Cara Membuat Halaman di Word 2007.

Nomor Halaman merupakan salah satu yang harus ditambahkan pada dokumen yang membunyai jumlah lembar yang tidak sedikit. Dengan memberikan nomor halaman tentunya akan mempermudah orang lain untuk mencari dan mengingat halaman yang penting. Membuat nomor halaman akan sangat berkaitan dengan halaman daftar isi bagi Anda yang belum mengetahuinya bisa baca di tutoral cara membuat daftar isi . Nah untuk kali ini kita akan menyajikan tutorial Cara Membuat Halaman di Word 2007. Sejauh yang saya ketahui pemberian nomor pada halaman karya tulis terdapat dua jenis yaitu :

Seperti Halaman Kata Pengantar. yakni i. 2. Untuk format ini biasanya digunakan dimulai dari halaman inti yaitu Bab I. Pelajaran I. yakni 1. Cara Membuat Halaman di Word 2007 . Angka Romawi Kecil. Untuk posisi nomor halaman pada dokumen pun juga berbeda-beda namun yang paling umum digunakan adalah di Bagian Atas Halaman (Top of Page) dan Bagian Bawah (Bottom of Page). iii dan seterusnya dan biasanya format ini diletakkan pada halaman awal sebuah karya tulis atau buku yaitu sebelum memasuki inti dari karya tulis tersebut. ii. Halaman Daftar Isi.1. Angka Standar. atau lainnya. 2. Halaman Pengesahan dan lainnya. 3 dan seterusnya sampai halaman selesai.

Anda bisa ikuti langkah-langkahnya seperti berikut: Pada Menu Ribon di bagian Atas klik tab Insert kemudian pada kategori Header & Footer klik Page Number.  .  Cara Membuat Halaman di Word 2007  Kemudian Pilih posisi nomor halaman sesuai dengan yang Anda Ingin: Top of Page => Posisi nomor halaman berada di bagian atas (header).Untuk membuat nomor halaman sebenarnya sangatlah mudah. Lihat Gambar di bawah ini.

Langkah terakhir klik tombol Close Header and Footer di Kanan Atas menu Ribbon atau bisa juga dengan cara Mengklik Dua Kali di bagian Dokumen. seperti mengganti 1. 3. ii. 2. … menjadi i. Page Margins.    Cara Mengganti Format Nomor Halaman Jika. seandainya anda ingin mengganti atau merubah format nomor halaman. Maka secara otomatis seluruh halaman dokumen Anda akan terdapat nomor halaman secara urut. iv. Current Position => Posisi nomor halaman berada tepat dimana kursor saat itu berada. maka langkag-langkah sebagai berikut : . …. Bottom of Page => Posisi nomor halaman berada di bagian bawah (footer). iii. Posisi nomor halaman berada di dekat margin halaman.

 Langkah yang pertama adalah dengan memunculkan Header and Footer ToolDengan caraDouble Klik atau klik 2x pada header / footer tepat dimana nomor halaman pada dokumen Anda berada. lalu klik Format Page Numbers. Maka akan muncul jendela baru seperti Gambar Berikut :   Lalu ubahlah Number Format sesuai dengan yang Anda inginkan dengan . Pada Tab Design di bagian Header & Footer. klik Page Number.

mengklik dan kemudian menggantinya setelah itu Klik OK. . nah jika Anda ingin membuat penomoran seperti gambar tersebut langkah-langkah sebagai berikut : Klik 2 x pada bagian header/footer tepat dimana nomor halaman berada sehingga akan muncul Header & Footer Tools. Cara Membuat Halaman di Word 2007 Yang Berbeda untuk Hlaman Ganjil Dan Genap Anda bisa lihat contohnya seperti gambar di atas.   Kemudian pada Tab Design. di dalam grup Options. berikan ceklis atau centang pada kotakDifferent Odd & Even Pages.

