/2009/04/pengertian-informasi.com/bacaan-106-Pengertian-Sistem-Informasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful