BAB II

A. Fungsi Dan Latar Belakang Musik 1. FUNGSI MUSIK Musik pada zaman prasejarah sangat erat hubungannya dengan magis, yaitu berupa kegiatan upacara-upacara religious, upacara-upacara mistik, seperti penyembuhan orang yang sakit, usaha membunuh binatang buruan, persembahan sesajen di tempat –tempat yang di anggap keramat. Peninggala-peninggalan manusia manusia primitif berupa musik pada zaman ini tidak banyak diketahui. Meskipun demikian, berdasarkan bukti peninggalan yang sangat terbatas, dapat diketahui bahwa pada masa ini, sudah terdapat musik dalam bentuk nyanyiannyanyian yang meliputi dua jenis, yaitu : 1. Nyanyian untuk Iringan Tari pada saat Upacara Dalam nyanyian ini terdapat perpaduan yang kuat antara lirik/kata-kata, iringan tetabuan dan tari dengan irama sehingga menimbulkan kekuatan gaib. Pada saat penyanjiannya disertai dengan mengucapkan kata-kata sakral dengan tujuan memuja roh-roh yang ada di sekelilingnya. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan akan mendapat keberkahan dalam kehidupannya. Mereka yakin sepenuhnya bahwa roh-roh yang mereka sembah akan mengabulkan segala hal yang meraka minta, baik yang berkaitan dengan masalah pertanian, peternakan, kesehatan, keselamatan, maupun perjodohan. Melalui nyayian-nyayian sebagai iringan tari itulah, mereka menyampaikan permohonannya kepada roh para leluhurnya dan biasanya dilakukan oleh beberapa orang secara bersamaan. 2. Nyanyian untuk Iringan Kegiatan Bekerja Pada saat melakukan sebuah pekerjaan, seperti membajak sawah atau menanam padi, nyanyian magis pun bisa diperdengarkan. Nyanyian tersebut dimaksudkan untuk memerikan dorongan kepada mereka yang sedang bekerja agar bersemangat dan serentak dalam menjalankan pekerjaannya. Disamping itu, nyanyian-nyanyian tersebut dimaksudkan untuk memberi pengaruh pada bidang garapan yang dikerjakannya. Misalnya, nyanyian pada saat menanam padi diyakini dapat memberi sugesti bagi kesuburan tanaman padi olahannya. Kegiatan menanam tidak hanya diiringi nyanyian saja tetapi diiringi juga bunyi alat-alat tetabuhan. Di beberapa daerah di Indonesia, sampai sekarang kegiatan ini masih dipertahankan keberadaannya sesuai dengan adat istiadat daerah setempat yang masih tetap dilestarikan sebagai aset budaya bangsa. Musik atau seni suara yang dianggap memiliki kekuatan gaib

flute. musik kristiani. Keadaan tersebut terlihat dari aspek-aspek berikut : 1) Irama. mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.  Blues Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Afrika-Amerika masyarakat di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari spirituil . tapi kadang juga pada musik klasik Persia. dan narasi sederhana berirama balada .. R&B . Musik klasik Eropa sendiri terdiri dari beberapa periode. 2) Aturan penyajian. yaitu aksen-aksen musik yang dimainkan pada alat-alat tetabuhan yang bunyinya kuat. dan lain-lain. dan rock n roll dicirikan oleh progresif kord tertentu dengan bar blues dua belas progresi akord yang paling umum dengan catatan biru . yaitu aturan yang mencakup berapa kali musik tersebut harus dimainkan untuk tujuan apa musik tersebut disajikan dan apa fungsinya. dan romantik. dan .. India. kecepatan. Musik klasik Eropa dibedakan dari bentuk musik non-Eropa dan musik populer terutama oleh sistem notasi musiknya. teriakan. lagu kerja . Hal ini membatasi adanya praktek-praktek seperti improvisasi dan ornamentasi ad libitum yang sering didengar pada musik non-Eropa (bandingkan dengan musik klasik India dan musik tradisional Jepang) maupun musik populer. klasik. dalam bentuk jazz . hollers lapangan . dan pembawaan tepat suatu karya musik. misalnya barok.Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada.harus dimainkan secara khidmat dan cermat. yang sudah digunakan sejak sekitar abad ke-16. Jenis-jenis Musik  Musik Klasik Musik klasik biasanya merujuk pada musik klasik Eropa. Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengacu pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian Barat. B. metrum.  Keroncong Keroncong merupakan nama dari instrumen musik sejenis ukulele dan juga sebagai nama dari jenis musik khas Indonesia yang menggunakan instrumen musik keroncong. The blues di mana-mana. Bunyi tersebut diantaranya bunyi gendering dan kentongan. ritme individual. mencatat bahwa untuk tujuan ekspresif yang dinyanyikan atau dimainkan secara bertahap rata atau menekuk (minor 3 untuk 3 besar) sehubungan dengan lapangan dari skala besar. dan musik orkestra.

Dalam bentuk murninya. musik rock "mempunyai tiga chords. bakcbeat yang konsisten dan mencolok dan melody yang menarik". Muritsku. Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik. dan" kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ". musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya. yang diiringi oleh alat musik dawai. jazz dan musik klasik. seperti polka agak lamban ritmenya). Melemahnya pengaruh Portugis pada abad ke-17 di Nusantara tidak dengan serta-merta berarti hilang pula musik ini. . saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Musik keroncong yang berasal dari Tugu disebut keroncong Tugu. Asal-usul Akar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara. dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum." sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran ".seorang penyanyi wanita. Bentuk awal musik ini disebut moresco (sebuah tarian asal Spanyol. Berendt mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa". Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz. Dari daratan India (Goa) masuklah musik ini pertama kali di Malaka dan kemudian dimainkan oleh para budak dari Maluku. termasuk musik rakyat (folk music). synthesizer.  Rock Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues. Disamping gitar atau kibor. musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. seperti menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika. kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan. dan kibor seperti organ. di mana salah satu lagu oleh Kusbini disusun kembali kini dikenal dengan nama Kr. Selanjutnya. yang didefinisikan sebagai 'ayunan' ".  Jazz Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu. piano atau sejak 70-an. Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas.

Salah seorang penyanyi country. Ia telah menjual lebih dari 200 juta rekaman. budak yang membawa drum dari Africa disebut "Burru" yang jadi bagian aransemen lagu yang disebut "talking drums" (drum yang bicara) yang asli dari Africa Barat. Elvis juga pernah menjadi bintang tamu tetap di acara radio milik Louisiana Hayride.orang Jamaika untuk membentuk sebuah campuran baru yang disebut Mento. Mento sendiri adalah musik sederhana dengan lirik lucu diiringi gitar. dan blues. "Jonkanoo" adalah musik budaya campuran Afrika. Istilah lain untuk genre musik ini adalah country and western.  Reggae Menurut sejarah Jamaica. yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. musik kelt. istilah musik country telah menjadi istilah populer. banjo. Eropa dan Jamaika yang terdiri dari permainan drum. Acara ini muncul saat natal dilengkapi penari topeng.[1] Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Calypso dari Trinidad & Tobago datang membawa Samba yang berasal dari Amerika Tengah dan diperkenalkan ke orang . Pada tahun 1970-an. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara.50an sebenarnya disebutkan oleh History of Jamaican Music. Salah satu julukan baginya adalah The Hillbilly Cat. dan berkembang sejak tahun 1920-an. rattle (alat musik berderik) dan conch tiup. Saat ini Mento masih bisa dinikmati sajian turisme. Country Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. namun sudah semakin jarang dipakai kecuali di Britania Raya dan Irlandia. Jonkanoos pada awalnya adalah tarian para petani. Taylor Swift adalah musisi country yang paling dikenal di Dunia & Indonesia saat ini. singkatan dari rhythm and blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz. scraper dan rumba atau kotak bass. Karier Elvis Presley berawal dari musik berirama country sebelum menjadi raja rock and roll. tambourine. dipengaruhi oleh Swing.  R&B R&B (ditulis juga RnB. SKA yang sudah muncul pada tahun 40 . gospel. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah . Tahun berikutnya. musik gospel. Garth Brooks tercatat sebagai artis solo terlaku dalam sejarah industri rekaman AS. shaker. Bentuk ini kemudian populer pada tahun 20 dan 30an dan merupakan bentuk musik Jamaika pertama yang menarik perhatian seluruh pulaunya. yang belakangan baru disadari bahwa sebenarnya mereka berkomunikasi dengan drum dan conch itu.

Billboard. Ada berbagai teori yang berbeda-beda menganai asal usul kata ska.  Ska Ska (ejaan Inggris: [ˈskɑː]. dan meraih kepopuleran di Amerika Serikat pada 1990-an.  Dangdut Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia.[Sejarah ska umumnya dibagi menjadi tiga periode: ska asli Jamaika dari tahun 1960-an (gelombang pertama).  Funk Funk adalah sebuah aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Frasa tersebut dibalik oleh Wexler di Atlantic Records. Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi).[2] Tahun 1948. yang menjadi perusahaan rekaman yang memimpin bidang R&B pada tahun-tahun awal. Sebagai musik populer. dangdut .Ska menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan rhythm and blues dari Amerika Serikat. RCA Victor memasarkan musik kulit hitam dengan nama Blues and Rhythm.Istilah ini menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Aliran musik ini terkait dekat dengan musik soul serta jenis musik turunan lainnya seperti PFunk dan Funk Rock. Akar funk dapat ditelusuri hingga jenis rhythm and blues dari daerah Louisiana pada tahun 1960-an. Kreol Jamaika Templat:IPA-endia) adalah genre musik yang berasal di Jamaika pada akhir 1950-an. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Ciri khas musik ini adalah jalur bass berjalan dengan aksentuasi pada ritme upbeat. dan merupakan pendahulu rocksteady dan reggae. pengaruh jazz yang kuat. bunyi gitar ritme yang tajam. dan gerakan ska gelombang ketiga yang dimulai pada 1980-an. Pada awal 1960-an. Umumnya musik funk dapat dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat. ska adalah genre musik yang dominan di Jamaika dan popular di kalangan para mod di Britania Raya. irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika. Musik ini kemudian populer di kalangan skinhead. serta kesan gembira yang didapati saat mendengarnya. perkusi yang dominan. kebangkitan ska 2 Tone Inggris pada akhir 1970-an (gelombang kedua).

AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70'an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath. dan harmoni. sejarahnya. "I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under". mulai dari keroncong. ketika Black Sabbath merilis album debut album mereka yang berjudul ' Black Sabbath'. Venom. NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Permainan Classic metal. Diamond Head. Saxon. dan "dang-ding-dut" India. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden. Jazz. degung. dan Deep Purple. Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin. dan Gospel).  Gospel Gospel adalah genre yang didominasi oleh vokal dan biasanya memiliki tema Kristen. Sebenarnya lagu jenis Gospel ini memiliki nuansa mirip dengan Rock n Roll (oleh karena Rock n Roll sendiri sebenarnya merupakan fusion atau gabungan dari Rock.Sebutan ini selanjutnya diringkas menjadi "dangdut" saja. Alice Cooper. Deep Purple. Pada akhir 70'an munculah New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead. Heavy Metal awal 70'an digawangi oleh band-band seperti Led Zepplin. Black Sabbath. Nama Heavy metal digagas oleh Band Hard Rock Tahun 60'an Steppenwolf. bahkan house musik. beat yang lebih cepat. dan lain lain. Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) musik India. Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970.  Heavy metal Heavy metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yang cukup banyak. . rock. dalam lagu mereka yang berjudul 'Born To Be Wild' (ada di baris kedua bait kedua). dahulu awalnya diperkenalkan oleh orang-orang Kristen kulit hitam di Amerika. irama padang pasir. Beberapa subgenrenya adalah contemporary gospel dan urban contemporary gospel. pop.sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain. Putu Wijaya awalnya menyebut dalam majalah Tempo edisi 27 Mei 1972 bahwa lagu Boneka dari India adalah campuran lagu Melayu. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih bluesy. Blue Oyster Cult. gambus. langgam. dan oleh majalah tersebut digunakan untuk menyebut bentuk lagu Melayu yang terpengaruh oleh lagu India.

Bedug biasanya juga . Alat Atau Instrumen Sebagai Media Seni Musik ANGKLUNG Alat Musik Tradisional Angklung Jawa Barat Angklung adalah alat musik yang secara tradisional berkembang di masyarakat Jawa Barat. Di Indonesia. Namun saat ini pengertian musik gospel telah meluas menjadi genre musik rohani secara keseluruhan. dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi.Beberapa contoh saat ini yang masih benar-benar menggunakan aliran musik gospel adalah Israel Houghton. musik gospel beraliran pop dan rock banyak dipopulerkan oleh musisi seperti Franky Sihombing. baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun komunikasi antar masyarakat. Saat ini Bedug biasanya digunakan untuk memberi tahu masyarakat saat memasuki waktu shalat fardhu. BEDUG Alat Musik Tradisional Bedug Bedug merupakan alat musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi pada zaman dahulu. True Worshippers dan banyak lagi. Alat musik ini dibuat dari bambu. C. Nikita. Giving My Best.

Jawa Tengah maupun di Bali. namun cara membunyikan alat musik tersebut sangat berbeda. Beberapa provinsi yang sampai saat ini masih memakai gamelan saat acara-acara adat yaitu Jawa Timur. GAMELAN Alat Musik Gamelan Jawa Gamelan berasal dari bahasa Jawa yang artinya memukul atau menabuh. CALUNG Alat Musik Calung Dilihat dari bentuknya. sedangkan cara menabuh Calung harus dengan cara memukul batang-batang bambu. Gamelan saat ini juga makin terkenal saat dipakai untuk acara komedi yang sangat populer di televisi yaitu Opera Van Java (OVJ).digunakan saat masyarakat mengadakan takbir keliling untuk menyambut hari raya Idul Fitri atau hari raya Idul Adha. Meskipun hampir sama. banyak masyarakat yang menyamakan Calung dengan Angklung. . Angklung agar keluar bunyinya hanya digoyangkan.

ajakan “Mari kita lakukan TONG TING TANG” adalah: ” Mangemo kumolintang”.KACAPI Alat Musik Kacapi Sunda Alat musik kacapi sangat populer di kalangan masyarakat Sunda dan dipakai saat acara-acara yang berhubungan dengan kebudayaan. ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). KOLINTANG Alat Musik Kolintang Minahasa Sulawesi Utara Alat musik Kolintang merupakan alat musik asli daerah Minahasa Sulawesi Utara. Nama kolintang menurut masyarakat Minahasa berasal dari suaranya: tong (nada rendah). Dalam bahasa daerah setempat berarti. Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang agar mudah dilafal oleh masyarakat. PERERET PENGASIH-ASIH Pereret Pengasih-asih Alat Musik Tradisional Bali .

Awal masuk ke Indonesia sekitar abad ke-8 saat para saudagar Arab memulai invasi dagang ke beberapa daerah pesisir Sumatera dan pesisir Jawa. Alat musik Rebana sendiri biasanya digunakan dalam kesenian yang bernafaskan agama Islam seperti hadrah ataupun saat membaca shalawat burdah. Alat musik Rebab sendiri merupakan alat musik gesek yang terdiri dari 2 atau tiga utas senar. . REBANA Alat Musik Tradisional Rebana Alat musik Rebana asal usulnya berasal dari Jazirah Arab seperti halnya Rebab. REBAB Alat Musik Daerah "Rebab" Alat musik Rebab sendiri awalnya berasal dari jazirah Arab.Pereret Pengasih-asih merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jembrana Bali. namun terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa yang akhirnya mengeluarkan bunyi-bunyian seperti terompet. Alat musik tersebut mirip dengan alat musik terompet.

Sasando sendiri berasal dari kata Sari (petik) dan Sando (getar) yang kalau digabungkan memiliki makna bergetar saat dipetik. Alat Musik Tradisional Asal Rote Sasando merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. kiri ke kanan dan kanan ke kiri. SASANDO Sasando. Tangan kiri berfungsi memainkan melodi dan bas. sementara tangan kanan bertugas memainkan accord.SALUANG Alat Musik Tradisional Saluang dari Minangkabau Alat musik Salang merupakan alat musik tradisional masyarakat Minangkabau Sumatera Barat. Alat musik tersebut merupakan alat musik tiup yang serupa dengan alat musik seruling. Sasando dimainkan dengan dua tangan dari arah berlawanan. . namun pembuatannya lebih sederhana yaitu dengan melubangi bambu tipis atau yang biasa disebut oleh masyarakat Minang dengan talang sebanyak 4 lubang.

4 senar dan 6 senar. Alat Musik Daerah Minangkabau Sumatera Barat Talempong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat.SAMPEK Sampek.5 sentimeter. Talempong biasanya berbentuk lingkaran dengan diameter 15 sampai 17. Dibuat dengan 3 senar. TALEMPONG Talempong. dan kayu ulin dan dibuat secara tradisional. Saat ini Talempong yang ada dimasyarakat kebanyakan terbuat dari kuningan meskipun masih ada juga Talempong yang terbuat dari kayu maupun batu. Alat Musik Tradisional Suku Dayak dari Kalimantan Sampek merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan tepatnya biasanya digunakan oleh Suku Dayak. yang paling sering dijadikan bahan adalah kayu arrow. Namun. Bahkan bentuknya pun juga hampir sama dengan Gamelan. Alat musik tersebut termasuk dalam alat musik pukul seperti halnya Gamelan yang ada di Jawa. Proses pembuatan bisa memakan waktu berminggu minggu. Biasanya sampek akan diukir sesuai dengan keinginan pembuatnya. pada bagian bawahnya berlubang sedangkan . kayu kapur. Alat musik ini terbuat dari berbagai jenis kayu.

Alat Musik Tradisional dari Papua Triton merupakan alat musik yang cara penggunaannya yaitu dengan ditiup. Cara penggunaan alat ini sama seperti Tambur yaitu dengan cara dipukul.pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. Dulunya alat tradisional tersebut dipakai sebagai tanda saat memasuki waktu shalat fardhu. Alat musik ini tersebar di pesisir pantai yang ada di Papua dan digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai alat panggil kepada orang lain. Alat musik tradisional ini berasal dari Papua. . TAMBO Tambo. TRITON Triton. Alat Musik Tradisional dari Aceh Alat musik Tambo merupakan alat musik yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam.

Alat Musik Tradisional Maluku Tifa. Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik tiup. . dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah.ALAT MUSIK TRADISIONAL TIFA Tifa. Alat Musik Tradisional dari Papua Alat musik tradisional Tifa termasuk jenis alat musik pukul. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring saat pertunjukan Reog Ponorogo. TEROMPET REOG Alat Musik Terompet Reog Terompet Reog merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur. Tifa terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangkan isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi.

Instrumen musik di beberapa daerah :    Musik Daerah Jawa Tengah : Gamelan Jawa Musik Daerah Bali : Gamelan Bali Musik Daerah Jawa Barat : 1. Calung . Celempungan . 2. Musik Klasik Musik tradisional klasik merupakan musik rakyat pilihan yang dikembangkan di pusat-pusat pemerintahan masyarakat lama seperti ibukota kerajaan atau kesultanan. 3.D. dan suling. instrumennya bermula dari gamelan bambu dan kecapi.dan gambang. Contoh musik rakyat misalnya musik untuk pernikahan. Karya-karya Musik Tradisional Musik tradisional juga dinamakan musik daerah. disukai dan tersebar sampai ke rakyat jelata. Tanjidor . Tema musik rakyat banyak mengambil darikehidupan sehari-hari masyarakat. Nama tarling diambil dari singkatan gitar dan suling. kematian. Tarling . alat musik berupa gamelan dan seperangkat gendang. 4. Berdasarkan sifat dan keberasalannya. hidup dan berkembang di tengah-tengah rakyat. Musik Rakyat Musik Rakyat merupakan musik daerah yang lahir dan diolah oleh masyarakat pedesaan. instrumennya terdiri dari biola. alat musik dari bambu yang cara memainkannya dengan dikocok. berladang berlayar.Fungsi musik klasik yaitu diterapkan pada upacara-upacara kerajaan. instrumennya berupa terompet dan bas drum. 2. Musik ini telah tertata dengan aturan-aturan yang baku seperti. Kliningan . yaitu : 1. gong. krecek. rebab. kecapi. bonang. musik tradisional Nusantara dapat dibagi menjadi dua. alat musik berupa seperangkat bambu yang dipukul. pemakaian notasi. lalu meningkat menjadi gamelan besi atau perunggu. syair. gendang. . penggayaan vokal (cengkok). Gambang Kromong . instrumennya berupa celempungan (bambu besar yang diberi dawai).Ciri utama musik rakyat yaitu memiliki bentuk dan teknik sederhana serta tidak dikenal penciptanya (NN = no name). Angklung . gendang. dan sebagainya. gitar.  Musik Daerah Jakarta 1. 2. 5. gong. rebab.

penafiran. A. teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak contohnya wayang orang. Anak Ari dari Nusa Tenggara 12. drama. Arya Barong Kecak dari Bali B. Randai dari Sumatera Barat 9. Masres dari Indramayu 8. Ketoprak dari Yogyakarta 2.BAB IV PENGERTIAN SENI TEATER Teater adalah istilah lain dari drama. Mamanda dan Wayang Gong dari Kalimantan Selatan 6. Dalam perkembangannya drama memiliki ciri khas sendiri . dan sandiwara memiliki ciri khusus dan perkembangan yang berbeda seiring dengan perubahan jamannya. risalah. teater adalah proses pemilihan teks atau naskah (kalau ada) . disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis. karangan yang dipertunjukan memakai mimik (Aeschylus + 525-456 SM). ludruk dan lain-lain. Perkembangan Teater Istiah teater. Proses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau disingkat berteater. tetapi dalam pengertian yang lebih luas. pendengar. kritikus atau peneliti). Teater bisa diartikan dengan dua cara yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti luas. ketoprak. Yunani) yang berarti sebagai kejadian. pengamat. Dulmulk dari Sumatera Selatan 10. Mak Yong dan Mendu dari Riau 7. Kata drama diturunkan dari kata dromain (bha. Teater berasal dari kata theatron yang diturunkan dari kata theaomai(bahasa yunani) yang artinya takjub melihat atau memandang. Jenis-jenis Teater 1. penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca. Bangsawan dari Sumatera Utara 11. Lenong dan Topeng Blantik dari Betawi 5. penonton. penggarapan. Teeater dalam arti sempit adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas. Ludruk dari Surabaya 3. Wayang Orang dari Jawa Tengah/Yogyakarta 4.

Ketoprak Sebagai Karya Seni Teater Tradisional Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa. Ketoprak merupakan satu dari puluhan kesenian tradisional yang masih dapat bertahan hingga sekarang. dan gerak) Aspek Psikis (karakterisasi. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa. Kata sandiwara di daerah Jawa dinggunakan untuk merujuk pada kegiatan seni pementasan terutama kethoprak. sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa. . Teater adalah cabang seni yang berbicara tentang kemanusiaan dan yang dimanusiakan yang dikembangkan dalam klektivitas pelaku teater. Banyak pula diambil cerita dari luar negeri. menurut PKG Mangkunegara VII (1885-1944) berasal dari kata sandhi dan warah. Dalam perjanjian lama istilah teater mengacu pada bentuk karangan tonil. Pada perkembangan selanjutnya istilah Teater menjadi sebuah kelompok kolektif (organisasi) yang melakukan pertunjukan drama dengan konsep modern yang lebih padat. politik. drama percintaan. Drama memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan serta permasalahan kemanusiaan. yang diiringi dengan gamelan disajikan. sandhi berarti symbol rahasia. Aspek kesatuan (ruang. sosial. C. agama. Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita): Ramayana dan Mahabharata. Kata teater berasal dari kata theatron yang berari memandang dengan takjub. waktu. namun mencapai puncaknya di Jogja pada sekitar tahun 1950an. makna dibalik itu. 3.sebagai bagian dari seni sastra karena merujuk pada isi ceritanya (drama keluarga. aspek kejiwaan. Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. sedangkan warah adalah ajaran/pendidikan. drama tragedi. dan peristiwa) Aspek penghemat (waktu. penjiwaan). dialog. Dalam sebuah pentasan ketoprak. Sedangkan istilah sandiwara berasal dari Indonesia. drama perjuangan dll). 2. Semasa plato (428-348) mengacu pada istilah gedung pertunjukan semasa Herodotus (490-348 SM) atau mengacu pada bentuk auditorium publik. Sebab nanti pertunjukkan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi pertunjukan wayang orang. Kesenian ini lahir sekitar tahun 1920 di Solo. Istilah drama harus memiliki 3 aspek yaitu : 1. HAM merupakan esensi dari drama.