Setelah itu pindah kehalaman yang genap lalu buatlah kembali nomor halaman dengan posisi di sebelah kiri. Untuk halaman selanjutnya akan secara otomatis mengikuti format seperti yang Anda buat dalam artian setiap halaman ganjir akan berada di sebelah kanan dan setiap nomor halamannya genap akan berada di sebelah kiri.   Cara Membuat Posisi Nomor Halaman Pertama Yang BerbedaBeda untuk Setiap Bab Cara Membuat Halaman di Word 2007 . Pada halaman yang bernomor ganjil. buatlah penomorannya di sebelah kanan.

kemudian buatlah nomor halaman di bagian kanan atas. berikkan centang pada kotak Different First Page. sedangkan langkah-langkah membuat sebagai berikut : Klik 2 x pada header/footer sehingga akan muncul Header & Footer Tools. buatlah nomor halaman pada Bagian Bawah Tengahsebagaimana pada contoh gambar di atas.   Sampai disini sebenarnya sudah nampak jelas kalau halaman awal bab (Chapter 1) dengan halaman selanjutnya telah berbeda.   Pada Tab Design. di dalam group Options. namun untuk Chapter 2 masih belum berubah. Kemudian untuk halaman pertama.Untuk contohnya bisa lihat gambar di atas. Lalu pindah ke bagian halaman kedua. .

Selanjutnya kita akan mengatur penomoran halaman untuk bab berikutnya atau Chapter 2 berikutnya dengan cara menambahkan section baru sehingga antara Chapter 1 dan Chapter 2 berada terpisah seperti berikut : Tempatkan kursor Anda tepat berada di bagian awal halaman yang ingin dibuat section baru.   Kemudian pada Tab Page Layout di bagian Page Setup. Nah. Contoh di dalam gambar di atas yaitu tepat di awal tulisan Chapter 2. sekarang Anda dapat melihat kalau Halaman Chapter 2 juga berbeda layaknya Chapter 1. klik Breaks kemudian di bagianSection Breaks pilih Next Page. Untuk Chapter .

Jika Anda sudah bisa membuat Posisi Nomor Halaman Pertama Yang Berbeda-Beda untuk Setiap Bab seperti di terangkan di atas tentunya untuk kali ini Anda tidak akan . Cara Membuat Format Nomor Halaman Yang Berbeda Dalam Dokumen Yang Sama Cara Membuat Halaman di Word 2007 Nah seperti saya uraian pada awal artikel ini bahwa penomoran halaman awal berbeda dengan halaman bab. nah berikut langkah-langkah membuatnya agar dalam satu dokumen bisa dibuat sekaligus walaupun format penomorannya berbeda-beda.atau Bab berikutnya silahkan ulangi langkah di atas.

klik Page Number dan pilih Bottom of Page untuk menambahkan nomor halaman. Klik Pada Tab Insert di bagian Header & Footer. Di bagian Number format. klik Page Number dan pilih Format Page Numbers. ii. Kemudian klik OK. ….   Selesai sudah untuk membuat nomor halaman pada halaman Daftar Isi. Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat halaman Artikel dengan cara sbb : .ada kesulitan karena pada intinya sama saja yaitu menggunakan Section Break –> Next Page  Pada tab Insert. iii. di bagian Header & Footer. (angka romawi). kemudian pilih format i.

     . 2. di bagian Header & Footer –> Page Number –> Format Page Numbers. kemudian pilih format 1. kemudian di bagian Page numbering klik Start At dan tambahkan angka 1 Kemudian klik OK. 3. Di bagian Number format. klik Breaks kemudian di bagianSection Breaks pilih Next Page. …. Tempatkan kursor Anda tepat berada di bagian awal halaman The Article. Kemudian Pada tab Insert. Kemudian pada Tab Page Layout di bagian Page Setup.. Kembali ke Tab Insert –> Header & Footer –> klik Page Number dan –> Pilih Bottom of Page untuk menambahkan nomor halaman.

Menghapus manual : klik 2 x pada header/footer kemudian blok nomor halaman –> tekanDelete.Selesai sudah pekerjaan kita sekarang Anda bisa melihat hasilnya. B. pada keywboard. . Cara Menghilangkan Nomor Halaman A. Menghapus Otomatis : Pada Tab Insert. di Bagian Header & Footer –> klik Page Number –> Pilih Remove Page Numbers.