Dalam bahasa Jawa terdapat tingkat-tingkat bahasa yang digunakan. yaitu: . pertunjukan ini diisi dengan dialog-dialog yang membawa penonton merasakan atmosfir “dunia” Jawa pada masa Raja-Raja berkuasa. Di daerah-daerah tersebut ketoprak merupakan kesenian rakyat yang menyatu dalam kehidupan mereka dan mengalahkan kesenian rakyat lainnya seperti srandul dan emprak. terutama di daerah Yogyakarta dan daerah Jawa Tengah. Kata „kethoprak‟ berasal dari nama alat yaitu Tiprak. dan siapa pun yang mereka inginkan. Alat bunyi-bunyian yang berupa lesung oleh pencipta kethoprak ditambah kendang dan seruling. walaupun awalnya bermula dari alat bernama tiprak. meskipun yang digunakan bahasa Jawa. Kesenian yang dalam penyajian atau pementasannya menggunakan bahasa Jawa ini memiliki ceritera yang beragam dan menarik. bahasa Jawa dengan bahasa yang halus dan spesifik. Menikmati Penunjukan Ketoprak Ketoprak merupakan teater rakyat yang paling populer. pejuang.Bahasa Jawa biasa (sehari-hari) . Karena itu muncul yang disebut bahasa ketoprak. Bahasa sangat memperoleh perhatian. Karena bunyi tiprak adalah prak. Pada perkembangannya. D. Ketoprak merupakan salah satu bentuk teater rakyat yang sangat memperhatikan bahasa yang digunakan. Mirip dengan teater. pangeran. Kata Tiprak ini bermula dari prak. Dan di setiap penampilannya selalu ada pelawak yang membuat ketoprak terasa semakin hidup. Rangga Warsita dalam bukunya Kolfbunning tahun 1923 menyatakan “… Tetabuhan ingkang nama kethoprak tegesipun kothekan” ini berarti kethoprak berasal dari bunyi prak. hiburan ketoprak juga diminati oleh anggota kerajaan. Ng.Bahasa Jawa kromo inggil (yaitu untuk tingkat yang tertinggi) Menggunakan bahasa dalam ketoprak. . prak. Kethoprak juga berasal dari kothekan atau gejogan. Mereka menyiapkan panggung dan berlagak menjadi raja. Serat Pustaka Raja Purwa jilid II tulisan pujangga R. putri. yang diperhatikan bukan saja penggunaan tingkattingkat bahasa. tetapi juga kehalusan bahasa. namun harus diperhitungkan masalah unggahungguh bahasa.Semula ketoprak merupakan hiburan rakyat yang diciptakan oleh seseorang di luar kerajaan. Namun di Jawa Timur pun dapat ditemukan ketoprak.Bahasa Jawa kromo (untuk yang lebih tinggi) . prak.

maupun bunyi-bunyian musik tradisional yang dipertunjukan oleh rakyat.kegiatan berteater akan berhasil dengan baik staf di sini adalah staf PRODUKSI dan ARTISTIK .prinsip kerja sama yang perlu di lakukan dalam berteater yaitu.Melakukan interaksi dan koordinasi dengan staf Dengan melakukan interaksi dan koordinasi dengan staff. dialog. Prinsip Kerjasama Dalam Teater Melalui kerja sama yang baik.Menerapkan azas keutuhan Seorang aktor harus bisa menerapkan azas keutuhan agar bisa menuju ke kesatuan makna yang sama. 1. busana rias. F.Oleh karena itu seorang aktor dalam berakting harus bisa melakukan kerja sama yang baik yakni kerja sama dengan naskah dan sutradara 2.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kethoprak adalah seni pertunjukan teater atau drama yang sederhana yang meliputi unsur tradisi jawa. baik struktur lakon.semua pekerjaan akan selesai dengan hasil yang memuaskan ..

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.